Roti selalu dijadikan sebagai santapan di pagi hari memang praktis. Ada banyak macam-macam roti yang bisa kita temui, tentunya dengan berbagai macam variasi rasa, tekstur, dan warna.

Saat Anda sudah mulai bosan makan nasi, biasanya roti akan menjadi pilihan alternatif untuk hidangan yang enak dan praktis. Nah ternyata ada banyak sekali macam-macam roti di pasaran. Meskipun roti ini memang bukan makanan pokok orang Indonesia, tapi makanan berbahan dasar tepung ini sangat disukai oleh berbagai kalangan masyarakat.

Sekilas Tentang Roti

Macam-macam Roti

Roti merupakan makanan atau cemilan yang berbahan dasar utama tepung terigu dan air yang diolah dan difermentasikan dengan ragi, tapi ada juga roti yang tidak menggunakan ragi.

Perlu Anda ketahui, macam-macam roti ternyata juga bisa dibedakan berdasarkan negara asal pembuatnya loh, contohnya itu seperti Roti Perancis, Roti Italia, Roti Jerman, Roti Amerika, dan masih banyak macam-macam roti lainnya dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Menurut ahli gizi, dalam sepotong roti itu idealnya memiliki kadar serat dan vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan tubuh. Karena kalau tidak mengandung kadar serat maka nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, dan lemak dalam roti justru malah bisa memicu kadar gula darah yang tinggi.

Biasanya macam-macam roti sehat terbuat dari tepung gandum, memiliki tekstur yang kasar, dan terasa kesat saat dimakan. Bahan utama untuk membuat macam-macam roti ada berbagai pilihan, diantaranya itu gandum, tepung rye, dan tepung terigu. Nah ketiga bahan itu yang menghasilkan warna roti menjadi putih (white bread) dan coklat (brown bread).

Tapi seiring dengan kemajuan teknologi manusia, pembuatan roti ini semakin bervariasi dan diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk bisa menambah kadar protein dan gizi didalamnya sehingga beberapa jenis roti memiliki tekstur dan rasa tertentu. Anda pun juga bisa membuat roti sendiri dengan menggunakan mesin pembuat roti yang sekarang sudah semakin mempermudah proses pembuatan roti.

Secara umum, roti termasuk makanan pokok di banyak negara barat. Roti-roti yang dijual biasanya dalam bentuk sudah diiris maupun dalam kondisi ‘fresh’ yang dikemas rapi dalam plastik kemasan.

Nah selama ini mungkin banyak diantara Anda yang hanya mengenal beberapa jenis roti saja, seperti roti tawar, roti gandum, roti lapis, dan lain sebagainya. Tapi ternyata ada banyak sekali macam-macam roti di pasaran.


Macam-Macam Roti Terkenal di Indonesia dan di Dunia

1.) Roti Bagel

Macam-macam Roti

Jenis roti yang satu ini merupakan roti khas dari Eropa Timur (Polandia), bentuknya bulat seperti donat, tapi bagian dalam lebih padat. Roti Bagel di sajikan pada saat makan pagi, dibelah, dibakar dan diolesi keju krim. Pada adonan bagel biasanya ditambahkan kismis, blueberry, bawang, biji-bijan atau bumbu daun.


2.) Roti Bialy

Macam-macam Roti

Roti Bialy ini juga berasal dari Eropa Timur, khususnya Polandia, tapi agak sedikit berbeda dengan bagel, bentuknya bulat tapi memiliki lubang atau kawah di bagian atasnya biasanya diisi dengan irisan bawang bombay.


3.) Roti Bolillo / Pan blanco

Macam-macam Roti

Roti ini berasal dari daerah Meksiko memiliki kulit yang keras dan biasanya dibelah untuk dipergunakan sebagai dasar dari sandwich.


4.) Breadsticks / Grissini

Macam-macam Roti

Roti renyah ini banyak di sajikan di restoran Italia sebagai snack pembuka, sehingga tamu yang datang menunggu makanan tidak bosan tapi juga tidak kekenyangan. Roti ini selain di sajikan polos, juga diberi aneka rasa seperti wijen, bawang, atau rempah dedaunan.


5.) Roti Brioche

Macam-macam Roti

Roti ini memiliki tekstur empuk dan rasa yang kaya serta sedikit manis. Dibuat dari telur, mentega, ragi, tepung, dan terkadang ditambahkan juga buah kering atau kacang-kacangan.


6.) Roti Challah

Macam-macam Roti

Roti Challah merupakan roti ragi yang juga berasal dari daratan Eropa Timur. Dibuat dengan menggunakan telur dan mentega, memiliki tekstur yang sangat empuk dan memiliki bentuknya dikepang.


7.) Roti Ciabatta

Macam-macam Roti

Roti ini bertekstur kasar berasal dari Itali dengan ciri kulit yang tebal dan bagian dalamnya padat.


8.) Corn Rye Bread

Macam-macam Roti

Roti ini berasal masih dari daratan Eropa. Roti ini sering dipergunakan sebagai makanan pokok dilapisi tepung jagung dan lebih sering di sajikan bersama daging kornet.


9.) Croissant

Macam-macam Roti

Mungkin banyak diantara Anda yang sudah mengenal jenis roti yang satu ini. Croissant adalah roti yang berasal dari Prancis, dibuat dari adonan puff pastry, sehingga renyah dan juga sangat empuk. Roti ini biasanyanya di sajikan saat sarapan dengan kopi, teh atau sandwich.


10.) Crumpet

Macam-macam Roti

Crumpet adalah sejenis roti muffin tapi teksturnya lebih lembab yang berasal dari Inggris, sering disajikan dengan diolesi krim padat, mentega,atau madu, dan dimakan pada saat minum teh sore. Sebelum dihidangkan, roti ini biasa di panggang atau di bakar terlebih dahulu.


11.) English Muffin

Macam-macam Roti

Jenis roti yang satu ini biasanya dibelah terlebih dahulu, setelah itu dipanggang, kemudian bisa diolesi mentega dan juga selai sesuai dengan selera, bisa juga ditambahkan dengan madu, roti ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Seringkali disajikan pada saat sarapan sebagai alternatif roti bakar.


12.) Baguette

Macam-macam Roti

Mungkin Anda sudah mengenal jenis roti ini, karena roti ini memang cukup terkenal hampir di seluruh dunia. Baguette (baca: baget) ini adalah roti tradisional khas Prancis, memiliki tekstur kulit yang keras dibagian luar, tapi renyah di dalam. Roti ini mempunyai ciri khas dengan bentuknya yang panjang, berwarna coklat, serta banyak terdapat lubang-lubang di bagian dalamnya. Baguette ini biasanya disajikan dengan sup atau dipanggang dan diberi aneka macam topping sesuai dengan selera.


13.) Roti Italia

Macam-macam Roti

Roti ini memiliki bentuk yang mirip sekali dengan Roti Prancis / Baguette, hanya saja bagian dalam roti ini memiliki tekstur yang lebih padat.


14.) Roti Limpa

Macam-macam Roti

Roti ini berasal dari Swedia dan memiliki rasa yang enak serta wangi. Roti ini biasanya diberi rasa dengan gula cair, biji bunga lawang, maupun kulit jeruk, sehingga membuat roti ini mempunyai ciri khas sendiri.


15.) Roti Manis Portugis / Pau Duce

Macam-macam Roti

Roti ini mempunyai cita rasa yang manis dengan tekstur yang empuk. Sangat enak dan lezat untuk disajikan sebagai roti bakar / French toast.


16.) Roti Pugliese

Macam-macam Roti

Roti sederhana ini memiliki tekstur bagian luar yang keras. Kenapa dinamakan ‘Pugliese’? Karena memang ditemukan di kota Puglia, Italia, dan merupakan salah satu jenis roti yang sempurna untuk dijadikan sebagai bahan sandwich atau untuk sekedar dimakan dengan minyak zaitun.


17.) Roti Pumpernickel

Macam-macam Roti

Jenis roti yang satu ini memiliki warna coklat gelap dengan tekstur yang padat dan rasanya sedikit masam, karena dibuat dengan gula cair dan campuran antara tepung rye dan juga gandum. Seringkali dipotong tipis dalam penyajiannya dan disajikan sebagai makanan pembuka.


18.) Roti Rye

Macam-macam Roti

Roti ini merupakan roti favorit penduduk Eropa Utara, dan seringkali dikonsumsi sebagai bahan sandwich. Roti ini terbuat dari campuran tepung rye dan tepung gandum, jadi mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Roti ini bisa kita temukan dalam berbagai variasi, mulai dari yang berwarna kecoklatan sampai hampir hitam.

Jenis roti ini sepintas mirip dengan baguette, tetapi warnanya akan terlihat lebih coklat tua karena mengandung rye, tepung gandum. Rye bread juga memiliki tekstur keras, tapi lebih mengenyangkan karena terbuat dari tepung gandum yang kaya akan serat. Nah uniknya, rye bread biasa disajikan dengan taburan gula putih halus di atas permukaannya.


19.) Roti Sourdough

Macam-macam Roti

Dari namanya saja kita sudah bisa tahu kalau roti ini memiliki rasa yang masam. Roti khas San Fransisco di Amerika ini dibuat dengan ragi khusus yang akan memberikan rasa asam yang khas dan nikmat. Roti ini sangat pas untuk dinikmati dengan hidangan laut.


20.) Roti Starter / Pain Au Levain

Macam-macam Roti

Roti ini merupakan jenis roti yang dibuat dengan ragi “starter”, campuran tepung, air, dan ragi yang sengaja didiamkan di udara terbuka, sehingga selalu ditemui dengan rasa masam yang lezat.


21.) Roti Tawar

Macam-macam Roti

Nah jenis roti ini pasti Anda sudah banyak yang tahu, yaitu Roti Tawar. Roti ini adalah yang paling sering ditemui di Indonesia. Roti tawar ini biasanya terbuat dari tepung terigu dan ciri khas dari roti ini adalah berbentuk kotak, memiliki warna putih di bagian tengah serta coklat di bagian pinggirnya, atau biasa disebut dengan kulit roti tawar.

Dalam roti tawar terkandung serat, vitamin B, zat besi dan zat mikro lainnya yang baik untuk tubuhmu. Roti tawar sangat populer dikonsumsi oleh orang Amerika sejak tahun 1941 hingga saat ini. Anda hanya perlu mengoles mentega, coklat, selai buah atau memakan roti tawar secara langsung.


22.) Roti Gandum

Macam-macam Roti

Berbeda dengan roti tawar, roti gandum memiliki tekstur yang lebih kasar dan berwarna coklat. Warna coklat itu muncul dari kandungan serealin, yaitu lapisan sel yang terdapat pada gandum. Buat Anda yang lagi diet, roti gandum adalah pilihan yang sangat tepat karena memiliki kandungan serat yang tinggi.


23.) Focaccia

Macam-macam Roti

Jenis roti yang satu ini berasal dari Italia. Bentuknya menyerupai bantal karena lebar dan tebal. Teksturnya empuk dan sangat mengenyangkan. Foccacia biasanya terdiri dari campuran rosemary, jadi tidak heran kalau roti ini sangat harum baunya dan terasa gurih ketika dimakan.


24.) Roti Pita

Macam-macam Roti

Roti Pita biasa dijumpai dalam bentuk bulat dan pipih. Jenis roti ini banyak dikonsumsi oleh penduduk Timur Tengah.

Roti pita memiliki tekstur kenyal dan lembut. Roti ini bisa disajikan dengan kombinasi kuah gulai, kari, susu manis, ataupun keju.


25.) Tiger Bread

Macam-macam Roti

Kenapa namanya “Tiger Bread” atau Roti Macan? Satu hal pasti yang bisa dibilang seperti itu adalah karena pada bagian atas roti oval khas Belanda ini terdapat taburan atau retakan yang menyerupai kulit macan tutul. Roti ini biasanya paling cocok untuk dihidangkan sebagai teman makan cream soup.