Rumah Mesin mendapatkan pelatihan Pelatihan Audit Mutu Internal SNI ISO 9001:2015 di meeting room Limasan Media Centre Rumah Mesin. Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Kamis (05/03/2020) pukul 08.00, setelah pengajian rutin hari Kamis. Pengisi pelatihan Audit Mutu Internal SNI ISO 9001:2015 yakni Bapak Ari Al Makhi dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) Jakarta.

Perwakilan dari BSN Jakarta

Tujuan diadakan pelatihan ini yang pertama adalah karena Rumah Mesin belum pernah mendapatkan atau melakukan pelatihan audit internal. Selain itu juga dikarenakan pelatihan audit internal ini merupakan bagian kebutuhan yang dipersyaratkan untuk penerapan ISO 9001:2015. Dalam pelatihan ini disampaikan hal-hal terkait bagaimana manajemen di perusahaan ini mengendalikan porsinya agar kualitas perusahaan terjaga.

Pelatihan Audit Mutu Internal SNI ISO 9001:2015

Sementara yang terlibat dalam Pelatihan Audit Mutu Internal SNI ISO 9001:2015 ini tidak seluruh karyawan. Adapun yang terlibat dalam pelatihan ini yakni Direktur Rumah Mesin, Manajer Produksi, Bagian Gudang, Bagian Penjualan, dan Bagian Manajemen Mutu. Tidak semua karyawan dilibatkan dalam pelatihan tersebut dikarenakan bagaian-bagian tersebut yang berkaitan langsung dengan manajemen mutu produk serta berinteraksi langsung dengan pelanggan.

HR Rumah Mesin, Manajer Produksi, Tim Produksi, dan Perwakilan BSN Jaka

Dari pelatihan tersebut beberapa masukan disampaikan oleh perwakilan dari BSN Jakarta yang berkesempatan mengisi pelatihan. Salah satunya terkait kebersihan di workshop Rumah Mesin. Diharapkan ke depannya agar lebih bersih lagi. Untuk kebersihan ini sebenarnya Rumah Mesin sudah menerapkan program Jum’at Bersih untuk seluruh karyawannya.

Setiap hari Jum’at, sebelum memulai pekerjaan dihimbau untuk membersihkan lingkungan kerja. Baik itu ruangan kerja masing-masing maupun lingkungan yang masih berada di area Rumah Mesin. Durasi kegiatan Jum’at bersih ini 30 menit hingga 1 jam. Selain itu, setiap 3 bulan sekali Rumah Mesin juga melaksanakan clean up day tiga bulan sekali dengan durasi kegiatan bersih-bersih yang lebih lama.

Bagian Gudang, Keuangan, dan Sales

Masukkan dari BSN tersebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi Rumah Mesin agar ke depannya menjadi perusahaan yang lebih baik lagi. Pihak HR berharap setelah diadakan Pelatihan Audit Mutu Internal ini Rumah Mesin bisa segera lulus sertifikasi SNI dan berlanjut ke sertifikasi ISO 9001:2015.