Pelatihan Pembuatan Gula Semut Gula Semut di Rumah Mesin

Beberapa waktu lalu Rumah Mesin kedatangan tamu sejumlah 3 orang dari Penyuluh UPTD Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah untuk melakukan training pembuatan gula semut.

Pelatihan tersebut dipimpin oleh Bapak Hujaemi Selaku Manajer produksi yang kemudian dilanjutkan dengan dipandu oleh Pungki Agus Kurniawan.

Pembuatan gula semut sendiri terbagi ke dalam dua bahan. Adapun bahan tersebut dapat menggunakan nira kelapa atau aren dan juga gula aren. Untuk pembuatan gula semut dengan menggunakan bahan nira dan gula kelapa sendiri tidak terlalu berbeda jauh cara pembuatannya.

Jika menggunakan bahan nira maka harus dikristalisasikan terlebih dahulu sedangkan untuk gula aren harus dicacah terlebih dahulu. Setelah melalui proses tersebut prosesnya pun sama yaitu di oven ke dalam mesin oven gula semut. Kemudian gula semut yang sudah dioven dimasukkan ke dalam mesin penepung.

Untuk finishingnya gula semut dimasukkan ke dalam mesin ayak untuk disaring dipisahkan gula semut yang sudah halus dan kasar. Electrik Yoga sebagai salah satu perwakilan dari Penyuluh UPTD Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah mengungkapkan bahwa program pelatihan ini sangat bermanfaat untuk mereka.

“Kami merasa berterima kasih sekali atas kesediaan Rumah Mesin untuk menjelaskan proses dari awal sampai akhir”, tutur Electric Yoga.