Cara Menyimpan Buah-buahan di Dalam Kulkas yang Baik dan Benar

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberi tahu kepada kalian semua beberapa tips dan trik bagaimana cara menyimpan buah-buahan di dalam kulkas yang baik dan benar supaya buah yang kalian simpan akan tetap segar dan juga tahan lama atau tidak cepat membusuk. Tetapi sebelum itu, simak penjelasan berikut ini yukkk…

Buah-buahan

Cara Menyimpan Buah

Buah merupakan sebuah benih dari sebuah tanaman yang memiliki bunga atau berbunga. Ada beberapa jenis buah yang aman untuk di makan. Tetapi ada juga beberapa jenis buah yang tidak dapat di makan karena buah tersebut memiliki rasa yang tidak sedap, bahkan ada juga yang mengandung racun di dalamnya.

Buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi pastinya akan sangat bermanfaat bagi manusia. Tidak hanya untuk manusia, buah juga dapat dikonsumsi untuk hewan sebagai salah satu dari sumber makananmereka.

Maka dari itu, kebanyakan dari manusia sudah sangat tergantung kepada buah-buahan untuk mendapatkan nutrisi tertentu dari buah-buahan yang di konsumsi nya.

Pengertian Buah

Buah dapat diartikan sebagai bagian dari suatu tumbuhan yang memiliki daging buah, dapat di makan, memiliki rasa yang manis maupun asam, dan memiliki nutrisi atau vitamin yang ada di dalamnya.

Ada banyak sekali jenis buah-buahan yang ada di dunia ini, apakah kalian tau? Yaaa benar sekali, beberapa contoh dari buah-buahan tersebut adalah buah mangga, jeruk, pisang, melon, durian, apel, stroberi, dan masih banyak jenis buah yang lainnya.

Ada beberapa hal yang tidak bisa kita kira termasuk di dalam jenis buah-buahan, namun ternyata itu termasuk ke dalam kategori buah. Contoh nya itu seperti tomat, biji jagung, biji gandum, dan juga kacang polong.

1. Botani

Secara botani, buah itu sendiri merupakan sebuah organ yang ada pada tumbuhan berbunga yang berasal dari perkembangan lanjutan bakal buah atau yang biasa kita sebut sebagai ovarium. Buah merupakan pembungkus sekaligus pelindung biji di dalam buah.

2. Pertanian / Pangan

Di dalam pertanian, buah merupakan setiap bagian dari tumbuhan yang ada di permukaan tanah yang tumbuh membesar dan pada umumnya memiliki dagung buah dan juga memiliki kandungan air yang cukup banyak.

3. KBBI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, buah merupakan bagian dari tumbuhan yang berasal dari bunga dan biasanya buah itu sendiri memiliki biji.

4. Menurut Ahli

Menurut Sediaoetomo, buah merupakan suatu bagian dari tanaman yang memiliki struktur mengelilingi biji dimana struktur itu berasal dari bagian bunga tersebut.

Dalam menyimpan buah-buahan pastilah ada aturannya. Maka kalian harus pastikan terlebih dahulu buah-buahan dan juga sayuran untuk menghentikan pematangan enzim supaya tidak dapat menyebar.

Nahh, Berikut Merupakan Beberapa Macam Cara Untuk Menyimpan Buah-buahan Dengan Benar

Cara Menyimpan Buah

1. Janganlah Kalian Mencuci Buah yang Akan Di Simpan

Sebelum kalian menyimpannya di dalam kulkas, alangkah lebih baiknya jangan kalian cuci terlebih dahulu buah-buahan tersebut agar buah tersebut tidak cepat membusuk.

Buah-buahan dapat di simpan di dalam rak yang terbuka di bagian tengah kulkas. Tetapi tidak semua jenis buah-buahan dapat di simpan ke dalam lemari es.

Lalu untuk buah yang sudah di potong, kalian dapat memberikan perasan air lemon yang berguna untuk menghambat proses oksidasi. Hal ini bertujuan agar warna buahnya akan tetap segar dan juga tidak akan berubah menjadi kecoklatan.

Selain itu buah yang sudah di potong-potong juga dapat di masukkan ke dalam wadah yang tertutup atau bisa juga menggunakan vacuum sealer.

Vacuum sealer atau yang bisa juga di artikan sebagai Alat Pres Plastik Kedap Udara ini merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengemas suatu produk atau makanan dengan menghampakan udara yang ada di dalam kemasan tersebut.

Alat ini bertujuan supaya barang maupun makanan kalian akan tetap aman, awet atau tahan lama, segar, bersih, dan juga tetap menarik.

2. Simpanlah Sayuran Dengan Buah-buahan Secara Terpisah

Supaya buah dan sayuran yang kalian beli tetap dalam keadaan segar, maka sebaiknya janganlah kalian simpan sayuran dan buah-buahan dalam satu tempat.

Hal ini dikarenakan ada banyak buah uang dapat menghasilkan gas ethylene yang bertindak sebagai hormone pematangan yang dapat merusak kematangan sayur anda.

Gas ethylene biasanya di hasilkan oleh buah pisang, buah alpukat, dan buah persik. Maka akan lebih baik jika kalian menyimpannya dengan menggunakan wadah yang terpisah.

3. Bekukan

Agar buah yang akan kalian simpan di dalam kulkas lebih tahan lama, maka cara yang tepat adalah dengan membekukan buah tersebut. Jika kalian membekukan buah tersebut, maka kandungan gizi yang ada di dalamnya dapat tetap terjaga.

4. Bungkuslah Menggunakan Kertas Aluminium

Jika kalian menyimpan buah-buahan menggunakan kertas aluminium di dalam kulkas, maka itu dapat membuatnya tetap lembab dan juga tahan lama.

5. Simpanlah Kentang Bersamaan Dengan Apel

Jika kentang di biarkan dalam beberapa hari, biasanya kentang tersebut akan tumbuh tunas. Maka untuk mencegah hal itu, simpan kentang bersamaan dengan apel di dalam kantong kertas yang berlubang. Lalu simpanlah di tempat yang sejuk dan juga kering.

Kentang tidak akan bertunas jika di simpan bersamaan dengan apel, karena aka nada gas yang keluar dari apel tersebut.

Baca Juga : Mau Cantik dan Sehat..? Ikuti Inilah Cara Membuat Masker Bengkoang untuk Kulitmu..!

Ada Juga Beberapa Buah-buahan yang Sebaiknya Tidak di Simpan di Dalam Kulkas

Cara Menyimpan Buah

1. Tomat

Tomat yang akan di jual biasanya akan berdekatan dengan kentang, bawang merah, bawang putih, dan juga sayuran lainnya. Hal ini karena buah tomat memiliki kadar air yang tinggi dan lebih baik di simpan di dalam keranjang sayuran dari pada di dalam kulkas.

2. Apel dan Pir

Pasti kalian sering menemukan apel dan pir di simpan di dalam kulkas. Dan tidak sedikit dari kalian yang lebih suka memakan apel dan pir dalam keadan dingin, itu adalah alasan mengapa kalian menyimpannya di dalam kulkas.

Karena, kulkas sebenarnya akan mempercepat proses pematangan pada buah-buahan yang di simpan di dalam kulkas tersebut.

Apel dan juga pir merupakan buah yang dapat mematangkan buah dan sayuran lain yang ada di sekitarnya. Yakni berkat kandungan yang ada di dalamnya, kandungn itu bernama etilena yaitu gas yang di kenal sebagai gas yang dapat mematangkan buah.

Maka dari itu, simpanlah apel dan juga pir di atas meja maka buah tersebut tidak akan memudahkan buah yang lain untuk matang dengan cepat.

Selain itu, apel dan juga pir akan dapat bertahan lebih lama jika kalian meletkannya di atas meja bukan di dalam kulkas.

3. Pisang

Cara yang tepat untuk menyimpa pisang adalah dengan menaruhnya di atas rak atau di atas meja bukannya di dalam kulkas. Tetapi kalin jug bisa menyimpan buah tersebut di dalam kulkas ataupun freezer. Dengan catatan pisang tersebut sudah terlalu matang untuk di makan.

Tetapi ad acara lain untuk mengatasi apabila pisang kalian sudah terlalu matang, yaitu dengan cara membuat pisang tersebut sebagai bahan untuk membuat kue.

4. Melon

Buah melon merupakan buah yang sangat baik juga kalian simpan di dalam suhu ruangan. Buah ini sebaiknya di simpan di atas meja sampai kalian akan mamakan buah tersebut.

5. Alpukat

Apabila alpukat di masukkan ke dalam kulkas, maka warna kuning kehijauan yang ada di dalam alpukat akan berubah warna menjadi kecoklatan dan akan membuat alpukat tersebut kehilangan cita rasa alaminya.

Buah ini sangat baik di simpan pada suhu kamar. Tetapi kalian juga bisa menyimpannya di dalam kulkas tetapi hanya beberapa saat jika kalian hendak memakannya.

Untuk buah yang mudah rusak seperti alpukat ini, sangat disarankan jika kalian memakannya setelah selesai membeli atau bisa juga pada saat bush itu sudah matang.

Beberapa Contoh Buah-buahan Segar yang Wajib Untuk Dikonsumsi

1. Buah Apel

Buah apel merupakan buah yang renyah saat di gigit dan juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Nutrisi yang terkandung di dalam buah apel adalah potassium, antioksidan, vitamin C, dan juga vitamin K.

Buah apel juga mengandung senyawa pektin yang dapat melancarkan pencernaan dan juga dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh kita.

2. Buah Mangga

Vitamin yang terkandung di dalam buah mangga adalah vitamin C. Buah mangga mengandung banyak serah yang sangat berguna bagi tubuh kita yaitu untuk memperlancar saluran pencernaan di dalam tubuh.

Selain itu, buah mangga juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Dan juga buah mangga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

3. Buah Semangka

Buah semangka merupkan buah yang sangat kaya akan air di dalamnya. Semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan juga antioksidan.

Jika kalian rajin mengkonsumsi buah semangka, maka buah semangka ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

Selain itu, buah semangka juga mengandung senyawa lycopene yang berfungsi untuk meningkattkan Kesehatan jantung.

4. Buah Jeruk

Buah jeruk merupakan buah yang sangat kaya akan vitamin C dan juga potassium. Jika kalian mengkonsumsi buah jeruk secara rutin, maka kalian dapat menurunkan risiko terkena penyakit batu ginjal dan juga anemia.

5. Buah Anggur

Buah anggur ada dua warna yaitu warna merah dan juga ungu. Meskipun berbeda warna tetapi buah anggur ini memiliki antioksidan yang sama di dalamnya.

Jika kalian rajin mengkonsumsi buah anggur secara rutin, maka kalian dapat memperkuat jantung, sendi, mata, dan juga otak.

6. Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, potassium, dan folat di dalamnya. Sama seperti buah semangka, buah pepaya juga banyak mengandung senyawa lycopene yang dapat berfungsi untuk mengurangi risiko terkena penyakit kanker.

Selain itu, jika kalian rutin untuk mengkonsumsi buah pepaya maka itu akan membantu meningkatkan pencernaan.

7. Buah Pisang

Buah pisang sangat kaya akan berbagai vitamin dan potassium yang dapat menyehatkan tubuh. Pisang banyak mengandung kalori baik yang dapat membantu tubuh kita agar lebih merasa kenyang, sehingga buah pisang ini cocok untuk di jadikan makanan pada saat diet.

