Manfaat Jambu Monyet dan Berbagai Olahan Kacang Mete

manfaat jambu monyet

Sederet Manfaat Jambu Monyet dan Berbagai Olahan Kacang Mete

Buah jambu monyet atau buah jambu monyet, adalah bagian berdaging dari buah jambu monyet yang menempel pada kacang mete. Banyak yang tidak mengetahui juga tentang sederet manfaat jambu monyet. Manfaat jambu monyet sendiri sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Selain itu, kacang mete juga bisa kita olah menjadi berbagai olahan. Apalagi pada zaman yang modern ini sudah ada yang namanya alat pengupas mete. Alat pengupas mete ini sendiri dapat mempermudah pekerjaan anda dan mempercepat proses anda untuk mengolah kacang mete.

Ujung atas jambu monyet menempel pada batang yang lepas dari pohonnya. Bagian ujung bawah jambu monyet menempel pada kacang mete yang dibungkus cangkang. Dalam istilah botani, jambu monyet merupakan buah aksesori yang tumbuh di atas biji jambu monyet (yaitu kacang).

Jambu monyet bisa dimakan segar, dimasak dengan kari, atau difermentasi menjadi cuka, serta minuman beralkohol. Ini juga digunakan untuk membuat pengawet, dan selai di beberapa negara seperti India dan Brasil.

Di banyak negara, terutama di Amerika Selatan, jambu monyet digunakan untuk membumbui minuman, baik yang beralkohol maupun non-alkohol.

Kacang mete lebih banyak diperdagangkan daripada apel mete, karena apel, tidak seperti kacang, mudah memar dan memiliki umur simpan yang sangat terbatas. Jus apel mete, bagaimanapun, dapat digunakan untuk pembuatan jus campuran.

Apel mete memiliki rasa manis namun sepat yang ditelusuri ke lapisan lilin pada kulitnya yang mengandung bahan kimia, urushiol, yang dapat menyebabkan iritasi kulit ringan pada area yang telah bersentuhan dengannya.

Dalam budaya yang mengonsumsi apel mete, ini astringency terkadang dihilangkan dengan mengukus buah selama lima menit sebelum mencucinya dengan air dingin; Sebagai alternatif, merebus buah dalam air garam selama lima menit atau merendamnya dalam larutan gelatin juga mengurangi astringency.

Baca Juga : 15 Manfaat Kacang Mete yang Belum Banyak Diketahui!

Manfaat Jambu Monyet

Lihat Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh yang Diberikan Jambu Monyet untuk Anda;

  • Menjaga Otak Tetap Sehat dan meningkatkan fungsinya
  • Meningkatkan Fungsi Jantung
  • Baik untuk Mencegah Kanker
  • Mencegah Batu Empedu dalam Tubuh
  • Mengobati Obesitas dan Membantu Menurunkan Berat Badan
  • Membantu aliran darah
  • Meningkatkan Kesehatan Mata dan Kejernihan Penglihatan
  • Menjaga Darah Tetap Sehat
  • Berguna Untuk Mengobati Diabetes
  • Katalis untuk Pencernaan
  • Menjaga kulit tetap segar dan sehat
  • Memperkuat dan mengencangkan Tulang
  • Menjaga Rambut Berkilau
  • Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi
  • Baik untuk Mencegah Sakit Kepala

Membuat Mentega dari Kacang Mete

Setelah mengetahui manfaat jambu monyet, apakah anda ingin membuat mentega mete sendiri? Ini terlalu mudah.
Ini hanya 2 bahan dan sekitar 10 menit dan Anda memiliki mentega mete yang lembut.
Tentu saja sangat mudah untuk pergi dan membeli sebotol mentega kacang mete di toko, tetapi manfaat membuatnya sendiri adalah Anda dapat menghemat uang dan juga Anda mendapatkan selai kacang yang benar-benar segar dan lezat.
Rasanya benar-benar terasa jauh lebih enak daripada yang bisa Anda beli di toko.

Cara Membuat Mentega Mete

Anda akan menemukan instruksi dan pengukuran lengkap di kartu resep di bagian bawah posting. Ini adalah ringkasan dari proses yang harus dilakukan bersama dengan proses foto.
  1. Tambahkan kacang mete panggang dan asin ke dalam food processor dan proses. Ini akan mulai dengan rapuh dan kemudian akan mulai menggumpal dan menempel ke samping.
  2. Hentikan pemroses makanan dan kikis bagian sisinya, lalu hidupkan kembali.
  3. Saat mesin bekerja, tuangkan minyak kelapa yang sudah meleleh.
  4. Teruskan mengolah hingga mencapai konsistensi mentega mete yang lembut dan lembut.

Tips Resep

Kacang mete sangrai dan asin. Pilihan rasa termudah dan terbaik adalah dengan menggunakan kacang mete panggang dan asin. Kacang mete sangrai lebih mudah diolah menjadi selai kacang daripada kacang mete mentah. Rasanya juga sangat enak dengan kacang mete panggang.
Minyak kelapa. Kami menggunakan minyak kelapa leleh tetapi Anda sebenarnya bisa menggunakan minyak apa pun. Minyak sangat membantu proses dan bekerja lebih cepat.
Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan oli, Anda dapat menghilangkannya, tetapi kemungkinan akan memakan waktu beberapa menit lebih lama.
Buatlah di dalam food processor. Dimungkinkan untuk membuat selai kacang dengan blender tetapi saya merasa jauh lebih sulit untuk melakukannya. Pengolah makanan adalah cara terbaik dan termudah untuk membuat selai kacang.

Penyimpanan dan Pembekuan

Simpan mentega mete Anda dalam toples kaca di lemari es di mana akan bertahan selama 2 minggu atau lebih.
Ini juga ramah freezer jika Anda ingin membekukannya. Cairkan semalaman di lemari es saat Anda siap menggunakannya.

Membuat Susu Kacang Mete

Susu kacang mete adalah susu kacang favorit saya. Tidak hanya krimnya yang super, tetapi juga mudah dibuat di rumah. Dan bonusnya, Anda tidak perlu menyaringnya seperti susu almond. Rendam kacang mete semalaman, tiriskan, lalu haluskan dengan air. Voila, susu mete rumahan!

Susu Mete

Sampai beberapa tahun yang lalu saya minum susu seperti sudah ketinggalan zaman. Sedemikian rupa, sehingga keluarga saya secara historis menyebut saya sebagai “sapi” karena saya selalu minum susu (yang, harus saya klarifikasi, dikatakan semua dalam lelucon keluarga yang baik dan bukan dengan cara yang merendahkan).
Saya tidak bercanda ketika saya mengatakan saya minum banyak susu seperti dalam satu galon atau lebih seminggu.
Maju cepat 4 tahun, 4 diagnosis autoimun, sertifikasi pembinaan kesehatan dan blog hidup sehat dan saya dengan senang hati melaporkan bahwa saya jauh lebih terdidik tentang nutrisi dan apa yang saya masukkan ke dalam tubuh saya.
Sekarang untuk memperjelas, saya bukan anti susu berkualitas tinggi (kalian tahu saya suka keju kambing dan yogurt buatan sendiri ). Dan saya berusaha keras untuk tidak menjelekkan makanan.
Tetapi fakta sederhananya adalah bahwa 65% populasi dunia memiliki masalah dalam mencerna laktosa. Dan bagi orang lain, terutama mereka yang memiliki kondisi autoimun pencernaan , produk olahan susu dapat memanas dan memperburuk gejala.
Jadi apa yang bisa dilakukan oleh peep bebas susu? Nah, Anda bisa beralih ke santan, susu gandum , susu almond , susu rami , pisang susu atau favorit saya dari susu kacang susu mete!

Anda Tidak Perlu Menyaring Susu Mete

Susu almond adalah favorit abadi susu kacang, tapi menurut saya susu mete jauh lebih lembut dan rasanya lebih lembut. Saya juga suka bahwa Anda tidak perlu memaksanya, seperti yang Anda lakukan pada susu almond. Tidak ada bubur kertas yang tersisa saat diblender dengan blender yang kuat.

Cara Membuat Susu Mete

Anda akan melihat dalam video di bawah ini seberapa cepat susu mete mengumpul. Jadi sungguh tidak perlu membayar mahal dan membelinya di toko. Bagian tersulit hanya ingat untuk merendam kacang mete pada malam sebelumnya. Berikut cara membuatnya:
  1. Rendam 1 cangkir kacang mete semalaman, lalu tiriskan dan bilas
  2. Tambahkan kacang mete dan 4 cangkir air (plus pemanis) ke dalam blender bertenaga tinggi
  3. Blender dengan kecepatan tinggi selama satu menit
  4. Tuang ke dalam wadah penyimpanan dan dinginkan
  5. Minum susu mete langsung atau gunakan dalam resep seperti yang Anda lakukan pada susu susu.

Berapa Lama Susu Mete Bertahan?

Susu kacang mete buatan sendiri bertahan 3-4 hari di lemari es. Padahal menurut saya paling baik dikonsumsi dalam 2-3 hari pertama. Anda dapat membagi dua resep ini jika Anda merasa tidak akan menggunakan semuanya.
Anda juga dapat membuat batch penuh dan menuangkan tambahan apa pun ke dalam nampan es batu silikon dan membekukannya untuk digunakan di lain waktu.

1. Menurut Para Peneliti

Menurut penelitian yang dilakukan oleh R. Bhakyaraj dan K. Singaravadive, Pohon jambu monyet (Anacardium occidentale L.) merupakan pohon tropis asli Brazil dan sedang tumbuh secara ekstensif di India, Afrika Timur dan Vietnam (Muniz et al., 2006).

Produk utama dari pohon jambu monyet adalah kacang mete (true fruit) yang kaya akan lemak dan protein. Setelah pemetikan kacang dari tangkainya (jambu monyet-semu) (Garruti et al., 2006) jambu monyet menjadi biowaste.

Jambu monyet digunakan sebagai obat untuk disentri kronis dan untuk sakit tenggorokan di Kuba dan di Brazil (Morton, 1987).

Sebagian besar hasil samping buah dapat digunakan sebagai bahan fungsional dalam merancang pangan kesehatan (pangan fungsional), terutama karbohidrat yang tidak dapat dicerna (serat pangan) dan senyawa bioaktif (asam askorbat dan flavonoid) (Laufenberg et al., 2003).

Apel mete tersedia di India dalam jumlah besar tetapi mereka menemukan sedikit aplikasi komersial saat ini kecuali pembuatan fenny (sejenis brendi) dan pektin (Maini dan Anand, 1993; Ward dan Ray, 2006).

2. Menurut Para Peneliti

Jus apel mete kaya akan gula (Azevedo dan Rodrigues, 2000), antioksidan (Trevisan et al., 2006; Kubo et al., 2006) dan vitamin C (Azevedo dan Rodrigues, 2000) dan banyak dikonsumsi di Brazil (Nagaraja, 2007).

Jus jambu monyet berpotensi menjadi sumber vitamin C dan gula alami pada makanan olahan (De Carvalho et al., 2007).

Kacang mete memiliki rasa yang enak dan potensi pasar tetapi jambu monyet meskipun kaya akan nilai gizi seperti vitamin C dan mineral yaitu Ca, P, Fe tidak diterima sebagai bahan pangan karena mengandung kandungan tannin yang tinggi dan rasa yang sepat.

Senyawa bioaktif, vitamin dan mineral yang ada di dalamnya, harus dieksplorasi untuk penambahan nilai lainnya.

Jus jambu monyet ternyata mengandung total sembilan mineral pada tingkat yang berbeda. Mineral seperti magnesium, natrium, besi, kalsium, tembaga, natrium dan seng juga terdapat pada tingkat signifikan 279,70, 204, 133,9, 80,42, 1,17, 204,0 dan 16,48 ppm, masing-masing dalam jus apel mete (Tabel 1).

Di antara berbagai mineral kalium diamati dalam tingkat tinggi (3337 ppm) diikuti oleh fosfor (440,20 ppm). Kalium (K) merupakan unsur yang sangat penting untuk mencegah terjadinya demineralisasi tulang yaitu dengan mengontrol kehilangan kalsium dalam urin (Tucker et al., 1999; He dan MacGregor, 2001).

Nagaraja (2009) juga melaporkan bahwa beberapa varietas jambu monyet kaya akan kalium.

3. Menurut Para Peneliti

Tembaga adalah elemen penting dan bermanfaat dalam metabolisme manusia dan kebutuhan makanan harian rata-rata untuk tembaga pada manusia dewasa diperkirakan 2 mg dan untuk bayi dan anak-anak 0,05 mg kg-1 b.wt.

(Browning, 1969; WHO, 2004). NRC (1980) melaporkan bahwa asupan makanan harian yang aman dan memadai dari tembaga mulai dari 0,5-0,7 mg hari-1 untuk bayi usia 6 bulan atau kurang hingga 2-3 mg hari-1 untuk orang dewasa.

Kandungan tembaga 1,07 ppm yang diamati pada sari apel jambu monyet masih dalam batas aman yang ditentukan bayi.

Sodium adalah kation ekstraseluler prinsip dan digunakan untuk osmoregulasi dalam cairan antar modular tubuh manusia.

Tunjangan natrium harian yang direkomendasikan adalah 115-75000 ppm untuk bayi, 324-975 mg kg-1 untuk anak-anak dan 1100-3300 ppm untuk dewasa (Crook, 2006). Enzim terlibat dalam metabolisme makronutrien dan replikasi sel terutama bergantung pada Zn (Hays dan Swenson, 1985; Arinola, 2008).

Seng didistribusikan secara luas di jaringan tumbuhan dan hewan dan hadir di semua sel hidup. Pada sari buah jambu monyet teramati 16,48 ppm Zinc.

Magnesium merupakan unsur aktif dalam beberapa sistem enzim dimana timin pirofosfat merupakan kofaktornya. Fosforilasi oksidatif sangat berkurang dengan tidak adanya magnesium.

Ini juga mengaktifkan karboksilase asam piruvat, oksidase asam piruvat dan enzim kondensasi untuk reaksi dalam siklus asam sitrat (Murray et al., 2000).

Meskipun nilai yang diperoleh dalam sari buah jambu monyet tergolong rendah dibandingkan dengan nilai standarnya, namun dapat digunakan sebagai sumber mineral alami bersama makanan dan minuman lain untuk memperbaiki anak kurang gizi.

Warna jambu monyet bervariasi dari merah cerah, oranye, atau kuning dengan daging yang lembut dan berserat. Sebagai variasi dalam mineral dan kandungan nutrisi lain dari apel diamati, dalam penelitian ini, jambu monyet yang tersedia di bagian selatan India dianalisis untuk mineral dan senyawa bioaktif.

Fakta tentang Manfaat Jambu Monyet

Mete, Anacardium occidentale, adalah pohon cemara yang berasal dari Brasil Timur Laut dan tumbuh subur di berbagai negara tropis. Kacang mete sebagian besar diproduksi di Vietnam, India, Nigeria, dan Pantai Gading.

Pohon itu menghasilkan buah yang bisa dimakan dengan kacang-kacangan yang banyak dikonsumsi sebagai makanan. Itu milik keluarga Anacardiaceae. Pohon itu banyak dibudidayakan untuk diambil kacang-kacangnya.

Nama lain termasuk Mete, Kacang mete, Kacang merah, acajoeboom, anacardier, westindische Nierenboom, Acajubaum, cajou, Nierenbaum, cajú, anacardo, cajueiro, marañón, cajuil, yao guo dan merey.

Bunga berwarna putih atau hijau pucat diserbuki oleh tawon, lebah, lalat, semut dan burung bersenandung. Kelelawar pemakan buah membantu membubarkan buah. Kacang mete memiliki rasa yang enak dan mudah didapat di pasaran.

Buah pohon Jambu disebut Cashew apple. Ini digunakan untuk meningkatkan rasa pada salad dan juga dikonsumsi sebagai camilan. Ini digunakan sebagai bahan penting dalam masakan Asia seperti makanan Thailand dan India.

1. Sejarah Manfaat Jambu Monyet

Kacang mete dibawa ke Amerika Selatan, Afrika Timur, Hindia Barat dan Amerika Tengah. Amerika Serikat dianggap sebagai importir utama Kacang Mete. Jepang, Kanada, Australia, Singapura, Hong Kong dan banyak negara Timur Tengah membeli Kacang Mete dalam jumlah yang sangat besar.

Jambu monyet dibudidayakan di restinga Brasil Timur Laut. Barangkali, Kacang Mete tergolong primitif di Savannas of Columbia, Guianas dan Venezuela. Tanaman itu dibawa ke Amerika Selatan, Andes Barat, Hindia Barat, Amerika Tengah oleh para pelancong awal.

India, Angola, Tanzania, Mozambik dan Vietnam merupakan eksportir utama kacang mete. Pada abad ke-16, Portugis mempopulerkan Mete ke Afrika Timur dan pantai Barat India. Di India, itu dibudidayakan untuk mencegah erosi.

Perdagangan kacang internasional terjadi pada tahun 1920-an. Kacang mete mulai populer pada awal abad ke-20.

2. Penanaman Jambu Monyet

Pohon itu tumbuh setinggi 2-10 (-15) m. Daunnya sederhana, daun bergantian yang berwarna hijau kekuningan sampai hijau tua kecoklatan; Panjang 4-22 cm; Lebar 2-15 cm yang ujungnya membulat dengan ujung rata.

Bunganya hermaprodit dan berwarna putih atau hijau pucat. Tanaman menghasilkan buah yang disebut jambu monyet yang mengkilat, jingga, kekuningan atau merah; romboid-ovate; Panjang 10-20 cm dan lebar 4-8 cm.

Kacang ditanam di ujung jambu monyet. Pada kacang ini memiliki panjang 3 cm dan lebar 2,5 cm yang berubah menjadi gelap dari hijau saat matang. Terdapat pada kacang memiliki dua kotiledon putih dan embrio kecil. Dagingnya berwarna kuning muda dan kenyal.

Buahnya memiliki rasa tropis dan rasa astringent atau manis. Pohon itu berbunga di Brasil dari Agustus hingga September dan di India Selatan dari Desember hingga Januari.

3. Nilai Gizi yang Terkandung dalam Manfaat Jambu Monyet

Sebanyak 28,35 gram jambu monyet menyediakan 157 kalori, 1,47 gram kelembaban, 5,17 gram protein, 12,43 gram lemak, 0,72 gram abu, 8,56 gram karbohidrat, 0,9 gram serat makanan total, 1,68 gram total gula, 1,65 gram sukrosa, 0,01 gram glukosa, 0,01 gram fruktosa dan 6,66 gram pati.

Ini juga menyediakan 0,622 mg tembaga, 168 mg fosfor, 1,89 mg besi, 0,469 mg mangan, 83 mg magnesium, 0,081 gram triptofan, 1,64 mg seng, 0,31 g valin, 0,224 g isoleusin, 0,417 gram leusin, 0,195 gram treonin dan 0,129 gram histidin.

Itu dia tadi apa saja manfaat jambu monyet serta olahan yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan utama kacang mete. Saya harap semua orang yang sudah membaca artikel ini dapat merasakan manfaat jambu monyet secara langsung. semoga informasi kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •