Ini Loh Manfaat Lain dari Gula Pasir, Bisa Digunakan Untuk Kecantikan Loh

Manfaat Gula Pasir

Rasa manis memang identik dengan gula pasir. Tak hanya anak anak yang menyukai gula , orang dewasa pun menyukainya. Namun tahukah kalian , selain enak, gula pasir juga punya berbagai manfaat untuk tubuh loh. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama manfaat gula pasir.

Manfaat Gula Pasir

Manfaat Gula Pasir

Mungkin selama ini gula pasir selalu  di gunakan atau dimanfaatkan sebagai pemanis makanan atau minuman. Memang mengonsumsi gula terlalu banyak tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun, tentu gula pasir tidak selamanya buruk. Di balik itu semua, gula pasir dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, satu di antaranya dalam hal kecantikan.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan gula pasir untuk perawatan. Gula pasir dapat di gunakan atau dimanfaatkan untuk menggantikan perawatan kulit yang mahal tentunya.

Selain mudah dan murah, gula pasir juga memiliki efek yang lebih rendah tentunya, lebih kecil dari kosmetik atau alat perawatan canggih lainnya. Tak hanya itu, gula pasir juga dianggap sebagai perawatan paling direkomendasi buat masalah kulit, terutama kulit sensitif.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda hanya perlu membuat scrub atau masker wajah. Di antara manfaat gula pasir untuk kecantikan, yakni dapat dijadikan sebagai bahan eksfoliasi tubuh. Gula pasir  yang digunakan untuk eksfoliasi tubuh dapat menjadikan kulit lembab, segar, dan sehat. Masih ada manfaat gula pasir lainnya untuk kecantikan yang bisa Anda rasakan.

Baca Juga : 7 Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Berikut adalah manfaat manfaat dari gula pasir sendiri

A. Manfaat Gula Pasir bagi Kecantikan

Manfaat Gula Pasir Bagi Kecantikan

1. Menetralkan Radikal Bebas

Manfaat gula pasir yang pertama untuk kecantikan adalah untuk menetralkan radikal bebas pada wajah kita. Caranya dengan menggunakan gula pasir sebagai scrub.

Kalian dapat terhindar dari permasalahan penuaan dini dan kulit kusam. Gula pasir juga dapat memberikan kelembapan pada wajah sehingga terlihat lebih cerah dan glowing.

2. Melembabkan Kulit

Pengguanaan gula pasir sebagai scrub ternyata bisa melembabkan kulit dengan tepat. Bermacam macam kandungan yang terdapat pada gula pasir  yang bisa menjaga kelembaban kulit dan menutrisi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh.

3. Antipenuaan

Masalah penuaan ini tidak bisa dihindari bagi wanita yang telah berusia lanjut. Penuaan pada kulit juga bisa menyerang wanita di usia muda. Menggunakan gula pasir menjadi satu di antara perawatan yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Gula pasir juga dapat digunakan untuk menghilangkan garis halus atau kerutan di kulit.

Selain itu, gula pasir memiliki kegunaan untuk membuat kemerahan alami dan kulit bersinar serta warna kulit dapat lebih putih setiap kali kita menggunakannya.

4. Mengatasi Bibir Kering

Jika kalian yang sedanag mempunyai masalah bibir kering, memanfaatkan gula pasir dapat menjadi jalan keluar. Gula pasir dapat menjadi media pelembap bibir kering dan pecah-pecah.

Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu menyiapkan minyak wijen secukupnya dan menghaluskan gula dan dicampur sehingga menjadi pasta. Setelah itu di oleskan pada bibir dan biarkan sampai kering supaya khaisat / nutrisi yang terkandung meresap ke kulit bibir.

5. Mengatasi Selulit

Manfaat selanjutnya dari gula pasir adalah dapat membantu mengatasi selulit di tubuh. Banyak yang meyakini gula pasir berperan memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan tampilan selulit di permukaan kulit, dan menjadikan pori-pori lebih kencang.

Caranya buatlah scrub dari gula pasir dengan cara beberapa tetes minyak wijen dicampur dengan gula pasir. Gosok scrub ke area yang akan diberi scrub, lalu di bilas dengan air bersih.

6. Menghidrasi Kulit

Tak hanya berperan mengatasi selulit, gula pasir juga diyakini mampu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bersih.

Gula pasir juga memberikan manfaat kelembapan. Scrub gula dapat menghidrasi kulit sehingga membuatnya selalu lembap dan sehat dengan melakukan perawatan secara rutin.

7. Mengatasi Komedo Membandel

Gula pasir dapat dimanfaatkan atau dipercaya mampu mengatasi masalah komedo yang membandel dengan cara dibuat scrub. Komedo ada karena akibat minyak yang berlebih dimana itu kemudian menyumbat pori-pori.

Komedo biasanya muncul di dahi, area dagu, serta hidung. Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup menggunakan campuran gula pasir dan garam serta dicampur dengan air perasan lemon secukupnya.

B. Manfaat Gula Pasir Untuk Kesehatan

Manfaat gula pasir untuk kesehatan

1.Sumber Energi instan

Memakan gula pasir bisa juga dijadikan sebagai sumber energi instan bagi tubuh karena nantinya akan diubah menjadi glukosa yakni bentuk gula sederhana. Glukosa yang telah terserap oleh sel tubuh itu maka akan menjadi energi.

2.Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Jika anda menderita tekanan darah rendah, maka sangat disarankan mengkonsumsi gula pasir karena bisa meningkatkan tekanan darah anda secara cepat untuk mencegah sakit kepala, pingsan dan beberapa masalah lain yang ditimbulkan dari tekanan darah terlalu rendah.

3. Menjaga Fungsi Otak

Perlu diketahui jika otak anda tidak akan bisa berfungsi secara baik tanpa gula. Oleh karena itu, pastikan kalian juga mengkonsumsi gula pasir dalam jumlah cukup agar memastikan kerja otak berjalan dengan lancar.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati Tubuh

Menggosok kulit tubuh kalian dengan gula pasir bukan hanya penting untuk membersihkan diri dari debu dan kotoran namun juga dapat mengankat sel kulit mati pada tubuh kita sehingga kulit anda terlihat lebih lembut, segar, bersih sekaligus lebih cerah dalam waktu yang bersamaan.

5. Memperbaiki Mood

Gula juga menjadi bahan alami instan untuk mengatasi depresi selain ada jug manfaat coklat untuk untuk mengatasi gangguan suasana hati. Mengkonsumsi atau memakan gula pasir secara cukup maka akan memperbaiki suasana hati anda yang sekaligus juga mengatasi lelah secara cepat.

6. Mencegah Penuaan Dini Pada Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, gula pasir dalam sumber asam alfa hidroksi serta asam glikolat alami yang dapat menuju ke lapisan kulit terdalam untuk mengeluarkan lapisan yang mengikat sel sel kulit mati. Dengan menggunakan gula pasir, maka bisa merangsang regenerasi sel sekaligus mendorong sel kulit baru sehingga kulit bisa terlihat lebih awet muda sekaligus mengatasi kerusakan kulit karena penuaan.

7. Menyembuhkan Luka

Banyak praktisi medis yang percaya jika gula pasir bisa digunakan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka lebih cepat dibandingkan dengan obat obatan.Luka yang terbuka dengan cukup parah ini, juga dapat di sembuhkan, karena efek antibiotik pada gula dan sudah cukup lama digunakan pada tentara untuk mengatasi luka pada saat perang.

8. Sebagai Waxing Alami

Asam glikolat yang berada pada gula pasir sangat baik untuk digunakan mengelupas sel kulit yang telah mati dan ini sangat ampuh. Sedangkan jika mencampur gula pasir bersama dengan madu sangat baik digunakan untuk mengangkat berbagai bulu pada tubuh dan wajah yang tidak anda inginkan secara alami sekaligus menutrisi kulit anda.

9. Melembabkan Kulit

Saat gula pasir dicampur dengan minyak kayu putih dan minyak wijen kemudian diaplikasikan pada wajah, maka bisa menghidrasi kulit wajah yang kusam sekaligus melembabkan kulit wajah sehingga tampilan kulit wajah kalian akan terlihat lebih indah sebagai salah satu solusi kecantikan kulit alami.

10. Mengangkat Komedo Hitam dan Putih

Menggosok siku, wajah dan juga lutut dengan gabungan gula pasir tidak hanya baik untuk mengangkat komedo hitam dan putih dari wajah saja serta berbagai penyakit kulit lainya, namun juga penting untuk mengangkat semua racun yang ada pada kulit kalian. Untuk memberikan tampilan kulit yang terlihat lebih bersinar sekaligus mengeluarkan racun pada tubuh anda.

11. Penyimpanan Cadangan Bahan Bakar

Untuk menghemat bahan bakar dalam tubuh, nantinya tubuh akan menyimpan kelebihan glukosa dari gula pasir yang tidak dibutuhkan sebanyak senyawa bernama glikogen. Lewat proses yang disebut glikogenesis,dan nantinya organ hati kalian akan memproduksi rantai glikogen hingga berjumlah ratusan ribu yang akan digunakan sebagai cadangan makanan saat kalian beraktivitas berat, puasa, tidur , dan lain sebagainya.

12. Membersihkan Tangan Kotor

Jika kalian memiliki pekerjaan yang dimana tangan kalian kotor atau tak mudah dihilangkan seperti contohnya terkena minyak, cat dan bebebrapa bahan lainnya, kalian bisa menghilangkannya dengan menambahkan gula pasir pada sabun kalian supaya, menyebabkan abrasif ringan untuk menghilangkan berbagai kotoran pada tangan tanpa memakai bahan kimia yang berbahaya.

Macam Macam Gula

Macam Macam Gula

Gula yang biasanya terbuat dari nira kelapa atau air tebu ini berfungsi untuk memberikan rasa manis pada makanan atau minuman. Selaian gula yang digunakan untuk pemanis makanan atau minuman, gula juga dapat menjadi MSG atau penyedap makanan dengan cara, dicampurkan dengan garam. Hanya dengan menambahakan sedikit gula pada masakan, maka cita rasa gurih akan muncul dari makanan yang kalian buat.
Selama ini, kamu mungkin hanya mengenal dua jenis gula saja yaitu gula putih atau gula pasir dan gula merah sebagai pemanis makanan dan minuman yang paling populer di Indonesia. Faktanya, tak hanya dua jenis gula tersebut saja, tetapi terdapat jenis gula lain yang digunakan untuk perasa atau penghias pada makanan.
Apa saja? Berikut macam macam atau jenis gula yang sering digunakan sebagai perasa pada makanan:

1. Gula pasir

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gula pasir merupakan jenis gula yang populer dan paling sering digunakan sebagai penambah rasa manis dalam berbagai makanan atau minuman. Berbentuk seperti kristal halus dengan tekstur agak kasar, gula pasir terbuat dari air tebu yan direbus hingga kental kemudian dihaluskan hingga menjadi butiran gula. Gula pasir termasuk pemanis yang multifungsi karena dapat digunakan sebagai pemanis minuman, kue, penambah rasa makanan, dan bahan utama pembuatan karamel.

2. Gula kastor

Bila dilihat sekilas, gula kastor memiliki tampilan yang menyerupai gula halus. Bedanya gula kastor memiliki tekstur lebih halus dengan butiran-butiran halus yang masih tampak terlihat. Gula kastor sering dimanfaatkan sebagai campuran icing dan whipped cream untuk mempercantik tampilan kue.

3. Gula batu

Sesuai namanya, gula batu memiliki fisik menyerupai batu kristal berukuran sedang. Terbuat dari larutan air tebu yang direbus bersama air, gula batu memiliki tekstur yang sangat keras dan tidak mudah larut di dalam air.
Di Indonesia, gula batu sering dimanfaatkan sebagai pemanis pada teh dan minuman tradisional lainnya. Selain itu, gula batu juga sering disantap langsung sebagai penawar rasa pahit setelah mengkonsumsi obat atau jamu tradisional.

4. Brown sugar

Brown sugar atau gula cokelat terbuat dari gula pasir yang dicampur molase atau sari tebu berwarna coklat gelap dengan tekstur sangat kental. Berwarna coklat dengan tekstur yang agak basah dan lengket saat disentuh, brown sugar memiliki wangi karamel yang khas.
Karena aromanya yang unik, brown sugar sering digunakan sebagai campuran berbagai kue dan roti agar hasil jadinya lebih menggugah selera. Selain itu brown sugar juga sering disajikan sebagai penambah rasa dan aroma pada kopi dan teh hangat.

5. Gula merah

Gula merah atau lebih dikenal dengan sebutan gula Jawa merupakan salah satu pemanis tradisional yang banyak ditemukan di Tanah Air. Berbeda dari gula pasir yang terbuat dari tebu, gula merah dibuat dari air nira atau air buah aren yang direbus hingga berubah kecoklatan.
Bertekstur agak keras, gula Jawa menjadi salah satu pemanis andalan untuk berbagai makanan tradisional seperti lopis, dodol, bolu kukus, dan lainnya. Dengan rasa tidak semanis gula pasir, gula merah juga sering dijadikan penawar rasa pahit setelah meminum jamu.

6. Gula bubuk

Gula bubuk merupakan gula pasir yang dihaluskan sehingga tampilannya menyerupai susu putih bubuk. Dalam pembuatannya, gula pasir yang telah digiling hingga halus akan dicampur dengan tepung jagung supaya bubuk gula tidak mudah menggumpal.
Campuran tepung jagung juga membuat cita rasa gula bubuk tidak terlalu manis sehingga kurang cocok diolah menjadi minuman. Biasanya, gula bubuk digunakan sebagai garnish atau hiasan yang ditaburkan pada kue atau dessert manis lainnya.

7. Gula kristal

Gula kristal memiliki tampilan yang mirip gula pasir namun dengan ukuran dan tekstur yang lebih kasar. Selain itu, gula kristal juga tidak mudah meleleh saat dipanaskan. Karena sifatnya yang tidak mudah meleleh, gula kristal sering digunakan sebagai taburan aneka kue, pretzel, dan kukis. Gula kristal kerap dicampur dengan beberapa tetes pewarna makanan untuk mempercantik tampilan makanan.

Gula Pasir Sebagai Bahan Dasar Gulali

Kita semua mengetahui bahwa bahan dasar dari pembuatan gulali atau gula kapas adalah menggunakan gula pasir. Tapi tahukah kalian bagaimana cara pembuatan Gulali atau gula kapas ini? Yuk mari kita simak cara pembuatannya.

Alat Dan Bahan Dalam Cara Membuat Permen Gulali:

  • Siapkan mesin arum manis.
  • 1 bambu
  • Sendok makan 1 buah
  • Tangkai yang terbuat dari bambu ataupun plastik (untuk menggulung  permen gulali atau arum manis).
  • Gula pasir putih sebanyak kurang lebih 1 kilogram
  • Pewarna makanan (sesuai selera masing-masing)

Cara Membuat Permen Gulali  :

  1. Pertama-tama siapkan gula pasir lalu campurkan dengan pewarna makanan agar gulali menjadi menarik, kemudian diaduk hingga benar-benar rata.
  2. Panaskan mesin yang akan digunakan untuk membuat permen gulali.
  3. Jika gula yang dicampurkan tadi telah tercampur dengan merata, kemudian masukkan ke dalam mesin yang telah dipanaskan dan tunggu beberapa detik agar gula yang diputar keluar seperti jaring dari mesin pembuat permen gulali atau arum manis tersebut.
  4. Gulung dengan gerakan memutar menggunakan tangkai atau bilah bambu yang disediakan, lalu sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan.
  5. Lalu padatkan gulali dengan menggesekkan ke bagian wadah stainless yang ada pada mesin.
  6. Cara membuat permen gulali ini harus sabar dan telaten jika tidak nanti akan menjadi kristal kecil yang kasar ataupun rusak.
  7. Jika sudah jadi, bungkuslah permen gulali atau arum manis ke dalam plastik yang tertutup sangat rapat agar tidak terkena udara secara langsung yang membuatnya akan mengecil atau mengeras.

Nah itu tadi adalah manfaat yang kalian dapat dari gula untuk tubuh kita. Bagaimana, bermanfaat bukan, semoga kalian yang membaca tetap sehat dan sukses selalu.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •