Home » Artikel » Artikel Proses » Inovatif Sekali..! 30 Ide Kreatif Daur Ulang Botol Plastik

Inovatif Sekali..! 30 Ide Kreatif Daur Ulang Botol Plastik

Tentang Botol Plastik

Botol plastik bekas menjadi barang yang biasanya kita buang karena tidak berguna lagi, tapi apakah sempat terpikir kalau botol plastik dapat menjadi sesuatu yang berguna dan menjadi barang yang bermanfaat?

Botol plastik bekas adalah bahan limbah anorganik yang sulit untuk terurai, hal ini tentu sangat tidak bijak jika kita membuangnya begitu saja. Hal baik jika kita bisa menyulap botol plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita sendiri atau mungkin bagi orang lain.

 

Solusi Daur Ulang Botol Plastik

Daur ulang botol plastik adalah cara bijak bagi kita untuk membantu memanfaatkan limbah anorganik menjadi barang yang memiliki nilai guna.

Ada banyak cara untuk penanganan limbah plastik atau sampah plastik. Salah satunya adalah dengan mengurangi Sampah plastik itu sendiri. Ikuti..! Kiat-kiat Kurangi Sampah Plastik Dengan 15 Kiat Sederhana ini.

Ada juga langkah yang lain dengan membuat kerajinan kerajinan dari botol plastik. Seperti dengan Membuat Kerajinan dari botol plastik yang bisa anda ikuti ini.

Membuat aneka kerajinan dari botol plastik, Indonesia adalah rajanya. Karyanya sangat kaya, beragam dan inovatif. ada banyak contoh yang bisa ditiru. Dan untuk mendukung program daur ulang botol plastik, Berikut ini ada 30 Ide kreatif daur ulang botol plastik menjadi barang – barang yang menarik.

 

30 Ide Kreatif Daur Ulang Botol Plastik menjadi barang yang menarik

 

1. Mainan Anak Robot-Robotan

Sering kita menemukan botol – botol warna hijau atau biru yang tidak terpakai, kita bisa melakukan daur ulang botol plastik menjadi mainan yang yang akan di sukai oleh anak-anak .

Dengan cara sederhana menggunting dan menambahkan sedikit aksesoris seperti gambar di bawah bisa kita jadikan aneka bentuk robot, bahkan kalau ada peminatnya bisa kita jadikan bisnis juga.

Mengajarkan anak bermain dengan barang – barang sederhana seperti ini apalagi jika kita mengajarkan cara membuatnya akan sangat bermanfaat untuk mereka ke depan nya. Menambah kecerdasan dan imajinasi mereka dalam proses tumbuh kembangnya.

Daur Ulang Botol Plastik

 

2. Pot Gantung Lucu Dalam Rumah

Dengan bermodalkan bawahan botol plastik kita juga bisa daur ulang botol plastik menjadi sebuah pot gantungan yang lucu dan unik di rumah.

Dengan sedikit sentuhan warna dan gambar – gambar hasil cat hias yang lucu. Kita bisa menggambar apapun sesuai selera di samping – samping botol yang bisa menjadi pot gantungan lucu yang di gantung dalam rumah.

Pot – pot bunga seperti ini juga bagus untuk di pajang di depan halaman rumah, yang bisanya kosong. Sekarang kita bisa mengisinya dengan sesuatu yang lebih unik, lucu dan membuat halaman rumah kita lebih terlihat asri karena banyak tanaman dengan pot bunga yang menarik.

Daur Ulang Botol Plastik

 

3. Game Papan Catur

Tutup botol juga bisa kita ubah menjadi bidak-bidak catur, dengan tambahan papan catur yang dibuat dari karton bekas atau kardus bekas,  dan pewarnaan sesuai selera, maka tutup botol bekas bisa jadi bahan daur ulang botol plastik yang bermanfaat.

Dengan menambahkan warna-warna di tutup botol untuk menandai bidak-bidaknya juga bisa menjadi ciri untuk menjadikannya lebih unik.

Permainan catur juga baik untuk anak dalam melatih daya ingatan, ajarkan anak bermain catur yang terbuat dari bahan ini agar mereka tahu bahwa permainan ini juga menarik untuk dimainkan anak – anak melalui bentuknya yang lucu.

Daur Ulang Botol Plastik

 

4. Bunga Hias Cantik

Bunga –bunga hias juga bisa kita buat dari sebuah botol plastik, cara membuatnya juga cukup sederhana. Dengan menggunakan guntingan di ujung- ujung botol menjadi lancip lalu menambahkan cat warna akan mengubahnya menjadi mirip seperti bunga sungguhan.

Bunga bunga ini juga bisa menjadi teman pajangan di halaman seperti gantungan pot di halaman tadi, jadi selain tanaman hijau, kita juga bisa menaruh tanaman hias warna – warni sehingga membuat halaman kita lebih menarik untuk di pandang mata.

Daur Ulang Botol Plastik

 

5. Hiasan Lampu Unik di Ruang Tamu

Hiasan lampu di ruang tamu menjadi lebih unik dengan menambahkan hiasan lampu unik dari daur ulang botol plastik ini, botol-botol air mineral yang biasanya kita buang coba kita ubah menjadi seperti gambar di bawah.

Ruang tamu kita akan lebih terlihat istimewa karena menambahkan hasil dari kreatifitas kita dalam memanfaatkan bahan – bahan limbah menjadi lebih memiliki nilai.

Lampu ini juga bisa di pasang di kamar, jika kamar ingin terlihat berbeda, dengan menyiapkan ujung botol plastik bekas warna biru, atau bisa sesuai warna favorit masing-masing. Tambahkan hiasan dengan membentuk seperti bunga kecil di ujung ujungnya lalu pasangkan di lampu kamar kita.

Daur Ulang Botol Plastik

 

6. Kebun Vertikal di Halaman Rumah

Sekarang di kota sangat jarang tanah kosong untuk kita menanam lagi, dengan melakukan daur ulang botol plastik menjadi kebun vertikal yang bisa di tempel di dinding rumah, Kita bisa menanam lagi dengan cara yang cukup sederhana seperti gambar di bawah ini.

Kebun vertikal seperti ini sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat kota, selain membuat tanaman lebih banyak, hal ini juga dapat sedikit mengurangi polusi udara yang semakin lama semakin parah.

Membuat tanaman vertikal seperti ini akan lebih membuat kita proaktif terhadap lingkungan dimana kita tinggal.

Daur Ulang Botol Plastik

 

7. Dompet Tahan Air

Dompet yang terbuat dari kain atau kulit sudah biasa, dompet yang kreatif tentu saja dengan memanfaatkan bahan yang tidak biasa. Membuat dompet dari bahan daur ulang pastinya memerlukan kreatifitas.

Menyulap dua bawahan botol plastik air mineral  ditambah dengan ritsleting sederhana menjadi dompet adalah hal yang memiliki nila lebih. Kreatif, sederhana, dan tahan air tentunya.

Daur Ulang Botol Plastik

 

8. Tempat Pensil Yang Rapi

Jika kita adalah seorang yang senang menggambar, membuat pensil – pensil kita menjadi lebih rapi dan tidak berantakan tentu memerlukan tempat pensil yang banyak.

Selain memudahkan kita untuk menggambar dan memilah warna di pensil gambar kita, hal ini juga baik untuk membuat meja tempat kita menggambar lebih nyaman.

Jika tempat menggambar kita lebih nyaman tentu saja akan mendorong kreatifitas kita dalam menghasilkan gambar yang lebih bagus lagi oleh karena itu manfaatkanlah kreatifitas kita dalam daur ulang botol plastik ini.

Maka kita bisa membuat pensil – pensil kita jadi lebih jauh rapi dan terorganisir seperti ini.

Daur Ulang Botol Plastik

 

9. Wadah Aksesori Perhiasan

Benda – benda kecil seperti perhiasan, sering kali kita lupa di mana menyimpan setelah dipakai, apalagi ketika sedang terburu-buru.

Menyimpannya di tempat khusus dengan memanfaatkan barang hasil daur ulang botol plastik seperti membuat wadah aksesori, bisa membantu kita untuk lebih mengetahui di mana kita harus mencari perhiasan kita.

Bagi para wanita karir yang bekerja hampir setiap hari, ada baiknya juga untuk tetap mencoba hal baru, dengan membuat wadah aksesori perhiasan yang bisa berguna juga bagi diri sendiri dan membantu memanfaatkan limbah anorganik menjadi barang yang berguna bagi diri sendiri.

Daur Ulang Botol Plastik

 

10. Gantungan Kunci

Gantungan kunci dengan motif berwarna putih yang terlihat seperti kristal salju. Tentu saja daur ulang botol plastik ini menarik untuk dibuat, selain mudah juga indah di lihat.  Jika tidak suka dapat juga mengubahnya menjadi warna hijau, yang akan terlihat seperti gantungan bermotif dedaunan.

Caranya dengan membuat bagian belakang botol air mineral di gunting lalu bentuklah sisa hasil guntingan botol menjadi seperti sebuah bunga, jika di cat warna putih maka hasilnya akan menjadi seperti ini.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

11. Gantungan Bunga di Rumah

Jika rumah terlihat kosong dan sepi, manfaatkanlah botol bekas di rumah, buat gantungan yang bisa di simpan di lorong rumah atau di dalam rumah.  Rumah akan terlihat lebih cantik dan menarik karena ditemani dengan warna-warna hiasan gantungan bunga.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

12. Tempat Lilin

Manfaat lilin bukan cuma ketika untuk mati listrik di malam hari, dapat juga menjadi dekorasi untuk mempercantik rumah kita. Rumah akan terlihat lebih indah terdekorasi, apalagi kalau kita menggunakan lilin berwarna –warni sesuai keinginan.

Manfaat lilin juga bisa membuat kita lebih rileks dan tenang di dalam rumah, tetapi jika hanya lilin saja tentu tidak cukup, coba tambahkan dudukan lilin dari daur ulang botol bekas yang kita buat sendiri dari hasil kreatifitas kita tentunya.

Jika memiliki kafe dan ingin konsep yang unik, hal ini juga bisa dilakukan, agar warna – warni kafe terlihat lebih menarik, mungkin dengan melakukan kreatifitas seperti ini akan semakin menarik minat pengunjung kafe kita.

Hasilnya bisa di luar perkiraan, dekorasi tempat akan terlihat lebih cantik.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

13. Tempat Koran Harian

Jika Memiliki kantor tentu kita tidak ingin melihat kantor yang berantakan karena berceceran koran dimana-mana, buatlah tempat koran harian di kantor kita dengan cara sederhana.

Hanya mengabungkan beberapa botol plastik bekas, maka jadilah tempat koran sederhana yang tidak memakan biaya, kantor tidak lagi berceceran koran bekas dan lebih rapi.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

14. Tempat Alat Rias

Wadah tempat alat rias membuat meja rias akan lebih rapi tidak berantakan, dengan menggunting ujung botol mineral, lalu bakar sedikit ujung – ujungnya agar lebih mengerut supaya terlihat elegan saat anda sedang mempercantik diri.

Tentu saja warna-warni botol akan mempercantik tempat alat rias, pilihlah warna yang sesuai selera.

Seperti yang di perlihatkan di gambar ini, terlihat bahwa tempat alat rias yang kita memanfaatkan dari daur ulang botol plastik bekas yang bisanya dibuang, jadi berubah terlihat lebih elegan.

Daur Ulang Botol Plastik

 

15. Tempat Sikat Gigi Unik

Sikat gigi jika di simpan sembarangan tentu saja tidak baik, banyak kuman yang akan menempel, dengan sedikit pemotongan di bagian bawah botol dan bagian atas botol, lalu buat pendek kedua bagian ujung botol,  sesuaikanlah dengan ukuran sikat gigi kita, dan gabungkan botol botol tersebut.

Usahakan juga untuk membuat beberapa bagian ujung mulut tutup botol sesuai, biasanya empat untuk tempat masuk sikat gigi kita.

Dan Jadilah sebuah tempat sikat gigi unik seperti gambar ini.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

BACA JUGA ….! 20 Kerajinan Dari Botol Plastik Yang Menggugah

 

16. Lampu Tidur Artistik

Sebagian orang tidak bisa tidur dengan kegelapan sepenuhnya ataupun terlalu terang, jika anda termasuk tipe tersebut, maka cobalah membuat lampu tidur artistik ini.

Caranya mudah, hanya dengan menyiapkan botol berukuran besar, lalu potong ujung mulut atas botol, lalu siapkan juga lampu kecil sebagai lampu tidur, bungkus dengan kertas yang sudah di hias sesuai selera kita.

Jadilah sebuah lampu tidur indah yang akan menemani tidur malam kita.

 

Daur Ulang Botol Plastik

 

17. Tempat Mainan Anak

Membuat anak belajar merapikan mainannya sendiri akan mengajarkan mereka agar lebih disiplin. Jika tidak memiliki tempat mainan sendiri di rumah, maka saatnya untuk berkreativitas, dan cobalah buat tempat mainan sederhana ini.

Dengan memanfaatkan daur ulang botol plastik bekas, dan membantu juga untuk mengurangi limbah maka membuat tempat mainan sederhana ini adalah cara yang tepat.

Di samping bermanfaat untuk mengajarkan anak agar merapikan mainannya sendiri, membuat tempat mainan ini juga bisa melatih kreatifitas jika mengerjakanya berdua dengan anak anda.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

18. Gantungan Gelang Gaul

Memanfaatkan limbah anorganik seperti botol plastik juga bisa dilakukan oleh anak – anak muda tentunya, seperti membuat gantungan berbentuk gelang. Jika punya waktu luang coba bentuk gelang seperti gambar di bawah ini.

Bisa juga membuat banyak untuk teman – teman sekelas sebagai identitas, dan hal ini akan sangat membantu untuk mengurangi limbah anorganik.

Sebagai pelajar tentunya ini bijak kita lakukan, agar menjadi pelajar yang tidak pasif. Pelajar yang proaktif mencintai lingkungan, dengan cara daur ulang sederhana seperti ini.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

19. Mainan Anak Helikopter

Sesekali mengajarkan anak untuk berkarya, dimulai dengan cara  membuat mainan, kreatifitas anak bagus di mulai sejak dini. Dengan menyiapkan beberapa botol plastik bekas, sedotan, dan bola pingpong.

Biarkan anak kita berkreativitas, sebagai contoh awal buatlah seperti gambar di bawah ini, setelah itu bebaskan anak kita untuk bermain – main dengan mencoba hal lain. Kita mungkin akan kaget dengan kreatifitas mereka.

Jangan lupa ajarkan juga bagaimana limbah anorganik baik jika di daur ulang, dan akan menjadi barang yang memiliki nilai guna.

Maka selain kita mengajarkan kreatifitas, kita juga mengajarkan pendidikan lingkungan hidup.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

20. Dekorasi Rumah Berbentuk Apel

Mendekorasi rumah dengan daur ulang botol plastik, bisa di simpan di dapur, meja makan, bahkan di kamar tidur. Dekorasi seperti ini bisa digabungkan dengan berbagai macam bentuk –bentuk lain.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

21. Mainan Anak Istana

Setelah sesekali mengajarkan anak untuk berkarya melalui mainan helikopter yang lebih sederhana, mulai dengan cara  membuat mainan yang lebih sulit lagi, karena kreatifitas anak akan semakin bagus juga jika di beri tantangan baru.

Dengan menyiapkan beberapa botol plastik bekas, kardus bekas, lalu beberapa cat warna, kita bisa mengajarkan mereka membuat mainan anak berbentuk istana kerajaan yang sedikit lebih rumit.

Anak kita akan berkreatifitas yang lebih jika di ajarkan sesuatu dengan baik, seperti gambar di bawah ini, yang di ajarkan seorang Ibu pada anaknya, untuk membuat istana dari daur ulang plastik bekas dan kardus bekas yang sudah tidak terpakai.

Dan Jangan lupa ajarkan lagi juga bagaimana limbah anorganik baik jika di daur ulang, yang sebenarnya  mengajarkan pendidikan lingkungan hidup, memanfaatkan barang yang sepertinya tidak berguna menjadi berguna.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

22. Gelas Cantik

Siapkan botol bekas yang bisanya di pakai untuk minuman bersoda, lalu untuk alasnya, bisa gunakan DVD atau VCD bekas yang sudah rusak.

Cara menggabungkan bisa dengan lem atau selotip yang rapi. Jangan lupa ujung atasnya di buat melengkung, bisa juga sedikit di bakar untuk menghaluskan.

Dan jadilah sebuah gelas yang bisa dipakai isi ulang. Bisa juga untuk pot bunga jika anda tidak menyukai minum dalam gelas plastik karena lebih memilih minum dengan gelas kaca.

Daur Ulang Botol Plastik

 

23. Kalung

Rantai bisa di dapatkan di toko aksesori, membelinya pun harganya cukup murah, lalu tambahkan hasil desain kita dari botol plastik bekas untuk di masukan ke dalam rantai.

Maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini, kita bisa membentuk sesuai selera.

Daur Ulang Botol Plastik

 

24. Celengan Untuk Anak

Mengajarkan anak untuk rajin menabung sejak dini akan membuat anak kita lebih disiplin.  Ada beberapa hal yang di dapat anak saat menabung salah satunya adalah mengajarkan untuk menitik sesuatu dari hal kecil.

Mungkin cara lama seperti ini sudah jarang di pakai di jaman modern seperti sekarang ini, tetapi hasilnya akan terlihat sama. Tidak ada salahnya mengajarkan anak untuk menabung sejak kecil.

Dengan memanfaatkan daur ulang botol plastik bekas, kita bisa membuat sebuah celengan yang bisa dipakai anak – anak kita dalam belajar menabung.

Buatlah celengan anak sederhana ini, bentuk hewan yang mereka sukai. Bisa juga kelinci, kucing atau hewan lainnya jika tidak suka seperti yang dibuat di gambar ini.

Daur Ulang Botol Plastik

25. Wadah Berbentuk Seperti Burung Hantu

Wadah yang bisa di pakai tempat menyimpan barang – barang kecil, yang di bentuk menjadi seperti burung hantu, dengan melapisinya memakai kertas yang sudah kita warnai, maka jadinya bisa menyerupai seperti gambar di bawah.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

26. Tas Mainan Untuk Anak

Tas untuk anak-anak yang di lapisi kertas mika, bisa di pakai oleh anak perempuan kita.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

27. Wadah Air Minum berbentuk Binatang

Botol air minum yang bisa untuk dibawa-bawa dapat juga kita bikin dari daur ulang botol plastik.

Anak-anak kita yang biasanya sulit minum jika sedang jalan-jalan. Mungkin dengan membuat botol favorit sesuai dengan gambar kesukaan mereka akan menjadi lebih tertarik meminum air di dalamnya.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

28. Tempat Pensil Lucu Untuk Anak

Satu lagi referensi untuk mendesain bahan daur ulang untuk anak – anak kita, yaitu sebuah tempat pensil yang di pakai untuk anak-anak kita saat sedang belajar atau mengerjakan PR.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

29. Keranjang Sampah Warna – Warni Dari Tutup Botol

Dari semua kreatifitas di atas tadi jarang sekali yang memakai tutup botol, hanya beberapa saja. Jadi apakah tutup botol tidak bisa di daur ulang, tentu saja bisa, jika memiliki ide dan kreatifitas semuanya tidak terbatas. Maka jangan di buang dulu tutup botol tersebut.

Kumpulkan dan simpan, karena tetap akan kita manfaatkan sebagai bahan daur ulang.  Kali ini kita akan membentuknya menjadi sebuah keranjang sampah sederhana yang unik. Bahkan kalau mempunyai stok yang banyak, bisa kita buat lebih lebar lagi untuk menyimpan sesuai keinginan kita dan kebutuhan kita di rumah.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

30. Lampu Kamar Penuh Warna

Apa jadinya jika bahan botol yang kita akan gunakan sudah rusak tidak berbentuk. Sekali lagi kreatifitas dan ide lah yang kita perlukan.

Jika sudah terlanjur meremas botol plastik yang sudah kita minum, jangan di buang dulu. Cukup dengan hal sederhana, yaitu menempelkannya pada lampu kamar kita. Maka kamar kita akan berubah menjadi sesuatu yang spesial.

Nikmati keindahan warna kamar kita yang memantul dari kreatifitas daur ulang botol plastik dengan cara yang indah.

Daur Ulang Botol Plastik

 

 

Itu dia 30 Ide daur ulang botol plastik menjadi hasil kreatifitas. Kita bisa menciptakan ide Anda sendiri dan bahkan Anda bisa mengajak orang lain untuk ikut berkreatifitas.  Jangan batasi kreatifitas kita hanya dari mengikuti contoh-contoh di atas, jadikanlah referensi.

kreatifitas dalam melakukan daur ulang botol plastik akan semakin beragam jika kita mampu melakukannya sendiri dengan inovasi kita sendiri.

 

Selain membuat daur ulang botol plastik, ada juga pengolahan limbah plastik, dan Ikuti..!  Kiat-kita luar biasa dalam mengolah limbah Plastik ini.

Bayangkan bagaimana jika limbah anorganik seperti botol plastik bekas ke depannya menjadi barang yang memiliki nilai guna bahkan nilai jual lebih, maka lingkungan kita akan menjadi lebih nyaman dan tidak ada limbah menumpuk lagi.

By |2017-04-25T15:53:08+00:00November 18th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Inovatif Sekali..! 30 Ide Kreatif Daur Ulang Botol Plastik

About the Author:

WhatsApp chat