Mesin Penghancur Sabut Kelapa Terbaru 2024

Mesin Penghancur Sabut Kelapa

Mesin Penghancur Sabut kelapa adalah alat untuk menghancurkan sabut kelapa seluruhnya tidak melalui proses penguraian (tepes, sepet, atau tabo).

Yang mana bisa digunakan untuk media tanam atau bahan campuran pupuk kompos sampah organik. Keluaran dari mesin ini berupa cacahan sabut kelapa berukuran 0,5-1 cm.

Cacahan sabut kelapa ini sangat efektif untuk tanaman anggrek, tanaman hias, tanah minus sumber air atau tanaman organik lainnya.

Sifat sabut kelapa yang dapat menyerap air 2 kali masa bahan membantu efektifitas penananam untuk daerah kering. Dan jika digunakan untuk pupuk organik, sangat membantu untuk menjaga kelembaban dan menyerap pupuk dalam media tanam tersebut.

 

Mesin Penghancur Sabut Kelapa
Gambar Mesin Penghancur Sabut Kelapa

Spesifikasi Mesin Pengancur Sabut Kelapa Kapasitas 200 Kg / Jam.

Dimensi Mesin : 1000 mm x 800 mm x 1200 mm.
Kapasitas Proses : 200 Kg / Jam.
Bahan Material Rangka : UNP 100
Penggerak : Diesel ( Bisa Model Starter Atau Engkol ).
Energi Yang Digunakan : Solar.
Daya ( Power ) : 24 / 30 PK RRT.
Bahan Material Pisau : Baja.
Dilengkapi Dengan : Roda Dan Bisa Ditarik Mobil.
Fungsi : Menghancurkan sabut kelapa sebagai media tanam.

Selain Mesin Penghancur Sabut Kelapa, kami menyediakan Mesin Pengolah Sabut kelapa menjadi Serat Sabut Kelapa atau Cocofiber.

Kami kemas dalam Mesin Sabut Kelapa atau Mesin Cocofiber. Untuk Info Lebih lengkap, bisa buka DISINI

 

Info Pemesanan Mesin Penghancur Sabut Kelapa Rumah Mesin

kontak rumah mesin

RUMAH MESIN – Pusat Mesin Usaha Anda
Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

Portofolio Kami

Disperindang Padang
Pengolahan Ikan – 2022
Disperindag Buol
Mesin Nata De Coco – 2022
Disperindag Rote Ndao
Mesin Gula Semut – 2022
Dinas Perkebunan Sulawesi Utara
Mesin Pengolahan Minyak – 2022
Disperindag Sulawesi Utara
Mesin Gula Semut – 2022
BI Lampung
Mesin Pakan– 2022
Poltana Mapena
Mesin Pengolahan Singkong – 2022
PT Gag Nikel
Mesin Sabut Kelapa – 2022
Dinas Perkebunana Merauke
Mesin Pengolahan Sagu – 2022
Kemendes
Mesin Pengolahan Kelapa – 2022
Disperindag Maluku Utara
Mesin Pengolahan Sabut Kelapa – 2022
Dinas Pertanian Ngada
Mesin Mete – 2022
UGM
Mesin JAHE – 2022
DINAS SOSIAL MATARAM
Mesin Minyak Kelapa – 2022
DLH Purworejo
Mesin Pengolahan Sampah – 2022
Dinas Pertanian Bantul
Mesin Pasca Panen Cabe – 2022
Dinas Pertanian Banten
Mesin pengolahan cabai – 2022
Kementrian Perindustrian
Mesin Pakan – 2022
Disperindag Halbar
Mesin Briket – 2022
DLH LEMBATA
Mesin Pencacah Plastik – 2023
DTPH KALTENG
Mesin Pengolahan cabai dan tomat – 2023
DKP KUTAI BARAT
Mesin Pengolahan jagung dan pakan – 2023
DLH SUMBA
Mesin Pengolahan Kompos – 2023

Portofolio Selengkapnya 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Penghancur Sabut Kelapa yang dapat menjadi pilihan tepat untuk anda yang mempunyai sampah kertas dalam suatu departemen.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Penghancur Sabut Kelapa.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Cara Kerja Mesin Penghancur Sabut Kelapa

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara kerja dari mesin penghancur sabut kelapa ini, dikarenakan jika Anda hendak membeli atau membuka usaha yang sekiranya membutuhkan mesin penghancur sabut kelapa ini Anda memerlukan setidaknya ilmu dasar yaitu cara kerja dari mesin yang hendak Anda gunakan.

Apabila Anda tidak mengetahui cara kerja atau cara menjalankan mesin maka Anda tidak akan bisa menjalankan meisn tersebut, maka dari itu hal ini penting bagi Anda yang hendak mengolah atau memanfaatkan sabut dan berkreativitas dengan sabut. Dan jika Anda sudah mengetahui cara kerja dari mesin penghancur sabut kelapa ini maka Anda akan dapat menjalankan nya dengan beik dan benar dan jangan lupa juga untuk merawat mesinnya ketika Anda sudah mahir dalam menggunakannya.

Prinsip dasar dari mesin penghancur sabut kelapa ini sebenarnya sangatlah sederhana dan mudah. Motor sebagai tenaga penggerak akan memutar roda yang terhubung dengan silinder, sedingga silinder yang memiliki permukaan yang ber baris gigi-gigi tersebut akan berputar.

Apabila sabut kelapa dimasukan, maka sabut akan tersangkut pada gigi-gigi itu dan sabut akan ikut berputas dengan gigi-gigi tersebut. Ketika sedang berputar, sabut akan tercabik-cabik menjadi lembaran-lembaran dan akan terlepas dari gabusnya.

Gabus yang sudah terlepas akan lolos dari saringan dan akan masuk ke dalam lorong pengeluaran khusus gabus. Sabut yang sudah tercabik-cabik menjadi kecil dan halus akan keluar lewat atas saringan dan keluar melalui lorong khusus untuk sabut, simpel nya lorong keluar sabut dan gabus terpisah.

Komponen pada mesin penghancur sabut kelapa ini terdiri dari silinder yang berbentuk tabung permukaan nya mempunyai 6 beris gigi, masing-masing terdiri dengan 15 gigi. Pada bagian gigi ada kipas yang berletak selang-seling, jumlah kipas yang selang-seling tersebut ada 3 buah.

Silinder terhubung dengan roda yang akan memutarnya jika mesin dihubungkan dengan motor penggerak. Dibawah silinder ada saringan yang memiliki bentuk seperti lempenganyang dilengkungkan. Permukaan pada saringan ini memiliki lubang-lubang. Saringan terhubung langsung dengan lorong keluarnya sabut.

Sehingga sabut akan jatuh langsung melewati lorong tersebut. Dibawah saringan juga terdapat ruang penampungan. Lorong gabus berletak pada sudutnya,sehingga gabus yang sudah tertampung akan keluar melalui lorong itu.

Jika Anda telah mengetahui cara kerja dan cara menjalankan mesin nya maka yang perlu Anda ketahui yaitu cara memanfaatkan sabut kelapa dengan baik dan benar.

Mengenal Sabut Kelapa

Sabut adalah bagian mesokarp atau selimut yang memiliki rupa serat-serat kasar dari kelapa .Sabut pada umumnya disebut sebagai limbah yang hanya ditumpuk di bawah tegakan tanaman kelapa bahkan dibiarkan menjadi busuk atau menjadi kering. Pemanfaatan sabut kelapa paling banyak yaitu untuk kayu bakar. Jika secara tradisional masyarakat akan mengolah sabut untuk dijadikan tali dan dianyam menjadi keset.

Padahal sabut masih mempunyai nilai ekonomis cukup baik. Tetapi itu secara tradisional dan sekarang Indonesia sudah banyak berkembang dari yang menggunakan media tradisional sekarang telah banyak hasil kreativitas warga Indonesia yang terbuat dari sabut.

Sabut kelapa jika diurai maka akan menghasilkan serat sabut yang dinamakan cocofibre dan serbuk sabut yang dinamakan cococoir. Akan etapi produk inti dari sabut yaitu serat sabut. Dari produk cocofibre dapat menghasilan aneka macam derivasi produk yang manfaatnya sangat luar biasa. Di beberapa Negara termasuk Negara Indonesia sabut kelapa diolah menjadi pupuk tanaman, kerajinan tangan dan masih banyak lainya.

Manfaat Sabut Kelapa

Selanjutnya yaitu manfaat dari sabut kelapa, hal ini juga perlu diperhatikan bagi Anda yang hendak mengolah sabut kelapa dengan mesin penghancur sabut kelapa yang Anda beli di CV Rumah Mesin. Dengan Anda mengetahui manfaat dari sabut kelapa ini ANda dapat memanfaatkan sabut kelapa dengan leluasa dan berkreatifitas sesuai dengan manfaat yang ada pada sabut kelapa tersebut.

Pohon yang menjulang tinggi dan juga memiliki buah yang besar-besar ini bernama pohon kelapa. Pohon kelapa ini merupakan salah satu jenis pohon yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah tropis yang memiliki cuaca cenderung lebih panas daripada daerah yang lainya. Pohon kelapa atau yang dalam bahasa nasional nya yaitu bahasa Inggris dikenal dengan nama coconut yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan kita.

Inilah beberapa bagian-bagian dari pohon kelapa yang seringkali dimanfaatkan kecuali bagian air dan daging buahnya :

  1. Batok kelapa dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku pembuatan arang batok kelapa.
  2. Daun kelapa dapat dimanfaatkan menjadi salah satu jenis daun pembungkus makanan
  3. Batang atau ruas dari jari-jari daun kelapa seringkali dimanfaatkan menjadi salah satu bahan dasar dalam pembuatan sapu lidi

Tidak hanya hanya itu saja, masih ada satu lagi bagian dari kelapa yang dapat dimanfaatkan, tidak lain yaitu sabut kelapa. Meskipun sabut kelapa merupakan salah satu jenis limbah, Akan tetapi manfaat sabut kelapa ternyata dapat manfaatkan menjadi banyak hal. Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan sabut kelapa :

1. Sapu ijuk

Sapu ijuk meruapakan salah satu jenis peralatan rumah tangga yang tidak bisa lepas dari kehidupan bersih-bersih dari para ibu rumah tangga maupun asisten rumah tangga. Sapu ijuk merupakan salah satu jenis sapu yang dibuat dengan menggunakan limbah dari pengolahan kelapa yan tidak lain adalah hasil dari pemanfaatan sabut kelapa.

Manfaat dari sabut kelapa yang sudah kering biasanya akan diolah sekreativ mungkin. Dan pada akhirnya nanti akan terbentuk menjadi serabut-serabut tipis, yang akan diikat dan dijadikan satu dan menjadi bentuk sapu ijuk, yang sering kita gunakan sehari-harinya.

2. Media pembakaran pengganti kertas

Bagi Anda yang sering membuat arang dengan berbahan dasar batok kelapa, pasti juga sering memanfaatkan sabut kelapa untuk dijadikan salah satu media untuk membakar batok kelapa tersebut. Anda juga dapat melihat kegiatan pemanfaatan sabut kelapa ini sebagai media pembakaran ini pada restoran restoran padang sebagai pengganti kertas atau daun pisang yang kering. Hal ini dikarenakan oleh sifat alami dari sabut kelapa yang memiliki sifat mudah terbakar dapat menghasilkan api yang baik.

3, Pembuatan pupuk organik

Tidak bisa disangka, ternyata manfaat sabut kelapa pun bisa diolah dan juga dimanfaatkan menjadi salah satu jenis pupuk organik. Pupuk organik yang dibuat dengan memanfaatkan sabut kelapa ini ternyata dapat menyimpang air 60% lebih banyak dibandingkan pupuk biasanya. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi para petani yang berada di daerah yang memiliki curah hujan yang rendah atau daerah yang sedang mengalami kekeringan.

Di sisi lain, sabut kelapa juga Mempunyai kandungan unsur hara dan juga mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan dari tanaman, sehingga sabut kelapa ini memang sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan pupuk organik.

4. Menetralisir air danmenghilangkan     bau semen pada kolam ikan yang baru dibuat

Bagi Anda yang menjadi pengusaha ikan, baik itu ikan hias ataupun ikan ternak yang ditempatkan pada kolam-kolam yang terbuat dair semen, pastinya sabut kelapa sudah tidak asing lagi bagi anda. Sabut kelapa seringkali digunakan untuk menetralisir kandungan air yang ada pada kolam ikan yang baru selesai dibuat, dan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau semen dari kolam tersebut.

Mengapa demikian…. Karena ikan yang langsung dimasukkan ke dalam kolam semen yang baru dibuat kemungkinan besar ikan akan mati. Hal ini dikarenakan ikan tidak tahan dengan campuran air dan juga bau semen dari kolam yang baru.

5. Pembuatan briket ramah lingkungan

Sabut kelapa juga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk pembuatan briket. Selama ini yang kita tau briket yaitu terbuat dari batubara, Akan tetapi, ternyata briket juga dapat dibuat dan diolah dari limbah, salah satunya yaitu dari sabut kelapa.

Hal ini tentu saja adalah suatu penemuan yang menarik, karena selain sabut kelapa yang ramah lingkungan, biaya produksi dari pembuatan briket pun akan jauh lebih murah jika dibandingkan menggunakan batubara.

6. Pembuatan kerajinan tangan

Indonesia adalah salah satu Negara dengan berbagai macam suku bangsa. Dengan memiliki berbagai macam suku bangsa inilah, Indonesia juga mempunyai berbagai macam jenis kerajinan tangan yang unuik dan menarik. Salah satu kerajinan tangan yang menarik yaitu pemanfaatkan sabut kelapa yang dibuat menjadi bentuk dompet, tas, dan juga bentuk–bentuk hiasan yang beraneka ragam.

7. Pembuatan coco net

Coco net adalah salah satu bentuk olahan dari manfaat sabut kelapa yang memiliki bentuk seperti jaring-jaring. Coco net ini umumnya dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya longsor pada daerah yang mempunyai undakan, sehingga hal itu dapat meminimalisir terjadinya bencana longsor pada daerah tersebut.

8. Sebagai bahan baku spring bed dan juga jok 

Bagi anda yang mungkin belum mengetahui, beberapa jenis jok dan juga spring bed atau dapat disebut juga sebagai tempat tidur ternyata ada yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang diolah dari sabut kelapa. Sabut kelapa sebelumnya perlu diolah terlebiih dahulu menjadi coco fiber yang berupa serat-serat sabut kelapa.

Selanjutnya akan menjadi satu dengan bentuk lembaran, untuk kemudian disupplai ke pabrik jok mobil ataupun pabrik spring bed yang kemudian akan dijual ke pasaran.

9. Pembuatan keset

Manfaat lainnya dari sabut kelapa yang harus anda ketahui, dan mungkin yang satu ini juga sudah anda ketahui yaitu dimanfaatkan sebagai pembuatan keset. Keset ini memiliki bahan baku yang mirip dengan sapu ijuk dan juga coco fiber. Biasanya keset dari sabut kelapa ini diletakkan diluar rumah supaya ketika basah akan cepat kering dengan terkena cahaya matahari.

Kelapa adalah salah satu jenis buah-buahan tropis yang sangat terkenal akan manfaatnya bagi manusia dan juga hewan. Air dari buah kelapa dapat bermanfaat menjadi salah satu media penyegaran, dan bisa memulihkan cairan dalam tubuh yang telah hilang akibat beraktivitas seharian.

Hampir semua bagian dari pohon kelapa bisa dimanfaatkan oleh keperluan tertentu, karena itulah, kelapa termasuk salah satu jenis pohon yang multi fungsi. Hal ini tidak akan pernah lepas dari kehidupan masyarakat, terutama pada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai.

Cara Merawat Mesin Penghancur Sabut Kelapa

Untuk perawatan nya bisa dibilang cukup mudah dan sederhana, perawatan mesin penghancur sabut kelapa ini yaitu Anda hanya perlu menjaga kebersihan dan keamanan dalam menjalankan mesin nya contohnya seperti And dapat mengecek pada bagain mesinnya dan bila Anda menemukan kejanggalan atau kendala maka segera lah bawa mesin ke bengkel mesin atau orang yang mengetahui tentang mesin.

Anda juga perlu memperhatikan kebersihan mesin dengan cara membersihkan mesin setiap akan digunakan dan setelah digunakan, jika Anda melihat sisah dari batok atau sisah dari sabut yang tertinggal di lorong maka segera lah bersihkan supaya tidak terjadi kerusakan dalat maupun kecil pada mesin.

Gunakanlah mesin dengan bijak yaitu dengan cara memanfaatkan nya dengan benar. Inilah mengapa Anda perlu mengetahui cara menggunakan mesin dan cara memanfaatkan sabut dikarenakan jika Anda tidak bisa menggunakan nya dengan bijak dikhawatirkan tindakan Anda yang asal-asalan dalam menggunakan mesin dapat merusak
mesin secara keseluruhan, maka dari itu gunakanlah mesin sesuai dengan kapasitas dan ketentuannya.

Tinggalkan Balasan

Tertarik Dengan Mesin Kami? Hubungi kami sekarang, atau Anda dapat berdiskusi dengan kami :