Mesin Penggiling Jamu – Alat Penggiling Jamu Terbaru 2022

Mesin Penggiling Jamu

Mesin penggiling jamu merupakan alat yang digunakan untuk mengolah jamu. Tujuan dari mesin ini agar lebih mudah saat nantinya akan diseduh menjadi minuman. Mesin ini mampu digunakan untuk menggiling bumbu kering dan juga bisa digunakan untuk menggiling merica, ketumbar, cabai kering dll dengan tingkat kehalusan 30 ~ 180 Mesh.

Jamu merupakan obat tradisional yang terbuat dari bahan bahan yang alami. Ini merupakan salah satu bentuk warisan budaya yang telah diwariskan secara turun-temurun untuk menjaga kesehatan tubuh.

Proses pembuatan jamu dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan mesin. Penggerindaan secara manual tentunya akan memakan waktu yang lama dan banyak tenaga. Sedangkan proses penggilingan jamu dengan menggunakan mesin dinilai hemat waktu dan juga tenaga.

Spesifikasi Mesin Penggiling Jamu – Alat Penggiling Jamu

Mesin Penggiling Jamu
Mesin Penggiling Jamu
Dimensi : 175mm x 175mm x 395mm
Tegangan : 220V / 1P / 50Hz
Daya : 1.200 W
Berat : 25 Kg

Informasi Pemesanan Mesin Penggiling Jamu – Alat Penggiling Jamu

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383
Email:rumahmesin@gmail.com
Fax:0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV. RUMAH MESIN menyediakan yang dapat menjadi pilihan tepat untuk anda yang ingin memproduksi jamu herbal.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, mesin pengiris obat herbal dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Penggiling Jamu – Alat Penggiling Jamu.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Keunggulan Mesin Penggiling Jamu

  • Body mesin terbuat dari bahan Stainless Steel berkualitas
  • Mudah digunakan
  • Dapat menggiling bahan baku kering menjadi tepung seperti: gula pasir, merica, beras, bahan jamu kering, kopi, kedelai, garam, bumbu kering, kacang-kacangan, merica, terigu, dll (bahan harus kering)
  • Sangat efisien untuk menggiling berbagai jenis tanaman herbal

Jamu merupakan obat tradisional yang terbuat dari warisan budaya alam yang diturunkan dari generasi ke generasi untuk kesehatan. Yang dimaksud dengan jamu dalam Permenkes No.003 / Menkes / Per / I / 2010 ialah bahan atau ramuan berupa tanaman, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik, atau campuran bahan tersebut yang telah digunakan sejak dahulu kala sampai dengan generasi untuk pengobatan,

Proses pembuatan jamu ini dimulai dari penggilingan jika menggunakan proses yang manual dilakukan, tentunya proses ini akan memakan waktu yang cukup lama ditambah lagi jika untuk produksi, untuk itu proses penggilingan jamu bisa menggunakan mesin penggiling jamu otomatis, ini mesin bekerja dengan cepat dalam proses penggilingan bahan jamu seperti:

  • Daun sirih kering
  • wajah kering
  • kunyit kering dll.

Mengenal Tanaman Herbal – Mesin Penggiling Jamu

Herbal adalah segala macam bagian tumbuhan atau tumbuhan yang dapat digunakan sebagai pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang bisa digunakan untuk pengobatan dapat digolongkan sebagai obat herbal.

Tumbuhan herbal terkadang disebut juga sebagai tanaman obat. Dalam perkembangannya, tumbuhan herbal juga digunakan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.Namun pengobatan alternatif masih memerlukan penelitian lebih lanjut karena belum banyak penelitian jamu yang melibatkan percobaan pada tubuh manusia.

Obat Alami

mesin penggiling jamu

Obat herbal adalah jenis obat organik atau alami yang diambil dari ekstrak tumbuhan herbal tanpa campuran bahan hewani atau bahan kimia lainnya. Tanaman herbal yang sering kita manfaatkan sebagai obat herbal antara lain jahe, jahe, kunyit, bawang putih, ginseng, dan lain-lain.

Jika suatu obat sudah mengandung unsur hewani, maka obat tersebut tidak bisa lagi disebut sebagai jamu lagi melainkan akan termasuk dalam kategori obat yang tradisional. Berbeda dengan jamu, jamu tradisional masih bisa dicampur dengan bahan hewani seperti telur dan teripang atau teripang.

Dengan berkembangnya teknologi kedokteran, dan semakin banyaknya penelitian tentang kedokteran, disadari bahwa alam telah menyediakan pengobatan alami yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Indonesia memiliki kekayaan hayati yang melimpah sehingga obat herbal tidak sulit ditemukan. Umumnya obat herbal tidak menimbulkan efek samping yang merugikan, tetapi ada juga beberapa ramuan herbal yang menimbulkan efek samping yang merugikan bagi konsumen.

Obat herbal dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena penggunaan obat kimia atau sintetik dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh manusia di kemudian hari.

Jenis jamu ada banyak sekali, mulai dari jamu yang digunakan untuk kecantikan dan kesehatan, hingga jamu untuk pengobatan penyakit khusus.

Jenis Tanaman Herbal – Mesin Penggiling Jamu

1. Jahe

Siapa yang tidak kenal jahe? Iya! Tanaman yang satu ini sangat populer sebagai bumbu dan bahan obat. Jahe memiliki rasa pedas khas yang disebabkan oleh senyawa keton yang disebut zingeron.

Jahe banyak digunakan sebagai campuran dalam minuman karena dapat memberikan rasa hangat pada tubuh saat cuaca dingin. Di Indonesia minuman jahe banyak ditemukan di daerah pegunungan karena udaranya yang dingin.

Saat ini banyak dijual jamu atau minuman jahe yang siap untuk diseduh. Jahe diolah dengan menggunakan teknologi industri, kemudian jahe tersebut dikeringkan kemudian digiling menggunakan mesin penggiling herbal.

2. Kunyit

Kunyit atau yang juga dikenal dengan kuni merupakan tanaman rempah asli Asia Tenggara. Dalam bidang kuliner, kunyit biasa digunakan untuk memberi warna masakan yang kuning dan sebagai pengawet.

Sedangkan di bidang kesehatan, kunyit memiliki khasiat untuk mendinginkan tubuh, membersihkan lambung terutama lambung, merangsang keluarnya gas berlebih di usus, menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah. Banyaknya manfaat yang diberikan oleh kunyit menjadikannya sebagai bahan dalam pengobatan tradisional.

3. Temulawak – Mesin Penggiling Jamu

Tanaman obat ini termasuk dalam suku Penemuan. Rimpang temu lawak biasanya diekstrak untuk dijadikan jamu atau obat tradisional.

Ada beberapa kandungan utama dari rimpang temulawak diantaranya yaitu protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri dari yaitu kamper, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Kurkumin dalam temu lawak memiliki kandungan kurkumin anti inflamasi (anti inflamasi) dan anti hepotoksik (anti keracunan empedu). Anda bisa menggunakan mesin penggiling jamu ini untuk membuatnya.

Temu lawak juga dapat digunakan sebagai obat jerawat, menambah nafsu makan, pencahar, melancarkan ASI, anti kolesterol, anti inflamasi, anemia, antioksidan, pencegah kanker, dan antimikroba.

4. Ginseng

Tanaman ini terkenal dengan khasiatnya sebagai obat tradisional. Ginseng paling berkualitas berasal dari Korea karena tumbuh di tanah subur dengan iklim yang mendukung. Tak heran jika ginseng Korea memiliki harga yang begitu fantastis.

Akar ginseng dipercaya dapat meningkatkan aliran darah, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penyembuhan penyakit, efektif melawan kanker, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu akar ginseng banyak digunakan sebagai bahan dalam pengobatan tradisional atau jamu karena memiliki banyak khasiat terutama untuk kesehatan tubuh kita.

5. Pengobatan Tradisional / Jamu

Jamu juga dikenal sebagai obat tradisional. Berbeda dengan obat herbal yang hanya menggunakan bahan nabati, jamu dibuat dari bahan alami yang berasal dari bahan nabati dan hewani.

Bahan nabati digunakan pada bagian tanaman seperti rimpang (akar), daun, kulit kayu, dan buah. Sedangkan bahan bahan hewani yang digunakan bisa berupa telur ayam kampung, empedu kambing, empedu ular, atau ikan buaya. Anda bisa menggunakan mesin penggiling jamu ini untuk membuatnya.

Sebagian besar obat tradisional memiliki rasa yang pahit, sehingga perlu ditambahkan madu sebagai pemanis. Selain madu, jamu juga bisa ditambahkan dengan anggur. Anggur ini berfungsi sebagai pengurang rasa pahit, dan juga untuk menghangatkan tubuh.

Kabupaten Sukoharjo yang terletak di Provinsi Jawa Tengah dikenal sebagai sentra pengobatan tradisional atau jamu di Indonesia. Bahkan di sana telah ditetapkan patung Jamu Gendong sebagai identitas Kabupaten Sukoharjo sebagai sentra penjualan jamu tradisional. Banyak penjual jamu keliling yang menjual jamu sebagai minuman yang menyehatkan dan menyegarkan.

Saat ini sudah banyak jamu tradisional yang diproduksi oleh pabrik yang dijual di pasaran. Misalnya ada Jamu Air Mancur, Nyonya Meneer, Djamu Djago dan lain sebagainya yang banyak dijual di toko-toko dalam bentuk sachet.

Sebelum diminum, jamu kemasan ini harus dilarutkan dan diseduh menggunakan air panas terlebih dahulu. Dalam perkembangannya, saat ini banyak inovasi herbal yang dijual dalam bentuk tablet, kaplet dan kapsul.

Tertarik untuk memulai bisnis jamu tradisional? Mesin Gerinda Herbal dapat anda gunakan dari Mesin Grosir yang tentunya akan semakin memudahkan anda dalam mengolah jamu.

Jenis Jamu Khasiat, Bahan Baku, dan Cara Mengolahnya

mesin penggiling jamu

Jamu sebagai obat tradisional memegang peranan penting terutama dalam pengobatan penduduk di negara berkembang. Diperkirakan 70-80% penduduk di negara berkembang mengandalkan obat tradisional ini. Jamu dianggap tidak beracun dan tidak menimbulkan efek samping. Selama ratusan tahun, khasiat jamu sudah teruji langsung pada manusia.

1. Nasi Jamu Kencur

Obat tradisional jenis ini dipercaya berkhasiat meredakan nyeri tubuh. Oleh karena itu, nasi kencur herbal ini sangat cocok diminum sebagai penyegar saat sehabis bekerja.

Dengan meminum jamu nasi kencur secara rutin, tubuh akan terhindar dari rasa sakit dan nyeri yang biasanya muncul saat bekerja atau berolahraga. Selain itu, nasi kencur juga bisa dijadikan minuman untuk meredakan batuk.

Ramuan herbal banyak digunakan saat membuat jamu nasi kencur. Sesuai dengan namanya, dua bahan pokok jamu kencur tentu saja beras dan kencur.

Komposisi yang digunakan antar penjual jamu bervariasi. Namun, berikut ramuan jamu yang biasa diracik ke dalam nasi kencur, yaitu biji kedawung, rimpang jahe, biji kapulogo, buah asam jawa, kayu keningar, dan kunyit.

Untuk menyamarkan rasa pahit dan cita rasa khas dari jamu, nasi kencur diberi campuran gula merah dan gula putih yang digunakan sebagai pemanis.

2. Jamu Kunir Asem

Ramuan kunyit asem merupakan obat tradisional yang terbuat dari kunyit dan asam jawa. Obat tradisional ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyegarkan tubuh, mendinginkan perut, menghindari sakit maag, mengatasi mual dan perut kembung, serta memperlancar haid.

Namun sebagian besar penjual jamu mengatakan bahwa jamu asam jawa kurang baik jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil karena sifat jamu asam yang dapat mempermudah haid. Anda bisa menggunakan mesin penggiling jamu ini untuk membuatnya.

Ramuan asam jawa dibuat dengan bahan utama buah asam dan kunyit / kunyit, jahe, biji kedawung, dan air jeruk nipis. Sebagai penyedap, jamu kunir asem ditambahkan sedikit garam dan campuran gula merah serta gula pasir yang digunakan sebagai pemanis.

3. Jamu Sinom

Jamu tradisional ini mempunyai khasiat, bahan penyusun, dan cara pembuatan yang tidak jauh berbeda dengan jamu kunir asam. Perbedaannya hanya terletak pada penambahan ramuan muda daun sinom atau asam jawa ke dalam ramuannya.

4. Jamu Kunci Suruh

Kunci jamu pasrah biasanya digunakan oleh wanita untuk mengobati keputihan. Selain itu, jamu kunci suruh juga memiliki khasiat lain untuk menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut, mengencangkan bagian intim wanita dan dikatakan dapat menguatkan gigi.

Sesuai dengan namanya, bahan baku utama pembuatan jamu kunci suruh adalah rimpang kunci dan daun sirih. Biasanya bumbu juga ditambahkan dengan buah asam jawa yang sudah matang. Dan Anda bisa menggunakan mesin penggiling jamu ini untuk membuatnya.

Bahan lain yang biasa digunakan dalam pembuatan ramuan jamu ini adalah delima, pinang, kunci pepet, majakan, jambe, manis jangan, kayu legi, beluntas, dan kencur. Sebagai pemanis, pesan kunci herbal menggunakan gula pasir, gula merah, dan tambahkan sedikit garam.

5. Ramuan Cabai Puyang – Mesin Penggiling Jamu

Jamu cabai puyang ini juga dikenal oleh sebagian besar masyarakat dengan sebutan jamu pegal linu. Obat tradisional ini dipercaya bisa menghilangkan cikalen, pegal dan pegal di tubuh terutama pegal di pinggang.

Namun, ada juga yang percaya bahwa jamu ini bisa menghilangkan dan mencegah kesemutan, meredakan demam atau keluhan menggigil.

Minuman tradisional ini baik untuk ibu yang sedang hamil maupun yang akan melahirkan. Jika rutin meminum jamu tradisional ini setiap hari, bayi akan bersih dan tidak berbau amis.

Ramuan cabai puyang mengandung banyak zat besi di dalamnya dan memiliki khasiat untuk meningkatkan sel darah merah yang sangat bermanfaat terutama bagi penderita anemia atau kekurangan sel darah merah.

Bahan dasar pembuatan jamu cabai puyang adalah cabai jawa dan rimpang lempuyang. Sarana lain yang ditambahkan dalam pembuatan obat tradisional ini antara lain adas, pulosari, rimpang kunyit, biji kedawung, keningar dan asam kawak. Sebagai pemanis bumbu cabai puyang ini ditambahkan gula pasir, gula merah, dan jangan lupa tambahkan sedikit garam.

6. Jamu Kudu Laos

Menurut sebagian besar masyarakat, jamu memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah. Namun ada juga yang mengatakan bahwa jamu kudu laos juga bisa digunakan untuk memperlancar peredaran darah, menghangatkan badan, membuat perut terasa nyaman, menambah nafsu makan, melancarkan haid, dan menyegarkan badan.

Bahan utama Jamu Kudu Laos adalah buah mengkudu, rimpang laos, merica, asam jawa, jamu cabai, bawang putih, kedawung, garam secukupnya, gula aren dan bisa juga ditambahkan gula.

7. Jamu Pahitan

Jamu pahitan sebagai obat tradisional biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Manfaat utama jamu pahitan adalah untuk mengobati gatal-gatal dan kencing manis.

Selain itu, jamu ini juga bermanfaat untuk ‘cuci darah’, menambah nafsu makan, menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol, mengatasi perut kembung, jerawat, pegal-pegal, dan pusing.

Bahan baku utama jamu tradisional ini adalah sambiloto. Ramuan yang digunakan dalam jamu pahitan sangat bervariasi, ada yang hanya terdiri dari sambiloto, tetapi ada pula yang menambahkan bahan pahit lain seperti brotowali, widoro laut, doro putih, dan babakan pule. Ada yang mencampurkan bahan lain seperti adas dan / atau empon. -empon menjadi jamu pahitan.

Jamu pahitan sebaiknya dicampur dengan bumbu dan empon-empon, bila jamu tidak tercampur dengan berbagai ramuan tersebut maka ada indikasi kurang baik bagi kesehatan.

8. Jamu Uyup-uyup / Gepyokan

Obat tradisional ini dipercaya dapat meningkatkan produksi air susu ibu (air susu ibu) pada ibu yang sedang menyusui. Selain itu jamu uyup-uyup juga memiliki khasiat lain yaitu menghilangkan bau badan yang tidak sedap dan sebagai pendingin perut.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat jamu uyup-uyup ini sangat bervariasi. Secara umum, bahan yang selalu digunakan adalah bahan empon-empon yang terdiri dari kencur, jahe, bangle, laos, kunyit, daun katu, jahe, puyang, dan temugiring.

Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai mesin penggiling jamu serta penjelasan yang cukup panjang mengenai tanaman herbal dan macam macam jamu, semoga artikel yang saya buat bisa bermanfaat buat kalian sekian dan terimakasih.