Home » Artikel » Artikel Proses » Bundaa…! Ini Loh Rahasia Cara Membuat Takoyaki yang Mudah dan Cepat

Bundaa…! Ini Loh Rahasia Cara Membuat Takoyaki yang Mudah dan Cepat

Cara Membuat Takoyaki Jepang bisa dibilang adalah salah satu negara terindah yang ada di Asia. Seperti yang kita ketahui, Jepang memiliki tiga jenis musim diantaranya adalah musim gugur, dingin dan panas. Namun diantara tiga musim tersebut yang paling ditunggu-tunggu tentunya adalah musim semi.

Kenapa musim semi? Karena pada musim ini anda bisa menyaksikan keindahan bunga sakura yang merupakan salah satu ciri khas Jepang. Selain tempat wisata yang indah, makanan khas Jepang juga dapat membuat lidah anda bergoyang loh. Nah bagi anda yang ingin mencoba untuk berlibur ke negara sakura tentu tidak akan melewatkan menikmati berbagai macam kuliner khas Jepang.

Kuliner Khas Jepang

Seperti yang diketahui Jepang tidak hanya mengembangkan hidangan luar biasa yang mampu menggelitik lidah anda. Saking terkenalnya makanan Jepang dibeberapa hotel berbintang dunia menyajikannya dalam menunya seperti sushi.

Untuk mulai mengenali ragam kuliner Jepang anda bisa mulai berjalan-jalan di sekitar stasiun kereta api yang ada di Jepang. Tempat makan dan minum yang berkonsentrasi disini bisa dibilang mewakili kuliner khas Jepang. Harganya pun bisa dibilang cukup terjangkau.

cara membuat takoyaki

Untuk pengunjung yang tidak dapat berbahasa Jepang, beberapa restoran memajang replika plastik dan lilin hidangan mereka di jendela depan. Tak jarang mereka menyediakan menu dalam bentuk foto berwarna. Beberapa kuliner khas Jepang seperti sashimi, ramen, shabu-shabu dan sushi hingga takoyaki juga sering anda temui di tanah air. Hal ini membuktikan bahwa makanan Jepang cukup diterima oleh masyarakat Indonesia.

Takoyaki salah satunya menjadi jajanan wajib yang patut anda coba ketika berkunjung ke Jepang atau hanya sekedar kepo dengan kuliner Jepang. Takoyaki juga kerap muncul di beberapa drama ataupun animasi Jepang.

Asal-Usul Takoyaki

Takoyaki adalah makanan yang berasal dari daerah Kansai, Jepang. Makanan khas Jepang yang satu ini mempunyai bentuk seperti bola imut dengan diameter antara 3-5 cm. Takoyaki terbuat dari tepung dan taburan katsuobushi serta disajikan dengan berbagai macam saos.

Makna takoyaki sendiri terbagi atas dua kata yakni “tako” berarti gurita sedangkan “yaki” berarti bakar sehingga takoyaki bermakna potongan daging gurita yang dibungkus dengan bola-bola adonan tepung yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Selain gurita, takoyaki juga bisa diisi dengan cumi-cumi yang diolah dengan menggunakan bumbu sederhana dan saos tekoyaki khas Jepang.

Takoyaki Di Indonesia

Sayangnya untuk lidah masyarakat Indonesia kedua bahan seafood tersebut kurang cocok sehingga banyak pula yang memodifikasinya dengan bahan lain. Hal ini juga berdampak pada harga takoyaki yang dimodifikasi lebih murah ketimbang menggunakan gurita dan cumi-cumi. Kalau di negeri asalnya takoyaki kerap dijual sebagai jajanan pinggir jalan yang hampir bisa ditemukan di seluruh kawasan Jepang.

Takoyaki sendiri dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi antara 5,6,8 hingga 10 buah takoyaki. Takoyaki umumnya diletakkan diatas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Untuk harga satu porsi takoyaki berkisar antara harga 200 sampai 550 yen. Kalau di Indonesia biasanya 1 porsi dengan isi 5 sampai 6 buat takoyaki dihargai antara 10 sampai 20 ribu per porsinya.

Takoyaki di Jepang

Takoyaki sendiri sudah ada sejak zaman Taisho, lho. Taisho adalah salah satu nama zaman pemerintahan kaisar Jepang yang mana dimasa itu kaisar Taisho (Yoshihito) memerintah Jepang. Zaman ini berlangsung sesudah zaman Meiji dan sebelum zaman Showa. Pada saat itu masyarakat Jepang baru bisa menemukan makanan yang namanya chobayaki.

Chobayaki adalah makanan yang dibuat dengan tepung terigu lalu diisi dengan konnyaki yang merupakan awal dari takoyaki. Konnyaku adalah tumbuhan tahunan yang tumbuh dari umbi besar yang berdiameter 25 cm. Umbi ini adalah modifikasi dari sebuah batang. Daunnya berukuran 1,3 m dari pangkalnya, bentuknya menyirip dan dibagi menjadi beberapa bentuk yang lebar.Nah setelah itu chobayaki berevolusi menjadi rajioyaki.

Rajioyaki adalah evolusi dari chobayaki yang dibuat dengan isi urat sapi atau bahan-bahan lainnya, bisa dibilang hampir mirip dengan bakso jika di Indonesia. Makanan ini dinamakan rajioyaki karena bentuknya mirip dengan tombol yang ada di radio pada saat itu. Pada tahun 1933, rajioyaki berevolusi lagi menjadi nikuyaki. Bedanya kalau isi rajioyaki adalah urat sapi maka nikuyaki berisi daging sapi.

Pada tahun 1935, ada terobosan baru dari sebuah toko makanan di Jepang yang bernama Aizuya. Dengan mengambil ide dari akashiyaki masyarakat Jepang mulai memasukan gurita dan juga telur ke dalam rajioyaki dan menyebut makanan itu dengan nama takoyaki. Jadi takoyaki pertama kali ada sejak tahun 1935. Sekitar tahun 1965an mulai banyak kios-kios yang menjual takoyaki di Jepang kemudian pada tahun 1990 Jepang mengalami demam takoyaki.

Demam Takoyaki Di Jepang

Demam takoyaki ini terjadi karena muncul kios takoyaki yang di kyotako di daerah shibuya. Nah setelah itu mulai banyak toko-toko dan kios-kios yang sukses menjual takoyaki. Di Jepang anda akan lebih mudah menemukan takoyaki pada saat matsuri, seperti acara tahun baru dan event-event lainnya.

Takoyaki merupakan jajanan populer yang dijual kios atau pasar pada saat hatsumode, atau kunjungan pertama ke kuil di awal tahun baru dengan berbagai matsuri.

Takoyaki juga bisa sering kita temukan di toko makanan ringan tradisional atau dagashiya, yang merupakan yang merupakan tempat jajan anak sekolah. Harga yang dijual disini biasanya lebih murah, daripada harga di kios-kios takoyaki biasanya. Penyebaran takoyaki yang semula di Kanzai mulai merata ke daerah lainnya seiring perminatnya yang juga meningkat.

Seperti di daerah Iitako juga telah tersedia semua rasa takoyaki yang bisa anda coba. Di daerah ini tersedia takoyaki rasa beef cheese, chicken cheese dan triple cheese. Bahkan di Osaka, takoyaki merupakan makanan kebanggaan yang sering dijadikan lauk bersama dengan nasi putih.

Saking terkenalnya takoyaki di Osaka, ada tradisi orang tua harus menghadiahi anak perempuannya yang akan menikah dengan perabot rumah tangga yang berupa wajan takoyaki. Selain itu, di Universal City Osaka dibangun pula museum takoyaki. Museum ini punya maskot yang diberi nama takoyakichan dan takoyakikun, cukup unik bukan?.

Biasanya masyarakat Jepang mengkonsumsi takoyaki dengan menggunakan bambu yang dipotong dan dibentuk kecil-kecil, seperti tusuk gigi. Tak jarang pula yang memakan takoyaki dengan menggunakan sumpit seperti di daerah Tokyo, Jepang.

Jenis-Jenis Takoyaki

cara membuat takoyaki

Kini takoyaki memiliki beragam rasa namun pada awalnya takoyaki hanya memiliki beberapa rasa saja yaitu takoyaki polos tanpa saus, takoyaki dengan saos. Jadi pada permukaan takoyaki akan diolesi dengan saos yang ditambah dengan mayonnaise, nori dan katsuobushi yaitu makanan awetan berbahan baku ikan cakalang atau bisa disebut juga dengan katsuo, dan takoyaki kecap asin ini pada permukaan takoyaki akan diolesi dengan kecap asin.

Nah untuk membuat takoyaki ada alat khususnya, jadi alat ini berfungsi untuk mencetak sekaligus memasak takoyaki. Cetakan takoyaki berbentuk cekungan setengah bola. Satu Loyang biasanya terdiri dari deretan 16 lubang namun terkadang juga lebih banyak tergantung tipe cetakan atau Loyang yang digunakan.

Alat pembuat takoyaki biasanya terbuat dari bahan dasar besi cor. Hal ini supaya saat memasak takoyaki tidak mudah gosong meskipun begitu harga alat pembuat takoyaki memang terbilang mahal.

Perkembangan Resep Takoyaki

Di era modern seperti sekarang ini memang banyak sekali resep masakan Jepang yang sudah menjadi trend kuliner baru di Indonesia. Seperti contoh chicken katsu, shrimp katsu, tempura udang, teriyaki, dorayaki dan masih banyak lainnya.

Dulu sih, rata-rata harga makanan Jepang tersebut bisa dibilang relatif cukup mahal dan itupun adanya hanya di beberapa restauran Jepang yang ada di mall. Peminatnya yang cukup banyak membuat beberapa orang mulai memodifikasi takoyaki dengan bahan yang umum sehingga harganya lebih murah.

Seperti juga dengan bahan takoyaki yang akan kita buat ini. Resep takoyaki Jepang aslinya sudah sedikit dirubah sehingga anda bisa menemukan bahan-bahannya dengan mudah. Selain itu cara membuat takoyaki juga bisa disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia namun tak begitu jauh rasanya dengan takoyaki yang asli.

Cara Membuat Takoyaki

Membuat takoyaki asli ala restoran Jepang sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Anda tinggal mencampur bahan takoyaki yang sudah dipersiapkan kemudian memasaknya di pan khusus. Masalahnya pan khusus atau cetakan takoyaki tidak banyak dijual bebas.

Di beberapa daerah anda bahkan sulit menemukan penjual cetakan takoyaki ini.Solusinya sebenarnya cukup mudah anda bisa menggunakan cetakan dorayaki yang lebih simple. Kalau memang tidak ada anda juga bisa memakai cetakan kue lumpur.

Yang paling sederhana lagi ialah menggunakan mesin takoyaki yang disebut dengan Fish Pellet Grill. Alat ini mampu memproduksi takoyaki dalam jumlah besar dalam sekali memanggang.

Ciri Khas dan Tips Dalam Membuat Takoyaki

Ketika anda memasukkan adonan dalam cetakan takoyaki selalu ingat jangan memasukkannya terlalu banyak agar tak menggumpal. Apabila adonan yang dituang terlalu penuh nanti takoyaki juga akan berbentuk terlalu besar dan kurang matang merata. Cukup masukkan adonan hingga setengah cetakkan. Ciri khas utama resep masakan Jepang ini adalah serutan ikan cakalang kering atau biasa disebut katsuobushi.

cara membuat takoyaki

Katsuobushi memang sulit ditemukan di pasaran sehingga ada baiknnya jika memesannya secara online.Selain itu ciri khas lain dari makanan ini yaitu aonon atau sejenis rumput laut yang sudah dikeringkan. Sebenarnya anda juga bisa tidak menggunakannya dalam takoyaki yang anda buat.

Selain kedua macam bahan takoyaki diatas anda juga perlu membuat adonan kulit takoyaki. Adonan ini yang nantinya akan digunakan untuk menyelimuti tako atau isian gurita. Ada cara yang lebih mudah untuk membuat kulit takoyaki yakni dengan membeli tepung takoyaki yang sudah jadi. Untuk membuat kulit takoyaki ini dimulai dengan mencampur tepung, susu dan baking powder biasa.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Takoyaki

Untuk isiannya sendiri tidak harus gurita jika anda tidak suka, bisa juga diganti dengan udang, ikan, sosis ataupun keju. Yang penting untuk isian jangan menggunakan isian yang cita rasanya manis. Nanti bisa jadi merubah cita rasa resep takoyaki yang anda buat. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan dan cara membuat takoyaki khas Jepang di bawah ini:

Bahan Adonan Takoyaki

  1. Tepung terigu sebanyak 150 gram.
  2. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir. Jangan lupa kocok lepas di luar ya
  3. katsuobushi untuk taburan kurang lebih sebanyak 5 gram saja
  4. Baking powder kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja
  5. Susu cair kurang lebih sebanyak 120 ml saja
  6. Katsuobushi sedikit saja atau kurang lebih 5 gram untuk campuran adonan takoyaki
  7. Kaldu bubuk rasa ayam atau daging sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil kurang
  8. Air bersih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 350 ml saja

Bahan Isian Takoyaki

  1. Octopus atau gurita 250 gram yang sudah masak atau direbus dan dipotong kecil-kecil sesuai selera. Bisa diganti dengan isian ayam, udang, cumi, bakso, sosis, keju atau lainnya. Biasanya octopus yang digunakan direbus terlebih dahulu kemudian dipotong kecil -kecil.
  2. Bunga kol ½ bagian, yang dipotong kecil-kecil
  3. Daun bawang 3 batang
  4. Garam 3 sendok teh

Bahan Lain dalam Cara Membuat Takoyaki

  1. Mayonise secukupnya sesuai selera
  2. Saus sambal secukupnya sesuai selera
  3. Saus takoyaki kalau ada secukupnya sesuai selera
  4. Margarine/Minyak goreng (untuk mengoreng)

Berikut adalah langkah-langkah dan cara membuat takoyaki:

takoyaki

Sumber: /i2.wp.com

Langkah Mengolah Katsuobushi

1. Pertama anda olah katsuobushinya. Cara mengolah katsuobushi dimulai dengan merebusnya bersama dengan air yang sudah dipersiapkan. Tunggulah hingga rebusan sampai benar-benar mendidih dan diamkan dengan api kecil kurang lebih selama 5 menit saja

2. Setelah itu matikan dan tunggu sebentar sampai dingin lalu lanjutkan dengan menyaringnya. Langkah ini bisa di skip kalau tidak memakai katsuobushi

3. Masukan susu cair yang sudah anda persiapkan kemudian aduk bersama katsuobushi  sampai tercampur rata

4. Tuangkan kaldu bubuknya ke dalam wadah  kemudian aduk kembali sampai rata

5. Masukan putih telur yang sudah dikocok sambil diberi kaldu dan bahan diatas sedikit demi sedikit sampai semuanya tercampur rata

6. Ambil wadah baru kemudian campurkan tepung terigu protein rendah dan baking powder lalu aduk-aduk kembali sampai adonan merata

7. Masukan campuran tepung tadi kedalam wadah iyang berisi susu tadi kemudian aduk-aduk kembali sampai tercampur merata

8. Saring adonan diatas untuk mencegah gumpalan tepung

Langkah Lanjutan

1. Siapkan cetakan untuk membuat takoyaki dan tunggu sampai panas. Jangan lupa olesi dahulu dengan margarine agar adonan tidak lengket ketika dibalik atau diangkat. Jika tidak ada margarine bisa juga menggunakan minyak goreng. Isi minyak goreng kurang lebih sepertiga kedalam lubang cetakan takoyaki

2. Setelah margarine atau minyak goreng  panas mulai tuangkan adonan takoyaki kedalam cetakan hingga setengah dari lubang cetakan sesuai selera kemudian langsung isi dengan gurita atau bahan isian lainnya. Tutup dengan adonan takoyaki lagi sampai lubang cetakan takoyaki penuh

3. Ulangi langkah nomor 10 sampai lubang cetakan sudah tidak ada yang kosong

4. Tunggu takoyaki setengah matang yang ditandai dengan bagian atas takoyaki yang mulai mengembang. Setelah itu balik takoyaki untuk mematangkan semua bagian takoyaki

5. Setelah matang angkat

6. Yang terakhir sajikan takoyaki yang telah matang bersama dengan saus khusus takoyaki dan mayonnaise

Cukup mudah bukan cara membuat takoyaki khas Jepang ini?Jika anda mengikuti langkah-langkah cara membuat takoyaki di atas tentunya takoyaki buatan anda tidak akan kalah dengan takoyaki yang dijual di restauran atau  mall-mall pada umumnya.

Sebenarnya membuat takoyaki itu cukup sederhana, hanya saja bahannya sulit didapatkan seperti gurita dan katsuobushi atau serutan ikan cakalang kering. Kalau katsuobushinya memang tidak ada, bahan yang satu ini bisa anda hilangkan.

Namun perlu diketahui jika tidak ada katsuobushinya tentu akan sedikit mempengaruhi cita rasa resep cara membuat takoyaki Jepang yang akan anda buat. Selamat mempraktekkan cara membuat takoyaki di atas ya..

By | 2017-11-15T12:52:40+00:00 Agustus 23rd, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Bundaa…! Ini Loh Rahasia Cara Membuat Takoyaki yang Mudah dan Cepat

About the Author: