Kegunaan Minyak Kelapa Untuk Kebutuhan Sehari-hari

kegunaan minyak kelapa

Kegunaan Minyak Kelapa – Berbagai macam manfaat minyak kelapa bisa kamu dapatkan dari minyak kelapa itu sendiri. Kegunaan minyak kelapa itu sudah tidah diragukan lagi bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit.

Minyak kelapa merupakan satu diantara minyak yang mempunyai berlimpah sekali kegunaan karena metode untuk mendapatkan minyak kelapa ataupun metode pengaplikasiannya memang gampang. Untuk lebih mengetahui tentang lebih banyak berlimpah kegunaan kelapa bisa cek di postingan ini… 🙂

 

Latar Belakang

kegunaan minyak kelapa

3.781.600 hektar adalah angka ukuran kebun terluas di dunia yang dimiliki negara Indonesia, Akan tetapi Kenapa minyak kelapa Indonesia itu masih saja di bawah Filipina nilai ekspornya ? , ekspor Indonesia adalah 32,2% dibandingkan dengan Filipina yaitu sebesar 45,6% dari total ekspor seluruh dunia.

Di karena ekspor Indonesia itu masih berupa minyak kelapa yg biasa atau juga disebut Ordinary Coconut Oil (OCO), sedangkan Filipina telah mengekspor berupa Virgin Coconut Oil (VCO) yang memiliki harga tiga kali dari OCO.

Solusi

Oleh karena itu, ketersediaan buah kelapa yang berlimpah di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk memproduksi VCO yang banyak dibutuhkan oleh pasar lokal maupun dunia.

VCO sering dibutuhkan pasar dan orang-orang karena banyak memiliki manfaat, seperti bidang kecantikan, metodenya adalah mengencangkan kulit dan melembutkan, memberikan penampilan rambut yang sehat dan juga tidaklah kering ataupun kusut, dan lain-lain karena masih ada kegunaan lainya.

VCO itu adalah  minyak kelapa yg berproses tanpa memanfaatkan penambahan zat kimia dan juga suhu yg tinggi. VCO juga terdapat nutrisi asam lemak jenuh yg menjadi rantai menengah atau juga disebut sebagai Medium Chain Fatty Acid (MCFA) yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam kaplirat, dan asam miristat.

Kualitas VCO

Ditentukan oleh asam laurat yang kadarnya mencapai 45% (Mulyadi, 2011). Airnya yg jernih juga menjadi keunggulan lainya dari minyak ini, juga tidaklah berwarna, minyak kelapa inipun tidak mudah berbau yg tengik, dan juga tahan sampai dua tahun, dan komponen dari minyak kelapa ini juga masih utuh.

Untuk VCO berkualitas rendah kadar asam laurat tidak mencapai 45%, serta warna minyak keruh atau tidak jernih, dan berbau tengik.

Produksi VCO dari kelapa masih dapat memenuhi kebutuhan pasar lokal karena VCO yang sudah ada masih berkualitas rendah dan masih kurangnya produsen VCO di Indonesia.

Banyaknya permintaan konsumen dan inovasi produk menyebabkan meningkatnya kebutuhan VCO, sehingga peluang untuk pendirian pabrik VCO dari kelapa masih memiliki peluang untuk memenuhi kebutuhan pasar.

 

Sifat Bahan Baku dan Produk dari Kegunaan Minyak Kelapa

kegunaan minyak kelapa

Anggota tunggal di marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae yaitu adalah Kelapa (Cocos nucifera).

Tumbuhan yg memiliki banyak kegunaan karena hampir semua bagian dari kelapa di gunakan oleh manusia tanpa terkecuali, maka tumbuhan ini dianggap sebagai tumbuhan yg serbaguna bisa digunakan untuk apa saja, kalau untuk masyarakat pesisir lebih banyak dimanfaatkan oleh mereka.

Buah yg dihasilkan tumbuhan jenis ini juga di beri nama Kelapa. Samudera Hindia di sisi Asia itu adalah perkiraan asal dari tumbuhan kelapa ini, Akan tetapi sekarang tumbuhan ini telah menyebar sangat luas di semua seluruh pantai daerah tropis dunia ini.

Buah kelapa memiliki beberapa bagian seperti yang terlihat pada Anatomi Buah Kelapa.

