Di negara Indonesia terkenal dengan banyaknya tanaman kelapa. Indonesia memiliki macam macam kelapa yang sangat beragam. Manfaatnyapun juga beragam. Jadi langsung saja kita bahas yuk sob.

Buah Kelapa

Kelapa atau dalam bahasa jawanya ( KELOPO / KAMBIL ). Arti kata kelopo (atau coconut, dalam bahasa Inggris) menuju kepada seluruhan pohon kelapa / kambil, biji / isi, & buah yang secara botani adalah pohon berbuah, bukan pohon kacang-kacangan.

Istilah ini berasal dari kata negara Portugis dan Spanyol, coco yang berarti “kepala / kambil dalam bahasa jawa” atau “tengkorak” setelah tiga lekukan pada tempurung kelapa yang menyerupai fitur wajah. Wow, jadi ngeri ya sob kalau ada kelapa yang mirip kepala hahahaha.

Buah kelopo dikenal karena kegunaannya yang beragam, mulai dari di buat untuk makanan ringan / berat hingga kosmetik untuk para kaum hawa. Daging atau isi kelopo bagian dalam dari benih matang membentuk bagian yang empuk dan terkadang kenyal itu pun secara teratur menjadi sumber makanan bagi banyak orang di daerah tropis dan subtropis.

Bagian – Bagian Pohon Kelapa

Bagian Pohon Kelapa

1. Akar

Serabut yang yang bisa panjang, tebal dan berkayu besar, berkerumun membentuk bonggol utama, adaptif pada tanah berpasir pantai. Akar tanaman kelapa bisa memperkuat terkstur tanah pasir pada pantai tersebut. Semakin besar akar maka semakin kokoh tanaman kelapa tersebut berdiri.

2. Batang Kelapa

Batang ang beruas-ruas namun bila sudah tua tidak terlalu tampak, khas tipe aesthetic monokotil dengan pembuluh menyebar dan berkayu. Kayunya itu sob kurang baik digunakan untuk bangunan jadi, jangan di buat untuk memyangga rumah ya sobat – sobatku semua.

3. Daun

Daun pohon kelapa merupakan daun tunggal dengan bentuk arah menyirip, daun bertoreh sangat dalam dan kuat sehingga tampak seperti daun majemuk yang banyak banget. Bunga yang indah tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea pada bunga itu sendiri. Terdapat bunga jantan dan betina, menjadisatu di satu rumah.

Bagian Tanaman Kelapa Yang Bisa Dimanfaatkan

  1. Bunga betina terletak di ujung pangkal karangan. Sedangkan bunga jantan di bagian yang sangat jauh dari pangkal. Buah yang besar, mempunyai ukuran diameter 10 cm sampai dengan 20 cm atau bahkan bisa lebih lho sob, berwarna kuning cemerlang, hijau yang indah, ataupun coklat.
  2. Buah itu tersusun rapi dari mesokarp berupa serat pohon yang berlignin, yang disebut sabut kelopo. Bisa melindungi bagian endokarp yang keras sekali yang (disebut batok) dan kuat dengan air jadi, anti air ya sob. endokarp melindungi biji yang ada di dalam dan hanya dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dalam endokarp itu sendiri sob.
  3. Tanaman kelopo / kelapa dapat tumbuh dengan optimal pada daerah dengan curah hujan yang tinggi sob, sekitar 1.300 sampai dengan 2.300 mm per-tahunnya lho sob, tetapi, masih ada tapinya lho sob,  tanaman tetap dapat tumbuh meski curah hujan di daerah penanaman mencapai 3.800 mm per-tahun. Wah sangat tinggi sekali ya sob, terpenting drainase tanah sangat baik.
  4. Kedalaman volume tanah yang dikehendaki minimal 80 sampai 100 cm. Tanaman kelapa / kelopo membutuhkan lahan yang datar atau miring ya sob, tujuannya untuk mencegah erosi pada tanah, mempertahankan kesuburan tanah, serta memperbaiki tanah yang sedang mengalami erosi.

Macam Macam Kelapa Dan Manfaatnya

Macam macam kelapa dan pemanfaatannya

Tanaman kelapa adalah pohon serba guna bagi masyarakat tropika lho sob. Hampir semua bagian tanamannya dapat dimanfaatkan semua orang. Akar kelopo yang menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (dipakai misalnya pada Bandar Udara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo. Wow, keren juga ya sob.

Kayu dari batang pohon kepala eh, maksudnya kelapa sob hehehehe canda kepala, yang biasanya disebut dengan kayu glugu, biasanya dipakai orang sebagai kayu dengan mutu kualitas menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah masyarakat.

Di bagian dunnya dipakai sebagai atap rumah – rumah setelah dikeringkan. Dan bagian daun muda kelapa, yang biasanya disebut janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat atau berbagai bentuk hiasan yang menarik. Keren banget ya sob.

1. Mayang Kelapa

Tandan bunga yang masih sangat muda, yang disebut mayang (sebutan nama ini umum bagi semua bunga palma) atau manggar ( dalam bahasa Jawa ), dipakai orang untuk hiasan dalam upacara pernikahan dengan simbol – simbol tertentu.

2. Buah Kelapa Muda Air Di Dalamnya Dapat Diminum

Bagian dalam tempurung buah kelopo / kelapa ini, memperlihatkan isi daging buah kelapa, dan bahan baku kopra. Buah kelapa adalah bagian paling bernilai di ekonomi masyarakat.

3. Es Kelapa Muda Atau Es Dawegan

Endosperma buah kelopo / kelapa yang berupa cairan serta endapannya yang melekat di dinding dalam batok atau bisa di sebut dengan daging kelopo adalah sumber penyegar yang paling populer lho sob. Daging buah muda berwarna putih, lunak, dan kenyal serta biasa disajikan sebagai es kelapa muda atau es degan hm.. panas panas seger banget nih sob. Cairan air kelapa ini mengandung banyak sekali enzim dan memilki khasiat penetral racun dan efek penyegar/penenang.

4. Sabut Kelapa

Bagian sabut kelapa bisa dimanfaatkan untuk apa saja lho sob, contohnya seperti tali sabut. Biasanya para pengrajin yang memanfaatkan sabut dijadikan tali, bisa menggunakan bantuan mesin pemintal tali sabut kelapa.

Kandungan Nutrisi Macam Macam Kelapa

Buah Kelapa merupakan tanaman pesisir pantai yang memiliki nama latin Cocos nucifera Hihihi lucu juga ya sob namanya. Tanaman kelopo / kelapa terkenal sebagai tanaman yang serbaguna. Hampir semua bagian dari jenis kelapa dapat dimanfaatkan. Nah sob, di bawah ini saya akan memberi tahu 10 macam kelapa yang bisa di manfaatkan sesuai jenisnya. Oke sob langsug saja yang pertama :

 

kelapa wulung

1. Kelapa Wulung

Jenis kelapa wulung ini memiliki buah kelapa berwarna hijau sama seperti buah kelapa pada umumna ya sob.Yang membuat kelapa ini tampak beda dan unik adalah setelah dikupas bagian dalamnya. Kelapa ini mempunyai warna merah muda keunguan yang sangat cantik banget sob. Tetapi kelapa wulung memiliki rasa air agak sedikit pahit, namun mempunyai nutrisinya lebih baik dibandingkan air kelapa di jenis lainnya.

Jadi, apa yang bisa di manfaatkan dari buah kelapa wulung ini sob? Yhap, Air kelapa pastinya. Air kelapa wulung mengandung banyak nutrisi. Dengan kandungan nutrisi yang banyak seperti itu, air kelapa wulung diketahui mampu mengembalikan ion tubuh, mengobati masalah keracunan, mengatasi masalah kulit dan menyeimbangakn kadar pH pada manusia.

2. Kelapa Hijau

Seperti yang kita ketahui ya sob, Kelapa hijau merupakan jenis yang paling dikenal dan banyak diperjualbelikan di masyarakat. Cocok seperti namanya, kulit buah dari kelapa jenis ini berwarna hijau. Di kalangan masyarakat, kelapa hijau dikenal sebagai tanaman kelapa obat.

Hm… apa ya manfaat kelapa hijau ini? Kelapa hijau menjadi salah satu jenis kelapa yang paling digemari karena banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Air kelapa hijau dapat berfungsi sebagai penawar racun sehingga saat baik jika digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kita semua ya sob.

3. Kelapa Kopyor

Lanjut Sob, yang kopyor – kopyor yaitu kelapa kopyor terkenal karena memiliki daging buah yang lembut dan rasa yang manis mak nyuss. Jenis kelapa ini biasanya dijadikan bahan untuk pembuatan minuman yang seger – seger. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa jenis kelapa kopyor merupakan kelapa biasa yang mengalami kelainan genetika atau cacat. Tapi, enak banget ya pastinya saat di minum sambil di kasih es Hm…. Nyam nyam…

Sehingga daging buah kelapa kopyor yang dihasilkan lebih lunak, lembut, dan tidak sekeras daging buah kelapa pada umumnya sob. Selain bermanfaat untuk menghilangkan haus, air kelapa kopyor juga dapat meredakan gatal-gatal tubuh, mengembalikan tenaga juga stamina, dan memulihkan penderita penyakit demam berdarah.

4. Kelapa Genjah Entok

Sekali berbuah tanaman buah kelapa genjah entok dapat berbuah sangat banyak sekali. Buah kelapa genjah entok mempunyai daging buah yang tebal bukan berarti keras lho ya sob. Buah kelapa genjah entok ada bermacam -macam warna lho sob, ada yang berwarna kuning gading dan ada yang berwarna hijau.

Jadi, apa saja sih manfaat buah kelapa genjah entok ini?

Air kelapa genjah entok mempunyai macam – macam manfaat bagi tubuh. Air kelapa genjah entok mampu mengobati penyakit pencernaan seperti diare perut, meredakan nyeri saat haid untuk kaum hawa, menurunkan panas atau demam, serta dapat mengobati luka bakar karena api ya sob.

Selain air kelapanya, bagian minyak dari kelapa genjah entok juga memiliki macam khasiat bagi tubuh lho sob. Minyak kelopo dari kelapa genjah entok dipercaya bisa menghilangkan ketombe rambut, menyamarkan kerutan di wajah, dan menghaluskan kulit kita. Wow, keren banget ya sob.

5. Kelapa Merah

Hayo para sobat – sobatku semua, siapa yang suka warna merah?  Ada nih sob kelapa yang satu ini memiliki kulit buah berwarna coklat kemerahan. Kelapa merah cukup besar dan berbentuk bulat serta mengandung minyak yang sangat tinggi.

Air kelapa merah ini biasanya banyak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Air kelapa yang berjenis merah diketahui mengandung klorida yang kuat, ada potasium, dan kalsium bagus untuk pertumbuhan tulang. Sehingga dapat meningkatkan dan menambah kekebalan tubuh wanita yang sedang hamil. Selain untuk kehamilan, bagian air kelapa merah juga dapat di manfaatkan sebagai penawar racun dan kandungan vitamin.

6. Kelapa Kerdil Fiji

Kelapa Kerdil Fiji ialah kelapa yang termasuk ke dalam kategori jenis ( dwarf coconut ) dan ia berasal dari pulau Fiji yang berada di tengah-tengah Samudra Pasifik. Hm… Sangat premitive ya sob. Kelapa ini dianggap sebagai pohon kelapa terpendek di dunia. Jenis ini bisa ada karena pengaruh lingkungannya yang memiliki unsur tanah yang sangat unik, terdapat kelembaban yang sangat tinggi dan iklim tropis.

Kelopo / kelapa kerdil fiji mempunyai perbedaan genetik yang bisa dibilang paling beda dan aneh jika dibandingkan dengan jenis kelapa lainnya dan membuatnya memiliki daya tahan yang lebih kuat. Meskipun kelapa ini kurang terkenal karena rasa air kelapanya yang manis, tapi kelapa jenis ini dapat tahan dari berbagai penyakit. Jadi, kelapa ini tidak sakit lho ya… bercanda.

7. Kelapa Raja

Bukan raja dari seluruh raja kelapa ya sop, hehehe canda raja. Kelapa raja ini merupakan jenis kelapa yang berasal dari Sri Langka yang juga memiliki persamaan nama yakni kelapa kuning madu. Tapi, masyarakat sekitar menyebutnya sebagai the ( King Coconut ).

Kelapa jenis raja ini, umumnya hanya di peruntukan untuk diambil air kelapanya saja. Karena, air dari jenis ini memiliki rasa manis yang dianggap lebih mantap dan menyegarkan daripada jenis kelapa lainnya. Jenis pohon kelopo / kelapa raja sebenarnya memiliki ukuran pohon yang termasuk kecil.

Yakni, dengan tinggi maksimum hanya sekitar 10 M saja. Di daerah Indonesia, jenis raja mulai masuk ke perkebungan kelapa nasional pada tahun 2006 tepatnya di Desa Tobelo, Halmahera, Maluku. Gimana sob? Apakah kalian sudah pernah minum air kelapa ini? Cobain ya sob! Rasanya ah… mantap.

8. Kelapa Pandan Wangi

Bukan parfum pengawi ya sob, Pandan wangi merupakan jenis kelapa yang memiliki air dengan rasa manis yang sangat menyegarkan dan juga terdapat aroma pandan yang khas istimewa. Tidak memungkinkan untuk heran jika buah kelapa yang merupakan kategori varietas unggulan dari Thailand ini diberikan nama dengan pandan wangi.

Tidak hanya air kelapanya yang manis lho sob, daging buahnya juga memiliki tekstur lembut dan renyah sekali saat dikonsumsi. Di negara dari asalnya, kelapa pandan wangi tidak hanya untuk dikonsumsi secara langsung saja, namun melainkan juga dijadikan sebagai olahan seperti jajanan eskrim.

Kelopo / kelapa ini termasuk sebagai jenis ( dwarf coconut ), pandan wangi juga dikenal dengan nama aromatic dwarf yang menyejukkan dan mulai masuk Indonesia pada tahun 2001. Kelopo Pandan wangi juga termasuk jenis yang banyak dibudidayakan. Namun, harga bibit kelapa jenis ini termasuk lumayan lebih mahal jika dibandingkan dengan yang lainnya.

9. Kelapa Kuning

Oke sobatku semuanya, kelapa tidak hanya berwarna hijau saja yang sering ada di pasaran. Namun, tanaman kelapa kuning juga termasuk yang cukup banyak dijumpai juga lho. Jenis kelapa kuning ini memiliki harga yang hampir sama dengan kelapa wulung dan dipercaya memiliki khasiat yang manjut untuk menyehatkan badan.

Sebenarnya rasa air dari kelapa jenis ini tidaklah senikmat jika dibandingkan dengan jenis kelopi hijau. Tapi, penggunaannya juga dapat digunakan untuk wajah manusia agar tetap terlihat awet muda. Selain buahnya, pohon ini juga bisa diolah menjadi glugu serta akarnya bisa dijadikan sebagai hiasan yang dapat di perjualbelikan. Kelapa kuning dapat di panen ketika sudah usia pohonn 3 tahun dari masa tanam.

10. Kelapa Hybrid

Sesuai dengan namanya, kelapa jenis ini merupakan hasil persilangan buatan yang dilakukan agar bisa mendapatkan jenis unggul dan terbaik. Di daerah Indonesia, persilangan kelapa sering dilakukan dan biasanya yang disilangkan adalah kelapa hijau dan kelapa genjah “dwarf”.

Biasanya buah hibrida ini, baru akan mulai berbuah ketika usia tanam sudah 4 sampai 5 tahun dan buah yang dihasilkan dari persilangan ini juga mendapati ukuran yang lebih besar. Selain itu, jenis kelopo / kelapa hybrid ini,  termasuk yang memiliki tingkat produksi pertahun tinggi dan memiliki daya tahan serta kekuatan terhadap hama dan juga gangguan penyakit.

 

Nah, Itu dia sob macam macam kelapa dan manfaatnya. Jadi bagaimana sob? Sudahkan kalian memanfaat alam dengan baik? Mari kita sama – sama memanfaatkan alam kita yang sangat kaya ini dengan baik dan secukupnya ya sob. Sekian Dan Terima Kasih

WhatsApp Chat Whatsapp!