Jahe merupakan jenis tanaman obat berupa tumbuhan rumpun yang berbantang semu. Jahe berasal dari Asia Pasifik yang tersebar dari India sampai Cina.dan Manfaat jahe untuk kesehatan sangatlah banyak sekali.

Oleh karena itu kedua bangsa ini disebut sebagai salah satu bangsa yang pertama kali memanfaatkan jahe terutama di manfaatkan sebagai bahan untuk minuman, bumbu masak dan obat-obatan tradisional.

Jahe termasuk tumbuhan dalam suku temu-temuan, nama ilmiah untuk jahe adalah Zingiber officinale dan merupakan sefamili dengan temuan lainnya seperti, temu lawaknama latinnya Cucuma xanthorrizla, juga kunyit dengan nama latin Cucuma domestika. 

Didaerah indonesia jahe memiliki nama yang berbeda antara lain halia (Aceh), bahing (batak Karo), Jahi (Lampung), jahe (sunda), jae (jawa dan bali).Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat.

Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Manfaat jahe untuk kesehatan sangat lah banyak.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh orang yang bernama William Roxburgh dari kata Yunani yaitu zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi.

Sejarah Jahe

Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun ada pula yang mempercayai bahwa jahe berasal dari daerah Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai bahan rempah perdagangan hingga sampai Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah.

Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang sangat populer di daerah Eropa.

Ciri Morfologis Dari Jahe

Batang jahe merupakan batang yang berbentuk semu dengan tinggi sekitar 30 hingga 100 cm. Akarnya yang berbentuk rimpang dengan daging akar yang berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau yag cukup menyengat. Daun menyirip dengan panjang sekitar 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Tangkai daun berbulu halus.

Bunga jahe tumbuh dari dalam tanah berbentuk seperti bulat telur dengan panjang sekitar 3,5 hingga 5 cm dan lebar 1,5 hingga 1,75 cm. Gagang bunga bersisik sebanyak 5 hingga 7 buah. Bunga berwarna hijau kekuningan. Bibir bunga dan kepala putik ungu. Tangkai putik berjumlah dua.

Habitat Jahe

Jahe tumbuh dengan subur di ketinggian sekitar 0 hingga 1500 meter di atas permukaan laut, kecuali jenis jahe gajah di ketinggian sekitar 500 hingga 950 meter.

Untuk bisa berproduksi secara optimal, dibutuhkan curah hujan sekitar kurang lebih 2500 hingga 3000 mm per tahun, kelembapan minimal 80% dan tanah haruslah lembap dengan PH 5,5 hingga 7,0 dan unsur hara yang cukup tinggi. Tanah yang digunakan untuk penanaman sebuah jahe tidak boleh tergenang.

Macam-Macam Jenis Tanaman Jahe

1.Jahe Putih/Kuning Besar

Jahe putih/kuning besar atau juga disebut juga dengan nama Jahe gajah atau Jahe badak. Alasannya adalah dikarnakan jenis jahe ini berimpang lebih besar dan gemuk, ruas rimpangnya lebih mengembung daripada varietas yang lainnya. Jenis jahe ini biasanya dikonsumsi baik oleh yang berumur muda maupun berumur tua. Baik sebagai jahe segar maupun jahe olahan.

2.Jahe Putih/Kuning Kecil

Jahe putih/kuning kecil atau disebut juga dengan nama Jahe sunti atau Jahe emprit. Karna ruas jahe ini cukup kecil, dan agak rata sampai agak sedikit mengembung. Jahe ini selalu dipanen setelah berumur agak tua.

Kalau ditanya kenapa kok ndak dipanen pada saat waktu muda? Jujur saya juga kurang faham, mungkin saja karena rasanya akan kurang mantap jika dipanen pada saat waktu muda.

Penyebap rasa pedas pada jahe karna kandungan minyak atsiri yang ada pada jahe, dan jahe enis ini memiliki yang lebih banyak dari pada jenis jahe gajah, sehingga rasanya lebih agak pedas. Disamping seratnya yang cukup tinggi, jahe ini sangat cocok untuk ramuan obat-obatan atau juga bisa untuk diekstrak .

3.Jahe Merah

Jahe merah rimpangnya berwarna cukup merah dan lebih kecil daripada jahe putih kecil. Sama seperti jahe kecil, jahe merah juga selalu dipanen pada saat setelah tua dan juga memiliki kandungan minyak atsiri yang sama dengan jahe kecil, sehingga sangat cocok untuk menjadi ramuan obat-obatan.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Setelah tadi saya membahas tentang sejarah jahe,apa itu jahe,jenis jahe nah sekarang kita akan bahas nih manfaat jahe untuk kesehatan.

1. Mengatasi Mual dan Muntah

Apakah kamu pernah merasa rileks begitu mencium aroma yang ada pada jahe? Menurut penelitian, salah satu manfaat jahe adalah memang untuk menenangkan dan mencegah mual atau muntah pada diri seseorang. Bahkan pasien kemoterapi yang biasanya sering mual akan diberikan terapi yang melibatkan bahan jahe.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Secara historis, manfaat jahe adalah untuk menyehatkan sistem pada pencernaan yang ada pada tubuh serta mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, atau naiknya asam lambung terkait dengan yang namanya stres.

3. Menyehatkan Otak

Kamu ingin meningkatkan kesehatan pada otak? Konsumsilah jahe dengan cara yang teratur. Menurut penelitian, menunjukan bahwa jahe akan menghambat proses peradangan yang terjadi di otak. Sehingga fungsi otak akan lebih meningkat, fungsi kognitif bertambah, dan stres oksidatif penyebab penyakit Demensia juga akan sangat menurun.

4. Menyembuhkan Migrain

Dalam uji klinis, manfaat jahe berguna untuk menyembuhkan penyakit migrain. Hal ini dibuktikan dari 100 pasien migrain yang diberikan suatu obat yang mengandung bubuk jahe. Hasilnya, jahe dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan karena migrain tanpa ada yang namanya efek samping.

5. Melindungi Dari Sinar UV

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat jahe memiliki kemampuan untuk menyerap yang namanya sinar UV yang dianggap sebagai penyebab salah satu kerusakan pada DNA.

Sebabnya ekstrak dari bahan jahe akan dapat merangsang produksi antioksidan yang ada  didalam tubuh sehingga akan dapat memberikan perlindungan dari yang namanya sinar UV.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Sudah banyak sekali penelitian yang menemukan bahwa manfaat jahe memiliki efek yang sangat kuat untuk mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Sebabnya jahe dapat mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid yang ada didalam tubuh.

Selain terkenal karena keefektifannya sebagai penstabil gula darah pada tubuh, manfaat jahe juga memiliki efek perlindungan yang sangat kuat bagi penderita penyakit diabetes untuk menghindarkan dari kerusakan pada mata dan komplikasi lainnya.

7. Menjaga Kesehatan Tekanan Darah

Penelitian di Thailand menemukan bahwa manfaat jahe sangat berguna untuk menjaga kestabilan pada tekanan darah yang ada didalam tubuh. Terutama bagi mereka yang sedang menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

8. Berkhasiat Untuk Osteoarthritis

Manfaat jahe ternyata juga mendukung kesehatan pada tulang lho. Sebab sebuah penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa ekstrak jahe sangat efektif untuk mengobati penyakit yang namanya osteoarthritis.

9. Mengurangi Nyeri Otot

Jahe Selain berguna dalam menjaga kesehatan pada otot, penelitian di tahun 2013 yang berkaitan dengan jahe menemukan bahwa manfaat jahe mampu menghilangkan ketidaknyamanan yang terjadi di otot akibat nyeri pada atlet.

Selama percobaan selama kurang lebih 6 minggu ini, mereka yang mengonsumsi jahe mengalami penurunan nyeri otot yang cukup signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jahe.

10. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Kandungan bahan aktif alami yang terkandung di dalam jahe yang bernama 6-gingerol diketahui dapat berguna untuk mengatur pada tekanan darah dan mendukung kesehatan pada kardiovaskular.

Sehingga bisa dikatakan bertambah satu lagi manfaatyang ada pada jahe yakni adalah untuk menjaga kesehatan  pada jantung hingga sebagai obat alami untuk penyakit jantung.

11. Mengurangi Peradangan

Apakah kamu pernah mengalami wajah bengkak dengan kulit yan agak kemerahan? pada umumnya peradangan yang terjadi di dalam tubuh menimbulkan dampak yang demikian.

Entah itu karena pola kesehatan yang sangat buruk atau salah makan, peradangan bukanlah hal yang bagus untuk kesehatan pada tubuhmu. Untuk mengatasinya peradangan, gunakannlah jahe karena bisa membantu.

Sebabnya salah satu manfaat jahe adalah untuk kesehatan adalah berfungsi sebagai anti inflamasi, antiviral, dan bahkan antibakteri didalam tubuh.

12. Mencegah Kanker Usus

Manfaat jahe berikutnya adalah untuk mencegah penyakit kanker usus. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika, ditemukan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi jahe memiliki risiko yang lebih sangat rendah untuk terkena penyakit kanker usus.

13. Menyembuhkan Alergi

Jahe biasanya digunakan untuk mengusir rasa gatal yang ada di kulit. Hal ini menambah manfaat jahe lainnya yakni untuk menyembuhkan alergi pada diri seseorang, apalagi jika kamu rajin dan rutin mengonsumsinya.

14. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan pada tubuh yang kuat sangat dibutuhkan untuk menghalau datangnya beragam macam penyakit. Salah satu cara alami untuk memperkuat imunitas adalah dengan rajin makan yangdari bahan jahe.

15. Melegakan Tenggorokan

Mengonsumsi jahe akan memberikan efek hangat pada tenggorokan. Dengan demikian manfaat jahe lainnya adalah untuk melegakan tenggorokan, terutama jika tenggorokanmu merasa gatal karena penyakit pernapasan.

16. Mencegah Kebotakan

Rambutmu sering mengalami kerontokan dan mulai berujung pada kebotakan? Rajinlah untuk melakukan perawatan rambut dengan menggunakan jahe.

Tak banyak yang tahu bahwa manfaat jahe lainnya adalah mendukung proses pertumbuhan yang terjadi di rambut. Sebab jahe akan merangsang folikel pada kulit kepala, memelihara setiap helai rambut anda, dan menguatkannya.

Cara memanfaatkan jahe untuk kesehatan rambutmu adalah dengan menggunakannya sebagai masker rambut yang terbuat dari jahe yang sudah dihancurkan dengan minyak kelapa murni. Kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu keramaslah seperti biasa.

Manfaat jahe untuk Kesehatan Bagi Yang sedang Diet

1.Membakar Timbunan Lemak

Manfaat jahe untuk tubuh lainnya yaitu untuk membakar lemak. Sebab jahe merupakan penguat metabolisme pada  tubuh, pembakar kalori, dan membantu dalam meningkatkan rasa kenyang pada diri seseorang.

Dalam penelitian yang dilakukan di Institute for Human Nutrition ditempat Columbia University, orang yang rajin mengonsumsi minuman panas dengan kandungan bahan jahe larut di dalamnya akan lebih mudah mengalami rasa kenyang dibandingkan dengan mereka yang sangatlah jarang meminum air jahe.

2. Mencegah Selulit

Manfaat jahe untuk kesehatan kulit lainnya adalah berguna dalam mencegah terjadinya selulit. Sebab jahe akan meningkatkan sirkulasi dan regenerasi sel kulit yang pada gilirannya membantu dalam melawan terjadinya selulit pada tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari jahe yang ini, kamu bisa membuat scrub kulit yang terdiri dari parutan jahe, gula organik, minyak zaitun, dan perasan air jeruk nipis. Gosokkan di kulit dengan gerakan yang memutar. Setelah bahan tadi kering, bilas dengan air dingin yang bersih ya.

Manfaat jahe untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

1. Menghaluskan Kulit dan Mencegah Penuaan

Manfaat jahe untuk kecantikan kulit yaitu berguna untuk mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini pada wajah. Sebabnya jahe sudah sejak lama sekali dikenal dalam pengobatan Ayurveda dan Cina sebagai salah satu agen anti penuaan dini.

“Kandungan zat antioksidan yang ada di dalam jahe akan meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan terjadinya kerusakan pada kulit, dan mencegah peradangan pada tenggorokan,” ungkap penelitian yang dilansir dari Reader’s Digest.

Untuk mendapatkan manfaat jahe yang sangat maksimal bagi kulit anda, kamu bisa menggosokkan kulit dengan irisan jahe setidaknya kira kira 2-3 kali dalam seminggu. Manfaat jahe ini juga sangat berguna dalam menghilangkan bekas luka yang terjadi karena hipopigmentasi.

2. Mencegah Timbulnya Jerawat

Tersiksa karena jerawat? Manfaat jahe lain yaitu untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah. Sebab jahe juga mengandung suatu zat yang bernama zat antiseptik dan anti oksidan yang akan melawan bakteri dan mencegah efek buruk radikal bebas salah salah penyebab timbulnya jerawat diwajah.

“Selain itu, kandungan alami yang ada didalam jahe juga akan mempromosikan pertumbuhan pada sel sel kulit baru, dan meningkatkan sirkulasi darah, serta menyembuhkan luka,” tulis penelitian dari Reader’s Digest.

Resep Minuman Dari Bahan Dasar Jahe

Setelah tadi kita bahas tentang manfaat jahe untuk kesehatan nah sekarang kita akan bahas nih resep minuman yang berbahan dasar dari jahe.

1.Wedang Jahe

Wedang Jahe

Minuman wedang jahe merupakan minuman tradisional yang masih tetap diminati hingga saat ini. Wedang jahe memiliki rasa yang agak pedas khas jahe dan memberikan reaksi hangat ke badan ketika diminum. Wedang jahe biasanya cocok diminum ketika cuaca dingin atau keadaan badan sedang tidak fit.

Nahh wedang jahe juga bisa dijadikan pilihan sebagai minuman penyegar ketika berbuka puasa lho.

Bahan Untuk Membuat Wedang Jahe

  • 3 buah jahe besar dan gemuk
  • 5 batang sereh
  • 2 buah / 100 gr gula merah
  • 500 ml air
  • 1 batang kayu manis
  • 1 SDM madu
  • 1 SDM jeruk nipis

Cara Membuat Wedang Jahe

  1. Panggang jahe sebentar, kupas bersih, geprek
  2. Cuci bersih batang sereh, geprek
  3. Panaskan air hingga mendidih, masukkan jahe, sereh, gula merah, kayu manis. Masak hingga gula larut dan matang. Sesuaikan rasa, boleh tambah garam sedikit.
  4. Tuang ke dalam gelas, tambahkan madu dan perasan jeruk nipis.

2.Bandrek

Bandrek

Menyeruput minuman hangat saat bersantai di malam hari yang dingin adalah cara yang tepat untuk menghangatkan badan. Salah satu minuman yang bisa dipilih adalah bandrek.

Minuman berempah asal Sunda ini tak hanya terkenal di negara Indonesia, bandrek juga terkenal hingga luar negeri karena berkhasiat untuk menghangatkan tubuh dan membuat kita menjadi lebih  rileks.

Dengan komposisi dasar jahe, kayu manis, dan cengkeh, bandrek juga dapat dibuat bening saja atau ditambahkan susu agar lebih terasa manis.

Bahan Untuk Membuat Bandrek

  • Air – 500 ml
  • Jahe, bakar lalu memarkan – 80 gram
  • Gula merah, iris halus – 75 gram
  • Gula pasir – 2 sdm
  • Cengkeh – 4 butir
  • Kayu manis – 6 cm
  • Daun pandan, simpulkan – 2 lembar
  • Garam – sejumput

Cara Membuat Bandrek

  1. Pertama-tama bakar jahe di atas api kompor lalu memarkan dan kupas kulitnya.
  2. Setelah itu masukkan semua bahan ke dalam panci.
  3. Masak bandrek dengan api yang kecil hingga mendidih dan aroma rempah keluar.
  4. Kemudian angkat dan saring.
  5. Badrek sudah siap untuk disajikan hangat.

Itulah tadi artikel tentang manfaat jahe untuk kesehatan dan resep minuman dari bahan jahe semoga artikel tentang manfaat jahe untuk kesehatan bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba resep resep yang sudah saya share tadi see you next time…

Jika anda tertarik dengan ulasan tentang resep rahasia cara membuat nasi uduk , anda bisa klik di rumah menin. Terima kasih, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Tunggu ulasan-ulasan dari saya dan tunggu ulasan-ulasan berikutnya.