Manfaat Dan Macam Macam Briket Dan Kegunaan Briket Arang,Batubara Dll

Pada kali ini saya akan membahas tentang macam macam briket yang biasanya digunakan atau disebut sebut sebagai energi terbarukan dalam era globalisasi ini.

Pengertian Briket

macam macam briket

Briket adalah sumber energi yang berasal dari biomassa yang digunakan sebagai minyak bumi dan energi dari fosil. macam macam briket dapat dibuat dari bahan baku yang banyak kita temukan dalam keseharian kita seperti batok kelapa, sekam padi, arang sekam, serbuk kayu, bongkol jagung, daun,dan lain sebagainya.

Pembuatan briket dilakukan dengan proses penekanan atau pemadatan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai kalor per satuan luas dari biomassa yang akan digunakan sebagai energi alternatif, sehingga dengan ukuran biomassa yang relatif kecil akan dihasilkan energi yang besar.

elain itu bentuk biomassa menjadi lebih seragam, sehingga akan lebih mudah dalam  penyimpanan dan pendistribusian.

 

Berikut Ini Macam Macam Briket

Briket Batubara

macam macam briket

Batubara adalah suatu batuan sedimen tersusun dari unsur karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan sulfur. Dalam proses pembentukannya, batubara diselipi bebatuan yang mengandung mineral.

Bersama dengan moisture, mineral merupakan pengotor batubara sehingga dalam pemanfaatannya, kandungan kedua materi ini sangat berpengaruh.

Dari ketiga jenis pemanfaatan batubara, yaitu sebagai pembuat kokas, bahan bakar, dan batubara konversi.

  • Keunggulan Batu Bara

Batubara memiliki keunggulan dibandingkan bahan bakar fosil lainnya, yaitu:

  1. Jumlah batubara yang economically exploitable lebih banyak.
  2. Distribusi batubara di seluruh dunia sangat merata.
  3. Karena komposisi coal adalah CHONS + Ash, coal identik dengan bahan bakar yang sangat kotor dan tidak ramah lingkungan.
  4. Dibanding bahan bakar fosil lainnya, jumlah kandugan C per mol dari batubara lebih besar.
  5. Hal ini menyebabkan pengeluaran CO2 dari batubara jauh lebih banyak.
  • Manfaat Briket Batubara

Briket Batubara merupakan bahan bakar padat yang terbuat dari Batubara, bahan bakar padat ini merupakan bahan bakar alternatif atau merupakan pengganti Minyak.

Bahan Bakar ini juga disinyalir merupakan bahan bakar yang paling murah dan dimungkinkan untuk dikembangkan secara masal dalam waktu yang relatif sangat singkat mengingat teknologi dan peralatan yang digunakan relatif sederhana.

Baca Juga : Cara Membuat Arang Aktif dan Manfaatnya Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

 

Briket Sekam Padi

macam macam briket

Sekam padi sering diartikan sebagai bahan buangan atau bahan yang tersisa dari proses penggilingan padi. Proses penghancuran limbah secara alami berlangsung lambat, sehingga limbah tidak saja mengganggu lingkungan sekitarnya tetapi juga mengganggu kesehatan manusia.

Pada setiap penggilingan padi akan terlihat tumpukan bahkan gunungan sekam yang semakin lama semakin tinggi.Disaat ini pemanfaatan sekam padi masih sangat sedikit, sehingga sekam masih tetap menjadi bahan limbah yang begitu mengganggu lingkungan

Sekam padi terdiri dari lapisan keras yang meliputi kariopsis terdiri akan dari dua belahan yang disebut lemma dan palea yang saling bertautan. Pada proses penggilingan beras sekam akan terspisah dari butir beras dan menjadi bahan sisa atau limbah penggilingan

Struktur sekam padi memiliki empat lapisan yaitu epidermis terluar yang dilapisi kulit ari, Scelerenchyma, Spongi parenchyma, epidermis terdalam. Dari keempat lapisan di atas sekam padi meiliki silikon yang dominan pada kedua lapisan epidermisnya yang berfungsi sebagai pengeras dan pelindung gabah terhadap jamur.

Manfaat Briket Sekam Padi

Briket arang sekam bisa menjadi energi alternatif dalam rumah tangga. Dengan dimanfaatkannya sekam padi menjadi briket arang sekam, maka bisa mengurangi limbah hasil pertanian, menambah pendapatan petani dan mengurangi  pengeluaran keluarga untuk membeli bahan bakar.

 

Briket Tempurung Kelapa (Macam Macam Briket)

macam macam briket

Indonesia adalah negara teropis yag dikaruniai pohon kelapa yang melimpah. Pohon kelapa sendiri memiliki banyak manfaat dan kegunaan, baik dari pohonnya hingga buahnya itu sendiri.

Meskipun sekarang sudah banyak orang melakukan pengelolaan terhadap pohon kelapa namun terdapat beberapa potensi kelapa yang belum optimal dan dimanfaatkan dengan baik, terutama dalam pemanfaatan limbahnya. Salah satu pemanfaatan limbah padat kelapa adalah dengan memanfaatkannya menjadi bahan bakar alternatif.

Salah satu bentuk pemanfaatannya adalah dijadikan briket arang. Briket adalah sebuah blok bahan yang menjadi bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan api agar tahan lama.

Alat dan Bahan :

  • Tempurung Kelapa
  • Tepung Kanji
  • Air
  • Pipa paralon

Cara Membuat Briket Tempurung Kelapa :

  • Pegarangan
  • Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).
  • Pengayakan (Untuk pembuatan briket yang lebih cepat dan efisien bisa gunakan mesin briket arang kelapa)

Pengayakan dilakukan untuk menghasilkan serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbug gergaji dan tempurung kelapa diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70mesh.

  • Pencampuran media

Arang serbuk gergaji, tempurung kelapa dan lem kanji (campuran tepung kanji dan air) dicampur dengan perbandingan serbuk gergaji 10% dan arang tempurung kelapa 90%. Pada saar pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5% dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.

  • Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata selanjutnya dimasukan kedalam cetakan briket dan dikempa. Jemur diterik sinar matahari smapai benar benar kering. Setelah benar-benar kering brket baru dapat digunakan.

Keunggulan Briket Arang Tempurung Kelapa

Oke, tadi itu sekilas penjelasan tentang briket arang tempurung kelapa. Sekarang saya mau share apa aja sih keunggulan dari briket arang tempurung kelapa, kok sampai banyak di kalangan masyarakat dan industri yang butuh briket arang. Briket arang tempurung kelapa ini berdasarkan penelitian memang punya banyak keunggulan ketika kita bandingkan dengan briket berbahan dasar arang kayu atau bahan bakar yang lainnya.

  1. Energi Terbarukan.

Jadi, yang saya maksud dengan energi terbarukan ini adalah energi yang bisa di peroleh dan bersumber dari alam, bahan bakunya merupakan hasil dari proses alam yang berkelanjutan, jadi gak akan habis karena selalu terus diproduksi oleh alam.

Briket arang tempurung kelapa termasuk kategori Biomassa. Biomassa sendiri adalah salah satu jenis energi terbaru yang mengacu pada bahan biologis dan berasal dari organisme hidup. Beberapa contoh sumber biomassa antara lain bahan bakar kayu, kelapa, limbah, dan juga alkohol.

  1. Panas yang Dihasilkan Maksimal

Gak kayak briket batu bara, ternyata tingkat panas yang dihasilkan briket arang tempurung kelapa ini lumayan tinggi loh, sampai 7000 kal. Jadi merupakan bahan bakar yang berkalori tinggi, bikin proses memasak jadi lebih cepat matang dengan sempurna.

      3.Pengganti batu bara.

Kalau sering lihat biasanya bahan bakar yang digunakan, khususnya untuk industri adalah batu bara. Tapi seiring dengan perkembangan jaman, berdasarkan beberapa penelitian ternyata eksplorasi batu bara yang dilakukan secara masif akan sangat merusak alam sekitar.

Selain itu, ternyata batu bara cenderung dan tergolong beracun kalau asapnya terhisap oleh manusia. Makanya briket arang tempurung kelapa bisa menjadi bahan bakar alternatif sebagai pengganti batu bara.

     4.Waktu Pembakaran yang Lama

Briket arang tempurung kelapa ini punya ‘burning time’ atau waktu pembakaran yang lama, sekitar 2-3 jam non-stop. Menjadikannya briket ini sebagai bahan bakar yang tergolong efektif dan efisien.

     5.Sebagai Alternatif Kompor Gas

Hampir semua orang pasti menggunakan kompor gas kalau mau masak. Apalagi sekarang harga gas yang terus naik dan juga ketersediaannya kadang selalu menipis bikin kita jadi frustasi.

Maka seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman, sekarang beberapa produsen sudah melihat potensi briket arang tempurung kelapa dengan menciptakan kompor briket. Tujuannya untuk bisa menggantikan kompor gas yang mayoritas digunakan rumah tangga sampai saat ini.

6. Tidak Beracun

karena proses pembuatan briket tempurung arang kelapa memang dibuat dengan proses alami,jadinya briket arang aman untuk kita gunakan.

Adanya bahan tambahan ya pada tepung tapioka yang berasal dari singkong sebagai bahan perekat adonan briket. Maka menjadikan briket arang tempurung arang kelapa menjadi material yang aman dan tak beracun.

7.Tidak Berasap

Waktu dibakar, biasanya arang pasti akan mengeluarkan asap yang sangat banyak, contohnya bisa kita lihat kalau lagi bakar sampah,asap yang mengepul pasti banyak banget.

Tapi beda dengan briket arang tempurung kelapa.Ketika dibakar, asap yang dihasilkan sangatlah sedikit, bahkan hampir gak berasap, jadi gak akan menggangu lingkungan.

8.Go Green Energy

Salah satu keunggulan briket arang tempurung kelapa paling terkenal.Go Green Energy ini adalah sebutan untuk sumber energi yang bersahabat untuk lingkungan hidup.

Seperti yang sudah dibilang tadi, dengan keunggulan briket arang tempurung kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa dan bahan tambahan alami tepung tapioka, jadi kalau di bakar gak akan berasap, makanya briket arang tempurung kelapa sangatlah ramah terhadap lingkungan.

 

Manfaat Penggunaan Briket Arang Tempurung Kelapa

Briket tempurung arang kelapa kalau pada umumnya biasa digunakan untuk kebutuhan memasak. Masyarakat biasanya menggunakan briket ini untuk memasak berbagai jenis masakan yang prosesnya itu memang harus dibakar terlebih dahulu seperti Barbeque, steak, atau yang lebih sering kita lihat itu bakar sate.

Kalau di negara Timur Tengah, briket ini biasanya digunakan untuk mengkonsumsi ‘sisha’, yaitu semacam rokok yang dihisap melalui alat yang punya beberapa varian rasa, kalau masih belum tau teman-teman bisa googling sendiri ya.

Selain itu, di negara Timur Tengah, briket arang ini juga biasa digunakan untuk membakar wewangian ruangan. Kalau negara di Eropa dan Amerika, briket arang tempurung kelapa ini biasanya digunakan untuk penghangat ruangan dan juga pemanas ruangan untuk spa.

Tapi sering juga digunakan untuk pembakaran tungku untuk proses memasak.

 

Tips Membuat Briket Tempurung Kelapa

Arang

Arang adalah residu yang berbentuk padatan yang merupakan sisa dari proses pengkarbonan bahan berkarbon dengan kondisi terkendali di dalam ruangan tertutup seperti dapur arang.

Arang adalah suatu padatan berpori yang mengandung 85 – , 95% karbon, dihasilkan dari bahan-bahan yang mengandung karbon dengan pemanasan pada suhu tinggi.

Ketika pemanasan berlangsung diusahakan agar tidak te jadi kebocoran udara di dalarn mgan pemanasan sehingga bahan yang mengandung karbon tersebut hanya terkarbonisasi tidak teroksidasi.

Bahan baku arang bemacam-macam seperti kayu, tempurung kelapa, cangkang sawit, dan tandan kosong kelapa sawit (Macam Macam Briket).

Konversi kayu menjadi arang marupakan salah satu proses tertua yang dilakukan manusia. Arang lebih baik dibandingkan dengan kayu bakar sebab nilai kalor serta densitas arang lebih tinggi dibanding kayu bakar.

Arang dapat disimpan lama, ringkas dan ringan. Di Indonesia sampai saat ini arang masih banyak digunakan terutama untuk memasak.

Arang yang baik digunakan untuk briket harm memenuhi syarat-syarat fisis yang dinyatakan dalam SNI 01 – 1682-1 996 yaitu memiliki kadar abu maksimum 2,5%, kadar air maksirnurn lo%, dan zat yang menguap pada pemanasan 950°C maksimum 15%. Untuk menghasilkan arang umumnya bahan baku dipanaskan dengan suhu di atas 500°C.

Pengarangan

Proses pembuatan arang sering disebut peristiwa karbonisasi. Saat melakukan karbonisasi maka jumlah udara yang terlibat harus dibatasi atau seminimal mungkin, agar karbonisasi berjalan lambat dan rendemen arang yang dihasilkan lebih banyak.

Pembuatan Biriket dengan tempurung kelapa terhitung mudah dan sederhana namun memiliki banyak manfaat.

Briket arang memiliki nilai ekonomis yang tinggi apabila dikemas dengan menarik dan selain itu briket tempurung kelapa ini memiliki paanas yang lebih tinggi, tidak berbagu dan memiliki aroma alami serta leboh tahan lama dibandinhkan dengan arang kayu.

Karena itu briket juga memiliki kelebihan lain yaitu lebih tahan lama waktu simpannya dibandingkan dengan arang biasa. Selain itu penggunaan arang tempurung kelapa ini membuat briket memiliki kalor pembakaran yang cukup tinggi dan juga asap yang lebih sedikit.

Gak cuma manfaat Briket arang diatas, dengan kita memulai memanfaatkan tempurung kelapa sebagai bahan pembuatan briket arang kita dapat meningkatkan pemanfaatan limbah hasil hutan sekaligus mengurangi pencemaran udara karena asap yang ditimbulkan dari pembakaran briket lebih sedikit dibandingkan dengan pembakaran menggunakan arang kayu.

Selain itu penggunaan briket sebagai bahan bakar alternatif kita juga bisa menghemat pengguaan kayu sebagai hasil utama hutan sehingga kita dapat meminimalisis penebangan hutan dan ikut serta dalam usaha pelestarian lingkungan.

Tepung Tapioka

Tepung tapioka merupakan pati yang diekstrak dari singkong.Dalam memperoleh pati dari singkong (tepung tapioka) harus dipertimbangkan usia atau kematangan dari tanaman singkong.

Usia optimum yang telah ditemukan dari hasil percobaan terhadap salah satu varietas singkong yang berasal dari jawa yaitu San Pedro Preto adalah sekitar 18-20 bulan (Grace, 1977).

Ketika umbi singkong dibiarkan di tanah, jumlah pati akan meningkat sampai pada titik tertentu,lalu umbi akan mejadi keras dan menyerupai kayu, sehingga umbi akan sulit untuk ditangani ataupun diolah Komposisi kimia tepung tapioka dapat dilihat pada

 

Briket Jerami

Jerami adalah hasil samping usaha pertanian berupa tangkai dan batang tanaman serealia yang telah kering, setelah biji-bijiannya dipisahkan. Massa jerami kurang lebih setara dengan massa biji-bijian yang dipanen. Jerami memiliki banyak fungsi, di antaranya sebagai bahan bakar, pakan ternak, alas atau lantai kandang, pengemas bahan pertanian (misal telur), bahan bangunan (atap, dinding, lantai), mulsa, dan kerajinan tangan.

Jerami umumnya dikumpulkan dalam bentuk gulungan, diikat, maupun ditekan. Mesin baler dapat membentuk jerami menjadi gulungan maupun kotak.

 

Pengaruh Jenis Briket Terhadap Nilai Kalor

Nilai kalor dari berbagai jenis Briket. Terlihat bahwa nilai kalor tertinggi dimiliki briket batubara yaitu sekitar 6.058,62 kal/g, sedangkan nilai kalor terendah dimiliki Briket dari sekam padi dengan nilai kalor sebesar 3.072,76 kal/g.

Sementara itu, nilai kalor yang cukup tinggi dimiliki briket dari tempurung kelapa yaitu sekitar 5.780 kal/g dan briket dari serbuk gergaji kayu jati 5.478,99 kal/g. Nilai kalor yang tinggi akan membuat pembakaran menjadi lebih efisien dan dapat menghemat kebutuhan briket yang digunakan.

Sekian dari saya semoga menambah wawasan anda dan bisa berguna bagi anda .Mohon maaf kalau ada kata kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •