Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang cara mengolah kopi dari pemetikan hingga pengemasan. Jadi pastikan kalian membacanya sampai akhir sampai akhirnya kaliantau bagaimana prosesnya.

Selain membahas tentang resep minuman cafe, ada kesempatan kali ini saya membahas tentang cara mengolah kopi dari pemetikan hingga pengemasan

Cara Mengolah Kopi dari Pemetikan hingga Pengemasan

cara mengolah kopi

Banyak dari kita sudah tau kalau kopi merupakan sebuah jenis minuman yang berasal dari pengolahan biji kopi yang telah dipanggang dan digiling menjadi bubuk kopi. Minuman ini terkenal dengan khasiatnya dalam menahan rasa kantuk, terutama bagi kita yang suka begadang, selain itu kopi juga mempunyai efek lainnya yang baik maupun buruk untuk kesehatan.

Jenis kopi yang paling banyak digunakan adalah jenis arabika dan robusta, masing-masing biji kopi memiliki cita rasa tersendiri dari daerah asalnya masing-masing.

Nah, kopi arabika ini merupakan jenis yang paling sering digunakan, hampir semua produk olahan kopu menggunakan biji kopi arabika karena memang rasanya yang sangat enak dan tidak terlalu pahit.

Kalian harus tau, Bahwa kopi arabika hanya dapat tumbuh dan berkembang di negara-negara yang beriklim tropis dan sub-tropis dengan ketinggian 600m sampai dengan 2000m diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata kisaran antara 18°C-26°C. Tidak cuma itu, ada juga kopi jenis lain, yaitu kopi robusta.

Kopi Robusta ini adalah jenis kopi kedua yang digemari oleh banya orang, tidak semua orang dapat menikmati kopi yang satu ini, dimana kopi ini memiliki cita rasa yang lebih pahit serta memiliki rasa asam. Selain itu kopi robusta lebih tahan terhadap hama dan penyakit tanaman lainnya.

Ya bisa dibilang kopi robusta itu lebih bisa tumbuh diberbagai daerah dibandingkan dengan arabika, makanya harga kopi robusta tidak semahal dengan harga kopi arabika.

Kopi arabika juga memiliki rasa yang lebih ringan serta tidak asam seperti robusta. Dengan rasa yang lebih ringan ini membuat kopi arabika lebih banyak dikonsumsi oleh banyak dari kalangan masyarakat. Jadi, kalau kalian menyukai kopi dengan rasa yang tidak terlalu berat, sebaiknya pilih kopi arabika saja

Kopi tidak hanya dikenal sebagai penahan rasa kantuk saja, kopi juga memiliki kegunaan yang lain. Karena kopi memiliki kandungan kafein, jadi kopi mempunyai beberapa dampak baik bagi kesehatan dan juga dampak buruknya kalau mengkonsumsinya secara berlebihan.

Jenis Pengolahan Kopi

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tau, ada banyak cara dalam mengolah minuman kopi, dari cara yang tradisional sampai ke cara yang lebih modern dengan menggunakan teknologi. Pada awal jaman ditemukannya kopi untuk pertama kalinya, kopi dikonsumsi dengan cara dimakan bersama lemak hewan serta anggur.

Nah, setelah kopi sampai di daratan Arab pengolahan kopi ini mulai memiliki perubahan, pada saat itu orang-orang Arab mengkonsumsinya dengan cara merebusnya terlebih dahulu kemudian diminum. Ada dua cara penyajian kopi yang biasanya dilakukan yaitu sebagai berikut:

1.Kopi Seduh atau yang kita lebih kenal dengan kopi tubruk merupakan jenis pengolahan yang paling umum digunakan dalam mengolah minuman kopi. Cara membuat kopi tubruk itu mudah serta semua orang dapat melakukannya, hanya dengan menuangkan bubuk kopi kedalam gelas lalu seduhlah dengan air panas.

Sisi negatif dalam membuat kopi tubruk adalah dengan ampasnya, dimana setelah kita olah tidak dapat langsung dikonsumsi dan harus menunggu sampai ampasnya turun. Tapi kopi tubruk juga dapat disajikan dengan gelas presser yang memiliki kegunaan untuk menyaring ampas kopi tersebut.

2.) Mungkin yang satu ini agak kedengaran asing, yaitu Espresso Brewing. Cara ini adalah sebuah jenis pengolahan kopi menggunakan mesin bertekanan tinggi yang mengekstraksi kopi yang menghasilkan intisari kopi serta crema.

Jenis pengolahan ini sering kita jumpai apabila kita datang ke sebuah cafe ataupun coffee shop dimana pengolahannya menggunakan mesin espresso. Espresso juga memiliki cita rasa serta kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi tubruk serta tidak memiliki ampas.

Tidak semua orang dapat mengoperasikan dan juga mengolah kopi menggunakan mesin espresso, harus memiliki keahlian jika ingin teknik pengolahan ini. Orang yang dapat mengoperasikan mesin espresso disebut sebagai Barista, tidak hanya sebagai sebutan Barista juga telah menjadi deskripsi pekerjaan pada zaman in

Pengolahan Kopi Biji (Kopi Tanduk) menjadi Kopi Bubuk Arabika

Pengupasan Kulit Ari (Kulit Tanduk)

Pemisahan ini memiliki tujuan untuk memisahkan biji kopi yang sudah kering dari kulit tanduk dan kulit ari. Proses ini bisa kita kerjakan manual atau bisa dengan menggunakan mesin pengupas biji kopi. agar hasil yang didapat lebih optimal

Sortasi Biji Cacat

Tahap ini memiliki tujuan untuk membersihkan kopi dari kopi berkulit tanduk serta dari kotoran seperti pasir, kerikil, ataupun kotoran lainnya yang masih menempel.

Penyangraian

Nah, kunci dari pengolahan kopi bubuk itu terletak di proses penyangraiannya. Pernyangraian ini bertujuan untuk mendapatkan biji kopi yang berwarna cokelat kehitam hitaman.

Proses penyangraian ini bisa dilakukan dengan cara yang cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan wajan penggoreng dengan api sedang. Selanjutnya kopi didinginkan dan dihamparkan pada sebuah tampi dan dibiarkan sampai kopi benar-benar dingin.

Penggilingan Pertama

Setelah biji kopi sudah dingin, langkah selanjutnya adalah penggilingan, proses penggilingan ini memiliki tujuan untuk mendapatkan bubuk kopi, bisa dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling biji kopi.

Penggilingan Kedua

Penggilingan biji kopi yang kedua kalinya ini memiliki tujuan agar bubuk kopi yang dihasilkan bisa menjadi lebih halus secara sempurna. Penggilingan yang kedua kalinya ini bisa dilakukan dengan menggunakan mesin yang sama dengan penggilingan yang pertama.

Pengayakan

Pengayakan kopi dilakukan bertujuan untuk menyaring kopi bubuk yang telah digiling oleh mesin. Pengayakan dilakukan menggunakan ayakan manual yang terbuat dari plastik.

Untuk mendapat hasil pengolahan yang optimal. Proses pengolahan kopi bubuk sebaiknya dilakukan secara kelompok. Unit produksinya diharapkan menjadi salah satu bagian integral dari kegiatan pengolahan produk primernya sehingga pasakon bahan baku terjamin.

Terus membaca cara mengolah kopi 🙂

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Cara mengolah kopi

1. Menurunkan Berat Badan.

Jangan sedih apabila memiliki bentuk tubuh yang sedikit tambun, karena ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan anda. Salah satunya dengan meminum kopi secara rutin dan dengan takaran yang pas.

Pernah ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa biji kopi mengandung senyawa yang bernama klorogenat, dan kafein yang bisa menurunkan berat badan seseorang. Jadi selain mengatur pola makan, program dietmu akan lebih berjalan dengan lancar bila mengonsumsi kopi.

2. Dapat Mencegah Diabetes.

Umumya penyakit tersebut dapat terjadi karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang.

Sehingga tidak bisa mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah, dengan mengonsumsi kopi secara teratur dan takaran yang pas, ternyata bisa ampuh mencegah terjadinya diabetes. Tetapi juga harus diimbangi dengan olah raga yang teratur serta menjaga pola makan.

3. Mengurangi Tingkat Stres dan Depresi.

Apabila seseorang sedang merasa depresi karena pekerjaan yang menumpuk atau sedang dikejar deadline tugas, kopi merupakan salah satu minuman yang pas untuk mengobati dan mengurangi perasaan tersebut. Buatlah secangkir kopi hangat sesuai selera kalian, setelah itu pasti akan merasakan perasaan rileks, bahagia dan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas kalian kembali.

4. Meningkatkan Metabolisme Dalam Tubuh.

Semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam takaran yang pas, tentunya akan berdampak positif bagi tubuh bukan? Salah satunya kopi, jika kopi dikonsumsi secra teratur dan takarannya pas, maka kopi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh lo. Jika metabolisme dalam tubuh lancar maka lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

5. Meningkatkan Daya Ingat.

Tidak bisa dimungkiri, bila usia seseorang bertambah maka daya ingatnya akan berkurang. Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi kopi lho. Jadi kalau sudah mulai sering lupa, maka kopi merupakan salah satu cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat kalian.

6. Meredakan Sakit Kepala.

Patinya tidak ada orang yang ingin terserang sakit kepala kan? Namun bila anda sedang mengalami hal tersebut, salah satu cara yang paling aman untuk meredakan rasa sakit itu adalah dengan mengonsumsi kopi hitam secukupnya. Jadi kalian tidak usah repot-repot membeli obat pereda sakit kepala, cukup membuat secangkir kopi hitam hangat di rumah.

7. Mencegah Kanker Kulit.

Pernah ada sebuah penelitian menjelaskan bahwa, sebagian besar seseorang yang mengonsumsi kopi setiap harinya, memiliki resiko lebih rendah terkena kanker kulit dibandingkan orang yang jarang meminum kopi.

Alasannya adalah kandungan kafein yang ada dalam kopi ternyata bisa menekan sel-sel jahat dalam tubuh yang bisa memicu terjadinya kanker kulit saat terpapar sinar matahari.

8. Menambah Antioksidan Dalam Tubuh.

Taukah kamu? Zat antioksidan tidak hanya terdapat di dalam buah atau sayuran segar saja lho, di dalam kopi juga ada. Di dalam tubuh antioksidan juga merupakan salah satu zat yang paling penting bagi tubuh.

Pasalnya, antioksidan sangat bermanfaaat untuk menangkal racun-racun yang ada di dalam tubuh, akibat pola hidup yang tidak sehat, kurang berolah raga dan terpapar polusi saat di jalan.

9. Memperkuat tulang.

Sebagian orang memiliki asumsi bahwa kalsium bisa didapat bila mengonsumsi susu dengan teratur. Hal memang benar adanya, namun ada hal yang perlu kalian ketahui, jika kalsium juga bisa didapat dengan meminum kopi secara teratur.

Bila tubuh mendapatkan kalsium yang cukup, maka semua tulang yang ada di dalam tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang.

10. Meningkatkan produktivitas.

Cara mengolah kopi

Sudah bukan lagi rahasia umum bila kopi mengandung kafein yang tinggi. Wajar bila cara mengolah kopi serta cara mengolah kopi sering dikonsumsi oleh mereka para pekerja keras, untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. Pasalnya kafein bisa mengirim efek stimulan pada saraf pusat yang ada di dalam tubuh, sehingga lebih produktif.

11. Mengecilkan Pori-Pori Wajah.

Selain dapat dikonsumsi, kopi juga bisa digunakan sebagai masker untuk merawat wajah agar tetap halus dan cerah. Kulit pada wajah merupakan salah satu kulit yang paling sensitif dibandingkan kulit lainnya. Bila tidak dirawat dengan sungguh-sungguh maka akan mengakibatkan kulit kasar dan timbul jerawat. Nah kopi diyakini memiliki zat yang dapat membuat pori-pori wajah wajah mengecil dan terasa halus.

12. Mengatasi Wajah Berminyak.

Sebagian besar wanita, beranggapan bahwa kulit berminyak itu tidak indah, mebuat wajah terlihat kotorserta tidak fresh. Jika ingin mengatasinya, tidak ada salahnya membuat masker sendiri menggunakan kopi.

Kopi bisa dilarutkan dengan air mawar, kemudian oleskan di seluruh wajah dan tunggu hingga beberapa menit. Kemudian bilas dengan air biasa, lakukan hal itu secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

13. Mengatasi Wajah Kusam.

Setiap wanita pasti menginginkan wajah yang cerah serta berseri kan? Tenang, ada cara yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan wajah cerah berseri, salah satunya adalah membuat masker menggunakan kopi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi diyakini sangat ampuh membuat kulit wajah terlihat lebih cerah alami.

14. Mengatasi dan Menyamarkan Bekas Jerawat.

Bakteri atau minyak berlebih pada kulit wajah merupakan salah satu faktor utama penyebab munculnya jerawat pada wajah. Jerawat juga dianggap dapat mengganggu penampilan, bahkan menimbulkan rasa sakit. Bila dibiarkan secara terus menerus, akan menimbulkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

Jangan khawatir, sekarang kalian tidak perlu mengeluarkan dana banyak untuk melakukan perawatan wajah ke dokter, dengan kopi kalian bisa membuat masker kopi sendiri di rumah. Apabila digunakan secara teratur maka masker kopi bisa menyamarkan bekas jerawat pada wajah dan membuat kulit wajahmu kembali halus.

15. Meningkatkan Stamina dan Performa.

Kafein yang terkandung dalam kopi ternyata bisa membantu tubuh untuk menyimpan energi saat sedang berolahraga. Jadi sebelum berolahraga, sebaiknya mengonsumsi kopi terlebih dahulu. Jadi pada saat olahraga, kalian memiliki stamina dan performa yang stabil, sehingga tidak mudah lelah.

16. Memperpanjang Umur.

Pernah ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur, dua hingga empat cangkir tiap harinya memiliki resiko kematian yang lebih rendah, dibandingkan orang-orang yang jarang mengonsumsi kopi tiap harinya. Jadi tidak ada salahnya untuk kalian mencoba meminum kopi setiap hari, meskipun rasanya sedikit pahit, namun memiliki khasiat yang luar biasa.

17. Membuat Otak Lebih Cerdas.

Universitas Harvard pernah melakukan penelitian tentang kopi, dan membenarkan pernyatan tentang kopi yang bisa mencerdaskan otak. Kafein yang terkandung di dalam kopi ternyata mambu membuat otak berfungsi dengan baik, dan bisa mengingat informasi lebih lama. Jadi kopi sangat cocok untuk teman belajar kalian dikala kalian sedang merasa suntuk.

18. Menambah Nutrisi dalam Tubuh.

Sebagian besar orang pasti masih meragukan adanya informasi yang satu ini. Namun ada hal yang perlu kalian ketahui bahwa orang yang meminum kopi lebih dari satu gelas setiap harinya, kesehatan tubuhnya akan semakin meningkat. Karena selain mengandung kafein, kopi juga mengandung sebuah zat-zat seperti halnya Riboflavin, Pantothenic Acid, Manganese serta Potassium, Magnesium and Niacin.

19. Terhindar Dari Penyakit Stroke.

Pernah ada penelitian yang menyatakan jika seseorang mengonsumsi kopi secara rutin setiap harinya, 20% lebih rendah terserang penyakit stroke. Meskipun banyak yang memiliki asumsi bahwa kopi bisa meningkatkan tekanan darah, sebenarnya efeknya terbilang sangat rendah. Itu hanya akan berefek pada seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi.

20. Melindungi Hati.

Mengonsumsi kopi sebanyak empat cangkir sehari bisa terhindar dari penyakit sirosis hati. Jadi asumsi atau pendapat tentang kopi yang memiliki efek buruk untuk kesehatan itu tidaklah benar. Jika kita mengonsumsi kopi dengan takaran yang tepat, maka kopi memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Terimakasih telah membaca cara mengolah kopi, semoga bermanfaat 🙂