Mesin Pemotong Singkong Terbaru 2022

Mesin Keripik Singkong \ Alat Pemotong Keripik Singkong \ Alat Pemotong Singkong

Mesin Pemotong Singkong

Mesin Pemotong Singkong adalah alat untuk memotong atau merajang singkong untuk dijadikan keripik singkong.

Alat ini menggunakan sistem piringan pisau berputar dengan mengandalkan kekuatan tangan untuk menekan singkong agar bisa terpotong.

Mesin pemotong singkong tersedia secara manual yang menggunakan engkol tangan atau juga langsung digerakkan dengan motor.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Pemotong Singkong Rumah Mesin

Mesin Pemotong Singkong
Gambar Mesin Pemotong Singkong

Rp. CALL 

Spesifikasi Mesin Pemotong Singkong :

Kapasitas Proses : 50 Kg / Jam.
Material Rangka : Besi Siku.
Bahan Material Tutup : Platezzer.
Material Pringan : Pisau Baja.
Dimensi Mesin : 500 mm x 500 mm x 650 mm.
Penggerak : Elektro Motor.
Daya : 1/2 HP.
Voltase / Tegangan Listrik : 220 V.
Frekuensi : 50 Hz / 60 Hz.
Energi Yang Digunakan : Listrik.
Fungsi : Untuk Memotong Dan Merajang Singkong Yang Akan Dijadikan Keripik Singkong.

 

Video Mesin Pemotong Singkong

 

Keunggulan Mesin Pemotong Singkong

  • Mudah dibawa kemana-mana.
  • Operasional mudah.
  • hemat bahan bakar.
  • Perawatan mudah dan sederhana.

 

Info Pemesanan Mesin Pemotong Singkong Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

 

RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pemotong Singkong untuk usaha singkong anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Pemotong Singkong.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin – mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Manfaat Dari Singkong

Sebelum Anda membuka usaha singkong ada baiknya jika Anda mengetahui manfaat dari singkong ini sendiri supaya Anda dapat dengan mudah memulai usaha tanpa ragu.

Selain mengonsumsi nasi, singkong juga merupakan bahan makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Selain rasa nya yang enak, singkog juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

Singkong adalah makanan pokok bagi sebagian penduduk di dunia, terutama bagi negara yang tinggal di daerah tropis, contohnya seperti Amerika Selatan, Afrika, dan Asia, termasuk juga negara kita Indonesia. Di negara Indonesia ini sendiri, singkong banyak diolah menjadi berbagai hidangan, ada yang dibuat menjadi gorengan, singkong kukus atau rebus, bahkan getuk.

Pada 100 gram singkong, terdapat sekitar 150 kalori dan aneka nutrisi berikut :

  • 38 – 40 gram Karbohidrat.
  • 1 – 1,2 gram protein.
  • 1 -2 gram Serat.
  • 300 miligram kalium.
  • 20 miligram kalsium.
  • 25 – 30 mikrogram folat.
  • 20 – 30 miligram vitamin C.

Singkong juga memiliki kandungan zinc, selenium, magnesium, vitamin A, vitamin B, fosfor, dan berbagai jenis antioksidan, contohnya seperti polifenol dan flavonoid.

Karena kandungan nutrisinya yang berbagai macam, singkong dianggap mempunyai manfaat bagi kesehatan seperti :

Menambah energi

Singkong memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Di dalam 100 gram singkong, terkandung sekitar 110-150 kalori. Jumlah kalori ini lebih tinggi dibandingkan kalori pada umbi jenis lain, contohnya seperti kentang dan ubi. Karena itulah, Anda bisa mendapatkan energi yang lebih untuk menjalankan aktivitas sehari-hari jika mengonsumsi singkong.

Sumber serat dan karbohidrat kompleks

Selain jumlah kalori yang tinggi, singkong juga banyak mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Kedua nutrisi ini memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan mengurangi peradangan, serta mengendalikan kadar gula darah. Apa bila kadar gula darah terkendali akan bisa menurunkan risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan obesitas. Meskipun begitu, manfaat singkong dalam menstabilkan kadar gula darah ini masih harus diteliti lebih lanjut lagi.

Memiliki kandungan antioksidan yang baik

Manfaat dari singkong yang lainnya bisa didapatkan dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten yang ada di dalamnya. Vitamin C dan vitamin A adalah antioksidan yang memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, dan mencegah penyakit jantung, serta mengatasi kerutan di kulit.

Sementara beta-karoten memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kambuhnya gejala asma, mengurangi risiko terkena penyakit kanker, dan baik untuk kesehatan kulit serta kesehatan mata. Asupan nutrisi ini juga bisa mencegah macam-macam penyakit mata, contohnya seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Membantu mengontrol gula darah

Singkong merupakan termasuk makanan dengan nilai indeks glikemik yang rendah. Yang berarti, dengan memakan singkong ini tidak akan membuat kadar gula darah cepat naik. Selain itu, ada beberapa hasil riset yang menyebutkan bahwa singkong bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya penyakit diabetes dan penyakit resistensi insulin. Singkong ini bahkan disebut bisa membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita penyakit diabetes.

Selain manfaat-manfaat yang ada di atas, singkong juga telah diklaim bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi kelelahan atau menambah energi, diare, infeksi, masalah kesuburan, dan menginduksi persalinan.

Dengan begini Anda telah engetahui beberapa manfaat dari singkong dan sebelum nya Anda memerlukan mesin pemotong singkong…. Anda bisa membeli nya di CV Rumah Mesin.

Berikut Adalah Jenis-Jenis Singkong

Singkong merupakan salah satu tanaman pangan yang sangat populer di negara Indonesia. Walaupun singkong tidak berasal dari Indonesia, akan tetapi singkong telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat di Indonesia. Sampai-sampai ada beberapa daerah di Indonesia yang menjadikan singkong sebagai makanan pokok karena singkong bisa menjadi makanan pokok pengganti selain padi yang diolah menjadi nasi.

Selain rasanya yang manis dan gurih singkong juga dapat diolah menjadi beragam makanan, mulai dari sayuran, makanan ringan, sampai dibuat menjadi keripik. Pada umumnya daging singkong berwarna putih, akan tetapi warna nya akan berubah menjadi kuning pada saat dimasak. Ketika sudah matang rasanya akan sedikit manis dan memiliki tekstur yang lembut.

Tanaman jenis umbi-umbian yang memiliki kandungan karbohidrat ini mempunyai beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh. Beberapa di antaranya yaitu seperti baik untuk kesehatan pencernaan, mencegah kanker, mengatasi sakit kepala, bahkan baik untuk kesehatan mata.

1. Singkong Mukibat

Nama singkong mukibat ini sendiri didapatkan dari nama seorang petani yang bernama Mukibat. Pada tahun 1903 sampai 1966, singkong mukibat dibudidayakan oleh Pak Mukibat yang berasal dari Ngadiwulih, Jawa Timur.

Singkong mukibat ini merupakan hasil okulasi dari batang bawah ubi kayu dan ubi kayu karet. Singkong mukibat ini memiliki ukuran 3 sampai 6 kali lebih tinggi dari singkong pada umumnya. Rasa singkong mukibat ini cenderung pahit dan biasanya diambil kandungan patinya untuk dijadikan bahan bieotanol.

2. Singkong Gajah

Disebut sebagai singkong gajah dikarenakan singkong ini memiliki ukuran yang lebih besar di bandingkan dengan singkong pada umum nya dan ukuran singkong gajah ini sangat besar. Singkong yang berasal dari Kalimantan Timur ini ditemukan oleh seorang Profesor yang bernama Ristono. Profesor Ristono adalah Guru Besar Ahli Matematika di Universitas Mulawarman. Singkong gajah memiliki banyak peminat dikarenakan dapat menghasilkan jumlah singkong yang banyak.

Apabila singkong pada biasanya dapat menghasilkan berat 5-8 kilogram, berbeda dengan singkong gajah yang bisa memiliki bobot sampai 50 kilogram. Singkong gajah ini memiliki ciri-ciri khusus, yaitu daun mudanya berwarna ungu kemerahan.

Tidak hanya itu, tunas pucuk dari batang utama akan bercabang hingga tiga batang saat sudah tumbuh dan sudah berumur kisaran 4 bulan. Pada umumnya singkong gajah banyak digunakan untuk membuat adonan tepung dan industri bioetanol.

3. Singkong Manggu

Singkong manggu merupakan singkong yang biasa kita temukan di pasar dan singkong jenis ini adalah jenis yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Singkong ini berasal dari Jawa Barat yang dapat diolah menjadi bermacam-macam makanan, contohnya seperti gorengan, singkong rebus, tape, getuk, keripik singkong, hingga singkong bakar.

Singkong manggu mempunyai daging yang gurih dikarenakan memiliki kandungan pati yang tinggi. Singkong manggu ini paling mudah ditanam, mudah dikupas kulitnya, dan mempunyai waktu panen yang cepat serta mempunyai tekstur daging yang empuk. Singkong manggu pada umumnya berukuran diameter 4-5 cm dan satu pohonnya paling banyak hanya membuahka hasil sekitar 10 kilogram.

4. Singkong Emas

Tidak seperti namanya yaitu singkong emas, singkong ini bukan berarti berwarna emas. Disebut singkong emas karena singkong ini dapat menghasilkan keuntungan yang sangat tinggi. Singkong ini berasal dari Bengkulu dan singkong ini merupakan hasil dari perkawinan singkong Thailand dan singkong karet lokal.

Singkong emas ini juga termasuk kedalam tanaman cepat panen dikarenakan hanya membutuhkan waktu sekitar 7 bulan dan ditanam di lahan seluas 1 hektar, tanaman ini dapat menghasilkan ratusan ton singkong. Kebanyakan singkong emas ini diolah menjadi tepung, bahan jamu, minyak kompor, dan pakan ternak.

5. Singkong Putih

Jika Anda ingin membuat kolak singkong ataupun sup singkong, maka Anda bisa menggunakan singkong putih sebagai bahan dasarnya. Sesuai dengan namanya, singkong ini memiliki warna daging yang berwarna putih akan tetapi daging dari singkong putih ini memiliki tekstur yang keras.

Karena itulah, singkong putih lebih cocok digunakan untuk makanan yang direbus atau dikukus. Biasanya singkong putih menghasilkan 2 sampai 3 kilogram per batangnya dan mempunyai masa panen selama 9 bulan.

Manfaat Mesin Pemotong singkong

Sudah jelas bahwa mesin pemotong singkong ini digunakan untuk memotong singkong menjadi potongan yang ketebalannya dapat Anda atur sesuai dengan keinginan Anda. Selain untuk merajang singkong mesin pemotong singkong ini juga bisa digunakan untuk memotong berbagai bahan makanan lainnya contohnya seperti kentang dan ketela.

Hasil ptpngan dari mesin pemotong singkong ini nantinya dapat diolah menjadi kerupuk, keripik atau berbagai makanan lainnya, karena seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwasanya ketebalan hasil potongan dari mesin pemotong singkong ini dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dapat dipastikan dengan Anda menggunakan mesin pemotong singkong ini maka proses produksi yang Anda lakukan bisa lebih berkualitas dan lebih cepat, dikarena mesin perajang singkong ini bisa memberikan hasil rajangan yang lebih efisien untuk ketebalan dan jumlahnya. Untuk masalah lainya seperti  proses perajangan umbi-umbian yang Anda perlukan menggunakan mesin pemotong singkong untuk membuat hasil rajangan yang sempurna.

Terlebih lagi cara penggunaan mesin perajang singkong ini cukup mudah dan dapat digunakan oleh satu orang saja. Sehingga manfaat dari mesin perajang singkong ini tidak hanya memperceptat waktu kerja akan tetapi juga mempermudah tenaga kerja manusia.

Dengan adanya mesin pemotong singkong ini tenaga manusia akan berkurang dan akan banyak membantu oara produser yang bekerja di bidang pertanian bagaian singkong.

Cara Kerja Mesin Pemotong singkong

Cara kerja dari mesin pemotong singkong yaitu saat mesin listrik dihidupkan kemudian gerakan putaran dari mesin akan ditransmisikan ke pulley 1, dari gerak pulley 1 ditransmisikan ke pulley 2 dengan bantuan dari belt. Pada saat pulley 2 berputar akan menggerakan poros yang nantinya piringan pisau akan berputar dan siap digunakan untuk memototng singkong.

Singkong yang telah dikupas kemudian dimasukkan ke lubang yang menuju ke piringan pisau dan akan keluar melalui landasan potongan yang telah disiapkan di tempat oemotong singkong.

Berikut adalah langkah-langkah pengoperasian mesin pengiris singkong berikut :

  • Siapkan singkong yang akan di potong
  • Menancapkan stop kontak mesin listrik pada sumber listrik
  • Hidupkan mesin listrik dengan menekan tombol ON pada saklar mesin listrik
  • Masukkan singkong kedalam lubang pemotong
  • Jika singkong yang di masukan ke lubang pemotong sudah habis terpotong maka masukanlah lagi singkong ke dalam lubang pengiris potensiometer.
  • Setelah selesai pemotongan singkong, mesin pemotong singkong dimatikan dengan cara menekan tombol OFF pada saklar yang terdapat di mesin listrik tersebut.

Cara Merawat Mesin Pemotong Singkong

Mesin pemotong singkong juga membutuhkan perawatan supaya tetap terjaga performanya dan dapat membuahkan hasil yang sesuai dengan kespetasi Anda. Jika Anda tidak merawat nya dengan benar di khawatirkan akan berpengaruh kepada singkong yang Anda giling.

Setelah selesai digunakan untuk pemotongan alat langsung dibersihkan pada bagian, lubang pengirisan, pisau pengiris dan piringan pengiris agar tidak meninggalkan bekas potongan singkong. Pemakaian alat pemotong singkong ini tidak boleh terlalu lama supaya mesin listrik tidak mengalami kerusakan. Tutuplah alat pemotong singkong dengan plastik atau kain supaya terhindar dari debu.

Cara Mengolah Singkong Dengan Baik dan Benar

Pada saat Anda hendak mengonsumsi singkong, Anda perlu mengolah singkong dengan baik dan benar. Hal ini penting diketahui bagi para penkonsumsi singkong supaya dapat menghilangkan zat sianida yang berbahaya pada singkong.

Supaya sigkong lebih aman dikonsumsi, singkong juga perlu diolah dengan cara mengupas kulitnya terlebih dahulu. Supaya lebih cepat dan pengupasan lebih efisien maka gunakanlah mesin pemotong singkong agar pengerjaan lebih cepat. selanjutnya rendam pada bagian batangnya yang berwarna putih di dalam air yang bersih selama sekitar 48-60 jam.

JIka proses perendaman sudah selesai, berikutnya adalah dengan memasak singkong hingga benar-benar matang dengan sempurna. Anda bisa menggoreng, merebus, ataupun mengukus singkong selama minimal 25 menit. Hal ini dilakukan untuk mencegah atau menghindari dari keracunan sianida akibat mengonsumsi singkong mentah atau yang dimasak akan tetapi kurang matang.

Konsultasikan ke dokter gizi untuk bisa mengetahui jumlah yang aman dalam mengonsumsi singkong ini. Selain menentukan takaran konsumsi, dokter juga bisa merekomendasikan beberapa makanan lain untuk melengkapi nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh Anda dan pastinya agar tubuh Anda terjaga dari penyakit.