Mesin Pengaduk Jenang Terbaru 2024

Mesin Pengaduk Jenang

Mesin Pengaduk Jenang adalah alat untuk membantu proses pengadukan dan pemasakan bahan pembuatan jenang dengan menggunakan bantuan penggerak elektromotor.

Mixer jenang ini dilengkapi dengan pengatur suhu, naik turunnya panas diatur secara otomatis. Sehingga membantu proses memasak agar tidak kepanasan yang dapat menyebabkan gosong.

Bahan bakar yang digunakan adalah gas. Bahan baku jenang dapat dibuat dari bahan-bahan seperti nanas, durian, sirsak, apel dll.

Model Dan Spesifikasi Mesin Pengaduk Jenang

Mesin Pengaduk Jenang

Tipe : Mesin Pengaduk Jenang
Energi Yang Digunakan : Listrik Dan Gas.
Penggerak :  Elektro Motor.
Daya ( Power ) :  1 HP.
Kapasitas : 10 Kg / proses
Dimensi Mesin : 800 mm x 700 mm x 1400 mm.

Keunggulan Mesin Pengaduk Jenang RUMAH MESIN

  • Jenang akan matang lebih baik daripada memasak manual.
  • Hasil Jenang Lebih Maksimal, Lezat, Dan Tidak Gosong.
  • Proses Memasaknya Cepat, Mudah, Higienis, Dan Aman.
  • Mesin Mudah Digunakan Dan Mudah Dibersihkan.
  • Mesin Handal, Tahan Lama, Berkualitas, Dan Bergaransi.
  • Suhu Dapat Diatur Sesuai Kebutuhan.
  • Hemat Tenaga, Tenaga, Waktu, Dan Biaya.
  • Efektif dan efisien.

Jenis dan Cara Kerja Mesin Pengaduk Jenang

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, ada berbagai jenis dan ukuran mixer yang ada di pasaran. Kapasitas minimum yang dapat ditampung oleh tilting mixer adalah 50 kilogram dengan berat mesin sekitar. 150 kilogram. Sedangkan kapasitas maksimalnya bisa mencapai 150 kilogram dengan bobot mesin mencapai 230 kilogram. Bahan yang digunakan untuk membuat wadah pengaduk pada tilt cooker mixer umumnya menggunakan bahan stainless steel.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya, mesin jenang sangat bergantung pada dinamo listrik dan gas untuk menyalakannya. Dinamo listrik ini bekerja di mixer sedangkan gas difungsikan untuk memasak adonan. Kedua sumber energi ini harus selalu tersedia supaya produksi terus berjalan dan tidak berhenti di tengah jalan.

Untuk menghindari kesalahan saat membeli mesin, Anda perlu mengetahui daya listrik yang dibutuhkan untuk agitator. Jika tidak, maka tilt cooker mixer tidak akan bekerja secara maksimal dan tentunya akan mempengaruhi kualitas adonan jenang,dodol, selai, atau saus yang dibuat.

Portofolio Kami

Disperindang Padang
Pengolahan Ikan – 2022
Disperindag Buol
Mesin Nata De Coco – 2022
Disperindag Rote Ndao
Mesin Gula Semut – 2022
Dinas Perkebunan Sulawesi Utara
Mesin Pengolahan Minyak – 2022
Disperindag Sulawesi Utara
Mesin Gula Semut – 2022
BI Lampung
Mesin Pakan– 2022
Poltana Mapena
Mesin Pengolahan Singkong – 2022
PT Gag Nikel
Mesin Sabut Kelapa – 2022
Dinas Perkebunana Merauke
Mesin Pengolahan Sagu – 2022
Kemendes
Mesin Pengolahan Kelapa – 2022
Disperindag Maluku Utara
Mesin Pengolahan Sabut Kelapa – 2022
Dinas Pertanian Ngada
Mesin Mete – 2022
UGM
Mesin JAHE – 2022
DINAS SOSIAL MATARAM
Mesin Minyak Kelapa – 2022
DLH Purworejo
Mesin Pengolahan Sampah – 2022
Dinas Pertanian Bantul
Mesin Pasca Panen Cabe – 2022
Dinas Pertanian Banten
Mesin pengolahan cabai – 2022
Kementrian Perindustrian
Mesin Pakan – 2022
Disperindag Halbar
Mesin Briket – 2022
DLH LEMBATA
Mesin Pencacah Plastik – 2023
DTPH KALTENG
Mesin Pengolahan cabai dan tomat – 2023
DKP KUTAI BARAT
Mesin Pengolahan jagung dan pakan – 2023
DLH SUMBA
Mesin Pengolahan Kompos – 2023

Portofolio Selengkapnya 

Informasi Pemesanan Mesin Pengaduk Jenang Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Call Center             :0274 287 1809.

SIMPATI                 :0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.

XL                          :0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.

MENTARI              :081 666 9383.

Untuk mengetahui harga dan informasi Mesin Pengaduk Jenang kami, Anda dapat menghubungi call center kami.

  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

Kami CV. Rumah Mesin, menyediakan Mesin pengaduk jenang bagi anda para pengusaha.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda.

Kenapa Harus Kami?

Kami merupakan perusahaan penyedia / pembuat alat-alat / mesin-mesin yang terpercaya.

Kami menyediakan mesin-mesin seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain.

Mulai dari mesin-mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin pengaduk jenang

Layanan kami untuk anda antara lain, kami siap memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami .

Selain itu, kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Dikarenakan mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Tidak hanya itu, anda bisa mencoba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah Prioritas Kami.


Kegunaan Mesin Pengaduk Jenang

Mesin Pengaduk jenang sangat bermanfaat bagi para pengusaha jenang. Mengapa demikian? Sebab, Mixer jenang merupakan alat yang dapat mempermudah proses memasak jenang atau pembuatan jenang.

Sehingga banyak pengusaha jenang yang menggunakan Mixer jenang dalam usahanya. Baik itu industri jenang rumahan / UKM hingga industri jenang yang berskala besar / industri makro.

Umumnya Mixer jenang juga dapat digunakan untuk memasak atau mengaduk dodol, selai,, dan masakan lainnya.

Manfaat Mesin Pengaduk Jenang

Pada dasarnya, seperti namanya, kelebihan dan fungsi mesin pemasak dan pencampur jenang ini adalah untuk melakukan proses pemasakan, pemanasan dan pencampuran adonan jenang. Namun, tidak hanya adonan jenang yang bisa diolah dengan mesin ini, tapi juga adonan selai dan dodol yang memiliki tekstur hampir seperti jenang bisa diolah dengan mesin ini.

jenang tidak boleh dibiarkan terlalu lama dan harus selalu diaduk dalam oven panas, namun pekerjaan manual ini tentu sangat melelahkan dan prosesnya memakan waktu lebih lama karena menghabiskan banyak energi.

Namun dengan adanya mesin mixer pemasak jenang, mesin dapat terus mengaduk jenang agar teksturnya tidak menggumpal dan menjadi lebih sempurna. Memasak dan mengaduk jenang juga didukung dengan gas cair agar adonan bisa tetap panas. Semakin lama proses pengadukan jenang maka semakin baik hasil jenang yang dihasilkan nantinya.

Bahan makanan lain yang bertekstur kental seperti jenang juga bisa diolah dengan mesin masak dan pengaduk jenang ini. Untungnya, ada teknologi di mesin ini yang mencegah adonan dodol dan bahan Anda gosong karena mesin ini juga selalu mengaduknya dengan sempurna tanpa henti sampai Anda merasa adonan sudah sempurna.

Fitur Dalam Mesin Pengaduk Jenang

Mesin pengaduk jenang ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur yang akan membantu dalam proses produksi makanan ringan atau makanan lain yang sudah Anda siapkan. Seperti namanya, ada pengaduk yang mempunyai peran penting dalam mencampur bahan baku hingga semua bahan benar-benar halus.

Kelebihan dari agitator yang ada pada tilting cooker mixer adalah kemampuannya dalam membuat adonan menjadi kental tanpa membutuhkan waktu yang lama. Berbeda jika menggunakan tenaga manual atau manusia. Anda mungkin dapat membuat adonan jenang setebal mesin, namun pastinya akan memerlukan waktu yang lebih lama.

Selain digunakan sebagai mixer, mesin ini mempunyai oven yang dapat dimiringkan supaya adonan tidak tumpah saat dituang. Ada juga kompor yang terbuat dari bahan dasar stainless steel yang tentunya aman digunakan untuk mengolah makanan karena tidak ada bahan kimia berbahaya yang terdapat di dalam adonan saat sedang dipanaskan.

Keistimewaan dari mesin pengaduk jenang yang selanjutnya adalah pengaduknya yang mampu membuat adonan menjadi kental. Fitur ini juga sangat membantu Anda mengentalkan adonan yang sedang diproses.

Selain dapat membuat adonan yang berkualitas, fungsi dari tilting cooking mixer ini juga sudah didesain agar anggota tubuh Anda tidak cedera saat menggunakan mesin ini. Hal ini juga terlihat dari braket oven mesin yang dilapisi dengan dua lapisan sekaligus. Tujuan dari pelapisan ini yaitu supaya melindungi anggota tubuh Anda dari panasnya oven, yang bisa menyebabkan cedera.

Di sisi lain, lapisan ini juga mempunyai peran yang penting dalam menjaga suhu oven supaya adonan cepat matang dan mengental. Dengan fungsi yang canggih dan tertutup, mesin blender jenang tidak diragukan lagi merupakan alat yang dapat memberikan hasil memuaskan sesuai kebutuhan Anda. Semoga tilt cooker mixer yang anda pilih bisa membuat jajanan berkualitas seperti jenang

Mesin Pembuat jenang atau Cooking Mixer adalah alat untuk mengaduk adonan jenang,dodol, selai, dan adonan kental yang dimasak dalam wajan sekaligus. Kami menghadirkan mixer Dodol dengan harga murah, kualitas mesin terbaik, karena bahan yang digunakan tahan lama, kuat, kami juga memberikan garansi satu tahun untuk mesin jenang ini.

Filosofi Jenang dalam Budaya Jawa

mesin pengaduk jenang

Bagi pecinta kuliner manis dan gurih, tentu sajian jenang bisa menjadi alternatif. Mulai dari teksturnya yang lembut hingga kenyal bisa dicicipi. Rasanya yang legit dan khas membuat jenang bisa ditemukan di beberapa daerah, terutama di Pulau Jawa.

Selain itu, jenang juga memiliki filosofi di Jawa. Maka tidak heran jika olahan jenang banyak dijumpai di Jawa, bahkan di beberapa acara adat juga ada sajian jenang. Jajanan legit seperti jenang terkadang juga dijual di pusat oleh-oleh dan warung makan. Namun bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri juga bisa.

Keberadaan jenang di kalangan masyarakat Jawa khususnya di wilayah Surakarta sudah melekat sejak zaman kerajaan Hindu-Budha dan zaman Walisongo hingga sekarang. Jenang merupakan makanan khas Jawa yang berbahan dasar nasi putih dan beras ketan, sering hadir sebagai makanan pelengkap di berbagai acara seperti hajatan pernikahan, ucapan selamat ibu hamil, ucapan selamat bayi baru lahir, pemakaman orang meninggal dan masih banyak acara adat dan keagamaan lainnya.

Segala macam acara tidak pernah lepas dari kehadiran jenang dan makanan ini dipercaya muncul dari kreativitas masyarakat setempat.

Resep Macam-macam Jenang

1. Jenang Mutiara

Bahan:

  •  200 gr sagu mutiara
  •  100 gr gula pasir (sesuai selera)
  •  1 sdt garam
  •  1.000 ml air
  •  6 Tetes pewarna makanan warna (optional)
  •  700 ml air untuk merendam
  •  Daun pandan
  •  Santan 100 ml

Cara membuat:

  1.  Rendam sagu mutiara dalam wadah yang telah diberi pewarna makanan selama 30 menit.
  2.  Siapkan air dalam panci selanjutnya dicampur gula pasir kemudian, masak hingga mendidih.
  3.  Masukkan sagu mutiara yang sudah disiapkan, dan jangan sering diaduk supaya sagu mutiara tidak hancur.
  4.  Sesuaikan kekenyalan sesuai selera.
  5.  Di panci lain, masukkan santan, garam, daun pandan, 100 ml air. Aduk sampai meledak.
  6.  Sagu mutiara matang dengan kekenyalan sesuai selera disusun dalam wadah dan diberi santan.
  7.  Sajikan.

2. Jenang Sumsum

Bahan:

  •  100 gram tepung beras
  •  1000 ml santan
  •  3 lembar daun pandan simpul
  •  1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Masukkan garam dan juga daun pandan ke dalam santan selanjutnya masak dengan api sedang hingga mendidih.
  2.  Tambahkan tepung beras selanjutnya masak dengan api paling kecil, aduk hingga rata.
  3.  Masak hingga meletup-letup. Angkat dan dinginkan.Membuat jenang ini juga bisa menggunakan mesin pengaduk jenang.

Bahan kuah kinca:

  • 250 gula aren
  •  200 ml air
  •  Daun pandan

Cara membuat:

  1.  Masak semua bahan secara bersama. Tes rasa manis sesuai selera.
  2.  Masak hingga matang. Sajikan bersama bubur sumsum.

3. Jenang Candil

Bahan:

  • 2 buah singkong
  • 150 gram gula merah
  • 3 sendok tepung kanji, yang selanjutnya bisa dilarutkan dalam 100 ml air
  • 350 ml air
  • 500 ml santan, didihkan
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1.  Kupas singkong, lalu cuci bersih. Potong menjadi 4 bagian atau sesuai dengan selera anda, rebus hingga matang.
  2.  Setelah singkong matang, potong dadu. Menyisihkan.
  3.  Rebus air dengan gula merah. Rebus sampai gula mencair. Untuk menambah rasa tambahkan sedikit garam.
  4.  Masukkan singkong rebus, aduk hingga merata.
  5.  Tambahkan tepung kanji yang sudah dilarutkan. Masuk perlahan. Aduk hingga matang.
  6.  Siapkan mangkuk saji. Masukkan singkong yang sudah menjadi bubur dan tambahkan santan.
4. Jenang Blowok

Bahan:

  •  250 gr tepung ketan
  • 8 gelas santan
  •  250 gr tepung beras
  •  250 gr gula merah, yang selanjutnya disisir lalu, rebus bersama 2 gelas air kemudian, dinginkan dan saring
  •  Garam secukupnya

b. Bahan topping:

  •  Pisang raja yang sudah kukus selanjutnya, kupas, iris bisa diganti dengan pisang lain sesuai selera
Cara membuat:
  1.  Masukkan tepung terigu dengan santan ke dalam panci, aduk hingga rata.
  2.  Nyalakan kompor, didihkan. Sambil diaduk, tunggu sampai mendidih.
  3.  Tambahkan gula merah dan garam. Aduk terus sampai tidak encer (kental) atau matang. Matikan kompor. Diam.
  4.  Masukkan irisan pisang ke dalam wadah yang sudah disiapkan, tambahkan jenang blowok yang sudah dimasak. Siap dihidangkan.

5. Jenang Baro-baro

Bahan:

  •  200 gram beras kualitas baik
  •  800 ml santan kental
  •  1 sdt garam
  •  200 gram gula merah
  •  4 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat:

  1.  Masak santan, beras, dan daun pandan sambil diaduk hingga lembut dan harum.
  2.  Bagi bubur menjadi 2 bagian, campurkan satu bagian dengan gula merah dan 1/4 garam. Sisanya dicampur dengan 3menggunakan 3/4 sdt sisa garam selanjutnya, aduk sampai rata.
  3.  Masak masing-masing adonan hingga tercampur rata. angkat.

6. Jenang Arab

Bahan 1:

  • 250 gr gula merah
  •  2 lbr daun pandan
  •  5 biji cengkeh
  •  20 biji kapulaga, geprek bersama kulitnya
  •  2 sdm gula pasir
  •  5 cm kayu manis

Bahan :

  •  250 gr terigu, sangrai dan diayak
  •  1 sdt kapulaga bubuk
  •  1/2 sdt kayu manis bubuk
  •  Sejumput garam
  •  350 ml air
  •  200 gr mentega

Cara membuat:

  1.  Rebus semua bahan A selama kurang lebih 10 menit sampai gula larut dan dinginkan.
  2.  Masukkan tepung terigu yang sudah disangrai dengan air, aduk rata. Ayak hingga tepung halus.
  3.  Tambahkan garam, bubuk kapulaga dan bubuk kayu manis, aduk rata.
  4.  Masak dengan api kecil sambil terus diaduk sambil menambahkan mentega sedikit demi sedikit.
  5.  Aduk terus hingga mengental dan tercampur seperti jenang, lalu angkat.
  6.  Sajikan selagi hangat dengan mentega cair di atasnya.

7. Jenang Garut

Bahan:

  •  50 gr tepung garut
  •  100 gr gula palem
  •  500 ml air
  •  1 sdt garam
  •  2 lembar daun pandan

Cara membuat:

  1.  Aduk semua bahan hingga larut menjadi satu.
  2.  Masak dengan menggunakan api kecil saja sambil diaduk-aduk sampai mengental dan berwarna cokelat bening. Matikan api.Untuk mempermudah membuat jenang anda bisa menggunakan mesin pengaduk jenang

Bahan kuah santan:

  •  200 ml santan
  •  1 sdt garam
  •  2 lembar daun pandan

Cara membuat:

  1.  Rebus santan bersama garam dan daun pandan, aduk hingga mendidih agar santan tidak pecah.
  2.  Sajikan jenang garut dengan santan. Bisa dinikmati dingin atau hangat.

8. Jenang Lemu

Bahan:

  •  100 gram beras
  •  200 cc santan
  • 1 lmbr serai
  •  300 cc air
  •  1 lmbr salam
  •  1 sdt garam

Cara membuat:

  1. Rendam beras selama semalaman kemudian masak beras dengan air dan juga santan.
  2.  Tambahkan daun salam serai dan garam. Aduk terus hingga mengental.
  3.  Koreksi rasa dan sajikan. Anda bisa menambahkan kerupuk, sambal, kecap sesuai selera.

9. Jenang Sengkolo

Bahan:

  •  2 liter beras
  •  1 kg beras ketan
  •  7 keping besar gula merah
  •  100 gr gula pasir
  •  3 bungkus kecil santan instan
  •  6 liter air
  •  10 lbr daun Pandan, ikat simpul
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1.  Masak gula merah dengan 500 ml air hingga larut, lalu saring dan sisihkan.
  2.  Cuci beras dan ketan lalu masukkan ke dalam panci besar beserta santan instan, air, daun pandan dan garam.
  3.  Masak nasi sambil terus diaduk hingga setengah matang. Bagi nasi menjadi 2 bagian.
  4.  Pada panci ke-2, tuangkan air gula merah dan juga gula pasir.
  5.  Masak jenang dengan api kecil sambil terus diaduk agar tidak gosong hingga mengental dan matang.

Catatan:

  •  Jumlah air bisa ditambah jika dirasa tekstur jenang belum diperoleh.
  •  Jika ingin ditambahkan air gunakan air panas agar jenang tidak cepat cair dan berlendir.
  •  Tekstur jenang yang baik adalah padat dan ketika diangkat kemudian dibalik dengan sendok tidak langsung jatuh.
  •  Takaran gula merah, gula pasir dan air bisa ditambahkan sesuai selera masing-masing.

10. Jenang Dodol Ketan

Bahan:

  •  300 Gram tepung ketan putih
  •  100 gram tepung ketan hitam
  •  1000 cc air santan
  •  500 gram gula merah
  •  1/2 sdt garam
  •  1/2 bungkus vanili
  •  3 lembar daun pandan
  •  2 sachet agar plain
  •  2 sdm minyak zaitun

Cara Membuat:

  1. Rebuslah santan, gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan. Masak hingga gula larut,
  2.  Campur tepung terigu, agar-agar, vanili, tuang santan. Aduk rata.
  3.  Masukkan air mendidih gula pasir dan minyak zaitun.
  4.  Masak dengan api kecil saja selama sekitar 1 jam atau sampai tidak lengket.
  5.  Letakkan di atas loyang yang dialasi plastik. Biarkan itu diatur.
  6.  Potong dan bungkus.Dalam membuat jenang ini anda bisa menggunakan mesin pengaduk jenang.

Penawaran Dari Rumah Mesin

Kami CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pengaduk Jenang untuk anda para pengusaha industri jenang tentunya.

Mesin pembuat jenang kami didesain dan dibuat khusus untuk dapat mempermudah proses memasak atau mengaduk adonan jenang hingga matang.

Mixer Adonan kami juga telah melalui serangkaian uji coba serta Quality Control, sehingga performa dan kualitasnya terjamin.

Peralatan Memasak Jenang kami terjamin kualitas, keandalan, keamanan, kebersihan, dan keunggulannya. Tentunya kami menawarkan Mesin Jenang kami dengan harga yang lebih murah dari yang lain

Tinggalkan Balasan

Tertarik Dengan Mesin Kami? Hubungi kami sekarang, atau Anda dapat berdiskusi dengan kami :