Bantul- Rumah Mesin kembali menggelar pengajian rutin setiap hari Kamis Pagi bertempatan di Limasan Media Centre. Pengajian kamis pagi pada hari Kamis, 15 Oktober 2020 dimulai pada pukul 07.30 sampai 08.30 WIB dan diikuti oleh seluruh Karyawan Rumah Mesin.

Pengajian kamis pagi diisi oleh Ustadz Dudi M. Rusyadi, S.Ag. Dibuka dengan pembacaan Al-Ma’surat bersama kemudian sesi tanya jawab dan penyampaian materi oleh Ustadz Dudi. Seperti pada bulan-bulan sebelumnya, setiap hari Kamis di akhir bulan dibuka sesi tanya jawab umum seputar permasalahan agama sebelum penyampaian materi. Setelah pembacaan Al-Ma’surat yang dipimpin langsung oleh Ustadz Dudi selesai dilanjutkan sesi tanya jawab. Segala dosa yang pernah diperbuat oleh manusia tentu saja dapat diampuni oleh Allah SWT asalkan mau bertaubat. Cara bertaubat sendiri ada beberapa jenis, tergantung taubat seperti apa yang dilakukan. Dalam Islam pun telah diberitahukan bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa dalam menghapus kesalahan kamu dengan bertaubat.

Pada pertemuan kali ini Ustadz Dudi M. Rusyadi, S.Ag.¬†Menjelaskan tentang ¬†‚ÄúCara Berhijrah dan Bertaubat Kembali pada Allah. Terdapat lima Cara Berhijrah dan Bertaubat Kembali pada Allah. Beberapa cara yang perlu dilakukan yang pertama, Mujahadah, mujahadah berasal dari kata Jahada’ yang berarti ‘bersungguh-sungguh, berjuang’. Dari akar kata ini, lahir kata jihad berarti berjuang. Bersungguh hati melaksanakan ibadah dan teguh berkarya amal sholeh, sesuai dengan apa yang telah diperintahkan Allah SWT yang sekaligus menjadi amanat serta tujuan diciptakannya manusia.¬†Kedua, Muhasabah diri, Muhasabah berarti introspeksi diri,menghitung diri dengan amal yang telah dilakukan. Manusia yang beruntung adalah manusia yang tahu diri, dan selalu mempersiapkan diri untuk kehidupan kelak yang abadi di yaumul akhir.Ketiga, Menghukum diri, Mu‚Äôaqabah artinya pemberian sanksi terhadap diri sendiri. Apabila melakukan kesalahan atau sesuatu yang bersifat dosa maka ia segera menghapus dengan amal yang lebih utama meskipun terasa berat, seperti berinak dan sebagainya.Pertemuan kali ini Ustadz Dudi M. Rusyadi, S.Ag.hanya menjelaskan tiga Cara Berhijrah dan Bertaubat Kembali pada Allah dan selebihnya akan dijelaskan pada pertemuan minggu depan. Semoga kita bisa mengamalkan apa yang ada dan dapat istiqomah dalam mengamalkan kebaikan. amin

WhatsApp chat