Mesin Peleleh Plastik – Mesin Pengolah Sampah Plastik

Mesin Peleleh Plastik adalah sebuah rangkaian alat dan juga mesin yang berfungsi untuk melelehkan sampah plastik

Spesifikasi Mesin Peleleh Plastik

Mesin Peleleh Plastik

Spesifikasi Mesin Peleleh Plastik

Dimensi Mesin:800 x 650 x 1600mm
Kapasitas Proses:60 kg
Daya ( Power ):1 HP
Tegangan Listrik:220 Volt
Penggerak:Motor Listrik ( Elektro Motor )
Energi yang Digunakan:Listrik
Bahan Material Kontak Produk:Plat Eser
Bahan Rangka:Siku 40/40 & Stall 30/30
Transmisi:Gear Box

 

Video Mesin Peleleh Plastik

Kelebihan Mesin Peleleh Plastik RUMAH MESIN

  • Dibuat Dari Bahan Material Yang Awet Dan Berkualitas.
  • Hemat¬†Energi, Tenaga, Waktu, Pikiran, Dan Uang.
  • Dukungan Dari Teknisi Handal Dan Professional.
  • Mesin Mudah Digunakan Dan Mudah Dirawat.
  • Pekerjaan Menjadi Lebih Efektif Dan Efisien.
  • Konsultasi Harga Dan Kebutuhan ( Budget ).
  • Mesin Sangat Andal Dan Tahan Lama.
  • Perlengkapan Suku Cadang Terbaik.
  • Mesin Bergaransi.
  • Training Gratis.

Bagaimana Pemanfaatan Limbah Plastik?

mesin pengolah sampah plastik

Sampah didefinisikan sebagai material atau sisa yang tidak diinginkan, yang dihasilkan dari suatu proses tertentu. Meskipun merupakan material sisa, tetapi tidak berarti semua sampah harus langsung dibuang.

Membuang sampah tanpa pengelolaan yang baik justru akan merusak sebuah lingkungan. Untuk mengurangi beban di lingkungan, sampah bisa diolah menjadi berbagai benda yang bermanfaat seperti kerajinan limbah plastik.

Berikut ini adalah sebuah contoh manfaat sampah dalam kehidupan sehari-hari:

1. Sebagai Pakan Ternak

Sampah organik seperti dedaunan dan sisa makanan yang lain memang bisa terurai secara alami. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan material sampah yang masih cukup bagus untuk digunakan sebagai pakan ternak, seperti dedaunan yang masih terlihat hijau serta sisa sayuran dan buah.

2. Bahan Pembuatan Pupuk Organik

Teknik dalam mengolah sampah organik menjadi pupuk sudah cukup lama dikenal, terutama pupuk kompos. Sampah organik, terutama sampah dapur dan sampah kebun akan dikumpulkan untuk diolah menjadi sebuah pupuk, baik dengan cara konvensional maupun dengan alat composter.

Selain diolah menjadi pupuk kompos, sampah dapur juga bisa diolah menjadi pupuk organik yang cair. Meskipun jumlahnya relatif lebih sedikit, sampah dapur dihasilkan secara kontinyu atau terus menerus. Cara mengolah sampah organik menjadi pupuk cair tidak begitu terlalu sulit.

3. Bahan Pembuatan Batako

Saat membeli makanan sepanjang pinggir jalan, Anda pasti sering sekali menjumpai para penjual yang menggunakan wadah dari bahan styrofoam. Meskipun bahan ini disinyalir mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan.

Bahkan beberapa negara sudah melarang penggunaannya tersebut, kenyataannya Styrofoam masih banyak digunakan untuk berjualan. Akibatnya, limbah styrofoam pun sangat begitu meningkat.

Yang sangat mengkhawatirkam, styrofoam merupakan jenis limbah sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme pengurai di dalam tanah, sehingga keberadaannya membahayakan bagi lingkungan.

Untuk mengurangi keberadaannya di alam ini, kini styrofoam banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat sebuah batako.Karena tergolong dalam jenis sebuah plastik, styrofoam memiliki sifat ringan serta tidak menyerap air.

Dengan begitu, batako yang dihasilkan pun memiliki sebuah keunggulan, yaitu lebih ringan dan tahan terhadap air. Namun, sebuah kekuatan batako dari styrofoam ini perlu diuji lebih lanjut dan dipastikan kekuatanya.

4. Bahan Kerajinan Kreatif

Mendaur ulang sampah dan barang-barang yang bekas merupakan cara yang paling banyak dilakukan untuk memanfaatkan sebuah sampah anorganik. Dengan demikian, beban lingkungan dapat bisa dikurangi.

Bahkan, kerajinan dari limbah plastik bisa memiliki nilai ekonomis dengan menjadikannya sebagai komoditas yang diperjual-belikan. Serta untuk menambah penghasilan masyarakat. Kerajinan limbah plastik banyak ragamnya.

Contoh kerajinan berbahan limbah sampah adalah tas, dompet, dan tikar yang dibuat dari limbah bungkus atau botol plastik bekas kemasan deterjen, pewangi pakaian, sampo, dan sebagainya. Sebuah kerajinan limbah plastik bisa dibuat berbagai kerajinan.

Contoh lainnya adalah styrofoam yang disulap menjadi hiasan dinding atau mainan anak kecil, juga bungkus rokok ,serta juga dibuat menjadi pot bunga dan hiasan dinding, serta masih banyak lagi kerajinan yang dapat dibuat.

5. Wadah Alternatif

Aneka wadah cantik juga bisa dibuat dari limbah sampah, loh. Sampah-sampah yang berbentuk macam wadah seperti kaleng bekas minuman, botol selai dari beling, atau kaleng biskuit dapat disulap menjadi aneka wadah baru yang sangat cantik dan multifungsi.

Agar lebih menarik lagi, tambahkan ornamen pada sebuah wadah tersebut.Contoh sederhananya adalah mengubah sebuah kaleng bekas minuman menjadi wadah untuk tempat menyimpan pensil.

Plastik bekas aneka bentuk dan warna juga bisa dikreasikan untuk membentuk bunga yang sangat menarik. Dengan sedikit diberi sentuhan, kardus bekas juga dimanfaatkan menjadi  sebuah kotak penyimpanan barang yang sangat cantik.

Begini Cara Mengurangi Sampah Plastik

mesin pengolah sampah plastik

1. Gunakan Suatu Alat Makan Sendiri

Alat makan seperti suatu sendok, piring atau sedotan yang disediakan pada tempat makan biasanya terbuat dari plastik. Walau terlihat lebih ringkas, namun sampahnya juga sangat sulit untuk diurai.

Membawa suatu alat makan sederhana dari rumah bisa dilakukan. Jika terpaksa dalam melakukannya, jangan gunakan lebih dari tiga kali alat makan. Kalau jika memungkinkan, bawa pulang alat makan plastik ini yang diberi untuk digunakan kembali.

2. Kemasan Sebuah Plastik

Belilah Suatu barang yang dikemas dalam sebuah karton bukan plastik. Sampah kertas lebih mudah diurai dibandingkan dengan botol. Itu sebuah cara mengurangi sampah plastik dilingkungan kita supaya bersih.

3. Botol Minuman Pribadi

Di Negara Eropa atau Amerika banyak keran air bersih siap untuk minum yang bisa digunakan untuk minum. Selalu sediakan sebuah tempat minum kosong untuk diisi air bersih. Trik ini sekaligus menghemat sebuah pengeluaran.

4. Korek Api Yang Isi Ulang

Korek api kayu dianggap suatu kuno dan sangat merepotkan. Meski sangat praktis, namun korek plastik juga bakal menjadi suatu sampah yang sulit terurai. Menggunakan korek isi ulang bisa menjadi sebuah solusinya.

5. Santap Dengan Perlahan

Santap suatu minuman atau makanan dengan perlahan agar bisa dihabiskan ditempat. Jika terpaksa membawa pulang suatu makanan yang berjenis kering, minta pelayan membungkusnya dengan suatu kertas.

6. Perlengkapan Alat Mandi

Hotel biasanya menyediakan suatu peralatan mandi dalam kemasan plastik di setiap kamarnya. Kalau masih mempunyai ruang sisa di dalam koper, ada baiknya bawa peralatan mandi dari rumah sendiri untuk mengurangi suatu penggunaan yang dikemas dalam plastik dari hotel.

7. Tempat Yang Ramah Lingkungan

Pilih jasa dalam suatu wisata yang memiliki konsep yang ramah lingkungan. Beberapa  sebuah jaringan hotel ini, seperti Anantara serta Marriott, sudah mulai melakukan suatu pengurangan sebuah sampah plastik dengan tak menggunakan suatu alat makan dan kemasan plastik.

Kenapa Pemanfaatan Limbah Plastik Harus Dilakukan?

Memanfaatkan peluang bisnis yang ada tentu akan menjadi celah bisnis yang menguntungkan. Sepertihalnya memanfaatkan sampah yang ada di sekitar Anda. Sampah memang menjadi salah satu permasalahan kompleks yang kerap timbul di tengah masyarakat. Baunya yang tidak enak dan kerap di kerumuni hewan menjijikan membuat sampah banyak di jauhi.

Diantara kebanyakan sampah, sampah plastik merupakan sampah yang paling meresahkan. Pasalnya bahan ini kerap digunakan masyarakat namun sangat sulit membusuk. Sehingga cukup mencemari lingkungan sekitar terkadang bisa menyebabkan banjir. Pastinya peluang bisnis pengolahan limbah plastik bisa menjadi usaha yang sangat bagus.

Dapat membantu menjaga lingkungan menjadi tetap bersih juga dapat menambah kantong. Pemanfaatan limbah plastik dapat Anda jalankan dengan langkah yang mudah. Ketersediaan sampah plastik yang cukup limpah di lingkungan sekitar membuat sampah plastik ini kian bernilai.

Limbah plastik ini akan diolah menjadi biji-biji plastik terlebih dulu. Keuntungan yang dikemas dalam bisnis sampah plastik memang begitu menggiurkan. Mungkin Anda tertarik menengok mengenai pemanfaatan sampah plastik.

Selain karena alasan bisnis, setidaknya ada tiga alasan penting kenapa sampah plastik harus didaur ulang.Alasan tersebut termasuk kepentingan untuk melindungi kesehatan dan lingkungan dari bahaya yang ditimbulkan sampah plastik.

Inilah alasan kenapa sampah plastik harus didaur ulang:

1. Meminimalisir Sistem Landfill dan Pembakaran

Cara yang paling sering digunakan untuk menghabisi limbah plastik yaitu dengan menggunakan sistem pembakaran dan landfill .

Pada metode landfill, sampah plastik ditimbun dengan tanah dan kemudian dibiarkan begitu saja.

Sedangkan dengan cara pembakaran akan menjadi pencemaran limbah plastik dari asap pembakaran yang dihasilkan.

Kedua cara ini kurang efektif karena menimbulkan bahaya sampah plastik  yang malah tambah parah.

2. Melindungi Kesehatan Manusia dan Lingkungan

Masih berhubungan dengan alasan pertama, pengendalian sampah plastik memiliki tujuan utama untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan.

Dengan pemanfaatan sampah plastik, potensi bahaya yang ditimbulkan bagi manusia dan lingkungan tentu akan jauh berkurang.

3. Menghemat Sumber Daya Alam

Alasan yang terakhir adalah untuk menghemat sumber daya alam.

Limbah dari plastik yang telah di daur ulang tidak membutuhkan pengolahan plastik baru karena cukup dengan pemanfaatan sampah plastik lama menjadi material baru.

Informasi Pemesanan Mesin Peleleh Plastik

Rumah Mesin¬†‚Äď Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383
Email:rumahmesin@gmail.com
Fax:0274 443 9219

Mesin Peleleh Plastik CV Rumah Mesin

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah CV penyedia dan juga pembuat alat ‚Äď alat serta mesin ‚Äď mesin yang terpercaya.

Seperti mesin ‚Äď mesin industri, mesin pertanian, mesin perikanan, mesin peternakan, mesin perkebunan, mesin konstruksi, mesin UMKM, dan lain ‚Äď lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin ‚Äď mesin industri besar, seperti Mesin Tepung Pisang.

Layanan terbaik yang akan kami beri untuk anda adalah, anda akan kami beri latihan dalam mengoperasikan mesin ‚Äď mesin dari kami.

Selain itu anda juga akan kami beri konsultasi jikalau anda bingung ingin membuka usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk investasi.

Anda pastinya hanya akan kami beri mesin mesin yang kualitas dan juga mutunya tinggi. Karena mesin mesin yang kami tawarkan itu dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan juga sudah lolos Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan layanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

This entry was posted in . Bookmark the permalink.
WhatsApp chat