Berbagai Kegunaan Pohon Kelapa Untuk Berbisnis

Pada kesempatan kali ini saya ingin menjelaskan artikel tentang kegunaan pohon kelapa.

Table of Contents

Kegunaan Pohon Kelapa

berbagai kegunaan pohon kelapa

Pengertian Kegunaan Pohon Kelapa :

Pohon kelapa atau juga sebagai pohon seribu kegunaan ini merupakan pohon yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai bidang usaha karena kegunaan pohon kelapa ini sangat luar biasa.
Pohon kelapa merupakan salah satu tanaman dari jenis pohon aren yang mudah dijumpai sekitar jalan atau pantai. Dengan bentuk batang yang beruas-ruas, tinggi menjulang, batangnya sedikit melengkung,memiliki akar serabut,daun yang sejajar,buah yang lonjong dan bunga pohon yang cantik.
Ternyata pohon kelapa memiliki beragam manfaat mulai dari daun hingga akarnya. Karena manfaatnya pohon ini sering sebagai pohon seribu guna.

Adapun Jenis Pohon Kelapa yaitu:

Kelapa Hijau

Kelapa hijau merupakan jenis kelapa yang berwarna kulit buah hijau mencolok. Memiliki nama latin cocos viridis. Termasuk dalam jenis kelapa dalam pohon tinggi dan buahnya memiliki ukuran yang lumayan besar dan banyak.

Seperti buah kelapa pada umumnya air kelapa hijau sangat bermanfaat karena terbukti mencegah dan mengobati berbagai penyakit, salah satunya mensterilkan racun dalam tubuh orang keracunan makanan.

Kelapa Pandan Wangi

Pohon kelapa pandan wangi ini berasal dari negara tailand yang dibudidayakan dalam skala industry Indonesia.Kelapa ini memiliki ciri khas yaitu pendeknya batang pohon, aromanya yang wangi dan air kelapa yang manis.Pohon kelapa pandan wangi ini bisa menghasilkan buah pada usia 3 tahun, lebih cepat daripada kelapa lain.

Kelapa Gading

Kelapa gading mungkin sering berada sekitar area persawahan penduduk pedesaan. Tergolong mudah dalam penanamannya para petani pun sering menanamnya sekitar area sawah untuk sekedar tanaman berteduh namun memiliki nilai yaitu dapat memanen dan bermanfaat.

Mempunyai warna buah kuning menjadi ciri khas kelapa gading. Cepat berbuah membuat para petani lebih suka dengan jenis kelapa gading untuk mereka tanam sekitar area ladaing mereka

Kelapa Genjah Entok

Genjah artinya berbuah pendek, merupakan kelapa yang memiliki postur pendek dan cepat menghasilkan buah dengan hasil yang banyak.

Buahnya lebih kecil daripada dengan kelapa lain dan batang pohon kelapa juga relative pendek hanya 2-4 meter. Dalam usia yang produktif kelapa ini tidak bisa melebihi tinggi 7 meter.Hal ini karena semakin berumur pohon ini akan semakin melebar putar batang kelapa entok genjah.

Di tanah tropis daerah Indonesia cenderung sangat mudah untuk bertanam pohon kelapa jenis ini. Selain air yang cukup dan sinar matahari yang tidak terlalu panas membuat jenis pohon kelapa genjah entok bisa tumbuh dengan baik hingga berbuah.

Kelapa Merah Wulung

Kelapa merah wulung ini sangat bermanfaat kususnya para ibu hamil karena dapat menambah suplay energi pada tubuh.Selain itu kelapa merah wulung ini juga dapat mengatasi orang yang keracunan loh.Maka sudah tidak diragukan bila jenis kelapa ini sangat diminati para pengusaha dan petani untuk ibudidayakan. Selain harga pasar yang tinggi juga memliki daya tarik yang besar dari berbagai segi fungsinya.

Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor ini merupakan jenis kelapa yanag sangat aneh karena memiliki kelainan genetic justru membuat kelapa ini memiliki keunggulan khusus yang membuatnya mempunyai harga jual yang sangat tinggi dari kelapa lainya.Kelapa kopyor ini tumbuh secara gagal buahnya membuat jenis kopyor terpisah antara daging buah dan dinding batok dalamnya.

Jadi daging kelapa terkelupas dan cenderung sangat lunak seperti sudah busuk.Bermanfaat untuk minuman stamina, memulihkan demam berdarah, mengurangi sakit angina dan using serta bisa memulihkan luka bakar dan meredakan gatal-gatal pada kulit.

Kelapa Hibrida

Kelapa hibrida merupakan jenis bibit kelapa dari persilangan antara kelapa genjah dan kelapa dalam. Secara keseluruhan kelapa hibrida mulai berbuah saat pohon berumur 4 – 5 tahun.

Ciri khas jenis kelapa ini yakni memiliki daging kelapa yang memiliki ketebalan 1-2cm, agak keras serta memiliki kandungan minyak yang tinggi.Dalam 1 tahunya, kelapa hibrida bisa menghasilkan buah kelapa 6 – 8 ton, satu pohon menghasilkan sekitar 140 butir.

Kelapa Wulung

Nama kelapa ini memang sangat menarik dan unik, perbedaan yang cukup mencolok kelapa wulung daripada kelapa lainnya yakni dari segi warnanya yang hijau muda dan ketika buah kelapa ini terkupas maka akan terlihat kulit buah bagian dalam berwarna merah muda agak keungu-unguan.Manfaat dari kelapa wulung ini yang sangat bermanfaat bagi beberapa orang yaitu dapat mengatur kadar gula dalam darah, menurunkan berat badan dan sebagai bahan kecantikan.

Baca Juga : Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil Bersama PT GAG Nikel

Bentuk Kegunaan Pohon Kelapa yaitu:

Batang Pohon Kelapa

kegunaan pohon kelapa

Kegunaan Pohon Kelapa Sebagai Bahan Bangunan Kayu Glugu

Kayu dari Kelapa bermanfaat untuk bahan bangunan yaitu sebagai lantai rumah bagi masyarakat yang menggunakan rumah panggung. Kayu kelapa ini sering disebut dengan glondongan glugu dan menjadi pilihan para masyarakat untuk menengah sebagai kerangka dari papan rumah yang nantinya dijadikan sebagai tembok sebelum mereka mampu membangun tembok dari batako maupun batu bata.Kayu kelapa ini tidak mudah dimakan rayap karena memiliki serat batang yang susah diurai oleh binatang seperti teter. Sehingga kayu kelapa ini dijadikan sebagai bahan untuk memperkuat atap rumah.

Cara pengolahanya yaitu:

Batang pohon kelapa yang sudah dapat untuk bahan banggunan rumah yaitu kayu glugu yang sudah berusia minimal 50 tahun, terutama yang tidak produktif. Setelah melakukan seleksi pohon kelapa yang bagus dan kuat untuk kayu glugu dan penebangan, pohon kelapa siap untuk menjadi kayu glugu dengan 2 cara, yaitu :

Pengolahan yang secara sederhana .Kemudian kayu glugu dipotong sesuai dengan kebutuhan dan klasifikasikan kelasnya dengan ketentuan klasifikasikan
Di olah dengan cara pemadatan.Kayu glugu dengan perlakuan steam terlebih dahulu, temyata dapat meningkatkan kekuatan kayu.

Untuk Bahan Pembuatan Kursi

Selain untuk bahan bangunan kegunaan pohon kelapa terutama pada bagian batangnya juga sering berguna sebagai bahan pembuatan kursi dan meja oleh para pengusaha.Hal ini sangat menguntungkan bagi si para pengusaha dan para pembelinya karena kekokohan pembuatan kursi dan meja dari bahan batang pohon kelapa terbukti sangat awet.

Sebagai Tiang Jembatan

Karena batang pohon kelapa sangatlah kuat dan keras teksturnya sehingga sering dimanfaatkan oleh penduduk desa sebagai tiang jembatan untuk menghubungkan dari desa ke desa agar dapat terhubung melalui tiang yang dibuat dari batang pohon kelapa tersebut.Hal tersebut akan memudahkan para penduduk desa untuk berjalan,berkendaraan melalui tiang jembatan dari batang pohon kelapa.

Daun Pohon Kelapa 

 

Kegunaan Pohon Kelapa Untuk kupat

Daun kelapa biasa berguna untuk pembuatan kupat pada hari raya idul fitri pada tiap tahunya.Selain untuk ketupat daun kelapa ini juga sering  sebagai penanda acara perkawinan dan masih banyak lagi kegunaan dari daun kelapa.

Cara pembuatan kupat dari daun kelapa yaitu:

  1. Psahkan daun kelapa dengan lidinya
  2. Anyam daun kelapa sehingga membentuk belah ketupat
  3. Cuci beras dan masukan beras ke dalam ketupat
  4. Masak kupat
  5. Kupat pun sudah siap.

Daun Pohon Kelapa Untuk Sapu Lidi

Selain daunya dapat digunakan sebagai  kupat.Lidinya pun juga bisa bermanfaat sebagai produksi pembuatan sapu lidi dengan memisahkan daun dan lidinya  kemudian diikat melingkar sehingga dapat untuk dipegang untuk kegiatan menyapu membersihkan halaman rumah yang kotor.

Bunga Pohon Kelapa

kegunaan pohon kelapa

Kegunaan Pohon Kelapa Untuk Pembuatan Gula Jawa

Seperti yang kalian tau bahwa pembuatan gula jawa ini sangat berkaitan dengan yang namanya bunga dari pohon kelapa dan biasa di sebut bungga manggar kelapa.Nah, sari dari bungga manggar ini sering dimanfaatkan oleh para pengusaha gula jawa.Untuk bahan campuran pembuatan gula jawa sehingga tercita rasa yang manis dan gurih loh temen-temen.

Ada berbagai manfaat dari mengkomsumsi gula jawa untuk kesehatan yaitu:

  • Membersihkan darah

Gula merah memiliki efek menguntungkan pada darah dengan memurnikan dan membersihkan darah, ketika mengkonsumsi secara teratur.Gula merah juga meningkatkan jumlah hemoglobin dalam darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Mengobati Masalah menstruasi

Gula merah pengobatan alami yang efektif untuk banyak masalah menstruasi.Termasuk meringankan efek kram menstruasi dan sakit perut.

  • Mencegah Masalah pernafasan

Mengonsumsi gula merah secara teratur dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis.Pakar kesehatan menyarankan menggabungkan gula merah dengan biji wijen untuk manfaat yang maksimal bagi pernapasan.

  • Kaya Antioksidan

Gula merah  dengan antioksidan, terutama selenium yang membantu mencegah berbagai efek radikal bebas.Mencampur gula merah dengan teh atau air hangat akan mengobati pilek dan batuk serta akan menyembuhkan migrain dan sakit kepala

Air Buah Pohon Kelapa

 

Kegunaan Pohon Kelapa Air Untuk Kesehatan

Buah pohon kelapa ini sanggat bagus untuk dikomsumsi oleh semua kalangan dari anak-anak hingga lansia .Karena mengandung berbagai manfaat untuk kebugaran jasmani yang sangat baik.Terutama air kelapa yang rasanya manis dan menyegarkan.

Memiliki Kegunaan Sebagai Berikut :

1. Mengontrol tekanan darah

Air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Minum air kelapa bisa jadi penganti obat untuk Anda yang tidak ingin minum obat dari dokter.

2. Mengurangi rasa lapar

Anda sedang diet? Minum air kelapa bisa membantu Anda untuk menahan rasa lapar. Tidak hanya itu, air kelapa juga mengobati penyakit. Air kelapa meningkatkan penyerapan glukosa oleh aliran darah. Hal ini membuat tubuh tidak mudah merasa lapar.

3. Menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan stamina tubuh

Ketika merasa lelahan setelah melakukan olahraga, minum air kelapa bisa mengembalikan stamina. Air kelapa mengandung ion-ion alami yang untuk tubuh. Ion-ion tersebut bertugas untuk menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan stamina tubuh.

Terapi mengkomsumsi air kelapa untuk kesehatan dan kecantikan , air kelapa yang terserap oleh sel tubuh menciptakan sensasi segar. apakah kalian tau jika satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 46 kalori.

4. Meningkatkan fungsi otak

Kalium yang berada di dalam air kelapa berfungsi untuk otak khususnya untuk mengingat dan belajar.

5. Melancarkan pencernaan

Anda sering menderita sembelit? Alih-alih minum pencahar Anda bisa minum air kelapa. Kalium yang ada pada air kelapa dapat membantu proses metabolisme tubuh.Proses pencernaan  dalam tubuh menjadi lancar dan adanya proses pembakaran lemak.

6. Mencegah gangguan jantung dan ginjal

Air kelapa juga mampu meminimalisasi risiko serangan jantung dan ginjal.Karena, kalium dalam air kelapa yang berfungsi dalam menjaga kesehatan jantung dan ginjal.

 Daging Buah Kelapa

kegunaan pohon kelapa

Kegunaan Pohon Kelapa Untuk Penderita Kolesterol

Daging kelapa amatlah bagus untuk dikomsumsi oleh sebagian besar orang yang menderita kolestro tinggil.Nah kegunaan pohon kelapa bagian daging untuk penderita kolestrol yaitu dapat menurunkan kadar kolestrol tinggi  karena daging kelapa mengandung minyak yang baik untuk komsumsi tubuh.

Pengolahan minyak yang berbahan dasar daging kelapa yang diparut menggunakan mesin atau secara manual.setelah diparut dan disaring minyaknya, tersisa ampas kelapa yang dapat menjadi berbagai aneka masakan rumah seperti srundeng,botok mlanding dan masih banyak lainya.

Tempurung Buah Pohon Kelapa

 

Kegunaan Pohon Kelapa Tempurungnya Untuk Kerajinan

Limbah tempurung kelapa ini sering dianggap tidak ada gunanya sehingga hanya sebagai bahan bakar pengganti kayu oleh sebagian besar masyarakat.Namun untuk warga masyarakat yang kreatif sangatlah menguntukgkan dan berpeluang bisnis yang cukup bagus.

Seperti peluang bisnis kerajinan tempurung kelapa dapat dijadikan berapa diantaranya merupakan hiasan meja, sementara sisanya merupakan celengan berbentuk bundar dan boneka beruang.Proses pembuatan kerajinan ini dilakukan dengan peralatan seadanya, macam pisau, gergaji besi, amplas, sikat gigi, lem korea, dan vernis prosesnya pun terbilang sederhana namun memiliki peluang bisnis yang sangat luar biasa.

Kegunaan Sabut Kelapa

kegunaan pohon kelapa

 Kegunaan Sabut Pohon Kelapa Sebagai Untuk Media Tanaman

Sabut kelapa Sebagai Media Pengganti Tanah

Sabut kelapa bisa sebagai media tanam. Yaitu dengan mengambil bagian sabut dari kulit kelapa dan menggunakannya secara langsung sebagai bahan untuk menanam berbagai tanaman yang suka terhadap daerah perairan.

Terdapat tanaman yang membutuhkan media khusus, sehingga menyerupai atau mirip habitat aslinya. Misalnya adalah tanaman anggrek.Nah, tanaman hiasa bunga anggrek ini sangat gemar terhadap daerah perairan sehingga cocok apabila tanaman ini  tertanam menggunakan serbuk sabut pohon kelapa atau sering kalian dengar dengan nama cocopeat.

Sabut Kelapa Untuk Budidaya Mencangkok Buah

Hasil dari cara mencangkok buah yaitu pengeratan cabang pohon induk dibungkus.Media pencangkokan buah adalah untuk merangsang terbentuknya akar.Cara ini sudah lama dipakai oleh para petani dengan tingkat keberhasilannya lebih tinggi.Karena akar dari pencangkokan akan tumbuh dibatang induknya.

Dengan mencangkok tanaman akan memberikan bibit tanaman yang kualitasnya mirip sekali dengan kualitas induknya. Teknik mencangkok ini biasanya memang menjadi salah satu cara yang sangat mudah untuk memperbanyak pohon, khususnya adalah tanaman buah.

Keguaan Sabut Pohon Kelapa Untuk Kerajinan

  • Sabut Kelapa Untuk Pembuatan Tas

Pembuatan sabut kealpa untuk tas memanglah sangat populer untuk milenial jaman sekarang ini. Selain bentuk dari anyaman yang membentuk keunikan dan daya tarik yang tersendiri.Kerajinan ini juga memerlukan mesin yang dapat mengolah dari buah kelapa hingga menjadi sabut yang dan bentuk kreatifitas pembuatan tas.

Produksi pembuatan tas dari sabut kelapa ini termasuk katagori usaha yang menarik dan berpeluang devinisi yang luar biasa.Disebabkan pembuatan tas dari sabut kelapa ini terkenal hingga luar negeri sehingga warga luar pun tertarik dengan kreatifitas pembuatan tas dari sabut kelapa ini.

  • Sabut Kelapa Untuk Pembuatan Keset

Keset dari sabut pohon kelapa ini sering kita jumpai berada rumah, sekolah dan lainya.Nah,tujuan dari pembuatan keset ini adalah untuk menambah penghasilan ,memanfaatkan brang dan menjaga lingkungan agar tetap terawat dengan baik.

Pembuatan keset ini terbilang sangat simpel dan sederhana karenakan kita hanya perlu memisahkan kulit kelapa bagian luar dan mengambil sabutnya ataupun menggunakan mesin pemisah sabut kelapa yang lebihcepat dan praktis kemudian menganyamnya membentuk keset.

Beberapa Keuntungan Dari Mengetahui Kegunaan Pohon Kelapa 

Nah,akan aku jelaskan keuntunganya mengetahui kegunaan pohon kelapa dari artikel ini.Selain mengurangi limbah dan menjaga lingkungan, kita juga dapat mengetahui berbagai kegunaan pohon kelapa untuk kesehatan,bahan produksi yang bernilai jual tinggi dan menambah pendapatan devisa yang cukup menguntungkan.

Tentu untuk mendapatkan devisa yang berpeluang tinggi dan meningkatkaan produk dari kegunaan pohon kelapa kita juga membutuhkan mesin pengolah sabut kelapa.Keuntungan dari mesin pengolah sabut kelapa ini sangat menguntungkan selain mempercepat berbagai kegunaanya mesin-mesin ini juga akan menghemat waktu, tenaga kerja dan dapat mempercepat hasil penggunaan.

Sekian penjelasan dari kegunaan pohon kelapa yang dapat saya sampaikan di artikel ini apabila ada kekurangan dan salah kata, saya mohon maaf.

 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •