Mesin Pembuat Pelet ( Pelettizer) Terbaru 2022

Mesin Pembuat Pelet Pakan Ikan

Mesin Pembuat Pelet adalah sekumpulan alat yang berfungsi untuk membuat atau meproduksi pelet dengan berbagai bentuk dan ukuran.

Alat Pembuat Pelet merupakan sebuah mesin yang sangat familiar dan erat sekali kaitannya dengan dunia peternakan.

Berbicara tentang produksi pelet, pelet berkualitas bisa dihasilkan dengan menggunakan mesin cetak pelet yang bagus. Dan melihat betapa banyaknya masyarakat kita yang tertarik dalam memelihara ikan, kita bisa menggunakan hal tersebut untuk mendapat berbagai keuntungan.

Dengan menggunakan mesin cetak pelet, kita bisa memproduksi pelet berkualitas untuk dipasarkan. Setelah itu, nantinya kita bisa mendapat keuntungan dari sana.

Zaman dulu, mungkin diperlukan waktu yang tak sebentar untuk bisa menghasilkan pakan ikan yang layak pakai. Namun dengan menggunakan mesin cetak pelet, pelet ikan yang dibutuhkan akan bisa diproses secepat mungkin.

Itu sebabnya mesin cetak pelet begitu dibutuhkan oleh siapa pun yang ingin berbisnis pakan ikan. Dengan mesin ini, pelet ikan akan memiliki bentuk yang seragam dan siap dipasarkan.

 

Kegunaan Mesin Pembuat Pelet

Mesin Pelet merupakan sebuah mesin yang banyak dan sering digunakan oleh para peternak, pengusaha pakan, dan para pengusaha industri lainnya.

Biasanya Mesin Pembuat Pelet ini digunakan sebagai alat untuk membuat pakan ternak ayam, bebek, kelinci, ikan, dan pakan ternak lainnya.

Mesin ini sangat berguna bagi para pengusaha pakan apalagi bagi para peternak sendiri.

Bagaimana Tidak?

Para peternak bisa semakin menekan pengeluaran untuk membeli pakan bahkan meniadakan pengeluaran untuk membeli pakan. Karena dengan menggunakan Mesin Pelet, mereka dapat memproduksi sendiri pelet atau pakan untuk ternakn mereka.

Jadi, menggunakan Mesin Pembuat Pelet akan membuat usaha kita lebih efektif, efisien, baik, dan berkembang tentunya.

Fungsi Mesin Pembuat Pelet

Apa fungsi mesin pelet ? Mesin pelet berfungsi untuk membuat atau mencetak pelet pakan ternak. Mesin pelet biasanya dipakai untuk membuat pakan ikan, pakan ayam, pakan kelinci, pakan burung, dan sebagainya.

Makanan dalam bentuk pelet akan memudahkan bagi hewan atau ternak untuk mengkonsumsinya. Jika tanpa dibentuk pelet, maka hewan tentu akan sulit memakannya dan akan banyak yang terbuang sia-sia. Karena itu, dengan membuat pakan ternak dalam bentuk pelet, proses pemberian pakan akan lebih tepat sasaran dan efisien.

Jenis-Jenis Mesin Pembuat Pelet

Jika ditinjau dari tenaga penggerak, maka mesin pelet di bagi menjadi 3 jenis:

  1. Alat / Mesin Pelet manual. Bagi para penghobi ternak atau usaha kecil, menggunakan mesin pelet manual adalah pilihan tepat. Pengoperasian alat pelet ini dengan tangan atau manual. Sehingga tidak membutuhkan listrik lagi. Di Maksindo, type ini diwakili oleh type MKS-PLT10
  2. Mesin pelet listrik. Mesin jenis ini menggunakan listrik sebagai tenaga penggerak mesin. mesin dilengkapi dengan dinamo listrik untuk memutar screw atau roller pencetak pelet. Mesin ini sangat cocok untuk usaha. Anda tidak akan capek lagi memutar dengan cara manual. Di Maksindo mesin cetak pelet dengan power listrik ada banyak jenisnya, antara lain : AGR-LET125, AGR-LET150, AGR-LET210, AGR-LET300, AGR-LET400. Ada juga versi kecil dari mesin pelet listrik, yaitu : MKS-PLT15 dan MKS-PLT25
  3. Mesin pelet diesel. Mesin model diesel biasa dipakai untuk usaha peternakan dan cukup populer di Indonesia. Mesin menggunakan tenaga diesel sebagai penggerak. Pengusaha memilih model ini biasanya karena terbatasnya sumber daya listrik atau dipakai di area pedalaman

Jika dilihat dari sisi hasil pelet, terapung atau tenggelam, maka mesin pelet dibagi menjadi 2 jenis :

  1. Mesin pelet tenggelam. Hasil dari mesin pelet ini adalah jenis pelet ikan yang jika dimasukkan ke dalam air maka pelet akan tenggelam. Namun, sebenarnya pelet tenggelam dari sisi nilai gizi jauh lebih baik dari pelet apung. Karena pelet tenggelam diproses tanpa panas, sedangkan pelet apung ada proses pemanasannya. Namun jika Anda membuat pelet untuk pakan ayam, maka tenggelam atau terapung bukan masalah.
  2. Mesin pelet apung. Mesin ini dipakai untuk membuat pelet apung. Mesin pelet apung biasanya menggunakan sistem screw press dan heater, sehingga ada unsur pemanasannya. Pelet jenis apung disukai untuk pembuatan pelet ikan, karena hasil pelet akan terapung saat pemberian pakan ikan.

Pelet buatan seperti apakah yang layak dikonsumsi olah ikan. Beberapa kriteria pelet buatan yang baik adalah :

  • Bukan makanan pokok manusia
  • Mudah diperoleh baik dari segi waktu maupun jumlah
  • Harga yang murah atau terjangkau
  • Mudah diolah tidak mengandung racun
  • Butirannya halus atau bisa dihaluskan
  • Mengandung nilai gizi yang tingi

Bahan –bahan yang digunakan untuk membuat pelet yang mempunyai kadar protein tinggi diantaranya:

  • Vitamin
  • Konsentrat
  • Ikan asin BS Super
  • Daun pepaya
  • Keong Mas
  • Ragi tempe
  • Dedak

Cara membuat pelet Pertama 

  • Campurkan bahan-bahan yang terdiri dari keong sawah, vitamin, dedak dicampur rata.
  • Kemudian berilah 125 gram ragi tempe dan aduk kembali
  • jika sudah selesai tutup adonan tersebut dengan menggunakan penutup dan diamkanlah kurang lebih selama 24 jam. Hal ini bertujuan agar proses fermentasinya bagus
  • keesokan harinya buka adonan tersebut dan campurkan daun papaya dan juga ikan asin yang sudah digiling halus.
  • kemudain cetaklah dengan menggunakan mesin pelet
  • setelah selesai dalam proses pencetakkan pelet jemur dibawah sinar matahari
  • Jika pelet sudah kering bisa dibungkus dengan plastic yang kedap air kemudian pelet didimpan ditempat yang memiliki sirkulasi udara yang mendukung.

Karena untuk membuat pelet untuk pakan ikan ini harus menggunakan alat cetak pelet pastinya Anda menginginkan untuk menggunakan alat cetak pelet yang memiliki kualitas baik. Untuk mencari alat cetak pelet saat ini sudah mudah karena sudah banyak toko mesin yang menjual alat cetak berbagai model.

Salah satu alat cetak pelet yang praktis untuk digunakan adalah alat cetak pelet manual. Alat cetak pelet manual ini bisa mencetak pelet dengan ukuran 1,5 mm, 2,5 mm, 4 mm dan 6 mm.

penggunaan alat cetak pelet ini masih dengan cara manual yang sangat cocok untuk diimplikasikan dalam kegiatan beternak seperti ikan dan juga untuk kebutuhan lainnya.

Alat cetak pelet ini memiliki kualitas yang sangat baik karena alat cetak pelet ni menggunakan bahan yang terbuat dari stainless steel sehingga tidak mudah berkarat Alat ini juga sudah dilengkapi dengan 4 macam ukuran pelet sehingga akan membudahkan Anda ketikan akan mencetak pelet.

Alat cetak pelet ini sangat hemat karena masih menggunakan cara manual. Dengan menggunakan alat cetak pelet ini maka Anda sudah dapat mengurangi biaya Anda untuk alokasi pakan ikan. Alat cetak pelet ini memiliki dimensi dengan panjang yang berukuran 235 mm, lebar 135 mm dan tinggi 160 mm. untuk beratnya sendiri adalah 1. 35 kg.

Itu tadi beberapa cara untuk membuat pelet ikan dengan menggunakan bahan dan alat yang berbeda,bagaimanakah menuru pendapat Anda setelah mengetahui cara pembuat pelet di atas, sangat mudah bukan cara pembuatannya. Jika Anda membuat pelet sendiri untuk keperluan pakan ternak Anda ini pastinya akan lebih mengemat biaya pengeluaran Anda.

Semoga saja denga informasi seputar cara membuat pelet ikan yang telah kami paparkan ini bisa menambah pengetahuan kepada para pembaca yang belum mengetahui cara membuat pelet. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Bagaimana Perawatan dan Peluang Usaha Menggunakan Mesin Cetak Pelet?

Sekarang, mari kita bahas tentang peluang usaha dengan menggunakan mesin cetak pelet. Seperti yang kita tahu, begitu banyak masyarakat Indonesia yang senang sekali memelihara ikan dan beternak ikan.

Hal ini bisa kita jadikan peluang usaha untuk menciptakan pelet berkualitas bagi para peternak ikan. Kita tidak perlu cemas soal biaya karena modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha seperti ini tidaklah terlalu besar.

Kita bisa mendapat berbagai bahan untuk membuat pelet dengan mudah, seperti jagung, kedelai, tepung ikan, dedak dan lain-lain. Bahan baku tersebut tidak terlalu mahal dan mudah ditemukan.

Jadi kapanpun anda berencana untuk menjalankan bisnis pembuatan pelet, anda bisa memulai bisnis ini kapanpun anda mau. Apalagi jika anda sudah memiliki mesin cetak pelet, semua proses pembuatan pelet tentunya akan semakin mudah untuk dilakukan.

Setelah itu, anda bisa memulai produksi pelet anda. Setelah pelet selesai dibuat, anda bisa memasarkannya di toko-toko pakan ikan atau perlengkapan memancing.

Anda pun bisa mempromosikan pelet produksi anda di media sosial, agar ada banyak orang yang tahu tentang produk pelet anda dan tertarik untuk membelinya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli mesin ini lalu ciptakan peluang usaha anda sendiri dan jadilah pebisnis yang sukses dengan mesin ini.

Jika anda sudah mempunyai mesin ini, ada baiknya anda pun merawat mesin ini dengan baik. Periksa selalu kondisi mesin sebelum menggunakan mesin ini.

Pastikan kondisi mesin dalam keadaan baik sehingga bisa digunakan dengan maksimal dan tidak menimbulkan kerusakan pada mesin. Ada baiknya anda pun rutin membersihkan beberapa bagian dari mesin agar mesin tersebut memiliki kondisi bagus dan tahan lama.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Pembuat Pelet RUMAH MESIN

1. Mesin Pencetak Pelet Tipe Horizontal:

Mesin Pembuat Pelet Tipe Horizontal
Mesin Pencetak Pelet Tipe Horizontal

Spesifikasi Mesin Pencetak Pelet Tipe Horizontal:

a. Mesin Pencetak Pelet Tipe Horizontal K 75

Dimensi : 950 mm x 700 mm x 1150 mm.
Penggerak : Motor Diesel.
Energi Yang Digunakan : Solar.
Daya ( Power ) : 8PK ( Motor Diesel ).
Kapasitas : 75 Kg / Jam.
Bahan Material : Plat Mild Steel.
Rangka : Besi Siku UNP.
Transmisi : Pulley Dan V-Belt.

b. Mesin Pencetak Pelet Tipe Horizontal K 150

Dimensi : 1000 mm x 800 mm x 1150 mm
Penggerak : Motor Diesel
Energi Yang Digunakan : Solar
Daya ( Power ) : 12 PK ( Motor Diesel )
Kapasitas : 150 Kg / Jam
Bahan Material : Plat Mild Steel
Rangka : Besi Siku UNP
Transmisi : Pulley Dan V-Belt

c. Mesin Pencetak Pelet Tipe Horizontal K 300

Dimensi : 1250 mm x 800 mm x 1150 mm
Penggerak : Motor Diesel
Energi Yang Digunakan : Solar
Daya ( Power ) : 16 PK ( Motor Diesel )
Kapasitas : 300 Kg / Jam
Bahan Material : Plat Mild Steel
Rangka : Besi Siku UNP
Transmisi : Pulley Dan V-Belt

d. Mesin Pencetak Pelet Tipe Horizontal K 500

Dimensi : 1550 mm x 1000 mm x 1150 mm
Penggerak : Motor Diesel
Energi Yang Digunakan : Solar
Daya ( Power ) : 24 PK ( Motor Diesel )
Kapasitas : 300 Kg – 500 Kg / Jam
Bahan Material : Plat Mild Steel
Rangka : Besi Siku UNP
Transmisi : Pulley Dan V-Belt

2. Mesin Pencetak Pelet Tipe Vertikal:

Mesin Pembuat Pelet Tipe Vertikal
Mesin Pencetak Pelet Tipe Vertikal

Spesifikasi Mesin Pencetak Pelet Tipe Vertikal:

a. Mesin Pencetak Pelet Tipe Vertikal K 75

Energi Yang Digunakan : Solar.
Dimensi : 650 mm x 600 mm x 1000 mm.
Penggerak : Motor Diesel.
Daya ( Power ) : 8 PK ( Motor Diesel ).
Kapasitas : 50 Kg – 75 Kg / Jam.
Bahan Material : Plat Mild Steel.
Rangka : Besi Siku UNP.
Transmisi : Pulley Dan V-Belt.

b. Mesin Pencetak Pelet Tipe Vertikal K 150

Energi Yang Digunakan : Solar.
Dimensi : 950 mm x 800 mm x 1150 mm.
Penggerak : Motor Diesel.
Daya ( Power ) : 12 PK ( Motor Diesel ).
Kapasitas : 100 Kg – 150 Kg / Jam.
Bahan Material : Plat Mild Steel.
Rangka : Besi Siku UNP.
Transmisi : Pulley Dan V-Belt.

c. Mesin Pencetak Pelet Tipe Vertikal K 300

Energi Yang Digunakan : Solar.
Dimensi : 1200 mm x 800 mm x 1250 mm.
Penggerak : Motor Diesel.
Daya ( Power ) : 16 PK ( Motor Diesel ).
Kapasitas : 200 Kg – 300 Kg / Jam.
Bahan Material : Plat Mild Steel.
Rangka : Besi Siku UNP.
Transmisi : Pulley Dan V-Belt.

d. Mesin Pencetak Pelet Tipe Vertikal K 500

Energi Yang Digunakan : Solar.
Dimensi : 1350 mm x 1000 mm x 1650 mm.
Penggerak : Motor Diesel.
Daya ( Power ) : 24 PK ( Motor Diesel ).
Kapasitas : 300 Kg – 500 Kg / Jam.
Bahan Material : Plat Mild Steel.
Rangka : Besi Siku UNP.
Transmisi : Pulley Dan V-Belt .

3. Mesin Pencetak Krambel

Mesin Pembuat Pelet
Mesin Pencetak Krambel

Spesifikasi Mesin Pencetak Krambel:

Kapasitas : 200 kg/jam
Dimensi : 1500 x800 x 1500 mm
Penggerak : motor diesel 12 Pk
Diameter tabung : 200 mm
Panjang : 100 mm
Screw tebal : 6 mm – 8 mm
Dilengkapi dengan : mixer untuk pengaturan masukan bahan
Fungsi : Untuk mencetak pakan ayam

 

Penawaran Dari RUMAH MESIN

Kami CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pembuat Pelet Terbaru 2017 bagi anda para pengusaha Pakan Ternak serta Para Peternak.

Mesin Pembuat Pelet RUMAH MESIN telah menyediakan 8 Jenis Mesin Pembuat Pelet. Mulai dari Mesin Sortasi Bahan Pelet hingga Mesin Sortasi Pelet yang sudah jadi.

Mesin Pembuat Pelet RUMAH MESIN juga telah dilengkapi dengan mesin-mesin penggerak yang berkualitas. Sehingga proses produksi pelet atau pakan ternak anda akan semakin berkualitas juga.

Dengan mesin-mesin penggerak yang berkualitas, maka keandalan juga keawetan dari Mesin Pembuat Pelet RUMAH MESIN akan lebih terjamin.

Mesin Pembuat Pelet RUMAH MESIN dibuat dari material-material dengan kualitas terbaik. Sehingga lebih andal, aman, dan awet. Mesin Pembuat Pelet RUMAH MESIN juga telah melalui serangkaian uji coba dan lolos Quality Control.

Mesin Pembuat Pelet kami terjamin Kualitasnya, Keandalannya, Kehigienisannya, Keamanannya, serta Keunggulannya. Tentunya kami menawarkan Mesin Pembuat Pelet kami dengan harga yang lebih murah daripada yang lain.

 

Keunggulan Membeli Mesin Pembuat Pelet RUMAH MESIN

  • Terdapat 8 Jenis Mesin Pemrosesan Lengkap.
  • Dirancang Dan Dibuat Oleh Tenaga Ahli Berpengalaman Kami.
  • Dibuat Dari Material Yang Berkualitas Terbaik.
  • Dilengkapi Dengan Suku Cadang Dan Mesin Penggerak Yang Berkualitas Terbaik.
  • Mesin Mudah Dipahami Dan Digunakan.
  • Perawatan Mudah Dan Murah.
  • Dukungan Teknisi Handal Kami.
  • Pelayanan Terbaik Dan Memuaskan.
  • Training Gratis.
  • Aman.
  • Hemat.
  • Cepat.
  • Efektif.
  • Efisien.

 

Informasi Dan Pemesanan Mesin Pembuat Pelet RUMAH MESIN

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383
Email : rumahmesin@gmail.com
Fax : 0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pembuat Pelet untuk mempermudah proses produksi Pakan Ternak atau Pelet anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda.

Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Pelet.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami . Selain itu, kami siap untuk memberikan konsultasi tentang usaha maupun tentang mesin kepada anda.

Sehingga pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan, kami selalu ada untuk anda.

RumahMesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Mesin yang anda pesan juga bisa andasterlebih dahulu sebelum anda bawa pulang ( sebelum kami kirimkan ).

Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena Kepuasan Pelanggan Adalah Prioritas Kami.

Cara Membuat Pelet

  1. Siapkan Alat Dan Bahan
  2. Jika Alat Dan sudah anda siapkan, proses selanjutnya adalah menyortasi biji jagung ( Jika Menggunakan Bahan Berupa Biji Jagung ).
  3. Setelah Jagung disortasi, hancurkan atau kecilkan ukuran biji jagung menggunakan Mesin Hammer Mild – Penghancur Bahan Pelet.
  4. Proes selanjutnya adalah menggiling bahan tersebut menggunakan Mesin Penepung Bahan Pelet menjadi butiran halus ( tepung pelet ).
  5. Kemudian campur semua bahan yang telah anda siapkan menggunakan Mesin Pencampur Bahan Pelet, hingga benar-benar tercampur.
  6. Selanjutnya kukus adonan pelet tadi menggunakan Mesin Pengukus Adonan Pelet.
  7. Baru setelah dikukus, anda dapat mencetak adonan pelet menggunakan Mesin Pencetak Pelet.
  8. Setelah itu keringkan pelet menggunakan Mesin Pengering Pelet atau bisa anda jemur dibawah terik sinar matahari.
  9. Proses terakhir adalah, sortir pelet kering menggunakan Mesin Sortir Pelet.
  10. Pelet siap digunakan untuk pakan ternak atau bisa juga dijual.

Cara Kerja Mesin Pellet Sederhana

Pellet adalah sebuah bahan pakan yang akan dipadatkan, umumnya juga berbentuk bulat panjang kecil , bahan pellet dibuat dari bahan yang konsentrat dengan beberapa campuran obat atau pun vitamin, yang akan diberikan pada sebuah ternak sebagai bahan pakan.

Pakan yang berbentuk pellet ini bertujuan untuk bisa mengurangi sifat keambaan sebuah pakan, keuntungan lain pakan ini yang dibentuk oleh pellet ini jika menurut patrick,  schaible 1979, dan juga stevent 1981,  antara lain :

  • Meningkatkan sebuah konsumsi dan juga efisiensi pakan, meningkatkan juga kadar energi metabolisme pakan.
  • Membunuh beberapa bakteri patogen.
  • Menurunkan juga jumlah pakan yang sedang terbuang.
  • Memperpanjang juga usia penyimpanan.
  • Menjaga sebuah keseimbangan zat nutrisi pakan.
  • Mencegah juga oksidasi vitamin.
  • Dan juga akan meningkatkan densitas pakan.

Untuk bisa menghasilkan pellet yang sangat baik sekali dan juga sangat berkualitas tentunya akan dibutuhkan alat yang bisa memadai dan juga banyak yang produsen mesin yang sangat memproduksi mesin pellet yang sangat berkualitas.

Karena dengan ini pellet yang sangat berkualitas juga akan bisa memberikan hasil yang sangat maksimal pada kualitas ternak dan juga meningkatkan kuantitas pada ternak. Dari ini sedikit penjelasan juga diatas sudah pasti proses dalam pembentukan pellet dibutuhkan juga alat atau mesin untuk bisa memprosesnya.

Pada kesempatan kali ini juga akan mencoba untuk bisa melihat bagaimana gambaran dari sebuah pembentukan pembuatan pellet dengan adanya memakai atau menggunakan alat yang sangat sederhana. Tetapi juga akan dapat bisa di pakai atau digunakan untuk bisa membuat pellet sebagai pakan ternak.

Dibawah ini juga akan diperlihatkan gambar bagaimana bahan bahan ini yang akan dimasukkan kedalam mesin pellet yang sangat sederhana sehingga akan menghasilkan butiran butiran pellet. Ada banyak juga cara dengan mesin mesin ini yang akan berbeda untuk bisa juga dapat membuat pellet ini.

Diantara mesin itu adalah seperti contoh pada gambar dirancang dengan sedemikian rupa dengan sangat cukup  sederhana sekali.

Pada mesin seperti ini juga untuk menghasilkan atau memberikan putaran cepat atau juga lambat dapat juga memakai atau menggunakan transmisi puli atau pun roda gigi, dapat juga dengan memakai atau menggunakan gearbo.