Mesin Batok Kelapa – Mesin Pengupas Batok Kelapa

Mesin Pengupas Batok Kelapa merupakan salah satu mesin yang fungsinya untuk menghancurkan kulit kelapa dan untuk mengambil isi kelapa dari batoknya.

Mesin pengupas batok kelapa ini didesain dari bahan stainless steel sehingga lebih berkualitas dan tahan lama. Dengan memakai mesin ini maka akan menghasilkan buah kelapa yang sudah terpisah dari tempurungnya dan hasilnya akan tetap bagus dan rapi.

Mesin pengupas batok kelapa ini sangat bermanfaat bagi pengusaha yang memakai bahan baku kelapa.  Buah kelapa memiliki banyak manfaatnya tersendiri.

Karena buah kelapa biasanya digunakan untuk bahan baku utama dalam pembuatan minyak maupun santan yang dipakai untuk bahan masakan, dan masih banyak lagi kegunaannya.

Spesifikasi Mesin Pengupas Batok Kelapa / Mesin Pengolahan Kelapa

1. Mesin Pencungkil Kelapa Kapasitas 100 Butir / Jam

Mesin Cungkil Kelapa Satu Mata

Spesifikasi Mesin Pencukil Kelapa Kapasitas 100 Butir / Jam

Dimensi Mesin  : 600 x 550 x 900mm
Kapasitas  : 100 Butir / Jam
Jenis  :  1 Mata Cungkil
Daya ( Power )  : ½ HP
Penggerak  : Motor Listrik ( Elektro Motor )
Energi Yang Digunakan  : Listrik
Tegangan Listrik   : 220 V 1 Phase
Frekuensi Listrik  : 50 Hz / 60 Hz
Bahan Material  : Plat Eser
Bahan Material Rangka  :   Besi Siku
Fungsi  : Untuk Mencungkil Batok Kelapa

2. Pencungkil Kelapa 2 Mata

Mesin Pengolahan Kelapa

Spesifikasi Pencukil Kelapa 2 Mata

Kapasitas  : 200 Butir – 300 Butir / Jam.
Penggerak  : Motor Listrik.
Daya ( Power )  :  1 HP
Energi Yang Digunakan  : Listrik
Tegangan Listrik   : 220 V
Frekuensi Listrik  : 50 Hz / 60 Hz.
Bahan Material Bodi  : Plat Besi Plattezer.
Bahan Material Pisau / Gergaji  : Baja
Bahan Material Rangka Mesin  : Besi Siku
Dimensi Mesin  :   1000 mm x 550 mm x 1000 mm.
  • Fungsi : Untuk Mencungkil Batok Kelapa Dari Dagingnya Serta Untuk Melepas Batok Kelapa.

3. Mesin Pembelah Kelapa MBK-100B Untuk Yang 2 Mata

mesin pembelah kelapa

Spesifikasi Mesin Pembelah Kelapa MBK-100B Untuk Yang 2 Mata

Dimensi  :  1200 x 1000 x 1200
Rangka  : Besi siku 50/50
Penggerak  : dinamo 5,5 hp 1ph dan 1/2 hp 1ph dgn speed reduser
Jumlah mata pisau  : 2 bh
Material cover  : plat eser 1,2 mm

Mesin Kelapa – Mesin Pengolah Kelapa – Mesin Pengupas Batok Kelapa

Mesin Kelapa merupakan salah satu alat yang fungsinya untuk memarut butiran atau kepingan kelapa menjadi kelapa parut.

Kelapa parut adalah bahan yang paling utama dalam proses pembuatan santan kelapa. Selain itu, kelapa parut  juga sering digunakan untuk bahan campuran pada saat membuat aneka macam kue. Seperti untuk aneka biskuit, kue kering, kue basah, tepung kelapa dan lain sebagainya.

Inilah pentingnya bahan masakan yang bernama kelapa parut, sampai ada yang membuat usaha kelapa parut instan. Oleh sebab itu kebutuhan atau permintaan akan mesin atau alat untuk membuat kelapa parut sangatlah tinggi.

Manfaat Kelapa

1.Kerajinan Tangan

Selain dijadikan sebagai arang batok kelapa dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang menarik. Jika kalian memiliki jiwa seni, kalian dapat menyalurkannya ide kalian dengan membuat kerajinan dari batok kelapa.

Kalian dapat membuat banyak sekali kerajinan dari batok kelapa seperti; membuat gantungan kunci, celengan, cangkir, teko, tas, mangkok dan masih banyak lagi. Kalian tidak hanya membuat tetapi kalian juga bisa menjual hasil karya kalian. Dapat sebagai peluang  bisnis yang menjanjikan dari kerajinan batok kelapa.

2.Tali Tambang

Sering sekali kita melihat sabut kelapa dibuang sia-sia padahal bisa digunakan sebagai kerajinan. Sabut kelapa bisa dibuat menjadi tali tambang . Kerajinan ini berbahan dasar sabut kelapa.

Energi Dari Batok Kelapa

Tempurung kelapa merupakan bagian dari buah kelapa yang berupa endokrap, yang bersifat keras, dan diselimuti oleh sabut kelapa. Tempurung kelapa sering sekali dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan, bahan bakar, dan briket.

Tempurung kelapa yang diolah bisa menghasilkan nilai tambah yang sangat berharga. Tempurung kelapa memiliki banyak potensi yang sangat bagus dan praktis untuk pemanfaatannya.

Bentuknya bulat dan keras untuk memudahkan pengrajin tempurung kelapa agar membentuk hasil kerajinannya. Saat ini jadi pusat perhatian dan penggunaan terbesar dari pemanfaatan tempurung kelapa yaitu sebagai penyimpan energi.

Agar dapat dijadikan penyimpan energi listrik yang tidak dapat habis, maka perlu diisi terus – menerus. Untuk saat ini pengisian energi listrik dilakukan dengan cara pengisian yang tergantung oleh PLN, diesel, accu, ataupun PLTU.

Jika PLN mati (pemadaman) atau diesel kehabisan bahan bakar (solar), maka proses pengisian terhambat. Sumber energi yang seperti PLN, diesel ataupun PLTU adalah sumber energi yang tidak bisa diperbaharui ketersedian bahan bakunya.

Saat ini yang banyak digunakan masyarakat adalah penggunaan accu/baterai sebagai sumber pengisian energi listrik.

Namun accu juga memiliki kendala, yakni jika habis akan dilakukan pengisian ulang, namun apabila PLN mati/pemadaman,proses pengisian terhambat.Oleh karena itu dicari terobosan baru cara pengisiannya tanpa menggunakan listik (PLN).

Akhirnya ditemukan pengisian energi listik dengan memanfaatkan arang tempurung kelapa. Pemanfaatan arang tempurung kelapa untuk penyimpan energi yamng memiliki potensi yang sangat  bagus, ramah lingkungan, dan ketersedian bahan baku yang banyak (dapat diperbaharui).

Perancangan Proses Produksi

Mesin adalah sebuah alat yang biasa digunakan oleh manusia guna mempermudah kerja atau berbagai aktifitas yang berhubungan dengan mesin itu sendiri secara praktis dan otomatis.

Mesin pemarut kelapa adalah sebuah alat pemarut kelapa yang dapat digunakan untuk memarut kelapa. Dewasa ini perubahan demi perubahan di bidang teknologi khususnya mesin saat ini berkembang lebih  pesat sekali, “Mesin pemarut kelapa” adalah salah satunya.

Mesin ini bisa lebih efisien dan praktis dari mesin pemarut kelapa yang suadah ada di pasaran karena mesin ini tidak memakai banyak komponen penunjang di dalamnya, selain itu proses pemarutannya tidak perlu mengupas terlebih dahulu batok kelapanya melainkan hanya dengan cara dibelah menjadi dua kemudian langsung dilakukan proses pemarutan.

Peluang Bisnis dan Pengolahan Sabut Kelapa

Kulit buah kelapaatau sering di sebut sabut ternyata bernilai ekonomi tinggi.  Itu setelah bahan baku itu diolah menjadi serat (cocofiber).  Serat inilah yang dicari di pasar sebagai bahan baku jok mobil, furniture, pot, geotekstil, maupun matras.

Pasar ekspor dan domestik menyerap produk itu dalam jumlah besar. Sebelum terjun dalam bisnis sabut kelapa, praktikus pengolah sabut kelapa, Ir A Sidik Omar MM, mengajak Anda mengenali potensi, persiapan membangun bisnis sabut kelapa, dan praktik membuat produk turunan sabut kelapa.

1. Materi

  • Peluang pasar sabut kelapa
  • Persiapan terjun ke bisnis sabut kelapa
  • Mengenal produk-produk turunan sabut kelapa
  • Proses pembuatan jok mobil
  • Proses membuat tempat duduk tatami

2.Biaya

  • Member trubus-online.co.id dan pelanggan Trubus Rp1.150.000 per peserta
  • Umum Rp1.250.000 per peserta

Biaya termasuk makalah, rehat kopi, makan siang, dan transportasi kunjungan ke industri kecil sabut kelapa.

Peluang Usaha Produk Olahan Kelapa

Populasi tanaman kelapa di Indonesia yaitu yang terbesar di dunia, pohon kelapa akan tumbuh sekitar 3 juta hektar di Indonesia atau 30% dari total pohon kelapa dunia. Dari sinilah seharusnya Indonesia bisa menguasai produk yang berbahan dasar kelapa, misalnya produk minyak kelapa, sabut, tempurung dan masih banyak lagi.

Untuk saat ini untuk produksi sabut kelapa, Indonesia masih di bawah dari India dan Filipina. Efisiensi produksi sabut India mencapai 50% lebih ,sementara Indonesia baru 10%. Untuk sabut kelapa, India dan Srilangka lah yang mengasai pasar dunia, sedangkan minyak kelapa masih didominasi oleh Filipina.

Semua produk dan bahan baku kelapa sebenarnya sangat berpotensi besar, baik di pasar lokal maupun Internasional. Hampir semua bagian buah dan pohon kelapa bisa dimanfaatkan .

Beberapa bagian dari tanaman kelapa yang bisa dimanfaatkan untuk produk bernilai ekonomi sbb:

1.Batang Pohon Kelapa

Batang pohon kelapa selain dimanfaatkan sebagai kayu ,bisa pula dijadikan sebagai handikraft ,seperti misalnya pembuatan bahan cover Laptop ,notebook, dan bisa pula untuk bahan kerajinan seperti misalnya sendok, sumpit , nampan dan beberapa perkakas rumah lainnya .

2. Batang Lidi kelapa

Lidi dan daun kelapa bisa dijadikan sapu,tempat tisu dan tas etnik dll.

3. Daun kelapa

Daun kelapa sering digunakan sebagai pembungkus ketupat dan bahan kerajinan, dan juga untuk atap rumah.

4. Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa sering sekali dijadikan berbagai produk ,seperti: arang yang berfungsi untuk membuat karbon aktif (berguna untuk mengoperasikan kipas, filter air, briket, asap cair dan lainnya.

Briket termpurung kelapa memiliki kalor yang tinggi dan menghasilkan panas yang bagus, sehingga briket cocok untuk industri makanan, dan industri-industri lainnya yang memerlukan pemanasan pada proses produksinya.

Sedangkan tempurung yang digunakan untuk menghasilkan asap cair bisa digunakan untuk penqawetan makanan, ikan dan desinfektan.Beberapa pengrajin mam;pu menyulap tempurung atau batok kelapa menjadi barang bermanfaat, seperti misalnya centong, dompet,sendok,mainan anak-anak, dll.

5. Sabut Kelapa

Produk berbahan sabut kelapa yang disebut cocopeat bisa digunakan sebagai media tanam dan media ternak cacing karena bisa menahan serapan air. Limbah cocopeat berupa serbuk kasar juga bisa digunakan sebagai bahan bakar Industri pembuatan batu bata dan tahu.

Selain untuk cocopeat, serabut kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan baku cocofiber yang digunakan untuk bahan pembuat matras, pengisi jok pesawat, jok mobil, kasur pegas, sikat, tali , filter, sebagai penahan erosi yang ada pada lereng pegunungan atau pun daerah pantai, untuk peredam suara .

Cocofiber dapat digunakan juga untuk membuat cocopot yaitu pot berbahan sabut kelapa yang bisa digunakan sebagai media tanam alami . Sabut Kelapa juga dijadikan sebagai salah satu komponen untuk pembuatan briket

6. Daging buah kelapa

Pada bagian daging buah kelapa bisa untuk minyak kelapa, nata de coco, santan dan juga sebagai bahan minuman dan Iain-lainnya.

Produk berupa minyak kelapa, yang diisukan sebagai minyak jahat atau minyak kampung, ternyata hanya propaganda pasar barat yang notabene mereka ingin melindungi pasar minyak kedelainya .

Banyak ilmuwan yang menyatakan bahwa minyak Kelapa jauh Lebih sehat dari minyak manapun , baik untuk kosmetik maupun konsumsi.

Demikianlah tulisan tentang “Pemanfaatan tanaman kelapa sebagai sumber peluang usaha” ini saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Keunggulan Memarut Kelapa dengan Mesin Pemarut Kelapa Modern

Diciptakannya sebuah mesin tidak lain bertujuan untuk meringankan pekerjaan manusia. Banyak sekali berbagai mesin canggih dengan berbagi kegunaan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah saat ini, misalnya saja mesin pemarut kelapa ini.

Dengan telah dihadirkannya mesin khusus parut kelapa, Anda bisa memarut kelapa dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang cepat dan mudah tanpa membutuhkan tenaga yang berarti.

Selain itu masih banyak hal keuntungan yang bisa Anda dapatkan berkat kehadiran mesin ini, khususnya bagi Anda yang ingin membuka usaha parut kelapa atau usaha lain yang membutuhkan parutan kelapa sebagai salah satu bahan pembuatannya.

1.Kegunaan Mesin

Didengar dari namanya saja, sudah pasti mesin pemarut kelapa ini digunakan untuk memarut kelapa. Namun bukan hanya daging kelapa saja yang bisa diparut dengan alat ini, bahan lain seperti singkong juga bisa diparut menggunakan alat ini.

Banyak orang yang enggan untuk memarut kelapa secara manual karena tajamnya alat parut yang dapat melukai jari apabila tidak memegang kelapa dengan erat serta tekstur kelapa yang cukup keras sehingga membuat Anda akan cepat lelah untuk memarutnya secara manual.

Apalagi kalau parutan kelapa yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak, sudah pasti tenaga yang dibutuhkan juga semakin banyak. Mengingat hal itu, maka mengandalkan mesin pemarut merupakan solusi terbaik yang rekomendasi bagi Anda.

2.Spesifikasi Mesin

Biasanya, mesin pemarut kelapa memiliki kapasitas pengolahan antara 150 sampai 200 kg per jamnya. Bahan pembuatan alat ini menggunakan stainless steel 201 yang aman untuk bersentuhan dengan bahan makanan yang akan Anda makan.

Dengan diameter parut 4 inch dan material rangka yang berbentuk besi siku 3 dan 4 serta transmini pull dan v belt, penggunaan mesin pemarut kelapa dapat bekerja secara maksimal untuk mengolah kelapa menjadi parutan kelapa yang lebih siap untuk diolah menjadi bahan makanan selanjutnya.

3.Keungulan Menggunakan Mesin Pemarut

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan memarut kelapa menggunakan mesin pemarut ini, antara lain sebagai berikut:

  • Mesin mudah dioperasikan
  • Bentuk mesin yang ringkas dan fleksibel diletakkan dimana saja
  • Konstruksi mesin yang kokoh dan kuat
  • Bisa digunakan untuk memarut berbagai bahan baku seperti kelapa, singkong dan sagu
  • Hasil parutan lebih maksimal
  • Dapat memarut dalam jumlah yang banyak dengan waktu yang singkat

4.Cara Kerja Mesin Parut

Mengendalikan mesin pemarut kepala bukan hal yang sulit untuk dilakukan, tentunya Anda juga sangat bisa untuk mengoperasikannya. Adapun cara pengoperasian mesin parut kelapa ini adalah sebagai berikut:

  • Hidupkan mesin
  • Masukkan bahan baku yang akan diparut ke dalam corong input mesin
  • Bahan baku akan diparut oleh mesin
  • Jangan lupa untuk meletakan wadah parutan pada bagian corong pengeluaran mesin
  • Hasil parutan akan keluar pada corong pengeluaran mesin
  • Parutan kelapa siap diolah

Makanan Dari Bahan Dasar Kelapa

a. Wingko Babat

Bahan-bahan:

  • 400 gram kelapa parut setengah tua, kukus 15 menit
  • 250 gram gula pasir
  • 150 gram tepung ketan putih
  • 50 gram tepung tapioka
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok teh pasta vanili
  • 150 ml santan kental, rebus dengan daun pandan
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • Margarin secukupnya untuk olesan

Cara Membuat Wingko Bababt:

  1. Siapkan wadah yang bersih dan kering. Masukkan semua bahan ke dalamnya, kecuali santan, telur, dan minyak goreng.
  2. Aduk rata dan remas-remas menggunakan tangan.
  3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diremas terus hingga rata. Kalau adonan dirasa sudah dapat dipulung, tidak perlu menambahkan santan lagi. Jangan terlalu lembek atau encer.
  4. Masukkan telur dan minyak goreng, aduk merata.
  5. Panaskan wajan datar antilengket atau cetakan kue lumpur. Olesi dengan margarin.
  6. Tuang sesendok makan adonan wingko. Panggang dengan api kecil hingga kuning kecokelatan di kedua sisinya.
  7. Angkat dan sajikan.

b.Kue Putu

Bahan-bahan:

  •  200 gram tepung beras
  • 100 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gram gula merah
  • Daun pandan secukupnya
  • Kelapa parut secukupnya

Cara Membuat Kue Putu:

  1. Masak air bersama garam dan daun pandan hingga mendidih, sisihkan sampai agak hangat.
  2. Masukkan air tadi ke dalam tepung beras. Lalu aduk hingga bergumpal kasar.
  3. Kemudian saring tepung tadi dengan saringan kawat.
  4. Saring hingga mendapatkan butiran tepung berasa yang halus.
  5. Setelah itu potong kecil-kecil gula merah.
  6. Masukkan tepung yang sudah disaring sebanyak 1/3 ke dalam cetakan plastik kue atau agar. Lalu masukkan gula merah secukupnya di atasnya.
  7.  Masukkan kembali tepung beras sampai penuh. Setelah itu kukus selama kurang lebih 40 menit.
  8.  Angkat dan sajikan kue putu bersama kelapa parut. Selamat mencoba!

Info Pemesanan Mesin Pengupas Batok Kelapa / Mesin Pengolahan Kelapa

Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

Mesin Pengupas Batok Kelapa / Mesin Pengolahan Kelapa

Kami menyediakan Mesin Pengolahan Kelapa yang dapat membantu mempermudah anda dalam membuat / memproduksi jahe instan.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda dengan menyediakan Mesin Pengolahan Kelapa yang dapat menunjang kegiatan usaha Anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Pengolah Kelapa ini.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin–mesin dari kami secara langsung di Workshop kami.

Kami hanya bisa memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Sekian dan terimakasih atas kunjungannya artikel kali ini.