Cara Meningkatkan Penjualan Usaha Anda

Cara Meningkatkan Penjualan

Usaha anda tak kunjung berkembang? coba anda lakukan cara seperti ini untuk meningkat kan penjualan anda .

Setiap pengusaha pastinya menginginkan omset dari penjualannya selalu meningkat. agar semakin maju, dan keuntungan anda juga berlipat-lipat, di butuhkan strategi khusus cara untuk meningkatkan penjualan.

cara yang umum digunakan yak ni memberi diskon kepada pelanggan tetap, memberikan giveaway untuk setiap bulanya. apabila cara itu cobalah, berikut cara meingkatkan penjualan anda.

1. Meningkatkan Kekuatan Brand

Meningkatkan kekuatan brand

Pelanggan akan lebih senang membeli produk baru dari brand yang telah dikenal. Karena brand yang sudah banyak dikenal telah memiliki kepercayaan di hati pelanggannya.

Dengan adanya brand yang kuat, Anda harus bersaing dengan harga di pasaran. Sayangnya, memberi harga yang lebih murah biasanya akan sulit meningkatkan omset dan pendapatan.

Berikut cara meningkatkan penjualan bisnis Anda dengan memperkuat brand. Agar tidak menjatuhkan harga terendah sehingga produk yang kita miliki tak terlihat murahan.

Perkuat merek dengan membangun kepercayaan pada hati pelanggan. Berikan pelayanan dan kualitas yang terbaik. Selain itu, jadikan bisnis Anda memiliki nilai kepercayaan yang tinggi dibandingkan usaha orang lain.

Dengan ini, pelanggan akan puas dan setia menjadi pelanggan tetap. Ketika Anda memunculkan produk baru, pelanggan setia akan membelinya dengan senang dan bahagia.

2. Memperluas Target Pasar

Memperluas target pasar
Memperluas target pasar

Cara meningkatkan penjualan dengan cepat yakni memperluas target pemasasran. Agar target pemasaran terlihat lebih luas, berarti Anda harus meningkatkan promosi agar semakin banyak orang mengetahui bisnis yang anda jual Anda.

Anda harus memanfaatkan seluruh platform media online untuk pemasaran. Optimalkan seluruh media pemasaran agar target pasar semakin meningkat pesat.

Selain menggunakan cara online, Anda juga bisa memasifkan pelebaran target pasar dengan memasang media promosi di jalanan agar orang semakin aware dengan bisnis Anda. Tawarkan produk anda pada instansi agar semakin luas sasaran target market Anda.

3. Meningkatkan Kualitas Produk

Meningkatkan kualitas produk

Produk yang berkualitas akan dicari orang banyak. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, pastikan produk yang akan dijual memiliki kualitas yang terbaik dan telah lolos standar.

Biasanya produk berkualitas diproduksi menggunakan bahan dana cara yang berkualitas pula. Sehingga harga yang ditawarkan juga ikut tinggi. Namun jangan khawatir tidak laku saat anda menjual produk dengan harga tinggi atau diatas harga pasar.

Pelanggan rela membayar dengan harga yang tinggi apabila produk tersebut benar-benar berkualitas. Karena pelanggan bisa menerima harga tinggi apabila harga jual yang ditawarkan sebanding dengan kualitas produk yang di jual.

4. Memberikan Promo Menarik

Memberikan promo menarik

Masyarakat selalu senang apabila suatu bisnis mengadakan promo seperti diskon harga atau potongan harga. Biasanya saat mendengar kata promo, orang akan tertarik dan berbondong-bondong untuk melihat dan membeli produk. Strategi seperti ini patut dicoba sebagai cara meningkatkan penjualan.

Dengan anda memberikan promo dapat memancing pelanggan untuk membeli produk Anda. Akibatnya penjualan dapat meningkat, dan keuntungan yang anda dapatkan berlipat-lipat.

Apalagi jika Anda memberikan promo menarik dengan batasan waktu, misalnya diskon hanya berlaku 3 hari. Dijamin bisnis Anda akan banjir pembeli. karena menimbulkan urgensi akan mendesak konsumen untuk segera membelinya.

5. Membuat Pelanggan Puas dan Bahagia

Membuat pelanggan puas dan bahagia
Membuat pelanggan puas dan bahagia

Selain memperhatikan kualitas produk yang anda jual, Anda juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan anda. Pelayanan yang nyaman di hati pelanggan anda akan membuat mereka betah dan setia untuk membeli produk yang anda jual. Karena sebaik apapun kualitas produk, jika pelayanan mengecewakan pelanggan maka mereka tak akan kembali lagi untuk membeli.

Cara untuk meningkatkan penjualan dengan menciptakan kondisi yang nyaman bagi pelanggan dan karyawan. Sehingga karyawan juga bisa mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan yang berkunjung ke toko anda.

6. Menjaga dan Merawat Pelanggan Setia

Menjaga dan merawat pelanggan setia
Menjaga dan merawat pelanggan setia

Walaupun sudah meluaskan target pasar, namun Anda tidak boleh mengabaikan pelanggan setia. Pelanggan tetap adalah aset berharga. Jangan sampai Anda terlalu fokus menyasar target baru namun anda lupa untuk menjaga dan merawat konsumen tetap.

begini cara menjaga dan merawat pelanggan setia dengan memberikan pelayanan dan kualitas yang terbaik. Jangan sekali-sekali mengecewakan pelanggan tetap. Karena sekali mereka kecewa, pembeli setia tidak akan kembali lagi pada produk Anda.

Selain itu, memberikan potongan harga atau diskon, memberikan bonus, atau membagikan informasi menarik juga dapat dilakukan sebagai upaya anda menjaganya. Anda juga bisa menjalin silaturahmi lebih dekat, tidak hanya sebatas penjual dan pembeli. Saat mengunjungi toko, ajaklah pelanggan mengobrol juga agar semua pelanggan anda semuanya nyaman.

7. Optimasi Media Pemasaran

Sekarang ini terdapat banyak sekali platform pemasaran yang bisa digunakan. Jangan hanya mengandalkan pemasaran offline saja. Tetapi anda harus mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan digitalisasi dengan cara meningkatkan penjualan.

Digital marketing membantu bisnis Anda menjangkau target pasar yang lebih luas hingga penjuru dunia. Ada banyak jenis strategi digital marketing yang bisa dilakukan. Mulai dari optimasi instagram, beriklan di Facebook Ads, Google Ads, optimasi website dengan SEO dan SEM, serta masih banyak lagi.

8. Memberikan Garansi Produk

Fitur garansi produk ini dapat mengakibatkan pelanggan merasa lebih aman saat membeli produk Anda secara online. Dengan adanya garansi ini akan menjadi nilai lebih dari produk Anda dan membangun kepercayaan pelanggan. Sehingga Anda bisa memberikan harga tinggi sebab pelanggan telah percaya terhadap anda dan toko anda.

9. Buktikan Dengan Testimoni dan Review

Biasanya ada konsumen yang tidak mudah percaya dengan kata-kata saat penjual memberikan promosi. Untuk itu, Anda bisa memberikan bukti melalui testimoni atau bukti dari pelanggan lain. Karena pelanggan akan percaya dengan pembeli yang pernah mencoba produk Anda. Dengan kata lain dari testimoni yakni bukti pembeli sebelum sebelumnya.

Maka dari itu, setelah anda melakukan transaksi pembelian, coba untuk menghubungi kembali pelanggan tersebut untuk menanyakan terkait hasil dan kepuasan setelah menggunakan produk yang Anda produksi.

10. Strategi Bundling

Cara meningkatkan penjualan secara ampuh melalui strategi bundling. Pembeli tertarik membeli paket bundling sebab harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan membeli barang yang di jual terpisah alias eceran. Anda sebagai pelaku Usaha patut mencoba metode ini agar meninkatkan penjualan anda.

11. Tingkatkan Jumlah Pesanan

Upselling merupakan satu cara terbaik untuk meningkatkan omset penjualan di toko Anda. Upselling merupakan menjual lebih banyak produk kepada pelanggan yang sudah memiliki niat untuk membeli. Karena calon pelanggan tersebut sudah berada di pola pikir pembelian, sampai anda bisa membuat mereka menambah jumlah pesanan.

Kegiatan upselling bisa dilakukan dengan menawarkan produk lain sebagai pendamping produk yang ingin di dibeli pelanggan. Dengan begini, pelanggan yang sudah berencana akan membeli produk akan mempertimbangkan penawaran yang anda berikan.

Karena agar tidak mengganggu kenyamanan pelanggan, kegiatan upselling harus dilakukan dengan ramah, namun tanpa memaksa pelanggan juga. Anda bisa mengatur strategi baru untuk penjualan di toko anda yang lebih baik.

12. Bijak Atur Strategi Penjualan

Selain memahami beberapa poin di atas, pemilik usaha juga diperlukan untuk memahami cara mengatur strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis yang Anda punya. Oleh karena itu, pencatatan dan laporan penjualan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan untuk melihat garis peningkatan.

Melalui laporan tersebut, Anda bisa mencatat kelebihan dan kekurangan produk dan layanan di toko, yang bisa dijadikan acuan dalam mengatur strategi bisnis Anda kedepan. Dengan begitu, omset penjualan akan terus meningkat.

13. Manfaatkan Pendapat Ahli

Kebanyakan konsumen menilai melewati pendapat para ahli yang dapat menilai baik buruknya suatu produk usaha. Maka dari itu biasanya mereka lebih mempercayai pendapat ahli dalam bidang produk yang terkait.

Misalnya, jika kita menjual sabun , maka yang dibutuhkan adalah pendapat  para ahli mengenai seberapa pentingnya kandungan bahan aktif produk yang kita usung untuk 1 batang sabun mandi.

Perlu diketahui bahwa kita tetap tidak dibenarkan dan diperbolehkan untuk membuat pernyataan palsu untuk meraup untung besar. Hanya mengambil kutipan pendapat dari ahlinya yang terbukti kebenarannya serta nyatakan bahwa kita telah memformulasikan bahan tersebut sebagai kandungan pokok produk.

14. Memanfaatkan Kredibilitas

Pada tahapan ini, suatu merek akan mendapatkan pengakuan seperti penghargaan produk terbaik maupun seberapa banyak penjualan produk tersebut per periode dan tergantung kualitasnya.

Hal ini dapat digunakan pelaku bisnis untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat di sekitar anda. Dengan memanfaatkan strategi ini, konsumen akan lebih mempertimbangakan membeli barang dari merek yang memiliki prestasi tertentu daripada yang tidak.

Cantumkan daftar pencapaian, baik itu volume penjualan atau penghargaan dari pihak ketiga untuk menarik minat pembeli, lalu biarkan pasar yang bekerja.

Seperti transaksi yang menerima mata uang manapun, suatu produk akan lebih sering mencatatkan jumlah pembeliannya ketika mereka menerima segala jenis pembayaran tunai mau pun non tunai alias menggunakan kartu yang tersedia.

15. Perluas Pilihan Pembayaran

Dalam hal ini, munculah metode pembayaran cash on delivery dengan maksud memudahkan pelanggan membeli barang secara online yang bisa membayar terlebih dahulu maupun tanpa mentransfer uang terlebih dahulu.

Kemampuan perusahaan memfasilitasi konsumen dengan uang tunai inilah yang dapat meningkatkan volume pembelian yang drastis.

Dan juga menyediakan berbagai pilihan dompet digital sebagai sarana pembayaran juga merupakan metode yang baik untuk memastikan segala karakter konsumen terakomodasi dan mudah untuk membayarnya.

16. Buat Rekomendasi Produk Secara Personal/Bekarjasama

Selain strategi-strategi seperti di atas, cara meningkatkan penjualan online maupun offline adalah dengan membuat rekomendasi produk secara personal maupun bekerja sama dengan teman anda.

Cara ini dapat dilakukan melalui customer service yang langsung berinteraksi dengan konsumen/pelanggan. Setelah konsultasi berlangsung beberapa saat, customer service bisa memberikan rekomendasi produk yang sesuai kebutuhan konsumen. Cara yang lebih personal diyakini akan membuat konsumen lebih mempercayai rekomendasi produk yang sesuai.

17. Info Produk

Strategi ini merupakan cara yang paling sederhana namun sering dilupakan. Pelanggan perlu mengetahui info produk secara jelas agar meyakinkan dengan produknya. Info produk bisa berupa catalog produk, info di website maupun di wadah kemasan serta penjelasan detail produk di berbagai media seperti website yang digunakan.

Hal yng penting juga saat kita menggunakan channel online untuk online shop. Salah satu senjata ampuh dari online shop adalah informasi produk dan foto yang jelas dan tidak boleh beda dari gambar untuk meyakinkan pelanggan.

18. Naikkan Produk

Menaikkan produk juga bisa dengan mudah anda lakukan untuk meningkatkan penjualan. Untuk menaikkan produk , kamu cukup gunakan fitur ‘Naikkan Produk’ di e-commerce.

Fitur ‘Naikkan Produk’ bisa gunakan sampai hingga 5 produk dengan durasi 4 jam sekali. Semakin sering kamu menggunakan fitur ini, maka kemungkinan produk dilihat oleh pembeli dan muncul di hasil pencarian teratas, akan lebih besar dan pelanggan pun akan datang memesan produk yang anda jual.

19. Meninjau Kembali Harga Produk atau Jasa

Selanjutnya, cara meningkatkan penjualan untuk kestabilan bisnis Anda ke depannya, penting bagi Anda untuk meninjau kembali harga produk atau jasa yang Anda jual, apa bila kualitasnya menjamin konsumen maka harga produk yang anda jual bisa di atas  harga pasar.

Usahakan Anda terus melakukan riset atau survey penjualan, misalnya bagaimana tanggapan masyarakat tentang produk Anda, apakah harga yang Anda tawarkan terlalu mahal atau murah, dan bagaimana harga produk di pasaran.

Jika harga produk Anda terasa terlalu murah, Anda dapat menaikkan harga serta melakukan edukasi mengenai manfaat yang akan didapatkan, seperti peningkatan layanan pelanggan, jaminan yang lebih baik, peningkatan kualitas bahan yang digunakan, serta regulasi yang lebih adil.

20. Tampilkan Review

Salah satu aspek yang diperhatikan calon pembeli saat mempertimbangkan untuk membeli sesuatu adalah rating dan review dari pelanggan sebelumnya. Dengan memiliki review dan rating yang bagus, konsumen akan lebih yakin dengan kualitas produk yang dijual. Apalagi beberapa platform penjualan khususnya marketplace maupun e-commerce memungkinkan penggunanya untuk melihat produk berdasarkan ulasan.

Selain bisa meyakinkan konsumen, ulasan juga dapat menunjukkan keterbukaan dan kejujuranmu sebagai penjual. Maka itu, setelah transaksi selesai kamu bisa meminta konsumen untuk memberikan review mereka atau yang biasa di sebut juga dengan testimoni. Tampilkan review atau testimoni tersebut pada platform penjualan yang kamu gunakan.

21. Beriklan

Apabila kamu memiliki modal lebih, tak ada salahnya untuk memasang iklan pada platform penjualanmu. Dengan beriklan, tokomu akan lebih terekspos dan menjangkau lebih banyak orang minat untuk membeli. Terlebih lagi, banyak platform penjualan yang sudah memungkinkan penjual untuk menyesuaikan iklan mereka dengan target per-orang. Agar iklan efektif, gunakan kata-kata dan visual yang menarik rasa penasaran kepada pelanggan anda. Kamu bisa menonjolkan manfaat dari produkmu ataupun membagikan promo pada iklan di beberaa platform yang anda miliki.

22. Pencapaian

Pelanggan atau calon klien akan semakin yakin jika kita pernah memperoleh pencapaian tertentu. Pencapaian ini merupakan prestasi dari usaha yang kita lakukan. Kita bisa melampirkan list siapa-siapa saja yang pernah jadi pelanggan/klien kita, atau pencapaian yang pernah kita peroleh untuk meyakinkan pelanggan.

Pentingnya meningkatkan penjualan

Kenapa pebisnis harus senantiasa meningkatkan penjualan? Nah berikut alasannya:

  • Dengan adanya peningkatan penjualan maka omset penjualan akan naik.
  • Keuntungan semakin berlipat ganda.
  • Usaha atau perusahaan akan semakin berkembang.
  • Mendorong perekonomian bangsa.
  • Bisnis yang berkembang akan membutuhkan SDM lebih besar.
  • Berpotensi membuka lapangan pekerjaan.
  • Berpeluang menguasai pasar.
  • Meningkatkan persaingan dengan kompetitor bisnis lain.
  • Menambah modal dan meningkatkan keuangan usaha.

Pada akhirnya, pelayanan menjadi faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan usaha. Pelayanan di sini mencakup banyak hal mulai dari kecepatan membalas chat, gaya komunikasi yang baik, ramah, sopan, kualitas produk, kecepatan pengiriman, jaminan, dan banyak lagi. Dengan pelayanan yang berkualitas, anda juga bisa jadi lebih unggul dari kompetitor sehingga pembeli lebih memilih untuk berbelanja denganmu dengan tenang.

Dengan mengikuti beberapa langkah-langkah di atas, kamu pun bisa mengoptimalkan penjualan dan mengembangkan usahamu. Jangan lupa juga untuk mengevaluasi kinerja bisnis secara berkala sehingga kamu bisa terus berinovasi sekreatif mungkin untuk menarik pelanggan lebih banyak.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •