Mesin Pelet Apung – Mesin Cetak Pelet Apung Terbaru 2024

pencetak pelet apung

Mesin Pelet Apung adalah pencetak pelet yang membantu proses pencetakan bahan pelet yang hasilnya benar-benar terapung.

Modifikasi screw press kami telah membuktikan bahwa dengan mesin kami pelet benar-benar bisa terapung.

 

Model dan Spesifikasi Mesin Pelet Apung

pencetak pelet apung

Bahan Material : Platezzer.
Bahan Material Rangka : Besi Siku.
Dimensi Mesin : 1500 mm x 600 mm x 1200 mm.
Penggerak : Diesel.
Daya : 24 HP.
Energi Yang Digunakan : Solar.
Sistem : Press Ulir.

Kapasitas Proses:

  • 100 Kg / Jam
  • Bisa Custom Sesuai Permintaan.

Keunggulan Mesin Pelet Apung

  • Kapasitas Besar HIngga 100 Kg per Jam dan Bisa Custom Sesuai Permintaan Anda.
  • Mampu Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas Dalam Membuat Pelet Apung.
  • Kualitas Pelet Apung yang Dihasilkan Berkualitas dan Mudah Dikonsumsi Ternak.
  • Hemat Biaya, Waktu dan Tenaga Anda Dalam Membuat Pelet.
  • Mesin Mudah Digunakan dan Tidak Memerlukan Pelatihan Khusus.
  • Mesin Mudah Dibersihkan dan Dirawat.
  • Kemanan Penggunaan Mesin Terjamin.
  • Dilengkapi Suku Cadang dan Mesin Penggerak Terbaik.
  • Dirancang dan Dibuat Oleh Teknisi Ahli Dari Rumah Mesin.
  • Pelayanan Terbaik Dan Memuaskan.
  • Training Gratis.

Video dan Cara Kerja Mesin Pelet Apung

Berikut ini video tentang cara kerja Mesin Pelet Apung:

Mesin pelet apng memiliki fungsi untuk mencetak pelet yang bisa mengembag dan mengapung sebagai pakan ternak dan pakan ikan. Cara  kerja dari mesin ini adalah:

  1. Adonan bahan pelet disiapkan (sesuai selera)
  2. Nyalakan mesin pencetak, biarkan mesin berjalan beberapa saat
  3. Masukkan adonan ke dalam mesin pencetak secara pelan-pelan
  4. Cetakan pelet siap dikeringkan dan disortasi

Portofolio Kami

Disperindang Padang
Pengolahan Ikan – 2022
Disperindag Buol
Mesin Nata De Coco – 2022
Disperindag Rote Ndao
Mesin Gula Semut – 2022
Dinas Perkebunan Sulawesi Utara
Mesin Pengolahan Minyak – 2022
Disperindag Sulawesi Utara
Mesin Gula Semut – 2022
BI Lampung
Mesin Pakan– 2022
Poltana Mapena
Mesin Pengolahan Singkong – 2022
PT Gag Nikel
Mesin Sabut Kelapa – 2022
Dinas Perkebunana Merauke
Mesin Pengolahan Sagu – 2022
Kemendes
Mesin Pengolahan Kelapa – 2022
Disperindag Maluku Utara
Mesin Pengolahan Sabut Kelapa – 2022
Dinas Pertanian Ngada
Mesin Mete – 2022
UGM
Mesin JAHE – 2022
DINAS SOSIAL MATARAM
Mesin Minyak Kelapa – 2022
DLH Purworejo
Mesin Pengolahan Sampah – 2022
Dinas Pertanian Bantul
Mesin Pasca Panen Cabe – 2022
Dinas Pertanian Banten
Mesin pengolahan cabai – 2022
Kementrian Perindustrian
Mesin Pakan – 2022
Disperindag Halbar
Mesin Briket – 2022
DLH LEMBATA
Mesin Pencacah Plastik – 2023
DTPH KALTENG
Mesin Pengolahan cabai dan tomat – 2023
DKP KUTAI BARAT
Mesin Pengolahan jagung dan pakan – 2023
DLH SUMBA
Mesin Pengolahan Kompos – 2023

Portofolio Selengkapnya 

Info Pemesanan Mesin Pelet Apung Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

 

RUMAH MESIN menyediakan Mesin Cetak Pelet Apung untuk melengkapi usaha pelet apung anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Cetak Pelet Apung.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin – mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Fungsi Pelet Ikan

Fungsi pada pelet ikan adalah untuk membuahkan energi yang digunakan untuk mewadahi pertumbuhan dan perkembangan pada ikan. Pelet tersebut dapat didapatkan dari pakan alami ataupun pakan buatan. Pada umumnya ikan memanfaatkan protein untuk dijadikan sumber energi utama, karena itulah hal paling pertama yang harus tersedia saat membuat pakan buatan yaitu protein.

Pelet ta hanya berfungsi sebagai penghasil energi saja, sehingga ikan juga membuthkan ketersediaan komponen lain dalam pembuatan pakan ikan, itu juga merupakan hal yang sangat penting. Inilah beberapa fungsi penting pelet yang dapat menjadi topangan pertumbuhan dan perkembangan ikan yaitu :

1. Fungsi Pelet Ikan Sebagai Pengobatan
Pada umumnya, ikan yang mendapatkan cukup nutrisi dari pelet yang berkualitas dan kuantitas yang menjamin akan tumbuh dengan baik dan ikan juga tidak mudah terserang oleh penyakit. pelet akan membantu menciptakan sistem ketahanan tubuh pada ikan.Sistem ketahanan tubuh ini akan menciptakan imun atau kekebalan pada tubuh ikan akan serangan dari penyakit, dan hal ini sangat berpengaruh pada sistem hormonal.
sedangkan mekanisme sistem hormonal sangat berpengaruh pada kualitas pakan yang dikonsumsi oleh ikan. Dengan begitu, jika pelet yang dikonsumsi mempunyai kualitas yang baik, maka sistem hormonal juga akan berjalan dengan lancae dan baik dan dengan sendirinya akan membentuk sistem imun atau ketahanan tubuh yang baik bagi ikan.
2. Fungsi Pelet Ikan Untuk Membentuk Warna Tubuh
Salah satu fungsi dari pelet pada ikan yaitu sebagai pembentuk warna pada tubuh atau pigmen. Biasanya fungsi pelet tersebut termasuk ke dalam pakan buatan yang biasanya dimanfaatkan dalam kegiatan budidaya ikan hias. Pelet buatan yang digunakan untuk membentuk warna tubuh pada ikan apabila dilihat dari komponen bahan penyusunnya tidak beda jauh dengan pakan buatan yang lainnya, hanya saja pada pakan buatan ditambahkan pigmen atau penghasil warna.
Secara fisik pelet buatan yang diperkaya dengan pigmen sangat mudah dibedakan dengan pelet buatan yang biasa, dikarenakan pakan buatan yang kaya akan pigmen biasanya memiliki warna yang khas dan biasanya digunakan pada ikan yang memiliki warna khas, bisa merah atau hijau. Ada juga keterangan yang meyatakan adanya tambahan pigmen biasanya juga ditempatkan pada kemasan. Ikan yang diberi pelet dengan kandungan  pigmen yang proporsional akan memberi warna tubuh yang lebih cemerlang dan tajam.
3. Fungsi Pelet Ikan Untuk Meningkatkan Cita Rasa
Cita rasa sangat berpengaruh pada selera masing-masing konsumen. Ikan yang mempunyai cita rasa buruk atau tidak enak biasanya tidak disukai oleh konsumen. Cita rasa daging ikan ini sangat berpengaruh dengan kualitas pelet yang dimakan oleh ikan itu sendiri. apabila ikan mendapatkan pakan dari pemberian pelet tambahan, juga mendapatkan pelet dari pelet alami. Kualitas yang dimiliki pelet alami sangat berpengaruh bagi lingkungan perairan masing-masing.
Pada setiap lingkungan perairan mempunyai kandungan dan kualitas pakan alami yang berbeda-beda. Dengan begitu, ikan yang mendapatkan pelet alami dari suatu lingkungan perairan akan mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda daripada dengan ikan sejenis yang mendapatkan pelet alami dari lingkungan perairan lain. Itu juga jika ikan yang ditangkap pada suatu lingkungan perairan akan mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda jika dibedakan dengan ikan sejenis yang ditangkap di lingkungan perairan yang sama tetapi pada musim penangkapan yang berbeda.
Dengan asumsi yang ada di atas, pembuatan pelet buatan ada baiiknya juga jika mempertimbangkan komponen yang mempengaruhi cita rasa daging ikan yang dihasilkan. seperti contohnya, pemberian pelet ikan di Negara Amerika yang berupa tepung darah, memiliki cita rasa yang berbeda dengan ikan yang diberi pelet di Negara Israel yang diberi pakan berupa bungkil kacang tanah. Begitu juga dengan ikan di Jepang yang diberi pelet dari kepompong ulat sutra yang memiliki cita rasa daging ikan yang berbeda dengan ikan di kedua negera yang tadi. Akan tetapi cita rasa daging ikan di ketiga negara tadi ternyata mempunyai cita rasa daging ikan yang lebih enak jika dibedakan dengan cita rasa daging ikan di Indonesia yang diberi pelet biasa.
4. Fungsi pelet Ikan Untuk Mempercepat Reproduksi
Diangkutya hormon reproduksi menuju organ reproduksi pada ikan sangat berpengaruh bagi kinerja sistem endokrin. Sistem endokrin dan sistem hormon dibantu oleh kualitas pada pelet ikan. Sehingga, kualitas pada pelet ikan yang baik harus bisa membantu kerja pada organ tubuh ikan, termasuk kinerja kedua sistem hormon itu sendiri. Kinerja sistem endokrin yang optimal bisa menyepatkan proses pematangan gonad atau pematangan kelamin ikan. Apabila proses pematangan gonad dapat berlangsung lebih cepat, maka proses reproduksi pun dapat dipercepat. Dengan begitu, salah satu fungsi dari pakan ikan yaitu untuk mempercepat proses reproduksi pada ikan.
Dengan ditambahnya vitamin, terutama vitamin E akan dapat merangsang pematangan gonad. Vitamin E diketahui memiliki fungsi untuk mencegah oksidasi EPA pada ikan. EPA ini diubah menjadi prostaglandin yang memiliki peran dalam mempercepat pematangan gonad. Bersamaan dengan vitamin A yang memiliki peran sebagai antioksidan, penambahan vitamin E juga dapat meningkatkan fungsi PUFA yang dibutuhkan dalam proses pembentukan hormon. Ada juga beberapa jenis bahan yang digunakan untuk mambuat pelet ikan yang dapat menyepatkan proses pematangan gonad diantaranya yaitu, udang, cumi-cumi, kerang, dan kepiting yang segar.
5. Fungsi Pakan Ikan Untuk Perbaikan Metabolisme Lemak
Pada umumnya, ikan memenuhi kebutuhan energinya dari protein yang dia makan. Yang berarti, ikan lebih mudah untuk mencerna protein untuk mengganti energinya dibandingkan dengan mencerna karbohidrat ataupun lemak. dalam kondisi ini tentu saja akan kurang menguntungkan bagi petani pembudidaya ikan, mengetahui biaya untuk memenuhi kebutuhan protein lebih mahal daripada karbohidrat. Bagi petani pembudidaya ikan, protein yang diberikan kepada ikan melaui pelet akan lebih baik digunakan untuk menahan pertumbuhan dan perkembangan bagi ikan. Sedangkan, energi yang digunakan ikan diperoleh dari pemberian lemak maupun karbohidrat.
Para ahli di bidang perikanan telah melakukan banyak upaya penelitian untuk meningkatkan penernaan pada ikan terhadap lemak dan karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energinya. Sampai-sampai protein yang diberikan dan harus disediakan dengan biaya yang mahal bisa digunakan dengan optimal untuk menahan pertumbuhan ikan.
Jika dilihat dari hasil penelitian itu, salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan ikan dalam mencerna lemak untuk memenuhi kebutuhan energinya yait asam bile. Asam bile ini adalah cairan yang dihasilkan oleh hati. Paduan ini banyak mengguakan garam natrium dan garam kalium. Pada proses pencernaan lemak, kedua jenis garam ini akan menurunkan tegangan permukaan pada lemak dan akan mengubah bentuk lemak menjadi bola-bola kecil atau bisa disebut juga dengan micelle. Lemak berbentuk bola-bola kecil ini terukur larut dalam air dan membentuk emulsi sampai mudah diserap oleh tubuh ikan.
Usaha yang lain agar dapat meningkatkan daya cerna ikan terhadap lemak juga bisa dilakukan dengan menambahkan lesitin. Lesitin adalah lemak yang memiliki kandungan gliserol dan asam fosfat. Paduan ini banyak terletak di otak, kedelai, biji bunga matahari, jagung, dan kuning telur. Melainkan sebagai sumber lemak, lesitin juga memiliki fungsi untuk menstabilkan lemak di dalam saluran pencernaan. Dengan tingginya kandungan gliserol pada ikan, lesitin ini mudah dicerna oleh ikan.
Diketahui dengan menambahkan mikroba jenis tertentu juga bisa meningkatkan kemampuan ikan dalam mencerna lemak dan karbohidar. Bersamaan dengan menguraikan lemak sehingga mudah dicerna oleh ikan, mikroba ini juga bisa membantu pencernaan karbohidrat dan protein. Beberapa pabrik pakan sudah menggunakan jenis mikroba yang bisa meningkatkan pencernaan lemak dan karbohidrat dengan menambahkannya dalam formulasi bahan pelet ikan.

Cara Merawat Mesin Pelet Apung

Pada awal langkah pengoprasian harus diawali dengan mensetup mesin terlebih dahulu, dan membuka penutup outlet nya supaya mencacah limbah. Setiap jenis limbah dimasukkan ke dalam hopper dengan cara bergantian, hasil dari cacahan keluar melalui outlet. Hasil dari cacahan yang belum halus harus digiling lagi dengan mengatur jarak screw dan screen. Perbandingan prosentase bahan untuk pelet alternatif juga harus disesuaikan dengan kadar protein yang dibutuhkan oleh ikan. Bahan yang telah homogen,lalu dicampur lagi dengan Suplemen Organik Cair, kemudian penguraian selama 2 hari.
Langkah Selanjutnya yaitu dengan memasukan bahan kedalam mesin pellet menuju housing screw, screw akan mendorong bahan keluar melalui cetakan pellet, dan akan dipotong oleh pisau rotary. Potongan akan pellet keluar melewati outlet dan dikeringkan agar kadar airnya kecil dan tidak mudah berjamur. Perawatan mesin dilakukan dengan memasukkan air hangat ke dalam housing screw supaya sisa bahan yang menempel pada housing screw, screw dan cetakan akan keluar dari mesin supaya tidak memberi hambatan pada saat proses pembuatan pellet selanjutnya. Inilha beberapa hasil dari kegiatan di atas :
  • Anda dan team dapat dengan mandiri mengeoperasikan dan merawat mesin
  • Anda bisa memproduksi makanan ikan secara  alternatif dengan kandungan protein yang sesuai kebutuhan
  • Produksi makanan ikan meningkat dari 2 kg/jam sampai 30 kg/jam
  • Biaya untuk makanan ikan lebih efisien,
  • Keuntungan yang Anda dapatkan akan meningkat

Peternakan Ikan akhir-akhir ini sangat lah meningkat dikarenakan kebutuhkan masyarakan indonesia yang membutuhkan manfaat dari daging ikan tersebut. Maka dari itu dengan merawat mesin pelet apung ini akan menjadikan usaha Anda lebih mudah dan penghasilan yang relatif tinggi.

Berikut Adalaah Jenis-Jenis Pakan Ikan

Pakan ikan yang biasanya tersebar di pasaran memiliki perbedaan pada setiap jenisnya, walaupun jika dilihat sekilas bentuknya hampir sama. Pakan ikan yang diproduksi di pabrik biasanya dijual dalam bentuk pelet yang memiliki kandungan nutrisi yang bergantung pada pabrik yang jika memproduksi atau jenis ikan yang akan mengonsumsinya. Untuk petani ternak ikan pemula, pasti akan merasa sedikit kesulitan untuk membedakan jenis-jenis pakan ikan di pasaran dikarenakan semuanya terlihat mirip dan hampir sama.

Jika berdasarkan bentuknya, pakan ikan ini terbagi menjadi 3 jenis, yaitu di antaranya adalah bentuk tepung mesh, bentuk butiran kecil pelet, atau bentuk butiran pecah crumble. Bentuk fisik pakan ika harus disesuaikan dengan umur ikan dan disesuaikan melalui lebar bukaan mulut ikan. Jika pakan yang diberikan kepada ikan tidak sesuai dengan umur dan lebar bukaan mulut, ikan akan merasa kesusahan untuk mengonsumsinya. perhatikanlah penjelasan di bawah ini yang membahas jenis pakan ikan berdasarkan bentuknya.

  1. Pakan ikan yang berbentuk tepung mash adalah pakan yang paling mudah diberikan dan di konsumsi. Pembudidaya ikan dapat membeli pakan ini dalam bentuk tepung halus.
  2. Pakan berbentuk butiran kecil atau pelet biasanya harganya lebih mahal daripada pakan yang berbentuk tepung mesh. Pada butiran pelet, semua nutrisi yang dibutuhkan ikan sudah tersedia sehingga penggunaannya sangat memudahkan untuk para pembudidaya. Pakan ini biasanya digunakan untuk ikan konsumsi yang dipelihara di dalam kolam konvensional maupun keramba jaring apung.
  3. Pakan yang memiliki bentuk butiran pecah crumble yaitu merupakan pakan yang dipecah. Tujuannya di pecah supaya ukurannya menjadi lebih kecil dan dapat dikonsumsi lebih mudah oleh ikan.

Sedangkan, berdasarkan sifat pakan, ada 2 jenis pakan ikan yang berbentuk pelet, yaitu ada pelet terapung dan pelet tenggelam.

  1. Pelet terapung akan mengambang di permukaan air dan kolam ketika ditebar. Pelet ini hanya akan berada di permukaan air dan tidak akan tenggelam ke dasar kolam hanya mengambang dan ikan mengonsumsi nya dengan memakanya naik ke permukaan. Keuntungan dari penggunaan pelet terapung ini adalah anda mudah mengontrol jumlah pakan yang diberikan. Pada umumnya, formula pakan pelet terapung lebih lengkap dan dapat di sesuai dengan kebutuhan ikan.
  2. Pelet tenggelam akan jatuh ke dalam dasar kolam ketika ditebar. Kemudian pelet akan melayang di dalam air setelah beberapa saat.

Tinggalkan Balasan

Tertarik Dengan Mesin Kami? Hubungi kami sekarang, atau Anda dapat berdiskusi dengan kami :