Pembagian nasi kotak gratis oleh Rumah Mesin hingga ramadhan ke delapan belas hampir menyentuh angka 1.000. Jumlah ini 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun lalu Rumah Mesin membagikan nasi kotak gratis sebanyak 450 kotak dengan tiga tahap pembagian dan di tiga tempat yang berbeda pula.

Tahun ini, pembagian nasi kotak hanya dilakukan di depan workshop Rumah Mesin dengan target para driver ojek online, tukang becak, dan warga yang terdampak covid-19. Hari ini jumlah nasi kotak yang akan dibagikan sebanyak 140 box. Dengan demikian jumlah nasi kotak yang dibagikan mencapai angka 855 kotak. Jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah mencapai 1.000 kotak bahkan lebih hingga akhir Ramadhan ke depan.

Untuk sistem pembagiannya dilaksanakan setiap hari Senin sampai Jum’at mulai pukul 17.00 WIB hingga nasi habis. Setiap hari nasi yang dibagikan sebanyak 50 hingga 100 kotak. Sebagian nasi kotak yang dibagikan tersebut merupakan hasil donasi dari beberapa orang yang tergerak hatinya untuk membantu sesama manusia yang saat ini sangat membutuhkan, terutama yang terdampak covid-19. Hingga hari inipun Rumah Mesin masih membuka kesempatan untuk siapapun yang ingin berdonasi nasi kotak.

Saat ini kepedulian terhadap sesama sangatlah dibutuhkan. Terutama bagi kita semua yang memiliki pendapatan lebih dan masih memiliki penghasilan. Akibat dari covid-19 tak sedikit masyarakat yang kehilangan pekerjaannya ataupun tak bisa membuka gerai usahanya. Sehingga mereka tidak lagi mampu memenuhi kehidupan sehari-harinya. Untuk makan saja bahkan ada yang mengalami kesulitan.

Sedikit yang kita berikan akan berarti untuk mereka. Dengan memberi tak lantas akan menjadikan kita miskin. Terlebih di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan ini, Allah SWT akan melimpahkan harta kita. Ketika memberi makan untuk orang berbuka puasa, Allah akan memberikan pahala sebesar orang yang diberi makan untuk berbuka puasa tanpa mengurangi pahala puasa kita.

Mari sama-sama kita tingkatkan kepedulian kita terhadap sesama dan saling bahu-membahu menghadapi covid-19. Semoga wabah ini segera berakhir dan semua aktivitas dapat berjalan kembali dengan semestinya.