Buah kelapa itu terdiri dari kulit luar, hingga sabut, batok, kulit daging (tesla), daging buah, air kelapa, dan juga lembaga (bakal buah).

Kulit luar merupakan lapisan yg sangat tipis yaitu (0,14 mm) yg memiliki permukaan yg  licin dengan warnanya juga yg bervariasi dari hijau sampai coklat, yaa tergantung dari tingkat kematangan buahnya itu.

Bagian yang cukup besar dari buah kelapa dinamakan sabut kelapa, karena 30% dari berat keseluruhan. Yang menghubungkan satu serat dengan serat lainnya itu adalah gabus dan serat dari sabut kelapa itu sendiri. Batok kelapa merupakan lapisan keras yang terdiri dari lignin, selulosa, metoksil, dan berbagai mineral.

Berat batok kelapa sekitar 15-19% dari berat keseluruhan buah kelapa. Kulit daging buah merupakan lapisan tipis coklat pada bagian terluar daging buah. Daging

buah merupakan lapisan tebal (8-15 mm) yang berwarna putih. Sumber minyak nabati yang mempunyai nutrisi minyak berkisar 33-35%  itu dari Daging Kelapa buah tua sendiri. Sedikit karbohidrat, protein, lemak, dan beberapa mineral air kelapa itulah nutrisi yg terkandung dalam air kelapa.

Kelapa segar mengandung 30-50% minyak. Kalaupun kelapa dikeringkan dijadikan kopra, kadar lemaknya akan  jadi meningkat antara dari  63% sampai 65%.

Kadar minyak dipengaruhi oleh umur buah kelapa. Kalau buah kelapa semakin tua buah, kadar minyaknya akan jadi semakin tinggi.

Saat umur 11-12 bulan buah kelapa yang sudah begitu tua ataupun buah kelapa yg sudah matang dipanen, tanda-tandanya yaitu tempurung kelapa yg berwarna coklat kehitaman, tiga lubang tempat tumbuh bakal tanaman berwarna hitam dan pada kulit ari berwarna kehitaman.

Maka buah kelapa yang sesuai untuk diolah menjadi virgin coconut oil harus berumur sampai 12 bulan.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bagian paling penting dari buah kelapa karena digunakan sebagai bahan baku industri dan sebagai minyak goreng. Kandungan minyak kelapa pada daging kelapa tua sekitar 33-35%.

Dari daging kelapa yg segar ataupun daging kelapa yang telah dikeringkan yang disebut kopra dapat diekstrak menjadi minyak kelapa. Minyak kelapa secara fisik berwujud cairan bening hingga kuning kecokelatan dan beraroma khas.

Zat warna tersebut yg termasuk golongan ini karena zat itu terdapat secara alamiah dalam bahan yg banyak mengandung minyak dan juga  zat yg dalam proses ekstraksi ikut terekstrak bersama minyak ini.

Warna pada minyak kelapa disebabkan oleh zat warna dan kotoran-kotoran lainnya. Zat warna itu merupakan betakaroten yg berhidrokarbon yg tidak jenuh dan tidak stabil padasaat suhu yg tinggi. Proses pengolahan minyak kelapa dengan udara panas menyebabkan warna minyak menjadi kuning akibat karoten terdegrasi.

Virgin Coconut Oil

Minyak kelapa murni atau disebut juga dengan virgin coconut oil adalah minyak yang berasal dari sari pati kelapa, diproses secara higienis tanpa pemanasan secara langsung dan bahan kimia tambahan. Dilihat dari warnanya, VCO jauh lebih bening seperti air mineral.

VCO beraroma khas kelapa karena masih mengandung zat-zat fitonutrien alami dari kelapa, dengan asam lemak bebas yang rendah (kurang dari 0,07% sebagai asam larut), mengandung vitamin E 30 kali lebih tinggi daripada RBD coconut oil dan bebas dari kontaminasi aflatoksin.

VCO itu ialah yg minyak stabil, tidak mudah rusak dengan adanya panas serta tahan terhadap cahaya dan udara adalah salah satu keunggulan dari minyak ini, kalau dipanaskan dapat menimbulkan asap disaat suhu 198oC dan juga bernutrisi vitamin E (tokoferol) yg dapat melindungi ketengikan dan menjaga kestabilan minyak.

VCO dapat disimpan pada suhu kamar selama bertahun-tahun tanpa perubahan sifat. Tidak mudah tengik  adalah keunggulunya juga di sebabkan nutrisi asam lemak jenuhnya itu tinggi menyebabkan proses oksidasi tidak akan mudah terjadi.

Akan tetapi kalau kualitas VCO itu rendah, proses ketengikan ini dapat berjalan lebih awal karena pengaruh oksigen, keberadaan air, dan juga mikroba yang menguranginya.

Nutrisi Asam Lemak di dalam VCO

ini dapat dijadikan komponen lain, sifat-sifat kimia dan fisika dari minyak VCO adalah :
  • tidak berwarna
  • beraroma khas kelapa
  • tidak larut dalam air
  • berat jenis 0,883 pada suhu 20oC
  • memiliki pH di bawah 7
  • tidak menguap pada suhu 21oC (0%)
  • titik cair 20-25oC
  • titik didih 225oC
  • kerapatan uap 6,91
  • tekanan uap 1 mmHg pada suhu 121oC

VCO memiliki perbedaan dengan minyak kelapa (CNO), hal itulah yang menyebabkan VCO memiliki harga yang lebih mahal dan lebih banyak digunakan dibanding dengan minyak kelapa (CNO).

 

Perbedaan Minyak Kelapa dengan Virgin Coconut Oil

Minyak Kelapa Virgin Coconut Oil
1. Merupakan minyak kelapa yang diektraksi dari daging kelapa dan disuling untuk diambil minyaknya, sehingga tidakmengandung daging kelapa sama sekali. 1. Merupakan minyak kelapa yang daging kelapa, dan dipisahkan tanpa pemanasan untuk diambil minyaknya.
2. Minyak kelapa diekstraksi dari kopra (buah kelapa kering) dan memakai beberapa bahan kimia 2. Minyak kelapa diektraksi dari buah kelapa segar tanpa bahan kimia
3.Memiliki kadar air dan asam lemak bebas yang tinggi  3.Merupakan modifikasi proses  pembuatan minya kelapa, sehingga dihasilkan produk dengan kadarair dan asam lemak bebas yang rendah.
4.Berwarna kuning kecokelatan, berbautidak harum, dan mudah tengik, sehinggadaya simpan tidak bertahan lama. 4.Berwarna kuning transparan, berbaukhas kelapa  tidak mudah tengik, dapat tahan lama
5.Memiliki harga jual lebih murah,Mengendapkan asam lemak di minyak,Tidak baik untuk pencernaan. 5.Memiliki harga jual tinggi.Jernih dan tidak ada endapan di minyak,Baik diminyak

 

Kegunaan Minyak Kelapa dan Keunggulan Produk Minyak Kelapa

Dalam dunia industri dan kesehatan VCO mempunyai banyak kegunaan di dalamnya. VCO dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik kalau dunia perindustrian.

Susunan molekuler VCO memberikan tekstur lembut dan halus pada kulit dan rambut, sehingga saat ini banyak industri sabun, shampoo, dan produk perawatan tubuh lain yang menggunakan bahan baku VCO.

Bahan baku yang murah dan mudah didapat itu adalah keunggulan yg dipunyai VCO. Dalam dunia kesehatan, VCO memiliki banyak manfaat berikut ini.

  1. Merupakan antibakteri, antivirus, antijamur dan antiprotozoa alamiah;
  2. Membantu meredakan gejala-gejala dan mengurangi resiko kesehatan yang berhubungan dengan diabetes;
  3. Membantu melindungi diri terhadap serangan penyakit osteoporosis;
  4. Membantu mencegah tekanan darah tinggi;
  5. Membantu mencegah penyakit liver;
  6. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah;
  7. Membantu mencegah penyakit kanker;
  8. Membantu menurunkan berat badan;
  9. Menjaga stamina tubuh;
  10. Memelihara kesehatan kulit dan rambut.

Minyak Kelapa Murni

Atau virgin coconut oil (VCO) adalah minyak kelapa yg baik karena bukan olahan. Minyak kelapa yang baik diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa menggunakan suhu tinggi saat mengolahnya. Peristiwa ini yg mengakibatkan nutrisi alaminya tidak akan rusak dan juga hilang.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa atau minyak goreng yang berasal dari kelapa kopra, selain itu minyak kelapa murni memang memiliki kualitas yang lebih baik dari minyak yg satunya.

Kuning kecokelatan adalah warna dari minyak kelapa kopra, baunya yg tidak harum, dan mudah berbau tengik, mengakibatkan daya simpannya yg tidak bertahan lama.

Senyawa phenolic yg berpotensi sebagai antioksidan yang baik itu adalah nutrisi di dalam minyak kelapa murni itu sendiri.

Minyak kelapa murni juga bernutrisi asam laurat, kaprilat, dan kaprat yg bisa menunjang pertumbuhan probiotik di bagian dalam saluran pencernaan dan juga dapat berfungsi untuk melawan bakteri jahat, jamur,dan juga yg memiliki sifat antibiotik.

Kandungan alami yg berlimpah di dalam minyak kelapa murni ini pastinya dapat memberikan banyaksekali kegunaan untuk kesehatan tubuh.

1. Digunakan untuk Diet

Kegunaan minyak kelapa murni atau VCO ialah dapat anda manfaatkan untuk program diet anda. Anda dapat memanfaatkan minyak VCO untuk dicampurkan pada makanan tertentu dan juga memasak.

Nutrisi pada minyak kelapa murni ini dapat menolongmu untuk menstimulasi metabolisme, yg bisa menyebabkan perasaan kenyang lebih lama. Dalam minyak kelapa murni juga terdapat lemak yg dapat dihancurkan ataupun dibakar oleh tubuh dengan mudah.

2. Kandungan Polifenol untuk Jantung

Kegunaan minyak kelapa murni lainya yaitu menjaga jantung agar selalu sehat dan kuat. Di dalam minyak kelapa VCO terdapat nutrisi polifenol yg bisa mencegah terjadinya aterosklerosis, Apa itu aterosklerosis? yaitu pengerasan dinding pembuluh darah yg di sebabkan karena penumbukan plak lemak di dinding pembuluh darah seseorang.

3. Mengurangi Lemak Jahat

Dapat mengurangi lemak jahat yang terdapat dalam tubuh itu adalah salah satu kegunaan minyak kelapa murni. juga dapat menjadi pengurai kolesterol total, lemak jahat, trigliserida, dan juga dapat meningkatkan lemak menjadi lebih baik.

4. Untuk Diabetes

Manfaat minyak kelapa murni selanjutnya adalah untuk diabetes. Rantai asam lemak di dalam minyak kelapa bisa memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Untuk kasus diabetes tipe ke 2, dapat dipercaya mampu untuk memperbaiki sensitivitas insulin.

5. Mengurangi Risiko Alzheimer

Asal muasal peran untuk kesehatan otak itu adalah nutrisi zat keton yg ada di dalam minyak kelapa. menjaga fungsi otak pada waktu tubuh mempunyai kandungan glukosa yang lebih rendah tentu zat ini sangat baik untuk mengtasi masalah tersebut.

Keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer.

 

Kegunaan Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Minyak ini  juga diklaim bisa mempercantik dan melembabkan kulit di tubuh. Kandungan alami untuk minyak VCO ini meliputi triglycerides dan omega 3 yang dapat membuat kelembaban yang bisa tahan lama pada kulit kita.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan VCO sebagai minyak pijat, make-up remover, menghilangkan kerutan di wajah, membunuh bakteri dan jamur yg ada di kulit, dan body scrub secara alami.

Bagaimanakah cara penggunaannya?

  • Pada evening oil, usapkanlah perlahan ke seluruh bagian wajah secara merata saat sebelum tidur dan rasakanlah kulit yang sehat kencang pada saat keesokan harinya.
  • Sebagai minyak pijat, balurkan pada tubuh saat dipijat. Anda juga bisa menambahkan essential oil jika menginginkan aroma tertentu, tambahkan saja essential oil aroma lavender untuk relaksasi atau lemongrass untuk memicu energi.
  • Untuk penggunakan make-up remover, tuang untuk beberapa tetes VCO pada kain kapas dan usapkan perlahan saja pada wajah kalian. Ulangi terus prose ini hingga make-up di wajah kalian hilang seluruhnya.
  • Pada penggunakan untuk menghilangkan kerutan yg berlebih, ganti serum anti-aging kalian dengan VCO. yaitu teteskanlah 3-4 tetes VCO nya ke bagian telapak tangan kalian, gesek-gesekkan kedua telapak tangan kalian hingga hangat-hangat, dan tempelkanlah ke wajah kalian sambil dipijat perlahan-lahan.
  • Pada body scrub, campurkan gula merah dan garam dengan VCO aduk sampai merata. Kemudian gosok-gosokkanlah perlahan-lahan di bagian tubuh yang kalian inginkan.

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa yang sangat baik untuk tubuh dan untuk kulit hingga kecantikan. Jika ingin mendapatkan manfaat minyak kelapa, gunakanlah minyak kelapa murni atau VCO, karena proses pembuatannya yang lebih baik dan lebih banyak mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh.

 

Proses Membuat Coconut Oil

Fermentasi

Membuat coconut oil sendiri menggunakan metode fermentasi yaitu:

  1. Persiapkan bahan yaitu memilih kelapa yang berkualitas baik, matang, segar. Dikupas-kupas lalu dagingnya diambil kemudian bersihkan.
  2. Parut dan campurlah dengan air matang. Lalu peras parutan tersebut. Pada air perasan kelapa parut, tuangkanlah ke dalam botol ataupun wadah.
  3. Kemudian simpan dan diamkanlah di ruangan bersuhu 32 derajat celcius selama 24 jam. Proses ini akan membuat air dan minyak terpisah.
  4. Ketika air sudah terpisah dengan minyak, segera saring. Jadi sampai tersisa minyak kelapa  berwarna putih pucat. Untuk teknik pemanasan pada proses ini membutuhkan kisaran waktu yang lebih singkat daripada dengan fermentasi.

Metode Pemanasan

Makanya dari cara ini dapat digunakan pada produksi yang jumlah besar. Cara membuat minyak kelapa sendiri dengan metode pemanasan yaitu sebagai berikut:

  1. Siapkanlah buah kelapa yg sudah dikupas dahulu. Ambil dagingnya.
  2. Parutlah daging kelapa dengan parutan.
  3. Hasil parutan lalu dicampur dengan air matang. Sesudahnya peras dan saring hingga menghasilkan santan.
  4. Tuangkan air santan tersebut ke penggorengan. Goreng dengan nyala api yang kecil.
  5. Aduk santan secara perlahan-lahan terus-menerus. Pada metode ini membuat santan akan menguap hingga menyisakan minyak dan juga ampasnya.
  6. Siapkan botol ataupun wadah, kemudian tuangkanlah coconut oil yang sudah jadi di situ.

Metode dengan Menggunakan Proses Penyaringan

Ada juga penyaringan menggunakan cara membuat minyak coconut oil sendiri yang lainya. Metode ini pun tidak begitu sulit, akan tetapi membutuhkan masa yg lumayan lama, yaitu 24 jam. Metode membuat minyak coconut oil sendiri menggunakan proses penyaringan yaitu caranya:

  1. Siapkan kelapa tua yg sudah dikupas.
  2. Potong dagingnya kecil-kecil. Haluskan dengan blender dan tambahkan air matang seperlunya.
  3. Saringlah hasil blender hingga menghasilkan santan. Tambahkan air jika diperlukan.
  4. Lakukanlah berulang-ulang supaya santan yang dihasilkan banyak.
  5. Masukkan santan ke dalam wadah toples kemudian diamkan 24 jam lamanya, agar minyak kelapa dan santan terpisah.
  6. Menyimpannya di lemari pendingin atau di ruangan dingin saja agar dadih cepat terbentuk (disarankan).
  7. Buang dadih tersebut dan dapatkan minyak murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah.

Begitulah pilihan cara membuat coconut oil sendiri ada 3. Anda bisa memilihnya sesuai selera. Sekarang tinggal mendapatkan kelapa sebagai bahan baku, Juga bisa lebih mudah dan praktis dengan menggunakan Mesin minyak kelapa Suplai Pabrik, atau Mesin Pembuat Minyak Kelapa.

Sekian untuk artikel Kegunaan Minyak Kelapa TERIMA KASIH sudah mampir disini sampai jumpa lagi….. 🙂
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •