Mesin Giling Sekam Menjadi Bekatul Untuk Pakan Ternak Terbaru 2021

Mesin Kompos

Mesin Giling Sekam

Mesin Giling Sekam adalah mesin untuk menggiling atau menepung sekam/kulit padi. Hasil gilingan dari sekam tersebut digunakan untuk bahan baku bekatul sebagai campuran bahan pakan ternak.

Kebutuhan tepung sekam sangat besar, mengingat kebutuhan pakan ternak khususnya ayam meningkat tajam, dilihat dari peningkatan kebutuhan konsumsi daging ayam.

Mesin Penggiling Sekam ini adalah model Crusher, bukan hammer mild. Keuntungannya proses giling bisa lebih cepat dan maksimal.

Mesin Kompos
Mesin Giling Sekam

Model Dan Spesifikasi Mesin Giling Sekam Rumah Mesin

Rumah Mesin menyediakan mesin giling sekam dengan beberapa kapasitas. Untuk itu anda dapat menyesuaikan kebutuhan anda. Berikut ini beberapa model mesin giling sekam beserta spesifikasinya.

1. Mesin Sekam Kapasitas 50/Jam

Mesin Kompos Kapasitas 50/Jam
Mesin Sekam Kapasitas 50/Jam
Kapasitas:50 Kg / Jam.
Dimensi Mesin:1500 x 950 x 1400 mm.
Bahan Material:Pelat Besi Plattezer.
Bahan Material Rangka:Kanal UNP 100.
Penggerak:Diesel.
Daya ( Power ):24 PK RRT.
Energi Yang Digunakan:Solar.
Bahan Material Pisau:Baja.
Jumlah Pisau:8
Jumlah Pisau Gerak:2
Jumlah Pisau Diam:6
Diameter Tabung:460mm x 610mm

 

2. Mesin Sekam Kapasitas 40/Jam

Mesin Kompos Kapasitas 40/Jam
Mesin Sekam Kapasitas 40/Jam
Kapasitas:40 Kg / Jam.
Dimensi Mesin:1350 x 950 x 1360 mm.
Bahan Material:Pelat Besi Plattezer.
Bahan Material Rangka:Kanal UNP 100.
Penggerak:Diesel.
Daya ( Power ):16 PK RRT.
Energi Yang Digunakan:Solar.
Bahan Material Pisau:Baja.
Jumlah Pisau:8
Jumlah Pisau Gerak:2
Jumlah Pisau Diam:6
Diameter Tabung:380mm x 410mm

 

3. Mesin Sekam Kapasitas 30 Kg/Jam

Mesin Kompos Kapasitas 30 Kg/Jam
Mesin Sekam Kapasitas 30 Kg/Jam
Kapasitas:30 Kg / Jam.
Dimensi Mesin:1150 x 800 x 1200 mm.
Bahan Material:Pelat Besi Plattezer.
Bahan Material Rangka:Kanal UNP 80.
Penggerak:Diesel.
Daya ( Power ):12 PK RRT.
Energi Yang Digunakan:Solar.
Bahan Material Pisau:Baja.
Jumlah Pisau:8
Jumlah Pisau Gerak:2
Jumlah Pisau Diam:6
Diameter Tabung:360mmx410mm

 

4. Mesin Sekam Kapasitas 20 Kg / Jam 

Mesin Kompos Kapasitas 20 Kg / Jam
Mesin Sekam Kapasitas 20 Kg / Jam
Kapasitas:20 Kg / Jam.
Dimensi Mesin:1000 x 700 x 1200 mm.
Bahan Material:Pelat Besi Plattezer.
Bahan Material Rangka:Kanal UNP 65.
Penggerak:Diesel.
Daya ( Power ):8 PK RRT.
Energi Yang Digunakan:Solar.
Bahan Material Pisau:Baja.
Jumlah Pisau Buah:8
Jumlah Pisau Gerak:2
Jumlah Pisau Diam:6
Diameter Tabung:350 mm x 410 mm

 

Video Proses Mesin Giling Sekam Rumah Mesin

Berikut video tentang cara kerja mesin penggiling sekam.

 

Informasi Pemesanan Mesin Giling Sekam Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

CV. Rumah Mesin menyediakan Mesin Giling Sekam untuk anda yang sedang mencari sebuah alat untuk menggiling tumpukan sekam sekam anda dengan cepat dan mudah.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya, seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain.

Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Giling Sekam.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami .

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Dikarenakan mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Anda juga dapat menguji atau mencoba mesin kami sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

 

Apa Sekam Itu?

Sekam Padi adalah kulit beras setelah diambil bijinya. Sekam merupakan hasil samping penggilingan selain dedak padi. Di negara kita, sekam padi banyak yang terbuang karena gerbang limbah, terutama di sentra pertanian. Kalaupun dijual, harganya murah. Biasanya sekam diambil oleh industri batu bata untuk bahan bakar.

 

Pemanfaatan Sekam

Kini sekam padi banyak dicari oleh para petani sebagai media tanam. Kelebihan sekam padi sebagai media tanam antara lain karena bentuknya seperti perahu dan memiliki sekam, sehingga tahan hara lebih lama. Disamping itu sekam padi memiliki manfaat, diantaranya:

Memperbaiki Struktur Tanah dan Memperbaiki Porositas

Campur sekam padi dengan media tanam (khusus untuk pot / polybag). Kemudian tanah akan memiliki sifat gembur dan keropos. Tanaman Anda menyukai tanah seperti ini.

Tanah yang menggebur merupakan tanah yang baik untuk tanaman. Hal ini dikarenakan tanah memiliki banyak rongga untuk perkembangan akar.

Sebagai Pengusir Kucing.

Salah satu hewan yang mengganggu di taman saya adalah kucing. Mereka bermain di sana, dan pipis di sana. Ternyata si kucing tidak mau bermain di sana. Bentuk sekamnya yang tidak disukai. Jangankan membuang-buang air, mereka bahkan tidak mau menginjak taman.

Sebagai Pengusir Siput

Siput adalah musuh tanaman muda. Begitu juga siput. Siput juga masih termasuk jenis siput, tetapi tidak memiliki rumah. Orang yang memakai jarum suntik mengira itu lintah, padahal sebenarnya bukan. Siput menyerang pada malam hari dengan memakan tanaman muda.

Untuk melawan serangan mereka, taburkan sekam di sekitar tanaman. Dijamin mereka tidak berani menjarah hasil panen Anda. Perut empuk mereka tidak bisa melewati sekam padi yang tajam. Tapi jangan lupa, siput dan siput juga bisa memanjat. mereka bisa menyerang dari atas jika ada jalan.

Sebagai Mulsa dan Memperindah Taman

Mulsa, merupakan lapisan pelindung tanah yang ditempatkan disekitar tanaman. Pemberian mulsa berguna untuk menjaga kelembaban tanah, menghambat gulma dan masukan oleh makhluk kecil di dalam tanah. Mulsa bisa berasal dari kertas koran, kompos, jerami, atau bahkan plastik.

Penggunaan sekam padi sebagai mulsa, akan memberikan satu manfaat tambahan untuk Anda. Artinya, taman Anda, atau tanaman dalam pot Anda, akan terlihat lebih bersih, lebih rapi, dan lebih indah untuk dilihat.

Dibakar untuk Digunakan Sebagai Media Tanam

Pemakaian sekam padi juga bisa dibakar terlebih dahulu sampai setengah gosong (50%) atau gosong seluruhnya (100%), kemudian dijadikan campuran media tanam.

Campur dengan tanah, dan kompos. kelebihan menggunakan media tanaman sekam bakar adalah steril, keropos, banyak unsur hara, dan ringan sehingga pot tanaman mudah digerakkan.

Beberapa fungsi dari pembakaran sekam adalah:

  • Untuk mengikat unsur hara di dalam tanah agar selalu tersedia bagi tanaman.
  • Untuk meningkatkan keasaman tanah.
  • Kandungan silika dapat menghilangkan daun. Dalam uji coba, tanaman yang diberi sekam bakar memiliki daun yang lebih tegak.
  • Kandungan fosfatnya dapat meningkatkan tumbuhan dan mendorong perkembangan sel tumbuhan.
  • Tempat tinggal yang baik bagi mikroorganisme (mikroba menguntungkan)

Sebagai Alternatif Pakan Ternak

Sekam bisa digunakan sebagai sumber pakan alternatif ternak anda. Untuk bisa diberikan ke ternak anda, sekam harus diubah menjadi bekatul. Biasanya dengan dirubah menjadi bekatul, pakan akan lebih mudah untuk dicampur dengan komposisi yang lain. Penggilingan sekam menjadi bekatul ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling sekam.

Bekatul dari sekam termasuk pakan alternatif organik yang mana akan sangat bermanfaat bagi anda sebagai peternak. Karena apa? Karena dengan menggunakan limbah sekam, anda akan menghemat pengeluaran biaya yang mana untuk pakan ternak untuk saat ini terbilang cukup mahal.

 

Perbedaan Sekam, Dedak, dan Bekatul

Padi merupakan tanaman pangan yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Beras diolah menjadi nasi dan bisa dijadikan berbagai bahan makanan.

Namun yang terjadi setelah ketidakberdayaan menjadi beras adalah adanya ampas, yang disebut ampas. Semakin banyak beras yang dihasilkan, semakin banyak amsekam yang diproduksi.

Apabila sekam yang dihasilkan dari beras tersebut tidak digunakan dan digunakan dengan baik maka akan menimbulkan residu yang menumpuk. Padahal keberadaan sekam padi sangat melimpah. Sehingga perlu dikembangkan penggunaan sekam padi dan pengolahannya agar produk atau bahannya bisa lebih bermanfaat.

Nah, yuk kita ulas ketika gabah atau giling padi akan menghasilkan beras yang menjadikan beras sebagai produk olahan pertama dari gabah. Sedangkan sekam adalah kulit dari beras itu sendiri, dan sekamnya menjadi salah satu produk sampingan selain beras.

Dan bila sekamnya digiling lagi akan menghasilkan dedak dan bekatul. Dari hasil penggilingan, jika hasilnya kasar maka itu adalah dedak, tetapi jika lebih halus berarti bekatul.

Dari ketiganya dihasilkan dari gabah atau beras. Karena perbedaan tekstur dan kehalusan hasil penggilingan, terkadang harga kasarnya jauh lebih mahal dari harga dedak.

Ada juga banyak orang yang tidak dapat membedakan antar keduanya, dan juga karena terkadang mesin masih tidak dapat memisahkan.

Jadi produk yang dibuat adalah beras, sekam, dan dedak yang kadang-kadang dipadukan / dicampur dengan bekatul. Oleh karena itu masih banyak orang yang menganggap dedak dan bekatul adalah produk yang sama.

 

Cara Membuat Bekatul Untuk Pakan Ternak

Bekatul dari sekam sebenarnya mudah dibuat, asalkan Anda memiliki mesin atau alat penggilingan sekam, atau jika tidak tersedia maka yang digunakan adalah tumbuk tradisional.

    • Keringkan sekam padi yang akan dijadikan dedak, bila tidak dalam posisi kering sekam padi mungkin akan sulit keluar dari mesin penggilingan sekam menjadi dedak untuk pakan ternak.
    • Jika dirasa sudah kering maka anggota sekamnya harus di giling dengan mesin, mesin penyaring memiliki ukuran tertentu, sehingga ukuran dedak ditentukan oleh saringan yang digunakan.
    • Siapkan karung atau wadah besar, dan jangan sampai berserakan dimana-mana.
    • Pisahkan hasilnya, dan dedaknya siap digunakan sebagai berbagai bahan olahan dan pakan ternak lainnya.

Saatnya peternak membuat pakan mandiri. Dengan menggunakan mesin pembuat pakan ayam, anda dapat mengkreasikan bekatul menjadi pakan ayam.

 

Pemberian Makan Hewan Ternak

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, perhatikan pemberian makan hewan ternak anda. Berikut ini tips memberi makan hewan ternak.

  • Umur DOC – 1 bulan: (kebutuhan 12-15 kg) siapkan 2 kg BR1, dedak atau bekatul 8 kg, pakan fermentasi atau 5 kg maggot BSF, EM4 + gula + vitachiks. Kemudian pakan ini rutin diberikan kepada anak ayam.
  • Umur 2 bulan – 3 bulan: (15-20kg kebutuhan) siapkan dedak 4kg, dedak gandum 2kg, pakan fermentasi 10kg atau maggot BSF, 2kg konsentrat 144 phokpand, EM4 + gula + vitachiks. Konsentrat diperlukan karena ayam masih dalam tahap pertumbuhan.
  • Umur 3 bulan – 4 bulan: (kebutuhan 30 kg) siapkan 3 kg dedak, 2 kg dedak gandum, 25 kg pakan fermentasi / tahu / maggot BSF, EM4 + gula + Perangsang Telur. Stimulan telur diberikan setiap 3 hari sekali.
  • Umur 4 bulan – 5 bulan: (kebutuhan 30-35kg) siapkan dedak 4kg, dedak gandum 3kg, pakan fermentasi 28kg / tahu / maggot BSF, EM4 + gula + perangsang telur.
  • Pembuatan pakan perbulan selanjutnya resep nomor 4 sampai ayam bisa panen. Ayam buras bisa dipanen saat berumur sekitar 5 bulan dan seterusnya

 

Kandungan Nutrisi di dalam Bekatul

Dedak atau merk beras mengandung komponen bioaktif pangan yang sangat baik untuk kesehatan. Dan juga memiliki protein, mineral, lemak esensial atau asam lemak, Phytosterosis, Polyphenois, Phospholipids, Beta-sitosterol, Co-enzyme Q10, Omega 3 Fatty Acid, Omega 6 Fatty Acids and Oteic Acid, Dietery Fibers (serat pencernaan).

Ini juga mengandung Vitamin B15, Vitamin B1 (Tiamin), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Mangan (Mn), Kalium, Seng (Zn) vitamin kompleks (Tokoferol, Tocotrienols, Gamma-Oryzanol), vitamin B kompleks (B1) , B2, B3, B5, B6 dan B15 / Nutrisi penting lainnya.

 

Manfaat Pakan Organik

Pakan organik merupakan salah satu pakan ternak yang dapat menunjang pertumbuhan dan menyebabkan lele cepat tumbuh besar. Pakan ini tentunya memiliki banyak manfaat.

Manfaat yang bisa dirasakan secara umum adalah dengan menggunakan dan membuat pakan organik sendiri dapat menekan anggaran biaya.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa manfaat menggunakan pakan organik.

  • Meningkatkan sirkulasi saraf tepi
  • Meningkatkan oksigenasi jaringan jantung dan otot
  • Membantu meningkatkan glikogen di otot dan hati
  • Tingkatkan asupan oksigen ke otak
  • Tingkatkan stamina
  • Memperbaiki fungsi hati pada orang dengan sirosis dan hepatitis alkoholik
  • Mengobati atau membatasi kecanduan alkohol dan narkoba
  • Meningkatkan metabolisme protein, terutama pada otot dan jantung
  • Mengurangi insomnia
  • Mendukung sistem saraf dan kontraksi otot
  • Pencegahan detak jantung Mencegah penggumpalan darah
  • Enzim pengaktifan yang berperan dalam produksi energi, pembentukan protein, dan replikasi sel.
  • Meningkatkan kelarutan kalsium pada enzim sehingga dapat mencegah pembentukan batu ginjal, batu empedu, dan batu saluran kemih.
  • Enzim berperan dalam mengontrol gula darah, metabolisme energi, dan hormon tiroid
  • Sel tidak mudah rusak
  • Mencegah epilepsi,
  • Mengurangi risiko serangan jantung mendadak
  • Berperan membantu molekul hemoglobin (sel darah merah)
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh dan fungsi jantung Sebagai pembawa pesan bagi saraf ke otot Mengurangi tekanan darah yang mengirimkan oksigen ke otak
  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol Tinggi
  • Pengapuran pembuluh darah
  • Serangan jantung akibat penyumbatan pembuluh darah
  • Aliran darah jantung terganggu
  • Asma
  • Memperbaiki fungsi hati
  • Encok
  • Seks yang penuh gairah
  • Gejala sering sakit kepala
  • Jantung berdebar-debar
  • Nyeri otot
  • Gangguan pencernaan
  • Sembelit, susah buang air besar
  • Peningkatan ketahanan fisik
  • Penuaan dini
  • Kegemukan
  • Mengatasi ruang yang tidak teratur
  • Tingkatkan kesuburan
  • Kista Ovarium
  • Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi
  • Mencegah Diabetes
  • Mencegah Penyakit Alzheimer
  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • Mencegah Pembentukan Batu Ginjal
  • Menurunkan berat badan
  • Untuk Kecantikan

 

Efektivitas Pakan Ayam Alternatif

Anda harus menyediakan pakan utama agar penyerapan makanan tetap terjaga. Jika hanya menggunakan pakan alternatif, ternak Anda bisa mengalami gangguan pencernaan. Kecuali jika Anda dapat memberikan sedikit tenaga.

Karena biasanya pakan induk memiliki kualitas yang lebih baik dari pakan alternatif atau pakan tambahan yang hanya mengedepankan harga yang lebih terjangkau dan juga meningkatkan produksi telur.

Penggunaan pakan alternatif sangat efektif karena dapat menahan biaya pakan dan juga meningkatkan produktivitas telur hingga 50%.

Namun yang harus anda berikan adalah anda tidak bisa memberikan pakan karena biasanya ayam tidak akan menginginkan makanan yang masih atau tidak biasa dimakan.

Jadi sebaiknya berikan secara rutin sampai akhirnya ayam anda mau makan alternatif dan memakannya.

Demikian informasi seputar mesin giling sekam dan ulasan tentang dedak sebagai pakan ternak. Semoga bermanfaat.