Pelatihan Pencegahan Kebakaran dan Penggunaan APAR di Rumah Mesin

Demi mewujudkan keselamatan kerja dan mencegah terjadinya hal-hal berbahaya di lingkungan kerja, Manajemen Rumah Mesin mengadakan pelatihan pencegahan kebakaran dan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada seluruh karyawan terutama karyawan Departemen Produksi. Acara ini dilaksanakan dengan menggandeng Departement Safety dari PT. Citra Total Proteksindo.

HR Manajer Rumah Mesin mengungkapkan beberapa alasan diadakannya pelatihan ini.

“Ini merupakan bagian rencana kerja 2019 yang sudah diagendakan dengan tujuan untuk menghindari kecelakaan kerja dikarenakan lingkungan kerja kita ini berkaitan dengan api dan gas. Selain itu pada awal tahun 2017 juga pernah terjadi kebakaran kecil, sehingga dengan diadakan pelatihan ini karyawan akan cepat tanggap jika dihadapkan dengan situasi yang sama,” tutur Nugraha Jaka Susanta HR Manajer Rumah Mesin.

Pelatihan pencegahan kebakaran dan penggunaan APAR dibuka oleh Bapak Hujaemi selaku Manajer Produksi. Beliau menyampaikan kepada karyawan untuk mengikuti kegiatan dengan seksama agar dapat menggunakan ilmu yang didapat untuk dipraktikkan ketika terjadi kebakaran di lingkungan kerja ataupun masyarakat.

Setelah sambutan dari Manajer Produksi acara dilanjutkan dengan pemberian materi selama kurang lebih 15 menit oleh Bapak Selyanto dari Departement Safety PT. Citra Total Proteksindo. Adapun materi yang disampaikan pertama adalah bahwa ada 3 hal yang bersatu menjadi segitiga api yang antara lain Oksigen, panas dan bahan (bahan mudah terbakar, bahan bakar, dan sebagainya).

Untuk mengatasi kebakaran kecil dapat dilakukan dengan beberapa cara. ada cara konvensional dan cara modern. Adapun cara konvensional dengan menggunakan kain goni, selimut, atau handuk yang telah dibasahi air. Sedangkan cara modern yaitu dengan menggunakan alat Racun Api Powder.

Pada pelatihan tersebut seluruh karyawan maupun pihak Manajemen dipersilakan mempraktekan cara mengatasi kebakaran kecil yang dimulai dari memadamkan api dengan mematikan api dengan menggunakan kain goni basah yang ditutupkan ke api yang menyala. Kemudian dilanjutkan dengan praktek mematikan kebakaran yang berasal dari gas dengan cara menekan ujung selang yang memancarkan api dengan ibu jari dan segera melepas regulatornya. Dan yang terakir praktek mematikan api dengan menggunakan Alat Racun Api Powder.

Seluruh karyawan terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Satu persatu mereka mempraktekkan cara memadamkan api. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh karyawan dengan petugas dari Departement Safety PT. Citra Total Proteksindo.