Cara Membuat Roti – Siapa yang suka makan roti? Cemilan yang satu ini hampir selalu ada di setiap rumah tangga dan biasa dijadikan sebagai makanan pendamping pada saat sarapan. Roti dipilih karena lebih praktis dan juga bisa menggantikan nasi. Roti ini biasanya bisa kita nikmati dengan tambahan selai sehingga bisa menambah cita rasa dan kelezatan pada roti ini.

Selai yang biasa digunakan sebagai pelengkap roti ini memiliki berbagai macam jenis rasa misalnya seperti rasa coklat, strawberry, selai nanas, selai kacang dan lain sebagainya. Selain selai, roti juga bisa dilengkapi dengan keju atau bisa juga disajikan dengan cara dibakar yang dinamakan roti bakar atau juga bisa dipanggang.

cara membuat roti

Roti ini seringkali juga kita jadikan sebagai pelengkap hidangan tertentu, tapi kadang kita tidak memiliki waktu untuk menunggu terlalu lama sampai mengembang sempurna. Nah pada artikel kali ini kami akan share bagaimana cara membuat roti sendiri dengan mudah, tentunya resep cepat ini tidak akan mengecewakan, apalagi kalau Anda membutuhkan roti hangat yang baru matang dalam waktu singkat. Roti buatan Anda ini bisa menjadi pelengkap yang sempurna untuk hidangan apa pun.

Bahan

  • 2 cangkir air yang sangat hangat (bukan air mendidih)
  • 4 sdt ragi instan
  • 1 sdm gula
  • 1/4 cangkir minyak sayur
  • 5 cangkir tepung terigu
  • 1 1/2 sdt garam

Cara Membuat Roti Sendiri Dengan Mudah

Membuat Adonan

  1. Tuangkan air ke dalam mangkuk. Dalam pembuatan roti, penggunaan air hangat itu menjadi salah satu elemen yang penting, tapi jangan sampai menggunakan air yang terlalu panas. Karena air panas bisa merusak raginya, nah sedangkan air hangat akan membangunkannya tanpa merusaknya, dengan cara itu ragi akan bisa membantu proses pengembangan roti lebih cepat.
  2. Tambahkan ragi dan gula. Setelah itu langkah selanjutnya adalah menambahkan ragi dan gula lalu diaduk semua sampai tercampur rata. Ragi akan mulai bereaksi terhadap gula dan campuran bahan-bahannya itu akan menjadi bergelumbung dan berbusa.Pokoknya Anda tunggu saja, proses ini hanya berlangsung beberapa menit, tapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:
    • Kalau selama 3-4 menit tidak ada reaksi dalam campuran adonan, berarti kemungkinan ragi yang Anda gunakan itu sudah rusak, dan perlu diganti dengan ragi yang lainnya.
    • Anda juga bisa mencobanya sekali lagi dengan menggunakan air yang sedikit lebih hangat atau dingin, disesuaikan saja dengan temperatur awal pada saat percobaan pertama.
  3. Tuangkan tepung terigu ke dalam mangkuk besar. Sebagai acuan, lima cangkir tepung terigu bisa menghasilkan dua buah roti ukuran sedang. Anda bisa menggunakan tepung terigu serba guna atau juga bisa tepung roti. Tepung ini akan menghasilkan roti yang lebih tinggi, tapi tepung serba guna juga bisa menghasilkan roti dengan kualitas yang cukup baik, tergantung bagaimana Anda mengolahnya.
  4. Tambahkan minyak, garam, dan campuran ragi. Tuangkan secara bersamaan ke dalam mangkuk yang berisi tepung.
  5. Campurkan adonan. Untuk pencampuran adonan ini, kami sarankan Anda menggunakan mixer roti dengan kualitas yang baik agar hasil campurannya juga bagus dan merata, sehingga semua bahan bisa menyatu menjadi adonan berbentuk bola yang besar dan lengket.

Mengembangkan dan Menguleni

  1. Masukkan adonan berbentuk bola ke dalam mangkuk yang telah diminyaki. Anda bisa mencuci mangkuk yang digunakan sebelumnya untuk campuran dan meminyakinya, atau menggunakan mangkuk yang berbeda untuk diminyaki. Ukuran mangkuk harus paling tidak dua kali lebih besar dari adonan berbentuk bola, sehingga adonan memiliki ruang untuk mengembang.Nah fungsi dari minyak ini adalah supaya adonan yang akan diolah tidak terlalu lengket, jadi bisa lebih mudah dalam pengolahannya. Selain itu, minyak ini juga bisa berguna untuk membuat tekstur roti jadi lebih halus dan kenyal.
  2. Tutup adonan dan letakkan di tempat yang hangat. Tutup adonan secara longgar dengan bungkus plastik – tidak perlu kedap udara – atau letakkan kain bersih di atas mangkuk. Letakkan pada area yang hangat di dapur Anda. Kalau dapur Anda cenderung berangin, panaskan oven Anda terlebih dahulu sampai temperatur 200 derajat, matikan, dan masukkan mangkuk ke dalamnya. Ini akan menjadi temperatur yang tepat untuk adonan agar bisa mengembang.
  3. Biarkan adonan mengembang selama 25 menit. Selama kurun waktu ini, adonan akan mulai naik. Ukuran adonan tidak akan persis dua kali lipat lebih besar, namun akan cukup mengembang untuk memberikan tekstur yang baik pada adonan.
  4. Pukul dan uleni adonan. Jika Anda memiliki mixer roti, gunakan pengaduk yang berbentuk kait dan uleni adonan hingga menjadi lemas – sekitar 5 menit. Kalau Anda tidak memiliki mixer, Anda bisa menguleni adonan dengan tangan. Angkat adonan dan letakkan pada permukaan yang telah dilumuri tepung dan gunakan tumit tangan Anda untuk mengulen selama 10 menit, atau hingga adonan menjadi lemas.
    • Anda akan tahu jika adonan telah lemas ketika adonan tidak akan kembali membentuk bola saat Anda berhenti menguleni. Adonan harus menjadi lentur dan mudah dibentuk.
    • Adonan juga akan mulai terlihat mengilap dan elastis.

Membagi dan Memanggang

  1. Panaskan oven hingga temperatur 180°C.
  2. Bagi adonan. Gulung atau tekan adonan menjadi lingkaran seperti membuat adonan pizza. Gunakan pisau untuk memotong adonan menjadi setengah bagian, sehingga Anda akan memiliki dua adonan berbentuk setengah bulan.
  3. Gulung adonan. Letakkan satu potong adonan di hadapan Anda sehingga salah satu sudutnya menunjuk ke arah Anda. Pegang bagian ujungnya dan gulung adonan menjauh dari tubuh Anda, seperti ketika Anda sedang membuat jelly roll. Gulung sampai Anda membentuk sebuah roti. Pokoknya ulangi lagi cara yang sama ini pada adonan lainnya.
    • Kalau Anda tidak ingin bentuk roti yang digulung, Anda bisa membagi dan membentuk adonan sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan. Buatlah roti tradisional, seperti dinner roll, kulit pizza, atau bentuk lain yang Anda inginkan.
  4. Buatlah celah pada bagian atas adonan. Gunakan pisau untuk membuat beberapa celah pada bagian atas adonan. Hal ini akan membantu roti agar terpanggang secara merata.
  5. Letakkan roti yang belum dipanggang di atas loyang. Anda juga dapat menggunakan loyang kue kering, atau loyang khusus.
  6. Panggang roti selama 30 menit. Roti telah matang ketika bagian atasnya terlihat berwarna coklat keemasan. Sajikan dengan mentega dan selai atau sebagai pendamping sup dan semur.
  7. Selesai.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Roti yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda kalau penasaran ingin membuat dan mengkreasikan olahan roti sesuai dengan imajinasi dan selera Anda. Selamat mencoba dan terima kasih.