Mesin Pencacah Jerami Untuk Pakan Ternak Terbaru 2022

Mesin Pencacah Jerami

Mesin Pencacah Jerami Untuk Pakan Ternak Atau Kompos

Mesin Pencacah Jerami adalah alat untuk mencacah jerami kering ataupun basah, yang biasanya digunakan untuk pakan ternak ataupun akan digunakan sebagai kompos. Jika untuk Kompos, cacahan jerami sangat efektif waktu prosesnya pada saat proses fermentasi.

Mesin Pencacah jerami ini menggunakan mesin berbahan bakar bensin ataupun bisa menggunakan solar. Cara kerjanya pun mudah, hanya dengan memasukkan ke dalam mesin, pisau perajang akan segera mencacah jerami, outputny adalah jerami dengan panjang +0,5 – 1 cm.

 

Spesifikasi Mesin Pencacah Jerami:

Mesin Pencacah Jerami
Gambar Mesin Pencacah Jerami Kapasitas 200 Kg / jam
Dimensi Mesin:800 mm x 500 mm x 800 mm.
Bahan Material:Pelat Besi Plattezer.
Bahan Material Rangka:Besi Siku 40/40.
Penggerak:Motor Bensin.
Daya ( Power ):5,5 HP.
Energi Yang Digunakan:Bensin.
Bahan Material Pisau:Baja.
Kapasitas:100 Kg – 200 Kg / Jam.
Dilengkapi Dengan:Roda.
Fungsi:Untuk Merajang Rumput-Rumput Atau Jerami Untuk Pakan Ternak.

 

Untuk Pencacah Jerami dengan kapasitas yang lebih besar, spesifikasi bisa dilihat di Link Mesin Pencacah Rumput. Antara mesin pencacah jerami ataupun mesin pencacah rumput, secara prinsip menggunakan spesifikasi yang sama. Silahkan bisa KLIK disini

 

Video Mesin Pencacah Jerami

Testimoni Mesin Pencacah Jerami untuk Media Tanam Jamur

“Untuk Pembuatan bibit kemaren kita belum menggunakan mesin, dengan mesin yang kita tambahkan baru. memang Banyak mengurangi beban tenaga kerja, mempercepat hasil pekerjaan, cukup memudahkan pekerja.Semisal nanti kita membutuhkan peralatan yang kiranya diperlukan, kita bisa menambah,sesuai dengan kebutuhan, kita berharap pekerjaan dapat lebih cepat dan hasilnya maksimal.Terima Kasih Rumah Mesin”

Soepriyono, Bag, Pengadaan Barang Jejamuran (Testimoni Mesin Pencacah Jerami)

 

Info Pemesanan Mesin Pencacah Jerami Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

 

RUMAH MESIN meneyediakan Mesin Pencacah Jerami yang akan membantu mempermudah proses penggilingan atau pencacahan rumput / jerami untuk hewan ternak anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Pencacah Jerami.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin – mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Manfaat Mesin Pencacah Jerami

Sebelum Anda Menggunakan Mesin Pencacah Jerami Anda perlu terlebih dahulu mengetahui apa manfaat dari mesin pencacah jerami ini. Dan setelah Anda mengetahui manfaat dari jerami Anda bisa melakukan dan meniru beberapa pemanfaaatan yang akan dijelaskan dibawah.

Mesin Ppencacah Jerami tentunya sangat dibutuhkan bagi para petani untuk membantu mereka di sawah saat mengolah jerami, Bukan hanya dibutuhkan tetapi mesin ini akan sangat membantu para petani dan dapat mengurangi tenaga kerja manusia. Dengan kerja nya yang efisien dan relatif cepat akan memudahkan petani dalam mengolah jerami.

Jerami dapat dimanfaatkan petani unutk pakan ternak dan kompos, akan tetapi pemaanfaatan jerami secara langsung mempunyai banyak kekurangan yaitu jerami memiliki kandungan serat tinggi, protein rendah dan daya cerna yang hanya sampai 35 – 40 %.

Jerami padi memiliki nilai nutrisi yang sangat rendah untuk dimanfaatkan menjadi hijauan pakan ternak, dikarenakan nilai kecernaan bahan jerami kering hanya sampai 35 – 37% dengan kandungan protein yang hanya  3- 4 % sedangkan untuk menghidupkan ternak petani membutuhkan bahan hijauan pakan dengan nilai kecernaan minimal sekitar 50-55% dengan kandungan protein yang kasar kisaran 8 %. Karena itulah dibutuhkan pengolahan limbah jerami terlebih dahulu.

Proses pencancangan atau bisa disebut juga pemotongan jerami padi ini masih dilakukan dengan cara yang tradisional dengan menggunakan pisau atau sabit yang kapasitasnya 5 – 6 kg jerami basah / jam dengan ukuran yang tidak selaras atau sama. Dengan menggunakan metode ini tingkat produksi jerami akan memakan waktu yang lebih lama dan akan lebih rendah dari segi produksi hasil jerami.

Sedangkan jika menggunakan mesin pencacah jerami ini petani bisa memproduksi dengan kapasitas kisaran 20 – 30 kg jerami basah/jam akan tetapi mempunyai kekurangan dari segi konstruksinya dikarenakan saluran masuknya berada diatas sehingga jerami terhambur jika keluar dari saluran keluarnya dan tingkat keamanan pisau pemotong akan berkurang.

sehingga petani peternak akan lebih suka memberi makan ternaknya dalam bentuk utuh walaupun harus menerima resiko yaitu efisiensi penggunaan pakannya akan lebih rendah karena tidak habis untuk dikonsumsi oleh ternak.

Cara Merawat Mesin Pencacah Jerami

Perlu Anda ketahui bahwa mesin apapun atau alat apapun pasti akan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Maka dari itu Anda harus mengetahui cara merawat mesin pencacah jerami ini sebelum terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Cara merawat mesin pencacah jerami cukup mudah Anda hanya perlu mengecek pada bagian keluar nya jerami jika Anda menemukan benda yang tersangkut Anda dapat membersikhan nya. Jangan lupa untuk mengecek mesin nya barangkali terdapat problem dalam pengoprasian mesin.

Supaya menghindari hal yang buruk terjadi meisn pencacah jerami ini tidak boleh digunakan oleh sembarang orang melainkan harus ada orang yang mengerti tentang mesin dan sudah memiliki pengalaman tentang mesin jerami ini. Dikarenakan jika mein ini digunakan oleh orang yang tidak mengerti dikhawatirkan akan menyebabkan trobel pada mesin dan tersumbat nya lubang keluar jerami.

Maka dari itu jika Anda ingin merawat mesin jerami ini Anda perlu menanyakan atau membawa mesin ini kepada orang yang berpengalaman atau orang yang mengerti mesin dan cara kerja dari mesin pencacah padi ini. Hal ini dilakukan supaya masalah-masalah yang dialami oleh mesin pencacah padi akan segera teratasi dan bisa di jalankan lagi sesuai dengan pemanfaaatan nya.

Setelah Anda tau cara merawat mesin pencacah jerami ini Anda dapat membeli mesin pencacah jerami ini di CV Rumah Mesin karen adi CV Rumah mesin Anda dapat membeli dan memilih mesin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Pemanfaatan Jerami

Sudah Anda ketahui bahwa jerami padi adalah produk samping tanaman padi yang tersedia dalam jumlah yang lumayan banyak. Ketersediaan jerami padi yang cukup melimpah merupakan sebuah peluang untuk dimanfaatkan menjadi pakan sumber energi bagi ternak ruminansia.  Yang akan dijadikan pakan ternak pada jerami padi yaitu pada bagian batang tumbuh yang setelah dipanen bulir-bulir buah bersama jika tidak dengan tangkainya dikurangi dengan akar serta bagian batang yang tertinggal setelah disabit.

Jerami padi di Indonesia biasanya 36 sampai 62 % dibakar atau dikembalikan ke tanah supaya bisa dibuat sebagai kompos, untuk pakan ternak kisaran  31 sampai 39 %, sedangkan sisanya 7 sampai 16 % digunakan untuk keperluan industry.

Ada beberapa jenis jerami padi di setiap tahunnya juga tersedia dalam jumlah yang cukup besar setelah panen dilaksanakan. Akan tetapi jerami padi ini kekurangan akan kandungan zat gizi, sama halnya dengan rendahnya daya cerna, kandungan serat kasar tinggi, dan sangat rendahnya protein. Sifat dari jerami padi ini mempunyai beberapa kandungan serat kasar yang tinggi, kurang palatabel, dan sifat amba yang relatif tinggi.

Menurut beberapa peneliti jerami padi memiliki kandungan 84,22% bahan kering (BK), 4,60% protein kasar (PK), 28,86% serat kasar (SK), 1,52% lemak kasar (LK), 50,80% dan juga bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN). Tingginya kandungan lignin dan silika pada jerami padi ini dapat menyebabkan daya cernanya menjadi lebih rendah dan mempunyai kandungan sampai 7,46% dan 11,45%. Pada umumnya jerami memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, hal ini dikarenakan oleh umur panen jerami, jenis padi serta lokasi.

Maka dari itu sebelum jerami padi diberikan kepada ternak ada baiknya jika dilakukan proses fermentasi terlebih dahulu. Proses fermentasi jerami padi ini dilakukan dengan menggunakan urea dan probiotik yang diperam selama 21 hari.

Fermentasi ini biasanya dilakukan dengan menggunakan 2,5 kg probion dan 2,5 kg urea dengan 1000 kg dan diperam selama 21 hari hal ini dapat meningkatkan kandungan protein kasar dari 3% menjadi 7% dan bisa juga meningkatkan daya cerna dari 28-30% menjadi 50-55%.

Dan juga erami padi hasil fermentasi memiliki kandungan PK sebesar 7,16% lebih tinggi dari pada PK jerami padi yang tidak melalui proses terfermentasi yakni 5,72%. Selama proses fermentasi telah terjadi perombakan karbohidrat terstruktur dan karbohidrat non struktur ini telah terbukti oleh turunnya kandungan SK pada jerami padi fermentasi kisaran sebesar 30,90% dari kandungan SK jerami padi tidak terfermentasi kisaran sebesar 32,56%.

Jerami yang telah melalui proses fermentasi memiliki kandungan 79,1% BK, 7,7% PK, 32,2% SK, 2,4% LK, dan 54,6% TDN. Dan juga pemberian jerami padi yang telah melalui proses fermentasi yang ditambah dengan konsentrat pada sapi PO bisa meningkatkan bobot badan harian 1,02 kg/ekor/hari.

Setelah Anda mengetahui manfaat dari jerami, sudah saatnya bagi Anda untuk mengetahui cara pemanfaatan jerami yang dapat dilakukan dirumah sendiri dan dapat menguntungkan Anda jika Anda bisa melakukan nya dengan konsisten dan baik.

Berikut Adalah macam-macam manfaat dari jerami yang dapat dilakukan :

A. Jerami Padi sebagai mulsa

Sebagai petani tanaman dan sambi peternak. jerami ini sangat baik sekali karena sapat menekan gulma yang ada dilahan apabila Anda bercocok tanam dimusim kemarau contohnya seperti tanam semangka, mentimun, kacang-kacangan, cabai dan yang lainya. selian itu jerami juga bisa sebagai penghalang terpaan sinar matahari secara langsung.

Penggunaan jerami sebagai mulsa ini bisa juga mempertahankan kadar air di dalam tanah dan bisa menekan beberapa gulma yang berkembang. Jerami padi ini tidak hanya bermanfaat untuk tanaman palawija akan tetapi ini juga bermanfaat bagi tanaman perkebunan contohnya seperti cengkeh, vanili, kopi dan tembakau.

B. Jerami padi sebagai kompos

Pembuatan kompos dengan menggunakan jerami padi sangatlah sederhana dan mudah, yaitu dimana jerami akan ditumpuk setebal kurang lebih 50 Cm, dan akan ditaburi sedikit pupuk urea, untuk mempercepat proses pelapukan dan dibiarkan kurang lebih sekitar 15 hari kemudian dibolak balik. hal ini sangat baik untuk memperbaiki kesuburan tanah dan menjadikan struktur tanah menjadi gembur dan mudah menyerap air.

Apabila ditabur kelahan secara merata tanaman akan menjadi lebih baik dikarenakan jerami ini juga memiliki kandungan unsur NPK yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan produktivitasnya.

C. Jerami padi sebagai pakan ternak

Bagi Anda yang tinggal di daerah-daerah penggemukan sapi dan kerbau, dan Anda lihat dikebun nya terdapat jerami padi, Jerami itu yang akan digunakan sebagai campuran pakan untuk ternak. Jerami bisa diolah menjadi 2 bagian, yaitu ada sistim dikeringkan yang lazim bisa disebut juga dengan hay dan disimpan dalam bentuk basah yang dapat disebut dengan silase.

Yang seringkali ditemukan oleh para petani peternak untuk pakan ternak biasanya dalam bentuk kering dan disimpan dengan dalam bentuk para-para. Pemberian pakan jerami ini akan diberikan pada saat pakan hijauan telah berkurang secara drastis atau dimusim kemarau.

D. Jerami padi sebagai media tanam

Untuk tanaman ubi jalar supaya dapat berumbi dengan maksimal dan ukuran umbinya, mulus serta besar-besar maka Anda harus menggunakan jerami sebagai media tanamnya. Adapun cara tanamnya yaitu dengan membuat bedengan jerami selebar kurang lebih sekitar 60-120 Cm dengan panjang bedengan yang disesuaikan dengan kondisi lahan yang tersedia.

Selanjutnya bedengan tersebut akan diurug dengan tanah dengan ketebalan kurang lebih sekitar 5 Cm yang diambil dari sela-sela bedengan sampai  menutupi seluruh bedengan yang ada, kemudian dilanjut ditanami bibit ubi jalar.

Tujuan menanam ubi jalar dengan sistim bedengan jerami diharapkan umbi akan bisa berkembang menjadi lebih maksimal, dan perawatan akan menjadi lebih mudah, gulma dapat menjadi sedikit serta waktu panen tidak perlu menggunakan cangkul cukup sehingga Anda dapat melakukan nya dengan menggunakan tangan saja, hal ini bertujuan supaya tidak melukai umbi.

Dengan menggunakan media jerami padi ini umbi akan dapat berkembang menjadi lebih maksimal, kwalitas dan warna umbi akan jauh lebih baik daripada menanam dengan menggunakan media tanah.

E. Jerami padi sebagai atap kandang

Jika Anda mengamati pada kandang sapi, kerbau yang dibangun ditengah sawah terdapat tumpukan jerami di atasnya hal itu dilakukan supaya berfungsi sebagai atap. hal ini akan mengurangi modal Anda dibandingkan Anda membeli genteng yang mahal Tidak hanya itu, Tetapi terdapat konsekuensi di balik mrah nya menggunakan jerami sebagai atap Jika Anda dapat menangani nya dengan baik atap tersebut akan bisa bertahan hingga sekitar 2 sampai 3 tahun.

Hal ini akan mengurangi modal Anda untuk membeli genteng dengan jangka waktu yang lumayan lama dan terlebih lagi jerami ini lebih efektif jika Anda menangani nya dengan baik.

F. Jerami padi sebagai media tanam jamur merang.

Di pulau jawa, jamur merang hampir dijual disetiap pasar. Jerami padi akan sangatlah bermanfaat jika Anda memiliki kreatifitas dan bisa menciptakan lapangan kerja baru untuk budidaya jamur merang di pulau jawa. Dengan Anda membudidaya jamur merang ini Anda akan mendapatkan keuntungan yang relatif tinggi.

Itulah beberapa manfaat dari jerami yang dapat Anda lakukan dan untuk melakukan dan memanfaatkan jerami padi Anda memerlukan mesin pencacah jerami dan jika Anda belum mempunyai Mesin pencacah jerami Anda dapat membelinya di CV Rumah Mesin dan Anda bisa mecoba dan memanfaatkan jerami sesuai dengan kebutuhan Anda.