Mesin Cungkil Kopra Kelapa Terbaru 2023

Mesin Kopra Kelapa

Mesin Cungkil Kopra Kelapa Adalah sebuah alat atau mesin yang berfungsi untuk menghancurkan batok kelapa sekaligus mencungkil atau mengambil daging kelapa dari batoknya.

Baru….! Mesin Kopra, berupa Mesin Cungkil Kopra Kelapa untuk mempercepat pengerjaan kopra.

Mesin Cungkil Kelapa adalah sebuah alat atau juga disebut  mesin yang berfungsi untuk bisa menghancurkan batok kelapa dengan sekaligus mencungkil atau juga mengambil daging kelapa dari batoknya. Alat ini mempunyai atau mempunyai atau memiliki 2 tipe yaitu bermata pisau 1 dan juga 2 yang bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan.

Untuk bisa mencungkil buah kelapa biasanya kalian memakai atau menggunakan cara manual dengan hanya menggunakan atau memakai alat seadanya dan juga memerlukan waktu yang cukup lama dan juga menguras tenaga.

Kalian bisa memberikan solusi berupa beberapa alat agar untuk mencungkil kelapa yang juga bisa dapat mempermudah proses dalam memisahkan daging buah kelapa dengan adanya tempurung kelapa dengan lebih praktis. Mesin ini mempunyai atau memiliki dua tipe yaitu bermata satu dan juga bermata dua yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Sebuah alat pencungkil kelapa bermata dua dapat dipakai atau digunakan atau dioperasionalkan oleh 2 orang operator. Sehingga alat mesin pencungkil Kelapa dua mata ini juga dapat bisa mempercepat proses pencungkilan kelapanya.

Sebuah alat Cungkil ini yang memiliki atau mempunyai bermata dua  ini sangat cocok sekali agar bisa untuk di pakai atau digunakan untuk para produsen kopra, pengrajin minyak goreng kelapa, para penjual kelapa pasar, penjual santan kelapa dan juga kebutuhan lainnya tersebut.

Kopra berasal dari daging kelapa yang akan sudah melalui dengan tahap proses pengeringan yang bisa diolah lagi dengan menjadi beberapa produk turunan lainnya. Kopra ini akan biasanya akan diolah lagi menjadi minyak kopra dengan adanya bantuan mesin pengolah kopra.

Salah satu alat mesin kopra ini yang paling sangat berpengaruh yaitu mesin pengering kopra yang sangat mampu membuat daging kelapa ini menjadi kopra yang sangat berkualitas sekali. Mesin alat Kopra Kelapa merupakan sebuah alat dan juga sarana untuk bisa membantu memproduksi kopra kelapa dari buah kelapa.

Proses inti dari sebuah alat mesin kopra ini merupakan untuk bisa mengeringkan buah kelapa ini menjadi kopra kering dengan memakai atau menggunakan oven pengering kopra.

Namun di pada sebelumnya untuk bisa mempermudah proses pengeringan kopra, anda juga bisa akan menyediakan pencungkil kopra basah, yang akan agar di saat pengovenan lebih cepat atau juga sangat cepat.

Model Dan Spesifikasi Mesin Cungkil Kopra Rumah Mesin

Mesin Kopra Kelapa
Gambar Mesin Cungkil kopra

Rp. CALL

Spesifikasi Mesin Cungkil Kelapa Kapasitas 100 Butir / Jam ( 1 Mata Pisau ) :

Dimensi Mesin : 600 x 550 x 900mm
Kapasitas : 100 Butir / Jam.
Jenis : 1 Mata Cungkil
Daya ( Power ) : 1/2 HP.
Penggerak : Motor Listrik ( Elektro Motor ).
Energi Yang Digunakan : Listrik.
Tegangan Listrik : 220 V 1 Phase.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Bahan Material : Plat Eser.
Bahan Material Rangka : Besi Siku.
  • Fungsi : Untuk Mencungkil Batok Kelapa.

Berikut adalah video proses pencungkilan daging kopra dari tempurungnya (video model lama).

 

Informasi Pemesanan Mesin Cungkil Kopra Kelapa Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383
Email : rumahmesin@gmail.com
Fax : 0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Cungkil Kopra Kelapa bagia anda yang ingin memisahkan daging kelapa dari batoknya dengan mudah. Serta menghasilkan daging kelapa yang lebih utuh, walaupun tidak 100 % utuh.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Pabrik Minyak Kelapa Kopra

Minyak kelapa kopra pun telah dipasarkan hingga ke berbagai penjuru dunia. Sejak dulu, petani kopra telah mengenal teknik pembuatan minyak kelapa. Cara tradisional yang dijalankan masyarakat pun masih bertahan hingga hari ini. proses penjumuran kopra biasanya dilakukan selama 3 sampai 5 hari. Kopra yang telah kering kemudian akan dicacah menjadi parutan kasar sebelum diperah minyaknya.

Pengolahan Di Pabrik Minyak Kelapa Kopra

Seiring perkembangannya, pengolahan minyak kopra pun telah beralih ke skema industri yang lebih maju. Pabrik-pabrik minyak kelapa kopra pun bemunculan di Indonesia. Tak hanya industri besar, petani kopra pun sudah mulai menerapkan teknologi untuk mengolah buah kelapa. Satu di antaranya dengan mesin oven. Mesin ini digunakan untuk mengeringkan buah kopra secara lebih cepat dan konsisten.

Produk Turunan Minyak Kopra

Minyak mentah atau CCO kemudian akan diolah kembali menjadi beberapa produk turunan. Di antara produk turunan kopra yang paling sering dipasarkan antara lain:

1. Minyak Goreng

Meskipun baik kelapa kopra maupun kelapa sawit, ke dua produk ini dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuat minyak goreng dan sebagian besar produksi kelapa digunakan menjadi bahan baku minyak goreng.

2. Biodiesel

Namun minyak kelapa kopra ini juga mulai dimanfaatkan sebagai bahan bakar biodiesel. Meski biodiesel yang merupakan jenis bahan bakar yang ramah lingkungan dan dapat menghasilkan kinerja mesin diesel lebih maksimal.

3. Mentega

Namun minyak kelapa kopra juga kerap digunakan sebagai bahan baku industri pengloahan makanan, yang salah satunya adalah sebagai bahan pembuat mentega.

4. Kosmetik

Mungkin tidak bisa dipungkiri bahwa minyak kelapa juga digunakan sebagai bahan baku pembuat kosmetik, misalnya minyak kelapa VCO yang sering digunakan menjadi bahan pembuat lotion dan produk pelembut kulit dan wajah. Namun minyak kelapa dan minyak sawit juga digunakan sebagai bahan dasar pembuat lipstick, manfaatnya untuk pemulas bibir yang menjadi kosmetik wajib bagi perempuan ini mengandung minyak kelapa untuk menahan warna dan membuatnya tidak meleleh

5. Sabun

Kandungan vitamin dan mineral dalam minyak kelapa juga berguna untuk menjaga kebersihan tubuh. Itu lah mengapa minyak kelapa dijadikan bahan dasar pembuatan sabun. Minyak kelapa berguna untuk membuat sabun lebih halus dan lembut.

6. Pakan Ternak

Bungkil kelapa atau copra expeller biasanya dianggap sebagai ampas. Namun jangan salah, bungkil kelapa ternyata mengandung lemak dan protein. Bungkil kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan ternak seperti sapid an babi.

Potensi bungkil kelapa sangat besar di Indonesia. Produk ini bahkan diminati sebagia komoditas ekspor ke negara tetangga seperti Vietnam, India dan negara Asia lainnya.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

Meski selain yang digunakan sebagai bahan pengolahan makanan, minyak kelapa rupanya memiliki segudang manfaat. Dengan minyak kelapa ini juga dapat dimanfaatkan sebagai nutrisi yang menyehatkan tubuh. Ini lah beberapa manfaat minyak kelapa sehat:

1. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Untuk anda yang memiliki riwayat diabetes, minyak kelapa merupakan produk yang tepat untuk Anda. Dalam kandungan Medium Chain Triglycerides (MCT) pada minyak kelapa dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

Meskipun nutrisi tersebut yang dapat digunakan untuk meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh, sehingga membantu menjaga gula darah tetap stabil, sehingga, mengkonsumsi minyak kelapa sehat secara teratur sangat baik bagi penderita diabetes.

2. Mencegah Osteoporosis

Meski selain menjaga kestabilan gula darah, minyak kelapa yang berkualitas juga dapat membantu penyerapan magnesium dan kalsium untuk tubuh. Dalam fungsi ini sangat berguna bagi anda yang ingin menjaga kesehaan tulang dan persendian.

3. Menghilangkan Bakteri dan Parasit Dalam Tubuh

Meski minyak kelapa sehat juga yang mengandung antioksidan yang tinggi, namun antioksidan yang merupakan zat yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan kandungan antioksidan tersebut pada minyak kelapa dapat memabntu mengobati peradangan pada organ tubuh seperti arthritis, batu empedu dan pankreatitis.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Meski minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik). Untuk asam lemak jenuh pada minyak kelapa tersebut dapat mengubah LDL atau kolesterol jahat menjadi tidak berbahaya.

Dalam kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Namun untuk itu, minyak kelapa dapat membantu untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

5. Menurunkan Berat Badan

Namun apabila anda yang menganggap minyak kelapa dapat membuat gemuk, hal itu sama sekali tidak benar. Meski minyak kelapa yang mengandung asam lemak jenuh yang justru dapat membantu membakar lemak pada perut.

Jenis Kopra, Ciri-Ciri Kopra Asalan, Regular, Edibel Dan Teknik  Pengeringan Kopra

1. Kopra Asalan

Meski kopra yang sejenis ini menggunakan kata “asalan” bukan tanpa alasan, hal ini karena kelapa-kelapa yang digunakan untuk membuat kopra asalan tidak terpatok pada kriteria tertentu.Selain begitu, daging kelapa nya tidak harus mulus dan tak jarang berlubang atau pecah dan warna kopra asalan umum nya cokelat tua atau hitam.

Namun untuk mendapatkan kopra asalan, pada uumum nya menggunakan teknik penjemuran langsung di bawah sinar matahari ataupun menggunakan metode pengeringan dengan cara diasap (Smoke Drying system).

Metode Pengeringan Kopra Asalan Dengan Sun Drying System

Metode pengeringan ini dengan cara dijemur di bawah sinar matahari yang dilakukan para petani kelapa sejak berabad-abad lalu dan masih berlangsung hingga sekarang ini, meski tergolong tradisional, metode ini gemari sebab umum nya kopra asalan dibutuhkan dalam jumlah yang besar sehingga metode pengeringan dengan dijemur di bawah sinar matahari lebih sesuai.

Meskipun metode cara ini sangat bergantung dengan cuaca yang terkadang dibutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan kopra dengan kadar air yang sudah menyusut. Dan warnanya kopra tidak sama rata, juga harga kopra asalan cenderung lebih murah dibanding dengan jenis kopra lain nya karena memang kriteria kopra asalan tidak sama antara satu dengan lain nya.

Metode Pengeringan Kopra Asalan Dengan Smoke Drying System

Namun selain menggunakan metode pengeringan dengan matahari, kopra asalan juga biasa dibuat dengan menggunakan metode pengeringan asap (smoke drying system). Meski kopra dengan jenis ini juga dikenal sebagai smoked copra dengan ciri khas aroma asap dan warna nya yang cenderung cokelat atau hitam.

Ciri-ciri kopra Asalan
  • Berwarna cokelat atau hitam
  • Ukuran tidak sama
  • Ada yang berlubang, ada yang pecah
  • Kadang beraroma asap (smoked copra)
  • Harga cenderung lebih murah
  • Biasanya merupakan sortiran dari kopra reguler

2.Kopra Regular

Kopra regular adalah jenis kopra yang umum nya berwarna putih kecokelatan. Daging kelapa nya lebih tebal dari kopra asalan. Meski demikian, kadang masih ditemukan lubang-lubang pada kopra regular. Selama lubang di kopra masih bisa ditolerir maka masuk ke grade regular, namun jika lubang nya besar dan cenderung pecah makan akan dimasukkan ke dalam kategori kopra asalan.

Metode Pengeringan Kopra Regular Dengan Sun Drying System

Meski kadang hasil dari metode sun drying system pada kopra tidak merata namun kopra regular bisa ditemukan dengan metode ini.

Metode Pengeringan Kopra Regular Dengan UV House Drying System

Meski kopra regular ini yang dibuat dengan metode uv drying system. Dalam konsep pengeringan dengan Rumah UV tetap menggunakan sinar matahari sebagai pengering utama nya, namun beda nya dengan metode dijemur langsung, rumah UV terdiri dari atap dan dinding yang dibuat dari plastik transparan sehingga sinar matahari bisa menembus plastik tersebut dan panas nya bisa mengeringkan daging kelapa yang sudah ditata di dalam nya.

Ciri-ciri kopra regular

  • Warna putih kecokelatan
  • Bisa berlubang namun lubang masih bisa ditoleransi
  • Ukuran cenderung lebih besar dari kopra edible
  • Tak jarang kopra regular merupakan sortiran dari kopra edible

3. Kopra Edibel

Dengan rangkaian pilihan dari jenis kopra yang ada, hingga saat ini Kopra Edibel merupakan jenis kopra yang paling unggul, premium quality. Untuk cara membuat kopra edible, karena kelapa yang dipilih harus melalui proses sortir yang ketat antara lain jenis kelapa hibrida yang berukuran kecil sekitar 0.6 – 0,8 kilogram, berdaging tebal, kulit mulus dan lain sebagai nya. Yang umumnya pada kopra edible yang dikeringkan dengan menggunakan metode rumah UV house drying system atau oven drying system.

Metode Pengeringan Kopra Edible Dengan UV House Drying System

Dalam rumah UV juga yang menjadi salah satu metode yang digunakan untuk pengeringan kopra edible. Namun selain karena lebih aman dari cuaca yang tidak menentu, metode pengeringan kopra edibel dengan rumah UV juga bisa memiliki tingkat kekeringan yang lebih merata

Metode Pengeringan Kopra Edible Dengan Metode Oven Drying System

Dengan metode ini yang diperlukan biaya lebih sebab menggunakan alat pengering khusus yakni oven khusus, hal inilah yang juga membuat metode pengeringan tidak langsung ini dikenal juga dengan sebutan oven drying system tetapi kelapa yang ditata di dalam oven pengering dan ditutup rapat lalu dipanaskan dengan suhu 40 – 80 derajat celcius.

Namun panas dihasilkan dari pembakaran bahan bakar tempurung kelapa kering akan menghasilkan asap yang dialirkan oleh blower untuk mengaliri oven pengering kopra. Meski cara ini emang sangat dibutuhkan penanaman modal yang lebih banyak namun kopra yang dihasilkan akan berkualitas lebih baik dengan warna kopra yang putih, minyak yang dihasilkan beraroma dan memiliki rasa lebih bagus.

Ciri-Ciri Kopra Edible

  • Ukuran kecil dan merata
  • Umum nya berukuran 0,6 – 0,8 kilogram
  • Berwarna putih
  • Berdaging kelapa tebal
  • Tidak ada lubang
  • Kulit kelapa mulus, tidak ada lecet
  • Harga cenderung lebih mahal daripada jenis kopra lain nya

Meskipun dalam proses pembuatan minyak kopra yang sebenarnya sudah dilakukan sejak dahulu dengan menggunakan cara yang sangat sederhana. Pada sekarang ini, mungkin banyak petani kopra yang mengolah daging kelapa secara tradisional, yaitu dengan menjemur kopra di bawah paparan matahari dan menggunakan teknik pengasapan, namun sistem pengeringan yang dilakukan akan sangat mempengaruhi kualitas kopra yang dihasilkannya.

1. Penjemuran Tradisional

Dalam cara ini sudah dilakukan masyarakat pada sejak dahulu. Bagi kamu tidak perlu membutuhkan peralatan khusus untuk mengolah kopra secara tradisional. Meskipun kopra yang telah dipanen hanya perlu dijemur di bawah sinar matahari langsung selama 5 sampai 7 hari. Karena hal itu, kualitas kopra yang dihasilkan dengan metode penjemuran ini cenderung tidak stabil.

Dari metode penjemuran ini membuat panas bertahan lama pada kopra yang dijemur, sehingga prosesnya akan lebih cepat dan lebih kering, sbegitu, menggunakan tudung plastik, masyarakat juga kerap melakukan pengasapan.

Pengolahan Kopra Dengan Metode Penjemuran

Dalam metode penjemuran ini seperti sudah dijelaskan yang di atas tadi masih diminati sebab mudah dan murah. Namun bagi anda tidak perlu membeli alat khusus untuk melakukan penjemuran kopra. Dengan ikuti langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menjemur daging kelapa merupakan mengupas buah kelapa dan membelahnya menjadi dua bagian.

2. Pengeringan Modern

Namun proses pengeringan kopra yang paling praktis adalah menggunakan mesin oven. Dalam pengeringan tersebut, menggunakan metodre ini dapat menghasilkan kopra dengan tingkat kering maksimal dan konsiten. Dengan cara modern ini sudah banyak diterapkan oleh para petani maupun pabrik pengolahan minyak kopra.

Karena hal ini, kopra yang sudah dipilih dan dikupas yang kemudian akan disusun dalam lemari oven. Tetapi proses pemanasan yang menggunakan oven biasanya menghasilkan suhu 40 sampai 80 derajat celcius. Pada proses ini, kadar air dalam buah kelapa akan turun sebanyak 50 persen.

Pengolahan Minyak Kelapa Dengan Metode Kering

Namun dalam pabrik pengolahan kopra pada umumnya yang memiliki sejumlah tahapan – tahapan untuk menghasilkan minyak kelapa mentah, berikut antara lain :

1. Mesin Press

Namun mesin ini juga yang dapat digunakan untuk mengolah kopra yang sudah dikeringkan dengan oven. Namun caranya, kopra yang sudah benar-benar kering akan dicacah menggunakan mesin khusus hingga menghasilkan parutan kasar. Apabila kopra yang sudah dicacah kemudian ditekan dengan menggunakan mesin press hingga mengeluarkan minyak.

2. Ekstraksi Pelarut

Meski cara ini yang dikerap untuk digunakan oleh pabrik pengolah minyak kopra. Dengan cairan pelarut untuk digunakan yang merupakan cairan bertitik didih rendah yang mudah menguap, sehingga tidak akan menimbulkan interaksi kimia dengan minyak kelapa. Karena residu dalam cairan pelarut ini pun tidak mengandung racun.

Teknik Pembuatan Kopra Menggunakan Mesin Pengering Kopra

Proses pengovenan kopra putih ini sangat berlangsung dalam suhu 60-80 C. Ada juga beberapa cara atau teknik membuat Kopra Putih, antara lain Kupas Langsung dan juga Kupas tidak langsung. Teknik kupas langsung merupakan sebuah kelapa dicungkil terlebih dahulu, dengan baru kemudian akan dimasukkan ke dalam dioven.

Sementara Teknik kupas tidak langsung, kelapa dibelah akan menjadi dua, kemudian akan dimasukkan ke dalam kopra sebagai pemanasan awal, lalu setelah bisa dikelupas, kelapa dicungkil dari batoknya dan juga siap dilanjutkan untuk bisa pengovenan berikutnya.

Dalam proses ini pengovenan kopra putih, biasanya juga akan disemprot dengan adanya cairan/asap sulfur untuk mencegah penjamuran pada kopra. Kalau kami boleh menyarankan, penggunaan atau pemakaian asap cair dari tempurung kelapa, bisa menjadi alternatif selain sulfur.

Salah satu beberapa ada fungsi asap cair kelapa yaitu sebagai anti jamur, jadi pada saat pengovenan bisa juga akan disemprot dengan adanya asap cair. Proses pengovenan kopra putih dengan teknik langsung, biasanya hanya memakan waktu 8-10 jam, hasilnya juga jauh lebih kering.

Sementara dengan adanya teknik kupas ini tidak langsung selain memakan waktu cukup lama adalah berlangsung dengan 18-20 jam, juga kadang-kadang juga masih harus di jemur lagi untuk agar bisa di proses pengeringan lanjut.

Fungsi Mesin Cungkil Kopra Kelapa

Fungsi nya untuk dapat bisa membelah dua bagian batok kelapa yang agar untuk di keringkan atau juga bisa akan diolah menjadi kopra putih, pembelahan kelapa ini akan bisa untuk mempercepat dalam proses pengeringan.

Serta juga akan lebih praktis dan juga tidak perlu akan mengupas batoknya terlebih dahulu. Sehingga dikarenakan kalau jika sudah menjadi kering daging kelapa ini akan otomatis mudah untuk bisa akan cukil.