Pisang juga berguna untuk membantu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh kita.

 

Adapun Beberapa Buah-buahan yang Dapat Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan

Cara Menyimpan Buah

1. Nanas

Buah nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin dan juga mineral yang dapat memuaskan kita pada saat kita ingin mengkomsumsi buah yang manis.

2. Semangka

Di dalam buah semangka mengandung 92% air. Lalu air di dalam buah semangka dapat mengisi tubuh. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan antioksidan lycopene yang dapat melindungi seorang pria dari penyakit kanker prostat.

3. Jeruk Bali

Meskipun buah jeruk bali tidak dapat langsung membakar lemak, namun kandungan air yang ada di dalamnya dapat membantu untuk membuat kalian merasa lebih kenyang.

4. Pir

Di dalam satu buah pir itu mengandung enam gram serat yang dapat membantu membuat kalian kenyang, makan menjadi lebih sedikit, dan juga dapat menjadi peluang untuk menurunkan berat badan.

Lalu buah pir merupakan buah yang memiliki sumber potassium yang cukup baik dan juga mengandung mineral yang penting untuk otot aktif.

5. Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang di dalamnya mengandung lemak sehat yang dapat membantu kita menjaga perut agar dapat kenyang lebih lama.

6. Beri

Ada beberapa buah yang termasuk kedalam buah beri yaitu seperti blueberry, raspberry, dan juga stroberi. Semua buah ini dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan.

Di dalam buah blueberry itu terdapat antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat melindungi kulit.

Selain itu buah blueberry juga merupakan buah yang miliki sumber serat yang baik dan dapat membantu mengenyangkan. Tidak sedikit orang yang membuat camilan dari buah ini dan juga sangat cocok untuk dijadikan topping pada oatmeal atau smoothie.

Begitupun pada buah raspberry, buah ini juga mengandung banyak serat. Buah raspberry ini mengandung delapan gram serat per cangkir nya.

Itu dapat membuatmu lebih kenyang, apalagi jika kalian mengkombinasikannya dengan sumber protein lainnya seperti kacang atau peanutbutter.

Kemudian stroberi merupakan tambahan yang bagus untuk diet atau di saat kalian ingin menurunkan berat badan. Karena buah stroberi akan memberikan rasa manis alami yang ada pada buah stroberi.

7. Jeruk

Buah jeruk juga merupakan buah yang rendah kalori dan mengandung lebih banyak vitamin. Jeruk merupakan camilan yang baik dengan sumber protein yang akan membuat kalian merasa kenyang lebih lama.

8. Apel

Buah apel merupakan buah yang cukup baik untuk menurunkan berat badan karena memiliki kandungan serat yang ada di dalamnya. Akan tetapi pastikan terlebih dahulu jika kalian tidak mengupas kulitnya.

Kulit pada buah apel merupakan tempat sebagian besar serat yang ada pada buah apel tersebut.

Jika kalian ingin kenyang lebih lama dan ingin mencegah ngemil yang tidak sehat, maka cara terbaik yang harus dilakukan adalah dengan memasangkan apel dengan sumber yang kaya akan protein, seperti telur ataupun stik daging.

9. Mangga

Buah mangga merupakan buah yang rendah kalori dan baik di tambahkan ke dalam menu makanan kalian ketika kalian ingin menurunkan berat badan. Karena di dalam buah mangga ini mengandung serat, vitamin C, dan juga folat.

Buah mangga juga dapat di tambahkan ke dalam smoothie atau bisa juga di jadikan sebagai jus, atau bisa juga langsung di makan sebagai camilan tetapi juga tetap di pasangkan dengan sumber protein lain yang juga padat nutrisi.

 

Demikian artikel Cara Menyimpan Buah-buahan di Dalam Kulkas yang baik dan benar dan juga beberapa penjelasan mengenai buah-buahan yang bermanfaat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menyimpan buah-buahan.

Terima kasih….

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •