Mesin Mocaf – Mesin Pengolahan Singkong Tepung Mocaf

Mesin Pembuat Tepung Singkong Tepung Mocaf merupakan mesin yang digunakan untuk membuat tepung berbahan singkong. Dengan mesin tepung mocaf kita dapat membuat tepung mocaf yang berkualitas dengan cepat.

Tepung mokcaf merupakan tepung yang berbahan baku dari singkong atau ubi kayu yang dimodifikasi menggunakan teknik fermentasi menggunakan mikrobia.

Tepung mocaf sendiri memiliki karakteristik yang baik untuk mensubstitusi maupun menggantikan 100% penggunaan tepung terigu.

Spesifikasi Mesin Pengolahan Singkong Tepung Mocaf / Mesin Tepung Mocaf

1. Mesin Pembuat Tepung Mocaf (Penepung) Alloy Steel (FFC 15)

Mesin Pengolahan Singkong Tepung Mokaf

Spesifikasi Mesin Pembuat Tepung (Penepung) Alloy Steel FFC 15

Kapasitas:30 Kg – 50 Kg / Jam.
Dimensi:600 mm x 300 mm x 800 mm.
Penggerak:Motor Bensin / Elektro Motor
Energi Yang Di Gunakan:Bensin / Listrik.
Daya Power:5,5 HP ( Motor Bensin ) / 2 HP ( Motor Listrik ).
Tegangan listrik:220 V ( Motor Listrik ).
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Bahan Material:Steel Alloy.
Lubang Saringan:0,8mm,1mm,1,5mm dan 2mm
Rangka:Besi Siku 40 / 40.

2. Mesin Pembuat Tepung Mocaf (Penepung) Alloy Steel (FFC 23)

Mesin Pengolahan Singkong Tepung Mokaf

Spesifikasi Mesin Pembuat Tepung (Penepung) Alloy Steel (FFC 23)

Kapasitas:100 kg – 200 kg / jam
Dimensi:1000 mm x 500 mm x 1200 mm.
Penggerak:Diesel
Energi Yang Digunakan:Solar
Daya/power:8 PK RRT
Bahan Material:Steel Alloy
Ukuran Saringan:0,8,1mm,5mm,2mm
Rangka:Besi Siku 40/40 & Besi UNP

3. Mesin Pembuat Tepung Mocaf (Penepung) Alloy Steel (FFC 37)

Mesin Pengolahan Singkong Tepung Mokaf

Spesifikasi Mesin Pembuat Tepung (Penepungan) Alloy Steel (FFC 37)

Kapasitas:200 kg – 300 kg / jam
Dimensi:1100 mm x 700 mm x 1200 mm
Penggerak:Diesel
Energi Yang Digunakan:Solar
Daya (Power):12 dan 16 PK (Diesel)
Bahan Material:Steel Alloy
Ukuran Saringan:0,8mm,1mm,1,5mm,2mm.
Rangka:Besi Siku 50 / 50 & Besi UNP

4. Mesin Pembuat Tepung Mocaf P(enepung) Alloy Steel (ffc 45)

FFC 45 Alloy Steel

Spesifikasi Mesin Pembuat Tepung Mocaf (Penepung) Alloy Steel (FFC 45)

Kapasitas:500 kg / jam
Dimensi:1100 mm x 700 mm x 1500 mm
Penggerak:Diesel
Energi Yang Digunakan:Solar
Daya (Power):24 PK (Diesel)
Bahan Material:Steel Alloy
Ukuran Saringan:0,8mm,1mm,1,5mm,2mm.
Rangka:Besi Siku 50 / 50 &  Besi UNP

 1. Tepung Mocaf

tepung mocaf

Tepung mocaf merupakan tepung yang berbahan dasar dari baku singkong atau ubi kayu yang sudah dimodifikasi menggunakan teknik fermentasi menggunakan mikrobia. Tepung mocaf memiliki karakteristik yang baik untuk menggantikan setidaknya 100% penggunaan tepung terigu.

Dibandingkan dengan tepung singkong tanpa fermentasi atau disebut tepung gaplek, tepung mocaf ini memiliki kualitas yang lebih baik yaitu tampak lebih putih dan aroma khas singkong nya hilang.

Pada produk tepung singkong tanpa fermentasi atau gaplek, warna kurang putih (coklat kehitaman) dan seringkali bau apek sangat kuat sehingga ketika diaplikasikan ke produk menyebabkan performan produk kurang menarik dan masih ada aroma khas singkong.

Hal ini seringkali membuat industri olahan makanan yang berbahan baku tepung singkong atau gaplek menjadi kurang puas.

Temuan tepung singkong modifikasi (mocaf) dimana karakteristik tepung mocaf yang lebih putih dan aroma singkongnya sudah hilang. Sehingga jika mensubstitusi terigu sangat tidak menurunkan kualitas produk jika proposi penggunaannya disesuai dengan jenis produknya.

 

Kandungan Tepung Mocaf

Tepung mocaf juga memiliki kandungan nutrisi yang lain dengan tepung terigu. Perbedaan kandungan nutrisi yang mendasar adalah, bahwa tepung mocaf tidak mengandung zat gluten-zat yang hanya ada pada terigu yang menentukan kekenyalan makanan.

Tepung mocaf berbahan baku singkong memiliki lebih sedikit protein sedangkan tepung terigu berbahan gandum lebih kaya dengan protein. Tepung ini dapat dibuat dengan Mesin Pembuat Tepung Singkong / Mocaf

Tepung mocaf lebih banyak karbohidrat dan memiliki gelasi yang lebih rendah dibanding dengan tepung terigu. Sedangkan dibandingkan dengan tepung singkong biasa atau tapioka, tepung mocaf memiliki karakter derajat viskositas (daya rekat), kemampuan gelasi, daya rehidrasi dan kemudahan melarut yang lebih baik.

Tepung mocaf warananya putih, terasa lembut, dan tidak berbau singkong. Nah mesin tepung mocaf ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk membuat tepung mocaf yang berkualitas.

Tepung terigu juga banyak  mengandung zat pati, yaitu karbohidrat yang kompleks dan tidak larut dalam air. Jenis tepung terigu ini dibedakan berdasarkan kandungan protein yang dimiliki oleh tepung terigu, kandungan protein pada terigu menentukan kandungan gluten.

Kualitas protein serta gluten ditentukan oleh kualitas jenis gandum. Protein sangat terkait dengan gluten, dimana gluten itu adalah suatu zat yang terkandung dalam tepung terigu. Sifat zat ini yaitu

Tepung berprotein rendah atau pastry flour memiliki kadar protein sekitar 6% hingga 8%. Sangat cocok sekali jika dipakai untuk membuat kue yang bersifat renyah seperti biskuit atau kulit gorengan dan keripik serta yang lainnya.

elastis dan kenyal. Semakin tinggi kadar proteinnya maka semakin banyak gluten yang ada pada tepung tersebut, begitu pula sebaliknya.

 

Protein yang Terkandung

Semakin tinggi kualitas proteinnya maka semakin bagus kualitas glutennya, semakin rendah proteinnya maka semakin sedikit glutennya. Berdasarkan kadar protein-nya, terigu diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Tepung berprotein tinggi (bread flour), memiliki kadar protein tinggi 11%-13%, dsangat baik sebagai bahan pembuat roti, mi, pasta, donat, dan roti yang membutuhkan kekenyalan tinggi.
  2. Tepung berprotein sedang/serbaguna (all purpose flour), memiliki kadar protein yang sedang, 8%-10%, cocok sebagai bahan pembuat kue cake.
  3. Tepung berprotein rendah (pastry flour): memiliki kadar protein kisaran 6%-8%. Sangat sesuai untuk membuat kue yang renyah, seperti biskuit, kulit gorengan atau keripik maupuub yabg lainnya.

 

2. Omzet Besar dari Usaha Tepung Mocaf

Berkembanyka berbagai jenis usaha pengolahan makanan, meningkatkan kebutuhan tepung terigu. Sayangnya, kenaikan permintaan ini tidak diimbangi dengan baik oleh ketersediaan tepung terigu.

Sekadar informasi, tepung terigu yang kita konsumsi saat ini dibuat dari bahan dasar gandum. Nah, produsen terigu masih juga mengimpor bahan gandum dari luar negeri karena tanaman padi-padian ini belum dapat kita budidayakan secara besar-besaran di Tanah Air.

Maklum saja, gandum adalah tanaman yang subtropis.

Penyebab kebutuhan mocaf semakin menanjak

Karena bahan baku terigu kita masih impor, harga terigu pun bahkan sering fluktuatif mengikuti harga dari gandum internasional. Salah satu solusi terbaik untuk menekan ongkos dari pembelian terigu, banyak pengusaha makanan serta pengusaha roti kini bisa beralih ke tepung mocaf atau modified cassava flour.

Itulah mengapa kebutuhan mocaf pun dari tahun ke tahun terus menanjak atau meningkat. Maka dengan membeli mesin tepung mocaf kita dapat membuat usaha tepung mocaf yang sangat potensial.

Peluang Usaha Tepung Mocaf – Inpsirasi dari Darmanto

Melihat peluang bisnis ini, pengusaha asal Bogor, Darmanto, mencoba bisnis pembuatan tepung mocaf itu. “Saya membeli izin teknologi produksi tepung mocaf sejak tahun 2009,” ujarnya.

Dengan memberi merek “Good Health”, Darmanto pun melakukan uji coba usaha. Namun baru pada tahun 2011, ia mulai memasarkan mocaf secara komersial.

Menurut Darmanto sendiri, peluang pasar tepung mocaf sangatlah besar. Apalagi, pemerintah mulai berniat untuk mengurangi impor bahan gandum.

Sehingga tepung mocaf akan memiliki potensi yang lebih besar sebagai pengganti tepung terigu. Selain dari pada itu, pemain di bisnis tepung mocaf ini masih sedikit atau tidak terlalu banyak.

Darmanto memberi harga tepung mocaf buatannya dengan harga Rp 7.500 untuk kemasan 1 kg. Dan harga Rp 187.500 untuk kemasan 25 kg. Sebagai bahan dasar tepung mocaf, Darmanto membeli singkong yang segar dari para petani di wilayah Bogor dengan harga Rp 1.200 per kg.

Saban hari, Darmanto juga mampu memproduksi tepung mocaf hingga 600 kg. Dalam sebulan, jumlah tepung mocaf yang telah diproduksi bahkan mencapai 14.400 kg. Ini berarti, tiap bulannya Darmanto berhasil mendapat omset hingga Rp 108 juta. “Kami banyak menjual tepung ini untuk para industri dan produsen kue,” kata Darmanto.

Mesin Tepung Mocaf sangat dapat kita manfaatkan untuk membuat bisnis yang potensial.

Peluang Usaha Tepung Mocaf – Inpsirasi dari Cahyo Handriadi

Selain Darmanto, Cahyo Handriadi juga salah satu pengusaha yang memproduksi tepung mocaf. Berbeda dengan Darmanto, Cahyo merupakan seorang petani singkong yang tinggal di Trenggalek, Jatim.

Namun, selain menanam singkong, beliau juga mengolah singkong menjadi tepung mocaf. “Sebab nilai jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan singkong mentah biasa. Selain itu prospek bisnis tepung mocaf juga cukup cerah,” katanya.

Dalam sebulan, Cahyo mampu dapat memproduksi 10 ton mocaf. Untuk memproduksi tepung sebanyak itu, ia memerlukan bahan baku singkong sekitar 400 ton.

Dengan harga jual tepung mocaf yaitu Rp 6.500 per kg, Cahyo mampu meraup omset sampai Rp 65 juta per bulan. “Kami menyuplai beberapa industri makanan ringan dan mie instan yang berada di kawasan Jawa Timur dan Jawa Tengah,” kata Cahyo.

Kendala bisnis ini sederhana, yakni pasokan singkong yang sangat sering terlambat karena singkong sangat tergantung pada musim. Jika musim sedang cukup bagus, yakni sedang di musim kemarau, pasokan tepung mocaf tidak akan tersendat.

Cahyo menceritakan, hanya singkong yang kering yang bisa diolah menjadi tepung mocaf yang berkualitas. Tahun lalu, karena curah hujan tinggi, tak banyak singkong yang dapat dijadikan bahan baku mocaf. “Tahun lalu, kami tidak dapat memproduksi dalam jumlah yang besar karena susah mendapatkan pasokan singkong yang sudah kering,” kata Cahyo.

 

3. Keunggulan Tepung Mocaf Dan Manfaatnya

MOCAF kepanjangannya yaitu “Modified Cassava Flour “ atau “Modifikasi Tepung Ketela Pohon”. Namanya berbau asing tapi penemu dan pengembangnya orang Indonesia.

Mocaf adalah murni tepung lokal baik dari sisi bahan maupun teknologinya. Penemunya bernama Dr. Achmad Subagio, staf pengajar di Universitas Negeri Jember Jawa Timur.

Nama asing ini seolah menunjukkan ironi yang ada pada singkong. Dianggap makanan miskin tapi sejatinya tanpa sadar menjadi topangan hidup banyak orang di Indonesia.

Dr. Achmad sempat dilecehkan ketika hendak mengembangkan Mocaf. Dianggap buang waktu dan ditertawakan. “Buat apa ngurusi singkong, makanan orang miskin dan tak ada gizinya”.

Kita tahu sekarang, singkong memiliki gizi sejajar dengan beras dan kentang, bahkan beberapa bagian dianggap lebih baik_lihat postingan kami yg lalu.

Tepung Mocaf sendiri telah diakui dunia dan sudah diakui bisa menjadi pengganti terigu. Modifikasi Mocaf dilakukan melaui proses fermentasi. Proses ini membuat mutu tepung singkong menjadi lebih baik

Keunggulan Tepung Mocaf antara lain :

  1. Mengandung kalsium, fosfor, dan serat yang lebih tinggi daripada tepung terigu,
  2. Kaya vitamin C
  3. Mengandung fitoestrogen, suatu hormon yang berfungsi untuk mencegah menopause dini yang biasa tejadi pada kaum wanita.
  4. Warna Lebih Putih,
  5. Aroma singkong hilang (tidak ada aroma tape),
  6. Tekstur lebih halus,
  7. Elastisitas meningkat,
  8. Lebih mengembang saat digunakan sebagai bahan baku pembuatan olahan kue,
  9. Hilangnya rasa pahit yang kadang muncul pada singkong.
  10. Rendah gula, aman dikonsumsi oleh semua orang
  11. Cocok bagi penderita diabetes, autis dan celiac disease.

Tepung Mocaf dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti salahsatunya untuk tepung gorengan, membuat bubur, membuat aneka kue donat, brownies, kue bolu, kue kering, dll. Dengan keunggulan tepung mocaf yang luar biasa ini, bisa digunakan juga untuk makanan tambahan bagi bayi, campuran pembuatan roti, dan bahan dasar mie.

Kadar yang terkandung dari  tepung mocaf adalah sebagai berikut :

  1. Bahan Kering : 87.99
  2. Kadar Air : 12.01
  3. Kadar Abu : 1.44
  4. Bahan Organik : 98.56
  5. Protein Kasar : 3.42
  6. Lemak Kasar : 0.83
  7. Serat Lemak : 2.39
  8. Betn : 83.33

Keuntungan dengan menggunakan tepung mocaf, antara lain yaitu.

  1. Memiliki kandungan serat terlarut / soluble fiber yang jauh lebih banyak daripada dengan tepung gaplek.
  2. Memiliki kandungan mineral atau kalsium yang lebih tinggi  yaitu (58) dibandingkan dengan padi yaitu (6) dan gandum (16).
  3.  Oligasakarida yang merupakan penyebab flatules susah terhidrolisir.
  4. Memiliki daya kembang yang setara dengan gandum tipe II (kadar protein menengah).
  5. Memiliki daya cerna yang jauh lebih baik dan juga lebih cepat dibanding dengan tepung tapioka atau tepung gaplek.

Luar biasa bukan keunggulan tepung mocaf & manfaatnya, yuk ganti tepung terigu dalam setiap resep yang kita buat dengan tepung mocaf.

 

4. Makanan dari Tepung Mocaf

a. Bolu Kukus Tepung Mocaf

Bahan-bahan

  • 250 gramtepung singkong
  • 180 gramgula pasir/gula halus
  • 3 butirtelur
  • 65 mlsantan kara kecil
  • 135 mlair
  • 1/2 sendok tehsp
  • 1 sendok tehpasta pandan

Langkah

  1. Panaskan kukusan, oles dengan minyak loyang puding.
  2. Aduk rata santan, air dan pasta pandan
  3. Kocok dengan kecepatan tinggi telur, gula dan sp, hingga putih pucat mengembang berjejak.
  4. Mixer selama kurang lebih 15 menit
  5. Tambahkan tepung dan santan bergantian, aduk dengan cara putar balik.
  6. Masukkan loyang lalu kukus 30 menit.
  7. Lakukan tes tusuk.
  8. Angkat.

b. Putu Ayu Mocaf

Bahan-bahan

  • 2 butirtelur
  • 110 grgula pasir (sesuai selera)
  • 150 grtepung mocaf
  • 1/2 sdmtepung kanji
  • 50 mlsantan kental + 50ml ekstrak daun pandan
  • 1/2 sdtgaram
  • kelapa parut muda tanpa kulit, campur garam secukupnya dan daun pandan
  • minyak goreng untuk olesan cetakan

bahan pewarna :

  • 20 lembardaun pandan
  • air secukupnya

Langkah – langkah :

pembuatan ekstrak pandan sebaiknya minimal sehari sebelumnya, karena ekstrak didapat dari endapan yang terbentuk minimal semalaman.

caranya :

  1. iris daun pandan, campur air dan blender.
  2. hasil blenderan daun pandan, simpan diwadah (gelas/wadah lainnya), masukkan ke dalam kulkas.
  3. biarkan semalaman.
  4. keesokannya akan terbentuk endapan yang akan digunakan sebagai pewarna alami.
  5. campur kelapa parut muda dengan garam dan daun pandan. aduk rata lalu kukus 15 menit.
  6. Siapkan cetakan putu ayu
  7. olesi dengan minyak (kira2 saja, sampai permukaan licin. kalau kebanyakn minyak akan mempengaruhi rasa kue) lalu padatkan kelapa didasar cetakan. banyaknya kelapa sesuai selera.
  8. campur tepung mocaf, tepung kanji dan garam. aduk rata. sisihkan.
  9. campur santan dan ekstrak pandan..aduk rata. sisihkan
  10. kocok telur dan gula dengan kecepatan maksimum menggunakan mikser sampai adonan berjejak. kira-kira selama 15 menit.
  11. kecilkan speed mikser ke speed terendah, masukkan campuran tepung dan larutan santan berselang seling sampai habis dan adonan tercampur rata.
  12. panaskan kukusan. tutup kukusan dengan kain agar tutupnya tidak berair.
  13. masukkan adonan ke cetakan putu ayu. kukus selama 15-20 menit.

 

Info Pemesanan Mesin Pembuat Tepung Mocaf / Mesin Tepung Mocaf

Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

Mesin Pembuat Tepung Singkong Mocaf  / Mesin Tepung Mocaf RUMAH MESIN

Kami menyediakan Mesin Pembuat Tepung Singkong Mocaf yang dapat membantu mempermudah anda dalam membuat / memproduksi jahe instan.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda dengan menyediakan Mesin Pengolahan Singkong Mocaf yang dapat menunjang kegiatan usaha Anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Pembuat Tepung Singkong Mocaf ini.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin–mesin dari kami secara langsung di Workshop kami.

Kami hanya bisa memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

WhatsApp Chat Whatsapp!