Baiklah pada artikel yang satu ini kita akan membahas tentang manfaat buah naga merah. Saat akan mengonsumsinya buah naga harus dibelah hingga daging buahnya terlihat.

Tekstur buahnya juga sering disamakan dengan buah kiwi karena bijinya yang hitam dan renyah. Daging buahnya lumayan  manis ketika dimakan dan memiliki kandungan kalori yang rendah. Biji buah naga memiliki rasa pedas serta kaya akan lipid dan juga dimakan bersama dengan daging buahnya.

Sebelum membahas tentang topik utama kita ini ada baiknya jika kita lebih mengenal tentang buah naga, seperti di bawah ini jenis jenis buah naga.

Jenis Jenis Buah Naga

Buah Naga Putih

Buah naga putih atau Hylocereus undatus sudah sangat lazim lagi di masyarakat. Ini sebab buah naga jenis ini mudah dibudidayakan baik dalam pot maupun kebun.

Sayangnya, berat dari buah masak berkisar antara 450-600 gam. Sehingga Lebih kecil dibanding buah naga merah. Rasanya juga tidak terlalu manis bila dibandingkan dengan buah naga lain, kandungan gulanya hanya 10-13% biks.

Buah Naga Merah

Buah naga merah Secara fisik hampir mirip dengan buah naga putih. Namun, warna kulit buah naga jauh lebih merah pekat. Dagingnya berwarna merah marun, tekstur daging buahnya lebih berair dibanding buah naga putih. Buah jenis ini mempunyai nama ilmiah Hylocereus polyrhizus

Gambar dibawah ini membedakan antara buah naga merah dan putih Kadar gulanya 13-15% briks sehingga rasanya menjadi lebih manis daripada buah naga putih. Harganya dapat sampai dua kali lipat. Bahkan sangking manisnya, buah naga merah dijadikan olahan jus buah atau smoothie.

Buah Naga Super Merah

Buah Naga Super Merah ini memiliki nama ilmiahnya Hylocereus costaricensis. Mirip dengan buah naga merah, tetapi nama ilmiahnya berbeda, sebab warnanya jauh lebih merah. Batangnya berwarna loreng saat tua, tingkat kemanisan 12-18 briks.

Buah naga ini sedang banyak digemari petani sebab dianggap paling laku. Rasanya juga manis dan tidak langu.

Buah Naga Kuning

Perbedaan pada buah naga yang satu ini cukup mencolok. Yang dimulai dari warna kulitnya yang memang kuning cerah dan dagingnya yang berwarna putih. Jika orang tak melihat bagian kulitnya, pasti menyangka ini buah naga putih.

Buah naga kuning atau dikenal sebagai Selenicereus megalanthus berukuran lebih kecil daripada buah naga lainnya. Buah ini juga masih belum banyak yang membudidayakan sehingga tergolong buah langka. Jika pun ada, di swalayan, harganya cukup mahal.

Rasanya juga lebih manis dibandingkan buah naga yang lain. Kandungan buah naga ini gulanya 15-18% briks.
Buah yang dijuluki yellow pittaya ini juga mempunyai kandungan sakrosa dan fruktosa yang sangat tinggi. Ketika Anda mengonsumsi buah ini, maka sensasi segar akan Anda rasakan

Ukuran buah naga kuning dapat dibilang lebih kecil dibandingkan dengan buah naga jenis lain, hanya segenggaman tangan, sekitar 80-100 gram.

Harga yang mahal dan ukuran yang kecil membuat buah ini menjadi kurang populer di indonesia.  Bibitnya juga agak susah ditemui di Indonesia.

Buah Naga Hitam

Buah naga hitam bisa dibilang pendatang baru di dunia pertanian Indonesia.

Pertama kali dikembangkan di Indonesia yang dirintis oleh seorang tokoh bernama Prof. Dr. Ir. AP Kusumaningrat. Kediri merupakan kota yang menjadi tempat budidaya buah naga hitam ketika pertama kali masuk ke Indonesia.

Yah sebenarnya, buah naga hitam merupakan hasil persilangan dari buah naga super red yang dipelihara dengan pemberian pupuk Black Natural atau pupuk hitam.

Pupuk tersebut terdiri dari komposisi cengkeh limbah pabrik rokok, kotoran sapi, ampas jamu dan abu sekam. Adanya campuran ini membuat buah naga hitam mengandung banyak betakaroten sehingga warna daging buah nampak lebih pekat.

Secara fisik, bentuknya sama dengan buah naga bi. Kulit buah biasanyaga hitam tetap berwarna merah. Ciri khusus yang terletak pada sisiknya yang besar, pohon buah naga hitam juga sama dengan pohon buah naga lainnya.

Bedanya ya hanya ada pada daging buahnya. Sebenarnya tidak berwarna hitam legam, namun lebih ke warna merah sangat pekat sekali sehingga nampak mendekati hitam.

Cara membudidayakannya juga sama dengan cara membudidayakan buah naga pada umumnya. Poin utamanya, terletak pada pupuk hitam yang dipakai, pupuk inilah yang membuat buah naga hitam tercipta.

Buah Naga Orange

Buah naga yang ini masih satu keluarga dengan buah naga kuning. Bedanya hanya pada warna daging buahnya. Seperti yang kalian ketahui warna daging buah naga orange adalah merah bukan putih seperti buah naga kuning.

Sayangnya buah naga orange masih cukup langka baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kebanyakan bibit yang dijual masih bentuk biji bijian, bukan stek. Anda harus mengeluarkan biaya dan usaha yang ekstra keras untuk mendapat bibit buah naga ini.

Manfaat Buah Naga

manfaat buah naga merah

Membantu Mengurangi Berat Badan

Salah satu manfaat buah naga merah, dengan memakan buah naga ini yang kaya serta rendah kalori ini akan membuat perut anda kenyang tanpa perlutakut jika bertambah gemuk, buah naga ini juga memperlancar pencernaan karena jika memakan buah naga ini yang memiliki banyak kadar airnya.

Camilan Sehat Bagi Anda Yang Sedang Berdiet

Sama seperti yang disebutkan di poin pertama bahwa mengonsumsi buah naga ini akan sangat baik bagi anda yang sedang diet atau ingin berat badan anda selalu ideal.

Maka tidak salah jika memakan buah naga karena dengan memakan buah naga ini akan membuah anda kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama juga tanpa takut jika gemuk.

Membantu Proses Detoksifikasi

Buah naga ini juga memiliki fungsi sebagai sumber antioksida, yang akan memungkinkan untuk dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh sehingga memudahkan dan memperlancar proses detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh).

Mampu Mencegah Kanker

Buah naga memiliki manfaat seperti buah lainnya, yang mengandung lycopene. apa itu lycopene?, ialah yang bertanggung jawab dalam menyediakan warna merah pada buah naga, telah terbuakti bahwa dapat mepererendah resiko kanker prostat, yang di diteliti sebagai salah satu penyakit mematikan di  indonesia.

Selain memiliki lycopene di buah naga ini, buah yang satu ini juga mengandung antioksidan hytoalbumin yang cukup kaya yang bermanfaat sebagai unsur pembantu dalam pembentukan radikal bebas di dalam tubuh.

Juga buah ini kaya akan serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2 dan juga mampu membantu dalam mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa itu berpotensi dapat menyebabkan kanker.

Mampu Mencegah Diabetes

Seperti yang kalian ketahui bahwa buah naga mengandung antikoksodan. Nah antikoksidan ini selain mampu memperlancar proses detoksifikasi, juga mapu mencegah diabetes terjadi. Sebab buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihsilkan dari pola hidup dan makanan yang tidak sehat.

Selain untuk mencegah gejalanya, buah naga juga sangat membantu bagi penderita diabete dikarenakan kadar gula yang dimiliki buah naga bisa dibilang cukup rendah.

Mampu Mencegah Tekanan Darah Tinggi Dan Serangan Jantung

lycopene pada buah naga selain mampu mencegah kanker dalam tubuh juga dapat mambantu sebagai penurun darah dan mencegah serangan jantung mendadak. Hal ini disebabkan biji pada buah naga yang mempunyai lemak omega 3 dan omega 6 yang cukup kaya yang bisa membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat dalam yang terkandung dalam buah naga adalah untuk  sistem kekebalan tubuh. Ini disebabkan oleh buah naga yang kaya akan gizi dan nutrisi. Maka dari itu rajin mengonsumsi buah naga yang akan mempercepat proses penyembuhan luka baik dari luar maupun dalam.

Meningkatkan Nafsu Makan

Anak susah makan?, nah buah naga ini pas banget untuk anak yang sedang masa pertumbuhan dan jika anak susah makan, sebab adanya vitamin B1 dan B2 yang terkandung dalam buah naga.

Manfaat yang satu ini memang bertolak belakang dengan diet, namun bagi yang diet cukup ganti makan makanan sehari hari dengan buah naga tanpa takut tubuh gemuk.

Membantu Masalah Pencernaan

Untuk membantu pencernaan dan mengobati konstipasi, kalian dapat mengonsumsi buah naga sebab buah naga ini memiliki Kandungan fiber atau serat yang tinggi. dengan memakan dagingnya yang mengandung protein yang baik akn membuat tubuh anda besar dan sehat, terutama bagi anak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Membantu Menunda Penuaan Dini

Bagi kalian yang ingin awet muda sangat disarankan loh bagi kalian untuk mengonsumsi buah naga, terutama bagi wanita yang ingin kecantikannya bertahan lama. Hal ini disebabkan adanya antioksidan yang terkandung dalam buah naga yang akan menyebabkan kulit lebih kencang dan beregenerasi denga baik.

Membantu Meringankan Batuk Dan Asma

Seperti yang kalian ketahui bahwa bauah naga mengandung omega 3 dan omega 6 yang membantu meringankan gangguan respirasi sehingga bagi anda yang sedang mengalami asma sedang batuk tidak berhenti-berenti. Tapi jangan salah paham juga kalau buah naga merupakan obat dari asma.

Membantu Pertumbuhan Dan Kesehatan Tulang

Kalsium yang terkandung dalam buah naga akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda. Juga dengan adanya zat besi serta fosfor akan membantu memperlancar peredaran darah dan memperbaiki jarinagn yang rusak yang ada dalam tubuh.

 

Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Menjaga Kestabilan Tekanan Darah Dan Gula Darah

Nah, kalian pasti tahu dong, tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan. Dengan adanya tekanan darah dan gula darah yang tinggi dapat menyebabkan ibu hamil mengalam preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Lalu dengan mengonsumsi buah naga akan menjaga dan menstabilkan tekanan darah dan gula darah, yang akan dapat menghindari komplikasi kehamilan.

Mampu Mencegah Dan Mengatasi Kurang Darah (anemia)

Seperti yang kalian ketahui bahwa manfaat buah naga merah memiliki kaya akan zat besi yang berperan sebagai penyusun utama sel darah merah, hal ini akan mencegah adanya darah tinggi dan mencegah kalian kekurangan darah atau anemia.

Mampu Meningkatkan Imunitas (Kekebalan Tubuh)

Buah naga mengandung vitamin C, yang berfungsi sebagai meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Hal ini mengkonsumsi buah naga maka dapat mencegah serangan dari berbagai macam penyakit.

Menambah Tenaga Dan Kekuatan

Saat ibu sedang melalami kehamilan, ia harus berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Dengan begitu ibu hamil membutuhkan lebih banyak energi (tenaga) dalam kegiatan sehari-harinya.

Buah naga sangat bermanfaat bagi ibu hamil sebab pada 100 gr buah naga mengandung 9-14 gr karbohidrat yang berberan penting sebagai suplemen energi yang alami. Dalam hal ini ibu ham,il akan mendapatkan tambahan dalam tenaga dan kekuatan dalam kegiatan sehari hari.

Mencegah Keguguran Dan Kelahiran Prematur

Kandungan asam folat yang terdapat pada buah naga bermanfaat untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

Memperkuat Tulang Dan Gigi

Kandungan mineral pada buah naga seperi  magnesium, kalsium, dan fosfor sangat bermanfat untuk memperkuat tulangt dan gigi. Sengan mengonsumsi buah ini akan kelak si janin akan memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan  pada tulang.

Memperbaiki Pencernaan

Manfaat Buah naga merah mampu melancarkan dan memperbaiki pencernaan, terutama bagi wanita yang sedang melngalami masa kehamilan.

Ibu hamil yang biasanya mengalami sembelit atau susah buang air besar, hal ini dikarenakan pengaruh hormoral atau desakan janin dalam perut. Nah buah naga ini sangatlah berperan penting dalam hal ini karena buah naga kaya akan serat yang nantinya akan berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

Membantu Perkembangan Dan Pertumbuhan Janin

Salah saru manfaat buah naga untuk ibu hamil yang juga amat penting adalah membantu perkembangan janin. Sehingga bayi nantinya dapat lahir dengan keadaan normal dan sehat.

 

Efek Samping Buah Naga

Menyebabkan Perut Kembung

Efek samping pertama dari buah naga adalah dapat menyebabkan perut anda menjadi kembung. Hal ini tentulah  bisa terjadi pada anda, apalagi jika anda mengkonsumsi buah yang satu ini secara berlebihan.

Memang, manfaat buah naga merah sangat banyak sekali apalagi untuk individu, tetapi juga manfaat buah naga merah juga mencakup pada jania pada ibu hamil.

Hal ini tentulah tidak baik dan akan menyebabkan mineral yang masuk di dalam tubuh anda menjadi terlalu banyak dan berlebihan.

Yang pasti akan menyebabkan perut anda menjadi tidak nyaman akibat perut menjadi kembung dan juga begah akibat terlalu banyak mengkonsumsi buah naga ini.

Dapat Menyebabkan Maag Menjadi Kambuh

Seperti yang kalian ketahui bahwa manfaat buah naga merah sangat banyak sekali, lalu mengapa buah naga bisa menyebabkan maag menjadi kambuh? Hal ini dikarenakan buah naga juga memiliki kandungan asam di dalamnya. Mengkonsumsi buah naga secara berlebihan, akan menyebabkan anda terkena maag, apalagi jika anda memang memiliki riwayat penyakit maag.

Selain itu, buah naga juga akan menyebabkan kadar asam lambung anda menjadi naik, yang akan menyebabkan munculnya gejala mual – mual pada diri anda. Sebab tingginya kandungan asam yang ada pada manfaat buah naga merah.

Sangat disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi buah naga ini.

Serta disarankan pula, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag atau gangguan pada asam lambung, maka sebaiknya anda makan berat terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi manfaat buah naga merah ini, baik dimakan langsung ataupun dijus da dibuat salad buah. Tentu ini akan membantu mencegah meningkatnya resiko maag dan juga naiknya asam lambung pada tubuh anda.

Menyebabkan Diabetes Apabila Dikonsumsi Secara Tidak Wajar

Seperti yang kalian ketahui bahwa buah naga juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, mengkonsumsi buah naga secara berlebihan, apalagi jika tanpa memperhatikan kadar gula di dalam darah tentu saja akan sangat berbahaya.

Terlebih lagi bila anda mengkonsumsi buah naga tersebut bersama dengan pemanis, alias gula, dan tanpa dikontrol kadar gulanya. Hal ini akan dipastikan menyebabkan gula darah anda akan menjadi naik.

Hal ini juga akan sangat berpotensi menyebabkan munculnya gangguan atau gejala penyakti gejala diabetes pada diri anda.

Oleh sebab itu, bijaklah dalam mengkonsumsi manfaat buah naga merah, usahakan juga jangan mencampur buah naga dengan gula dan mengkonsumsinya secara berlebihan, sebab hal ini bisa saja akan menyebabkan kemunculan gangguan kesehatan yang berbahaya bagi diri anda.

Menyebabkan Sakit Perut

Selain bisa memberikan efek amping berupa kembung, mual dan juga asam lambung yang naik, konsumsi dari buah naga secara berlebihan merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan anda menjadi merasa sakit perut.

Hal ini disebabkan karena perut anda akan terlalu banyak menerima asupan makanan, sehingga akan menyebabkan ketidak seimbangan kerja usus. Selalu jaga asupan makanan anda, serta hindari konsumsi buah naga ini secara berlebihan, sebab sesuatu yang berlebihan memang berbahaya bagi kesehatan kita.

 

Itulah tadi artikel yang membahas tentang manfaat buah naga merah, seperti yang kalian tahu buah naga merah memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat buah naga merah salah satunya benperan penting untuk ibu hamil.

Namun saat kalian mengonsumsinya sebaiknya batasilah saat memakannya, karena seseuatu yang berlebihan tidak akan membawa dampak baik. Bukannya untung malah rugi nanti, sekian dari kami semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih