Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut dan Cara Penggunaanya

minyak kelapa untuk kesehatan

Minyak Kelapa Untuk Rambut – Minyak kelapa untuk rambut merupakan produk alami yang bisa digunakan untuk apa saja, mulai dari memasak, menghilangkan make up, hingga melembapkan kulit.

Minyak kelapa untuk rambut ini terdapat nutrisi rantai asam lemak yaitu asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat di dalam minyak kelapa untuk rambut ini.

Sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus yg  bahkan mampu melawan dampak radikal bebas juga bisa meningkatkan kelembapan kulit dari pemakaian minyak kelapa untuk rambut ini.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut ini sudah teruji, lantas bagaimana untuk cara menggunakanya?

Untuk saat ini kita membahas lebih banyak dalam kegunaan minyak kelapa untuk rambut. Juga ada saran dari para ahli di sini untuk pembahasanya simak artikel dibawah ini, dalam minyak kelapa untuk rambut 🙂

 

Cara Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Rambut

Yang paling unik dari minyak kelapa untuk rambut adalah dwi fungsinya, baik sebagai perawatan maupun sebagai produk styling. Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa rambut ini saat situasi rambut apa saja.

1. Membuat Rambut Lebih Mudah Diatur

Dalam kondisi apa saja, jika saat rambutmu kusam tidak mudah diatur pasti kamu sangat keropotan, Makanya, tambahkan juga minyak kelapa untuk rambut anda agar mudah disisir, tambahkan juga conditioner agar mendapat hasil yg lebih baik.

Cara pakai: Siapkan sisir bergigi jarang dan semangkuk air hangat. Kemudian tempatkan minyak kelapa ke sebuah mangkuk berisikan air hangat seperti teknik hot oil sampai terasa cukup hangat. Selanjutnya usapkanlah minyak untuk rambut ini pada ujung dan batang rambut lalu remaslan secara perlahan-lahan.

Untuk memijat batang rambut pergunakan jari-jarimu , mulai dari ujung rambut hingga tengah. Setelah meresap, keringkan dan tata rambut seperti biasa.

Untuk rambut keriting metode ini pun juga bisa digunakan menggunakan minyak kelapa untuk rambut ini. Rambut kriting itu teksturnya lebih tipis daripada rambut lurus. Pada teksstur rambut keriting cenderung sulit untuk diatur juga gampang sekali kusut. Manfaatkan metode ini untuk membuat rambut anda menjadi mudah diatur.

2. Melembapkan Rambut Kering

Karena nutrisi asam lemaknya minyak ini dapat menyerap pada batang rambut anda. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai conditioner keduamu. Juga dapat di manfaatkan menjadi leave-in conditioner jika rambutmu susah di atur.

Cara pakai: Cara perawatanya bisa memakan waktu 1-2 jam, sebab jika minyak kelapa makin lama menggunakanya maka minyak ini dapat menyerap pada rambut anda, hasilnya juga lebih baik.

Cuci rambutmu seperti biasa, lalu gunakan conditioner. Biarkan rambut kering secara alami setelah dibilas. Kemudian usapkanlah pada bagian yang rentan kering dan rusak pada rambutmu dengan minyak kelapa ini.

Siapkan rambut, sisir, shower cap, atau handuk. Gunakan teknik hot oil seperti sebelumnya. Kemudian oleskan minyak kelapa ini pda rambut yg rusak dan sangat kering. Biasanya ujung rambut bercabang dan mudah kering.

Kemudian selama 30 menit bungkus rambut anda dengan anduk dan juga bisa keringkan dengan shower. Setelahnya, kamu bisa menata rambutmu seperti biasa.

3. Melembapkan Kulit Kepala Kering

Dapat juga di gunakan untuk melembapkan kepala yg kering. Sebab hormon dan cuaca (atau salah pakai produk), kadang-kadang menjadikan kulit kepala menjadi kering.

Menyebabkan kulit kepala dapat mengelupas hal itu juga dapat menyebabkan rasa gatal dan juga iritasi. Ya, nutrisi minyak kelapa ini mempunyai sifat mendinginkan. Anda dapat menggunakan ini agar dapat menjadikan kulit kepalamu merasa lebih tenang dan fresh.

Anda bisa memijat minyak kelapa pada kulit kepalamu. Pada saat sedang gatal ataupun terasa kering, Jugasaat  berjemur matahari seharian ataupun saat kulit kepala kering dan gatal, kamu bisa mencoba cara ini.

Cara pakai: Dengan teknik hot oil siapkan minyak kelapa ini. Basahi seluruh rambut dengan air mengalir. Kemudian ambilah minyak yang sudah siap kemudian oleskan pada kepala dan pijat perlahan untuk kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, kemudian keramas seperti biasa.

4. Membuat Rambut Lebih Berkilau

Tahukah kamu? Rambut yg rusak kering dapat menjadikan rambut kelihatan kusam. Maka dari itu, cara agar membuat rambut anda dapat berkilau alami kembali yaitu mengembalikan kelembapannya.

Cara pakai: Gunakan campuran minyak kelapa dan conditioner takaranya 1:2. Kemudian pakailah campuran ini sebelum anda keramas. Metode tersebut dapat mencegah residu minyak kelapa karena tertinggal akibat bilasan-bilasan yang kurang bersih.

Pastikan kamu menggunakannya pada batang rambut dengan merata. Jangan lupa untuk pijat lembut kulit kepalamu. Bilas dan keramas dengan shampoo seperti biasa. Anda dapat menjadikan rambut berwarna anda menjadi lebih berkilau menggunakan metode ini.

5. Menghaluskan Rambut Kasar

Rambut kasar dikarenakan kurang nutrisi pada bagian batang rambut anda, pola dan gaya hidup makan yg kurang baik, atau jua arena keseringan menata bagian rambut menggunakan alat dan produk styling. Terutama juga karena keseringan mencuci rambut anda dapat menjadi penyebabnya.

Kami ucapkan ‘selamat!’ kalau anda orang yg dapat menerapkan 2 sekali pola keramas. Akan tetapi, Janganlah kecewa jika anda bukan orang yg dapat meninggalkan kebiasaan keramas 1 hari sekali. Kita dapat menerima kok jika cuaca dan iklim Indonesia memang kadang tidak mendukung.

Kalau anda merasa jika  keseringan keramas dapat menyebabkan rambut anda jadi kasar, anda dapat memanfaatkan minyak kelapa untuk rambut.

Cara pakai: Pada rambut anda oleskan minyak kelapa ini sebelum anda keramas, jikalau rambut anda merasa berkondisi kering. Seperti metode hot oil anda dapat menghangatkannya dulu.

Rambut basah itu rentan mengalami kerusakan jadi anda dapat memanfaatkan metode ini agar mengurangi risikonya. Minyak kelapa itu menyerap batang rambut secara cepat, melapisinya, dan menutrisinya. Menjadikan kutikula atau juga disebut folikel di batang rambut tidak dapat menyerap air yang banyak ketika anda keramas.

6. Mengatasi Ketombe

Yes, kamu tak salah baca. Minyak kelapa memang bisa mengatasi ketombe karena rontok. Masalah yang satu ini memang bisa disebabkan banyak ketombe!! Kulit kepala lembap dan juga tingkat stres juga dapat menjadikan masaah rambut, faktor jamur juga dapat menjadi mengganggu.

Minyak kelapa yg kaya akan anti-oksidan inilah yang dapat anda manfaatkan untuk mengurai jamur yg menjadikan ketombe. Ya anda dapat menggunakan campuran ini atau  bisa digunakan dengan biasa. Dan juga diiringi pijatan secara rata untuk semua bagian kulit kepala anda.

7. Menyuburkan Rambut

Penyebab rambut tipis pada rambut anda, dapat disebabkan seperti gaya hidup, hormon, penyakit tertentu,kondisi emosional, bahkan cuaca. Agar bisa lebih tebal dan kuat, Anda dapat memanfaatkan hair tonic menggunakan tambahan minyak kelapa.

Cara pakai: Selagi rambut dalam kondisi kering gunakan minyak kelapa sebelum keramas. urut-urut di kulit kepala anda kemudian tunggulah menit 2-3 menit an, kemudian anda juga dapat menambahkan shampo khusus rambut rontok untuk keramas.

8. Melindungi dari Efek Buruk Sinar UV

Warning ! Sinar UV menjadikan rusak rambut anda.

Efek buruk bagi rambut yaitu panas pada siang hari, kering ,bercabang, rontok, hingga patah itulah masalahnya. Menjadikan rambut anda dapat berpotensi kusam sampai kemerahan.Karena minyak ini bernutrisi anti-oksidan hingga dapat melawan radikal bebas pada polusi udara dan cuaca panas ekstrem!

Cara Pakai: Perawatan mingguan itulah cara yg tepat untuk melawan masalah ini dengan campuran krim creambath. Selama beberapa menit diamkanlah,kemudian anda keramaslah menggunakan shampoo agar melindungi rambut anda dari polusi lingkungan karena ini memiliki efek detoksifikasi yang maksimalkan.

9. Minyak Kelapa untuk Mengatasi Masalah Rambut Mengembang

Rambut anda awut-awutan?  Rambut anda mengembang seperti singa? masalah ini juga kerap dirasakan pada sebagian orang karena punya rambut bersifat tebal dan juga memang kering dan rusak. makanya, jikalau rambut anda awut-awutan kayak singa, memang di sebabkan rambut kering dan kusut.

