Cara Memelihara Ayam Potong dan Keuntungannya

Cara Memelihara Ayam Potong

Melakukan transaksi ayam adalah bisnis yang menjanjikan sekarang. Bagaimana tidak ayam bisa menghasilkan keuntungan yang signifikan bila bisa mengelola dengan baik dan benar. Memelihara ayam potong dengan baik dan benar. Berikut adalah cara memelihara ayam potong dan keuntungannya.

Awal Mula dikenalnya Ayam Potong

Meski jalur murni sudah terkenal sejak tahun 1960-an saat peternak mulai beternak, ayam pedaging sebenarnya baru terkenal sebelum tahun 1980-an. Namun, ayam pedaging komersial seperti yang banyak digunakan saat ini tidak populer sampai tahun 1980-an.

Semula ayam yang disembelih adalah ayam petelur seperti ayam leghorn putih dengan sisir. Namun, saat itu masih banyak masyarakat yang menentang broiler karena terbiasa dengan ayam kampung yang terus berkembang, sehingga sulit untuk memasarkan ayam broiler. Peternak broiler yang baru membuka usahanya menjadi khawatir dan rugi.

Pada akhir 1980-an, mereka yang berkuasa mulai mempromosikan konsumsi ayam untuk menggantikan atau mendukung konsumsi daging ruminansia, yang semakin sulit eksis pada saat itu.

Kondisi telah berubah, kini banyak peternakan broiler yang bertambah dan bermunculan breeder musiman seiring dengan meningkatnya permintaan ayam broiler. Dari sinilah broiler atau broiler komersial mulai dikenal dan perlahan diterima manusia sebagai ayam konsumsi.

Cara Memelihara Ayam Potong di Rumah

Cara Memelihara Ayam Potong di Rumah

1. Tentukan Lokasi Kandang

Hal pertama yang harus dilakukan saat ingin mulai beternak adalah menentukan lokasi kandang. Sarankan untuk memilih lokasi kandang yang mudah terjangkau dengan transportasi.Selain itu, usahakan untuk memilih tempat yang berada pada tempat yang tenang, jauh dari pemukiman penduduk dan dekat sumber air.

2.Buat Kandang

Saat melakukan servis ayam pedaging, kemampuan ayam broiler untuk menghasilkan daging dipengaruhi oleh benih, pakan dan manajemen pemeliharaan, yang biasanya meliputi pemeliharaan peralatan peternakan dan pengelolaan kandang ayam pedaging.

Walaupun ayam broiler dapat dipanen dalam waktu yang singkat yaitu 4 hingga 5 minggu, namun ketiga hal tersebut harus diperhatikan karena berperan penting dalam membantu perkembangan ayam broiler.Hal tersebut dilakukan agar ayam pedaging menghasilkan daging yang berkualitas saat dipanen nantinya.

Baca juga Ternak Kelinci Pedaging Untuk Mulai Bisnis Barumu.

Oleh karena itu, pengendalian kualitas daging tidak hanya dilakukan pada saat ayam akan dipanen, tetapi juga pada saat ayam masih berbiji. Pengendalian mutu jika dilakukan pada ayam saat ayam masih dalam tahap pembibitan maka kualitasnya akan terjaga sampai ayam dipanen.

Ada dua jenis pilihan kandang yang biasa dibuat oleh peternak ayam yaitu kandang stepless dan kandang berundak.

1. Kandang Tanpa Panggung

Pengelolaan kandang tanpa panggung harus lebih diperhatikan agar kandang tidak lembab.

2. Bentuk Kandang Panggung

Kandang jenis ini lebih mahal.Keunggulan dari keranjang ini adalah tidak mudah kotor dan mudah pembersihannya karena kotoran ayam langsung jatuh.

Kandang ayam broiler harus sudah tersedia karena ayam masih berupa bibit atau DOC (Day-Old Chicken). Hal ini penting dilakukan karena ayam biasanya masih rentan terhadap perubahan cuaca dan kondisi lingkungan. Kandang untuk bibit ayam harus tersedia sedemikian rupa sehingga mendukung penuh perkembangan ayam.

 

3. Lakukan Pembibitan

Saat memelihara ayam, disarankan untuk mengingat beberapa poin penting:

  • Melilih bibit yang aktif, sehat dan bebas dari cacat fisik atau penyakit.
  • Pilih biji yang bulat, tebal, dan ganda.
  • Pilihlah benih yang bulunya tidak terlihat kusam, sehat, dan berkilau.
  • Daerah sekitar anus tidak kotor, mata terlihat lancip, dan hidung bersih

4. Pemberian Makan

Ada hal yang perlu menjadi perhatian dari segi isi dan waktu pemberian makan.

Pemberian pakan penting dilakukan agar dapat menjamin nutrisi ayam sehingga ayam dapat tumbuh dengan kualitas yang maksimal. Saran untuk peberian pakan menggunakan sistem Adlibilitum agar pakan selalu tersedia dan tersedia dalam jumlah yang tidak terbatas.Pastikan makanan selalu tersedia pada kandang agar lemak tubuh ayam lebih cepat bertambah.

5. Panen dan Kebersihan

Setelah 30 hari, ayam sudah siap panen dan  jual.Jangan lupa melakukan pengapuran pada lantai dan dinding kandang setelah panen untuk kebersihan.Semprot juga formalin agar kuman yang tumbuh di kandang bisa mati

Ciri-ciri Ayam Potong yang Sehat

Ciri-ciri Ayam yang Sehat

  1. DOC kondisi tubuh normal
  2. Memiliki bulu yang tipis
  3. DOC gesit dan juga aktif
  4. Memiliki mata yang cerah
  5. Kekebalan DOC tinggi
  6. Kaki DOC basah besar
  7. Dan memiliki bobot standar
  8. Ayam broiler terbebas dari berbagai penyakit

Ciri-ciri Ayam Potong yang Tidak Layak di Kembangkan

  1. Memiliki kekebalan yang rendah
  2. Tidak memiliki bobot standar
  3. Abnormal
  4. Memiliki perut yang membesar atau membengkak
  5. DOC tidak tahan dan lemah
  6. Pertumbuhan bulunya tidak sempurna

Di balik kelezatan dagingnya, daging ayam juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat ayam broiler bila dikonsumsi secara seimbang dapat memiliki beberapa manfaat. Ayam termasuk dalam 4 makanan sehat 5 sempurna yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut Adalah Manfaat dari Daging Ayam Potong

1. Penambah Nafsu Makan

Bagi Anda yang kurang nafsu makan, ayam merupakan salah satu cara alternatif yang bisa dapat menjadi berbagai jenis masakan untuk menggugah selera makan.

2. Dapat Menghilangkan Stres

Kita sering mencari cara alternatif untuk mengurangi stres, termasuk makan daging. Dan tentunya ayam memiliki kandungan asam B5 yang dapat menenangkan saraf, sehingga ayam merupakan salah satu penghilang stres alternatif pada sekitar kita.

3. Dapat Menurunkan Kolesterol

Banyak yang menggangga daging ayam dapat menurunkan kolesterol secara umum karena diolah melalui pemasakan. Dengan cara ini, banyak yang mempercayai mampu menurunkan kadar kolesterol.

4. Mendukung Proses Pertumbuhan Tulang

Daging ayam juga terpercaya mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat bagi tubuh kita terutama anak-anak yang sedang mengalami tumbuh kembang, sehingga ayam dapat membantu proses pertumbuhan tulang pada anak.

5.Baik Untuk Jantung

Makan ayam membantu mengontrol dan menekan kadar homosistein, serta melindungi jantung Anda dari berbagai penyakit kardiovaskular.

6. Kaya Fosfor

Kandungan fosfor pada ayam sangat efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. Ini termasuk mendukung kesehatan ginjal, hati, dan sistem saraf pusat.

7. Mengandung Selenium

Selenium adalah salah satu zat tersehat pada ayam. Selenium merupakan mineral esensial yang meningkatkan sistem metabolisme tubuh, mendukung kerja kelenjar tiroid dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8. Meningkatkan Kerja Sistem Metabolisme

Kadar vitamin B6 pada ayam membantu mencerna makanan tanpa menyimpannya sebagai lemak. Agar Anda terhindar dari obesitas.

Ciri-ciri Daging Ayam Potong

  1. Hasil daging dari ayam poyong umumnya bertekstur kenyal dan dagingnya tidak lembab atau lengket
  2. Darah ayam broiler yang mudah hilang saat dicuci dan tidak menimbulkan bau amis yang menyengat
  3. Memiliki daging yang terlihat segar, berkilau, dan bersih.

Namun demikian, keberadaan lalat merupakan salah satu tanda bahwa daging ayam tempat lalat aman untuk dikonsumsi dalam keadaan segar dan tidak mengandung formalin.

Keuntungan Beternak Ayam Potong

1. Mudah dan Tidak Rumit

Memulai peternakan ayam broiler sebenarnya sangat mudah. Anda bisa memulai bisnis ini dari modal terkecil hingga terbesar dengan detail sebagai berikut: membeli ayam broiler, membeli peralatan, membeli pakan, obat-obatan, vitamin, suplemen nutrisi dan masih banyak lagi.

Yang terbaik adalah tidak merekrut karyawan terlebih dahulu. Selain bisa meminimalisir biaya, Anda juga bisa mengembangkan secara mandiri.

2. Permintaan Pasar Jangka Panjang

Seperti yang bisa Anda lihat pada beberapa minimarket, supermarket, dan pasar, ayam selalu terjual untuk kebutuhan tersendiri. Bisa dikatakan itu adalah bahan utama bagi masyarakat saat ini.Tidak hanya masyarakat yang membutuhkan ayam, jenis usaha lain juga membutuhkan ayam untuk menjalankan usahanya, seperti perusahaan sosis, restoran dan jenis usaha lainnya.

3. Modal Kecil

Banyak pengusaha percaya bahwa beternak ayam broiler membutuhkan banyak modal padahal tidak. Selain memulai bisnis sendiri dengan biaya yang relatif kecil, Anda juga bisa mengatur sistem kemitraan dengan pemasok benih.

Caranya, Anda tinggal beralih ke pemasok benih seperti PT. WONOKOYO GROUP, PT. JAPFA CORN dll dan tanyakan tentang persyaratan dan prosedur jika ingin bermitra. Yang Anda butuhkan hanyalah lahan yang luas dan membudidayakan benih pemasaran dari pemasok hingga waktu panen tiba. Ini tersediakan oleh pemasok benih untuk makanan dan obat-obatan.

Pemeliharaan Ayam Potong

1. vaksin

Vaksin merupakan salah satu hal terpenting dalam perawatan ayam potong. Pasalnya, tanpa vaksin DOC, Anda rentan terhadap berbagai penyakit. Untu ayam pedaging yang masih DOC, vaksin diberikan dalam bentuk tetes mata sebagai pengganti suntikan. Jangan lupa berikan vitamin secara rutin agar daya tahan tubuh ayam lebih stabil. Vitamin membuat DOC ayam lebih sehat

2. Inkubator

Ayam DOC ini membutuhkan penghangat yang berguna untuk menjaga kehangatan tubuhnya. Atur suhu inkubasi dengan benar, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Inkubator ini sangat berguna saat musim penghujan, terutama saat udara sedang ekstrim. Tanpa inkubator ini, DOC terasa dingin dan sistem kekebalannya menjadi lemah.

3. Pakan Bergizi

Cara perawatan ayam potong selanjutnya adalah dengan memberikan pakan yang bergizi. Ayam DOC tidak bisa makan pakan kasar, jadi sangat penting pemberian pakan bubuk.Tempatkan pakan dalam baki plastik agar DOC dapat menyumbatnya. kalian juga bisa mendapatkan pakan dari toko atapun membuat menggunakan mesin pembuat pakan ayam .

4. Lampu

Anda perlu memastikan keamanan DOC broiler dengan memasang lampu. Lampu ini berguna untuk melindungi ayam DOC dari berbagai jenis serangan dari hewan lain seperti tikus atau kucing. Bola lampu ini tidak hanya mampu membuat tubuh ayam DOC lebih hangat, tetapi juga membantu anak ayam DOC melihat di malam hari saat ayam buta di malam hari.

5. Larutan Gula Merah

Setelah itu anda bisa menambahkan larutan gula merah untuk mengaktifkan DOC ayam. Kandungan glukosa dalam gula merah tidak dapat membuat ayam lemah dan terutama memberi energi setelah perjalanan jauh.

DOC ayam ini membutuhkan tenaga ekstra agar bisa bergerak dengan cepat. Hanya setelah meminum larutan gula merah barulah Anda memasukkan DOC ke dalam kandang persalinan yang telah disiapkan sebelumnya.

6.Tahapan Sebelum Vaksinasi

Ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan dengan cermat saat memberikan vaksin, seperti: B. jenis vaksin yang akan digunakan, dosis, label kadaluwarsa dan juga waktu pasti pemberian vaksin.

Sebelum vaksinasi, ayam harus dalam kondisi sehat dan hindari pemberian vaksin pada cuaca panas. Maksimal hanya boleh maksimal 29 derajat Celcius. Selain itu, hindari menggunakan wadah logam dan sebaiknya gunakan wadah berbahan plastik.

Metode Vaksinasi Ayam Potong

Metode Vaksinasi Ayam Potong

1. Suntikan

Vaksinasi dilakukan dengan cara menyuntikkan ke pangkal paha (otot) ayam pedaging menggunakan lemari es. Injeksi harus diberikan saat suhu mendekati ambien.

Sebelum melakukan vaksinasi, pastikan pulpen bekerja dengan baik, lakukan sesering mungkin dan kocok botol vaksin agar vaksin tidak mengendap. Keuntungan dari metode ini adalah Anda tidak perlu memikirkan volume karena telah diatur melalui injektor.

2. Tetes Mata

Lakukan vaksinasi tetes mata dengan dosis 1 ml untuk 1 ekor ayam, sehingga perkiraan 1000 ekor ayam akan membutuhkan 1 liter pelarut.Proses ini memakan waktu lebih lama tetapi sangat responsif karena segera masuk ke aliran darah, sehingga pemberian di mata harus tepat dan vaksin harus terserap sepenuhnya.

Kesalahan terbesar petugas dalam vaksinasi adalah terburu-buru karena jumlah ayam yang banyak.Kegiatan ini membutuhkan banyak tenaga. Usahakan untuk tidak melepaskan ayam jika vaksin belum terserap sepenuhnya.

Gunakan penghalang untuk membedakan antara ayam yang sudah melakukan vaksinasi dan yang tidak memperoleh vaksinasi. Anda bisa menggunakan 200 ekor ayam dalam 1 jaring.Anda juga harus membagi beberapa tetes untuk menjaga keefektifan vaksin karena vaksin harus gunakan dalam waktu 30 menit.

3. Melalui Air Minum

Perkembangan vaksinasi terus maju berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga kita bisa  membuat vaksin dengan mencampurkannya ke dalam air minum.Cara pemberian dengan cara ini merupakan cara yang paling sederhana dan termudah, namun memiliki kelemahan dalam hal jumlah ayam yang akan memperoleh vaksinasi.

Contoh Resep Olahan Daging Ayam Potong

Olahan Daging Ayam Potong

 

1.Ayam Kecap

Bahan Membuat Ayam Kecap:

  • 300 gram daging ayam iris
  • 2 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 200 ml air
  • 5 buah cabai rawit
  • 2 butir bawang merah
  • Merica bubuk secukupnya
  • 2 sendok makan kecap manis
  • jumlah minyak yang tepat
  • 1 sendok teh gula
  • garam secukupnya

Cara Membuat Ayam Kecap

  1. Siapkan ayam,setelah itu goreng hingga setengah matang, kemudian tiriskan.
  2. Goreng bawang bombay dan bawang putih, kemudian tambahkan irisan jahe dan cabai yang sudah halus hingga harum.
  3. Tambahkan garam dan merica bubuk lalu tuangkan ke dalam air.
  4. Setelah matang tambahkan ayam. Kemudian tambahkan kecap dan gula pasir secukupnya.
  5. Masak hingga ayam matang dan kuahnya berkurang setengahnya.

2.Ayam Bakar Madu

Bahan Pokok Ayam Bakar Madu:

  • 6 buah sayap ayam
  • 4 sdm minyak goreng
  • 4 sdm madu

Bumbu halus:

  • 6 daun bawang
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok makan kecap
  • 1 ruas jahe
  • air secukupnya
  • 1 sendok makan kecap

Cara Membuat Ayam Bakar Madu

  1. Pertama,masak daging ayam dengan bumbu halus sampai matang. Setelah itu angkat dan dinginkan.
  2. Kemudian, Oleskan madu dan minyak goreng ke ayam.
  3. Lalu panggang ayam hingga bagian luar berwarna cokelat tua.

3. Ayam Teriyaki

Bahan Utama Ayam Teriyaki:

  • Daging ayam 300 gram, potong-potong
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 buah brokoli, potong-potong

Rempah-rempah:

  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 1/2 bawang bombay
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus teriyaki
  • 1 sendok makan tepung jagung

Cara Membuat Ayam Teriyaki

  1. Campur air jeruk nipis dan ayam, lalu tunggu selama 15 menit kemudian bilas bersih. Setelah itu tiriskan.
  2. Rebus brokoli setengah matang, Setelah itu tiriskan.
  3. Setelah itu goreng bawang putih dan bawang bombay. Kemudian tambahkan ayam dan tumis hingga berubah warna.
  4. Tuang saus tiram, saus teriyaki dan tambahkan merica bubuk. Lalu aduk hingga meresap. Kemudian tambahkan brokoli dan aduk rata.
  5. Tuang tepung maizena yang sudah tercampur air secukupnya. Aduk rata sampai mengental. Setelah itu tambahkan gula pasir dan garam secukupnya.

 

Itulah pembahasan tentang Cara Memelihara Ayam Potong dan Keuntungannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •