Macam Macam tali memang beragam tergantung bagaimana kebutuhan kita. Tali yang satu dengan yang lainnya terbuat dari bahan yang berbeda, hal ini berpengaruh setiap penggunaannya. Macam Macam Tali atau Jenis jenis tali akan dijelaskan di artikel berikut.

Definisi Tali

Definisi Tali

Tali merupakan sebuah alat bantu manusia dalam segala aspek kehidupan. Atau Tali adalah alat bantu manusia yang sudah digunakan sejak dulu sebelum adanya jaman modernisasi ini. Dan pada awalnya manusia menggunakan akar-akaran dan serat tanaman untuk bahan pembuat tali.

Dengan seiring perkembangan zaman, manusia mulai mengembangkan tali-tali sederhana dengan manggunakan beberapa utas serat serta memilinnya sampai menyatu menjadi sebuah kesatuan tali. Untuk Macam Macam Tali itu sendiri sangat beragam dari jenis tali berdasarkan material pembuatnya sampai jenis tali berdasarkan kegunaannya.

Diperkirakan sudah 28.000 tahun yang lalu Teknologi pembuatan dikenal manusia. Dan Hal ini terbukti dengan penemuan bentuk tali yang tercetak pada lempung yang terbakar di benua Eropa. Sedangkan tali tertua ditemukan di salah satu Goa di Lascaux, Perancis yang berupa fosil tali berdiameter 7 milimeter. Dan Fosil tali tersebut telah diperkirakan berasal dari peradaban manusia sekitar 15.000 tahun sebelum masehi.

Pendapat Beberapa Tokoh Mengenai Penemuan Tali

1. Pendapat Shaker (1983)

Shaker (1983) mengemukakan bahwa tali sudah digunakan sejak 5000 tahun dahulu oleh orang mesir yang merupakan orang atau golongan manusia yang pertama menggunakan tali.

2. Pendapat Takjoedin (1981)

Pendapat Takjoedin (1981) mendapati bahawa bangsa Yunani pada zaman pra sejarah mempunyai seorang dewa yaitu Dewa OG yang merupakan pembuat atau pencipta tali pertama.

3. Steven Ashton (1987)

Steven Ashton (1987) merupakan seorang ahli sejarah mendapati bahwa tali pertama yang dpakai untuk aktivitas pendakian diperbuat dari pintalan serabut hemp. Selepas Perang dunia ke dua, Hawser-Laid diinformasikan manakala tali Kernmantel diperkenalkan pada tahun 1950 an.

Pengelompokkan Macam Macam TaliPengelompokkan Macam Macam Tali

Manusia di jaman sekarang memiliki banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi dan tentunya dapat mereka penuhi dengan kemudahan, baik dalam bidang pekerjaan maupun di kehidupan mereka sehari-hari.

Karena beragamnya kebutuhan dari orang-orang tersebut, tentunya tali yang digunakan juga berbeda-beda sesuai dengan kondisinya. Hal ini disebabkan karena karakteristik dan kegunaan yang dimiliki setiap tali berbeda-beda, sehingga ada sebagian tali yang tidak cocok digunakan untuk aplikasi berat, atau aplikasi di dalam air, dan lain-lain.

Dari faktor inilah manusia mulai menciptakan jenis-jenis tali yang beragam, yang gunanya untuk membantu kegiatan manusia sesuai dengan bidang-bidangnya. Macam Macam tali sendiri bervariasi, yang dapat kelompokkan berdasarkan beberapa faktor yaitu diantaranya :

1. Macam Macam Tali Berdasarkan Material Pembuatnya

Jenis tali yang pertama dikelompokkan berdasarkan material pembuatnya. Tentu kita semua sepakat, bahwa tali dibuat pasti dengan sebuah material /bahan dasar / bahan utama yang digunakan untuk membentuk beberapa helai menjadi sebuah kesatuan yang disebut tali.

1.  Tali Dari Material Hewan Dan Tumbuhan

Jenis tali yang pertama yaitu jenis tali dari material hewan baik itu dari bulu-bulu hewan yang digabungkan menjadi sebuah tali, atau bagian tubuh hewan lainnya, maupun dari apa yang dihasilkan hewan tersebut. Dan Tali jenis ini bisa dimanfaatkan untuk hiasan dan juga pembuatan baju dikarenakan jenis tali ini tidak mempunyai kekuatan tarik maupun kekuatan angkat sama sekali. Contoh dari jenis tali yang berbahan dasar dari bulu hewan dan produksinya adalah : Tali Benang Wol, Tali Bulu Ayam, Tali Sutera, dll

Jenis tali yang berikutnya adalah jenis tali dari material tumbuhan. Dan Tali ini terbuat dari serat-serat tumbuhan alami yang dapat ditemukan diseluruh belahan dunia. Contoh dari jenis tali yang berbahan dasar dari serat-serat tumbuhan ini antara lain : Tali dari serat ganja, tali manila, tali rami, tali katun, tali sabut kelapa, dll.

2. Macam Macam Tali Dari Material Serat Sintetis

Jenis tali yang kedua adalah jenis tali dari material serat sintetis atau sering disebut juga dengan serat buatan manusia yang bahan dasarnya terbuat dari minyak bumi. Tali jenis ini mempunyai kekuatan yang lebih apabila dibandingkan dengan jenis tali dari hewan dan tumbuhan.

3. Macam Macam Tali Dari Material Baja

Jenis tali yang terakhir yaitu jenis tali yang berasal dari material baja. Yaitu jenis tali yang paling kuat dan kokoh dari semua jenis tali lainnya karena memang sifat dari baja itu sendiri adalah kuat dan keras. Dan Jenis tali ini biasa disebut oleh masyarakat banyak dengan sebutan wire rope. Jenis tali ini adalah jenis tali yang dibuat dari material baja. Tergolong jenis tali yang paling kuat dan kokoh karena sifat dari baja itu sendiri adalah kuat dan keras.

2. Macam Macam Tali Berdasarkan Kegunaannya

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap jenis tali tentunya digunakan untuk hal-hal yang berbeda. Dan Tidak mungkin satu jenis tali dapat membantu semua kebutuhan manusia. Untuk itu kita perlu tahu jenis tali apa sajakah yang sesuai dengan kebutuhan kita saat itu.

1. Tali Berdasarkan Kegunaannya Untuk Mengangkat Beban

Jenis tali berdasarkan kegunaannya yang pertama ialah jenis tali yang berguna untuk mengangkat beban atau benda yang tidak dapat diangkat oleh manusia. Jenis tali ini dikatakan sebagai tali angkat, karena memang gunanya sebagai alat bantu angkat baik di bidang pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Macam Macam Tali angkat tersebut diantaranya :

  • Polypropylene atau tali PP merupakan tali yang terbuat dari serat sintetis yang disebut polypropylene. Daya kekuatan tali ini besar sehingga sangat cocok digunakan untuk aplikasi Tarik maupun angkat. Tali ini juga cocok digunakan dalam air karena tahan terhadap air dan lumur sehingga tidak akan terjadi pembusukan pada tali.
  • Tali Nilon merupakan tali yang terbuat dari serat sintetis dengan nama serat nilon. Memiliki sifat daya yang sangat kuat bahkan kekuatannya melebihi dari pada tali polypropylene, sehingga sangat cocok dipakai untuk aplikasi tarik maupun angkat dalam beban yang lebih berat.
  • Tali Baja merupakan sebuah alat bantu angkat dan tarik yang dibuat dari kawat-kawat baja yang dirangkai dengan cara dipilin menjadi satu rangkaian yang disebut dengan strand, dan kemudian kumpulan dari beberapa strand tersebut dipilin pada Core sehingga menyatu menjadi rangkaian tali Baja.
    Fungsi tali baja sendiri beraneka ragam, tergantung dari aplikasinya. Dan Fungsi tali baja sendiri banyak digunakan pada berbagai macam aplikasi alat berat, sehingga tali baja sangat berguna di bidang tersebut.Beberapa aplikasi yang banyak menggunakan fungi tali baja untuk membantu mempermudah kinerjanya adalah sebagai berikut :Aplikasi di Bidang Perkapalan, Aplikasi di Bidang Pertambangan, Aplikasi di Bidang Konstruksi, Aplikasi di Bidang Perikanan, Aplikasi di Bidang Manufaktur, dan Aplikasi di Bidang Transportasi
  • Dan Tali Kevlar, merupakan tali yang diproduksi / terbuat dari serat sintetis yang dinamakan Kevlar. Serat sintetis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1965 dan diproduksi oleh DuPont.

2. Tali Berdasarkan Kegunaannya Untuk Menarik Beban

Jenis tali berdasarkan kegunaannya yang kedua adalah jenis tali yang gunanya untuk menarik beban. Sedangkan Jenis tali ini sering digunakan pada bidang transportasi dan perkapalan, yang Macam Macam Tali tersebut antara lain :

  • Tali Polyester,yaitu tali yang terbuat dari serat sintetis dengan nama polyester. Tali polyester ini cukup dianggap cocok untuk aplikasi kegiatan kegiatan rumah tangga dan tarik, ringing, dock, blocking. Namun tidak cocok untuk kegiatan bidang industri karena kekuatan tali ini tidak sekuat tali nilon atau setara dengan tali polypropylene.
  • Tali Baja
  • KevlarMerupakan tali yang diproduksi atau terbuat dari serat sintetis yang bernama Kevlar. Serat sintetis kevlar ini pertama kali ditemukan dan diproduksi oleh DuPont tahun 1965. Dari banyak kegunaannya, bahan serat sintetis kevlar ini telah digunakan untuk bahan tahan api dan pelindung anti peluru.
    Tali kevlar tak kalah luar biasanya dengan tali nilon dan tali baja, karena memiliki tingkat peregangan yang lebih rendah dibandingkan dengan tali nilon. Disamping itu tali kevlar memiliki kekuatan setara dengan tali baja yang tentunya tahan terhadap karat.

3. Tali Berdasarkan Kegunaannya Untuk Mengikat Benda

tali berdasarkan kegunaannya yang terakhir adalah jenis tali yang dimanfaatkan untuk mengikat benda. Jenis tali ini sering digunakan pada bidang transportasi, perkapalan, logging, cargo, dll yang macamnya antara lain :

  • Tali Polyethylene ( Tali PE ),Merupakan tali yang terbuat dari serat sintetis yang diberi nama serat polyethylene. Jenis tali ini memiliki karakteristik lebih lentur atau tidak kaku, Nilai breaking load rendah, tahan terhadap sinar matahari, tahan terhadap bahan kimia, dan lebih ringan karena berukuran lebih kecil. Jenis tali polyethylen yang satu ini banyak digunakan untuk aplikasi lashing, packaging, kebutuhan Jala-jala, dan olah raga dll.
  • Tali Manila, merupakan sejenis serat yang berwarna kuning pucat yang bisa didapatkan dari musa textilis sebuah kerabat dari pisang pangan yang juga disebut sebagai tali manila. Tali ini juga sangat menghabiskan biaya atau boros biaya, memiliki harga lebih tinggi beberapa kali lipat daripada serat kayu. Namanya merujuk kepada ibu kota Filipina, salah satu produsen utama tali Manila.
  • Tali Polyester, Saat ini sangat banyak jenis tali yang beredar di pasaran, sehingga membuat banyak orang juga merasa bingung dalam menentukan pilihan tali yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Merupakan tali yang dibuat dari serat buatan yang dinamai serat polyester. Tali polyester ini mempunyai beberapa kelebihan, yaitu sangat fleksibel, tahan panas, kuat, tahan sinar matahari, dan tahan terhadap gesekan.

Mengenal Macam Macam Tali dalam Outdoor Sport

Mengenal Macam Macam Tali Outdoor Sport

tali sangat identik dengan outdoor sport. Untuk Kegunaan tali sangat banyak dan beragam dalam dunia outdoor sport dari sebatas untuk mengikat saja bahkan jadi penopang tubuh. Jenis tali tidak terlalu banyak, mungkin beberapa dari petualang muda sudah tahu jenis tali yang ada. Berikut adalah macam macam tali yang biasa digunakan dalam outdoor sport.

1. Tali Layar

Tali layar atau sering disebut tali bendera mempunyai banyak fungsi mengikat objek atau sebagai penahan benda yang tidak terlalu berat contohnya digunakan sebagai pondasi untuk membuat atap tenda dengan memanfaatkan flysheet.Untuk Daya beban tali layar tidak terlalu besar, hanya mampu mengangkat sekitar 43 kg.

2. Tali Webbing

Sebelumnya, kita terlebih dahulu mengenal apa itu webbing sling. Webbing sling merupakan webbing yang ujungnya diberikan jahitan yang membentuk lingkaran sebagai alat kait, dan atau dijahit membentuk melingkar atau lingkaran penuh agar dapat dikaitkan pada sebuah benda untuk ditarik atau diangkat.

Setelah mengetahui apa itu webbing sling, kita juga akan mengenalkan apa itu webbing?. Webbing merupakan anyaman atau tenunan kain yang kuat dan dibuat berbentuk datar atau pipih dan juga berbentuk tabung dengan ukuran lebar yang berbeda-beda tergantung pada kekuatan yang ingin diaplikasikan pada webbing tersebut.

Tali webbing terdapat 2 tipe, yaitu:

  • Webbing Pipih

Tipe ini merupakan webbing yang dianyam dengan anyaman yang padat tanpa lubang diujungnya. Webbing tipe anyaman datar ini tersedia dalam berbagai macam ukuran dan kekuatan, karena memang bentuknya sangat cocok dengan berbagai macam aplikasi.

  • Webbing Tabung

Tipe ini adalah webbing yang anyaman dengan bentuk menyerupai tabung, sehingga webbing dengan anyaman tipe ini berbentuk seperti selongsong yang terbuat dari serat. Webbing ini dapat digunakan untuk melindungi permukaan sebuah tali, kawat maupun benda panjang yang dapat dimasukkan pada selongsong webbing ini. Dengan terlindungnya benda yang ada didalam webbing ini, tentunya akan membuat benda tersebut lebih awet dan tahan lama.

Tali webbing mempunyai banyak fungsi dalam kegiatan outdoor sport. Dalam caving dan rock climbing tali ini digunakan sebagai jangkar dengan diikat ke suatu objek yang kokoh seperti batu atau pohon. Tali ini juga dapat dimanfaatkan sebagai harness dan straps pada tas punggung. Tali ini memiliki daya beban yang sangat besar sekitar 22 KN atau 2000 Kg jadi sangat ampuh untuk menganakat beban berat.

3. Tali Prusik

Merupakan sejenis tali yang serupa dengan tali karmantel perbedaannya adalah pada ukuran diameternya, diameter tali prusik lebih kecil dari tali karmantel. Biasanya tali karmantel berdiameter dibawah 7 mm disebut prusik dan ada juga dari jenis paracord.

walaupun berukuran kecil tali prusik memiliki banyak kegunaan salah satunya dalam rock climbing dapat digunakan sebagai pemanjang jangkar dan sebagai pengikat antara badan ke lifeline saat berada di tebing.Lalu Dalam caving biasa dimanfaatkan sebagai alat SRT (single rope technique) secara tradisional. Tali ini memiliki daya beban cukup besar, dengan diameter 7mm dapat menahan sekitar 1000 Kg.

Fungsi lainnya adalah :

  1. Pengaman Tubuh, biasanya digunakan atau dikaitkan dengan Harness saat melakukan pemanjatan.
  2. Sling Runner, yaitu penghubung antara carabiner dan carabiner atau carabiner dengan skyhook.
  3. Untuk Ascending atau Prusiking atau memanjat tali dari bawah ke atas.
  4. Memeras Tali Kernmantel saat di cuci.

4. Tali Kernmantle

Ada dua jenis pita kernmantle, dinamis dan statis. Kemudian tali dinamis memiliki kelenturan yang lebih dari pada tali statis dan biasanya digunakan sebagai tali pengaman atau penopang tubuh saat memanjat.
Kemudian tali statis berfungsi abseiling saat memanjat atau SRT (teknik tali tunggal) saat menjelajahi gua. Tali dinamis dengan diameter 8,1 mm memiliki kapasitas beban 6 kN atau 600 kg, sedangkan tali statis dengan diameter 9 mm memiliki kapasitas beban 2000 kg.

Selain mengenal macam macam tali, kita juga menggunakan mesin sebagai alat pintal  atau alat untuk membuatnya. Dan salah satu contoh alat pemintalnya yaitu, mesin pemintal tali sabut kelapa.

Demikian penjelasan mengenai Macam Macam Tali yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Macam Macam Tali sangat beragam tergantung dari kegunaannya. semoga bermanfaat.

WhatsApp Chat Whatsapp!