Cara pakai: Memanfaatkan shampoo untuk melembapkan dan melembutkan di rasa kurang maksimal, maka pergunakanlah juga minyak kelapa, sebelum anda keramas. Sifat rambut yg tebal dan berpotensi kusut dan juga kering menjadikan rambut anda awut-awutan dan berpotensi mengembang.

Untuk melindungi rambut yang cenderung kering, keramaslah terlebih dahulu. Rambut mengembang dapat menjadi “lemas” dan lembut. Agar mengurangi kekusutan pada saatt keramas.

Pada batang rambut oleskanlah saja, kemudian diamkan beberapa detik (seperti menggunakanconditioner), kemudian kita baru keramas.

10. Merawat Rambut yang Mengalami Proses Kimiawi

Kamu habis mewarnai rambut? Atau baru saja diluruskan dengan smoothing atau rebonding? Nah, rambutmu sedang dalam kondisi paling rentan, nih. Akan jadi lebih kering ataupun terasa kasar karena melewati proses kimiawi tersebut.

Minyak kelapa ini kegunaanya mempertahankan kelembapan dalam batang rambut. Untung saja minyak ini dapat mengurangi hilangnya susunan protein di batang rambut.

Cara pakai: Kamu bisa menggunakannya dengan beberapa cara. Dicampurkan dengan shampoo atau conditioner untuk rambut yg diberi pewarnaan, anda dapat memanfaatkan shampoo dan conditioner juga.

Sesudah kita mengetahui manfaat minyak kelapa untuk rambut, alangkah baiknya kita tahu cara membuat minyak itu sendiri agar lebih mudah.

 

Cara Membuat Minyak Kelapa

Bahan-bahan :

  • 2 btr Daging kelapa tua
  • Air matang hangat secukupnya, agak panasan dikit gapapa
  • Alat (pastikan semua bersih):
  • Blender/ parutan / Mesin pembuat minyak kelapa
  • Baskom
  • Wadah plastik tertutup
  • Plastik kantong dan karet gelang
  • Saringan
  • Corong
  • Tissue tanpa parfum/ kain saringan
  • Botol kaca
  • Tangan jg harus bersih

Cara Membuat Minyak Kelapa :

  1. Daging kelapa dipotong kecil-kecil, masukan ke blender, tambahkan air matang secukupnya saja lalu blender sampai halus dan bersantan kemudian saring.
  2. Bisa juga dengan memarut kelapa lalu dicampur air dan remas”. Saring, atau bisa dilakukan untuk cara lebih mudahnya bisa menggunakan Mesin Minyak Kelapa Suplai Pabrik.
  3. Santan dimasukan ke kantong plastik. Tutup kantong plastik dengan diikat memakai karet. Diamkan kira” 1-2 jam.
  4. Setelah didiamkan akan terbentuk 2 lapisan. Bagian atas adlh santan kental dan yg dibawahnya adlh air.
  5. Angkat plastik dan lubangi sedikit salah satu sudut bawahnya. Biarkan air terbuang melalui lubang tsb. Segera tutup lubangnya bila bagian air sudah habis.
  6. Tuang bagian santan kentalnya kedalam wadah plastik bersih bertutup. Diamkan kira” 24 jam utk fermentasi.
  7. Setelah didiamkan akan muncul gelembung dipermukaan dan kemudian minyak mulai terpisah.
  8. Akan terbentuk 3 lapisan. Paling atas adlh minyak, dibawahnya adlh ampas santan(blondo) dan paling bawah adlh air. Minyak VCO berwarna bening jernih seperti air. Berbeda dgn minyak kelapa yg dimasak yg warnanya lebih keruh.
  9. Siapkan botol bersih yg dibagian atasnya diisi corong berlapis kain saringan atau tissue tanpa parfum. Sendok minyak perlahan lalu tuang kesaringan. Biarkan minyak menetes perlahan kedalam botol. Bagian ini bagi saya adlh bagian tersulit dari keseluruhan prosesnya? sabar dan hati”
  10. Atau bisa juga dengan memasukan wadah plastik tsb ke kulkas selama 1-2 jam shg minyak akan membeku. Dgn cara ini minyak lebih mudah dikeluarkan. Ambil minyak bekunya, letakkan di wadah bersih pada suhu ruang. Tunggu hingga minyak cair lalu saring seperti cara diatas.
  11. VCO sudah siap utk dikonsumsi langsung, memasak ataupun untuk kosmetik spt pelembab wajah dan rambut jg body lotion.

Minyak ini anti-comedogenic. Tingal pijat wajah dgn minyak ini lalu bersihkan dgn handuk.

Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk rambut sebagai kondisioner dengan mulai mencoba cara-cara di atas untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa bagi rambut. Namun jika rambut Anda masih juga bermasalah, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Kelapa ? Ini Kata Ahli!

Menurut tim R&D Unilever Global, minyak rambut didesain untuk diaplikasikan pada ujung rambut dimana usianya lebih tua dibandingkan pada batang rambut yang lebih dekat ke akar.

Kalau anda memanfaatkanya terlalu ke atas banget, ataupun terlalu dekat dengan kulit kepala, bisa jadi rambutmu dapat lepek dan kempes.

Kalau rambut anda begitu lurus dan tipis, bisa saja memakai minyak rambut dapat terasa sedikit berlebihan. Di sinilah kamu harus pintar untuk menggunakannya.

Hindarilah menyempro minyak rambut secara langsung pada rambut. Coba deh tuangkan atau semprotkan minyak pada telapak tangan sebelum mengaplikasikannya. Siapa bilang minyak rambut jadi culprit rambut lepek?

Ratakan minyak rambut ke seluruh telapak tangan, manfaatkan suhu tubuh untuk membuat minyak rambut lebih lumer sehingga mudah untuk diaplikasikan secara merata.

Gosok telapak tanganmu dengan memutarnya searah jarum jam beberapa kali. Kalau sudah lumer, oleskanlah dulu di ujung rambut. Mulai dari ujung rambut lalu perlahan-lahan naik ke bagian atas.

Ingat ya, a little goes along the way. Lebih baik gunakan sedikit-sedikit dan menambahnya perlahan jika kurang. Fokus pada ujung rambut dan tengah batangnya.

Baca Juga : Minyak Kelapa Untuk Masak Menjadi Lebih Bermanfaat

 

Paling Sering Ditanyakan! Apakah Minyak Kelapa Ini Membuatnya Makin Berminyak?

Pada tim R&D (Research and Development) Unilever Global kami bertanya langsung. Ternyata menurut tim ahli rambut Unilever, minyak rambut belum tentu membuat rambut makin berminyak.

Kamu perlu menemukan minyak rambut yang sesuai untuk jenis rambutmu dan menggunakannya dengan benar. Pada dasarnya, minyak rambut sangat bagus untuk rambut kering, kasar bahkan rambut keriting yang butuh kelembapan ekstra.

Jika rambut anda pernah di bleach atau smoothing, minyak rambut bisa menjadikan rambut terlihat tidak kaku.

Pada awalan, pilihlah terlebih dahulu produk yg memang pas pada kebutuhan rambut anda. Jika anda dapat mencoba tester-nya itu lebih bagus.

Jika rambut anda kering, anda membutuhkan minyak rambut karena konsistensinya memang lebih tebal. Akan tetapi kalau rambut anda lebih tipis, anda memerlukan minyak rambut yang lebih ringan (lightweight).

Aturannya :

Kalau rambut anda sudah diwarnai, di­-bleach, ataupun keriting, anda harus memilih produk yg rich formula. Akan tetapi kalau rambut anda normal dapat cenderung lebih tipis tipis, manfaatkan produk yg lebih ringan agar lebih mudah diserap pada batang rambutmu.

Kedua, kamu harus tau cara menggunakannya dan pada rambut seperti apa minyak rambut dapat digunakan.

 

Apakah Minyak Kelapa Ini Bisa Menumbuhkan Rambut ?

minyak kelapa untuk rambut

Sebenarnya, minyak kelapa tidak secara langsung dapat menumbuhkan rambut. Namun, kandungan-kandungan baiknya dapat membantu proses pertumbuhannya tanpa kendala.

Salah satu komponen yang penting dalam minyak kelapa adalah asam laurat (lauric acid) yang mampu mengikat protein dalam rambut, sehingga dapat membantu melindungi akar rambut dan batangnya dari kerontokan.

Kemudian antioksidan ini dapat menyehatkan kulit kepala anda dan juga dapat membuat peredaran darah dan pergantian sel kulitnya menjadi lebih normal. Selain itu, kandungan antijamur dan antibakterinya dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang bisa menghambat pertumbuhan rambut.

Kombinasi ketiga komponen ini dapat mencegah apapun yang menghambat proses pertumbuhan rambut. Hasilnya? Rambut jadi cepat panjang, deh !

Ya banyak manfaat yg dipunyai minyak kelapa untuk rambut,  jangan lewatkan manfaat minyak kelapa untuk rambut ini.

Terimakasih Untuk Jumpa Kita Di Hari Ini Semoga Artikel Ini Dapat Bermanfaat Bagi Anda ….. 🙂

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •