Jual Mesin Pengolahan Mete – Harga Alat Pengupas Mete Terbaru 2020

mesin pengolahan mete adalah mesin yang digunakan untuk mengolah mete untuk usaha. Jambu monyet atau jambu mede / mete (Anacardium occidentale) adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil dan memiliki “buah” yang dapat dimakan.

Yang lebih terkenal dari jambu mede adalah kacang mede, kacang mete atau kacang mente. Bijinya yang biasa dikeringkan dan digoreng untuk dijadikan berbagai macam penganan.

Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae).

Spesifikasi Mesin Pengolahan Mete dan Alat Pengupas Mete

1. Mesin Kacip Mete | Mesin Pengolahan Mete

Mesin Kacip Mete , alat pengupas mete, mesin pengupas mete, harga alat pengupas mete, alat pengupas kacang mete

Sepsifikasi Mesin Kacip Mete:

Tipe : MKPM
Kapasitas : 5 kg/jam
Dimensi : 300 x 250 x 200mm
Penggerak : Manual
  • Fungsi: Mengupas kacip/kulit mete

2. Mesin Pengering Mete | Mesin Pengolahan Mete

mesin pengaduk bumbu - Mesin Pengering Mete

Spesifikasi Mesin Pengering Mete : 

Tipe    : MPM
Kapasitas    :    25- 30 kg/proses
Dimensi    : 600 x 400 x 1200 mm
Ukuran Loyang    : 50 x 40 x 5
Jumlah Loyang    : 6 loyang
Bahan    : Stenliss
Bahan Loyang    : Stenliss, Dilengkapi degan kompor gas dan thermocople
Blower    : udara panas
  • Fungsi: Mengeringkan mete

3. Mesin Sortasi Mete | Mesin Pengolahan Mete

Mesin Kopi (Mesin Pembuat Kopi) 19 -

Spesifikasi Mesin Sortasi Mete : 

Dimensi Mesin : 2400 mm X 900 mm X 1200 mm
Penggerak    :    Motor Bensin / Motor Listrik ( Elektro Motor )
Energi Yang Digunakan    : Bensin ( Motor Bensin ) / Listrik ( Motor Listrik ).
Daya ( Power )    : 5,5 HP ( Motor Bensin ) / 1 HP ( Motor Listrik ).
Transmisi    : Sabuk V.Belt Dan Pulley
Kapasitas Proses    : 200 Km / Jam
Rangka Mesin    : Baja Profil Kotak.
Pemisah Biji    : Ayakan Stenliss Steel
  • Fungsi: Menyortasi biji kopi basah

4. Alat Pengukur Kadar Air | Mesin Pengolahan Mete

Alat Pengukur Kadar Air

Spesifikasi Alat Pengukur Kadar Air :

Display     :    3½” Digital LCD
Moisture Measurement     : 2% – 30%
Maximum Error       : ±(1%RH+0,5)
Resolution     : 0,5%
Temperature Range     : -10 – 60°C
Maximum Error     : ±2 (±4°F)
  • Fungsi: Untuk Mengukur kadar air yang ada pada biji-bijian seperti kopi,jagung ,beras dll.

Mesin Pengolahan Mete ; Mesin Pengupas Mete , Alat Pengupas Kacang Mete Dan Harga Alat Pengupas Mete

Biji Mete

Hasil utama dari tanaman Jambu Monyet ( Jambu Mete ) adalah Gelondong Biji Mete yang didalamnya ada Biji Mete tentunya.

Hasil sampingan ( kedua ) adalah Kulit Gelondong Biji Mete yang mengandung Cairan Kulit Biji Mete atau disebut dengan Cashew Nut Shell Liquid ( CNSL ).

Cairan Kulit Biji Mete atau juga disebut dengan Cashew Nut Shell Liquid ( CNSL ) sendiri adalah cairan yang dapat dibuat menjadi material yang menyerupai karet.

Selain itu Jambu Monyet juga mempunyai buah yang sebenarnya memiliki rasa yang unik dan tidak kalah dengan buah lainnya.

Biji Mete banyak diaplikasikan untuk bahan kuliner makanan ringan dan bahan masakan tambahan. Atau juga yang sering kita temui di dalam bentuk aslinya, yakni Biji Mete Tunggal ( natural ).

Biji Mete atau juga yang umum disebut Kacang Mede benar – benar susah untuk dikeluarkan dari dalam kulit gelondongnya.

Selain sifat kulit gelondong yang keras dan susah untuk dikeluarkan, Bentuk Biji Mete yang tak beraturan serta adanya cairan CNSL yang bersifat korosif dan bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Cara Memilih Kacang Mete yang Berkualitas

Anda juga bisa menemukan kacang mete di pasar tradisional, toko, atau supermarket. Tetapi, tidak di semua tempat tersebut menjual kacang mete dengan kualitas yang sangat baik. Sebagai konsumen, Anda dituntut untuk jeli memilih kacang mete yang berkualitas tinggi. Lalu, bagaimana cara memilih kacang mete yang berkualitas?

  1. Jangan membeli kacang mete gelondongan yang lengkap dengan buahnya. Jika beli kacang mete lebih baik beli yang sudah dikupas, untuk menghindari iritasi pada kulit akibat dari resin fenolik dan urushiol yang terkandung pada kulit dari kacang mete.
  2. Kacang mete yang berkualitas yaitu kacang mete yang bentuknya utuh, dan bukan yang berupa belahan, remukan besar, atau remukan kecil (menir).
  3. Pastikan kacang mete yang hendak Anda beli tidak terdapat retakan, berjamur, memiliki bintik-bintik, dan berbau tengik. Jangan juga membeli kacang mete yang berlubang karena lubang tersebut adalah bekas dimakan ulat.
  4. Warna asli dari kacang mete adalah putih kecokelatan. Jamgan terkecoh dan tergiur dengan warna kacang mete yang putih dan bersih. Kacang mete yang berwarna putih dan bersih biasanya akibat adanya zat pemutih. Jadi, belilah kacang mete yang berwarna putih agak kecokelatan, bukan yang putih dan bersih.
  5. Jika Anda sudah membeli kacang mete yang berkualitas dan jika ingin menyimpannya agar digunakan kembali nanti, simpanlah kacang mete yang telah di kupas ke dalam wadah yang kedap udara kemudian  di simpan dalam kulkas. Hal ini bertujuan agar menghindari bau tengik yang ada pada kacang mete.

Manfaat Kacang Mete

1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Tingginya kadar kolesterol jahat (LDL) dikaitkan juga dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke. Kacang mete dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat LDL. Semua itu berkat serat, vitamin, kalium, folat, vitamin E, dan vitamin B6 yang terkandung di dalam kacang mete tersebut.

2. Mencegah kurang darah (anemia)

Kandungan zat besi dan tembaga di dalam kacang mete juga dapat mengoptimalkan kerja tubuh dalam memproduksi dan menggunakan sel darah merah. Selain mencegah anemia, hal ini juga akan membuat kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, saraf, serta pembuluh darah menjadi lebih baik.

3. Sumber energi yang baik

Sama seperti kacang-kacangan lainnya, kacang mete juga kaya akan kalori dan lemak baik. Dalam 30 gram kacang mete, terkandung sekitar 150 kalori dan 12 gram lemak. Dua nutrisi ini merupakan sumber energi tubuh.

Selain itu, vitamin B6, vitamin E, zat besi, dan protein yang terkandung dalam kacang mete juga bermanfaat membuat tubuh tidak mudah lelah.

4. Menjaga kesehatan tulang

Kacang mete mengandung kalsium dalam jumlah yang tidak sedikit, dalam 100 gram kacang mete terkandung sekitar 45 mg kalsium. Hal ini menjadikan kacang mete sebagai salah satu makanan yang dianjurkan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

5. Memelihara kesehatan mata

Kacang mete mengandung antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin. Kedua zat ini diketahui mampu melindungi mata dari kerusakan yang dapat menyebabkan kebutaan. Bahkan, mengonsumsi kacang mete juga dipercaya dapat menurunkan risiko katarak.

6. Mencegah batu empedu

Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang mete, berisiko lebih rendah untuk terkena batu empedu. Hal ini diduga berkat kandungan lemak baik dan serat di dalam kacang mete yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab batu empedu.

7. Menjaga berat badan

Kacang mete sering digunakan sebagai makanan untuk diet. Alasannya adalah karena protein dan serat yang terkandung di kacang mete dapat membuat kenyang lebih lama. Dengan begitu, berat badan pun bisa lebih cepat turun.

Namun karena kalorinya tinggi, kacang mete cukup dikonsumsi sebagai makanan ringan, dan pilih kacang mete yang tidak mengandung garam tinggi.

Beberapa manfaat kacang mete tersebut menjadikannya sebagai sumber makanan yang baik untuk kesehatan. Namun hati-hati, sebagian orang berisiko mengalami reaksi alergi jika mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang mete.

Cara Kerja Alat Pengupas Mete

  1. Gelondong Biji Mete diletakkan di atas landasan cekung.
  2. Bagian punggung Gelondong Biji Mete berada menghadap ke bawah dan bagian perut Gelondong Biji Mete menghadap atas.
  3. Selanjutnya pisau Kacip Mete diturunkan dan ditekan sedemikian rupa sehingga membelah Kulit Gelondong Biji Mete. Kemudian pisau ditekan ke arah samping, agar kulit pisah dengan biji mete.
  4. Berikutnya Biji Mete dicungkil menggunakan alat pencungkil yang berupa pisau kecil atau sejenisnya.

Info usaha kacang mete madu

Kacang mete madu memang termasuk camilan yang memiliki penggemar yang begitu besar. Usaha kacang mete madu pun juga memiliki potensi bisnis yang cukup bagus.

Banyak pebisnis kacang mete madu yang kini sudah sukses menjalankan usaha kacang mete bahkan hingga saat ini telah berkembang dengan baik. Buatlah kacang mete madu dengan penyajian dan penampilan yang semenarik mungkin. Tak hanya itu saja, namun kualitas dan cita rasanya pun juga harus Anda perhatikan dengan baik.

Agar nantinya tidak mengecewekan konsumen. Dengan memperhatikan berbagai hal-hal tersebut maka Anda nantinya bisa meraih kesuksesan. Usaha produksi kacang mete madu memang tepat sekali dimanfaatkan. Bila ingin bisnis produksi kacang mete madu bisa maksimal maka pilihlah lokasi usaha yang tepat, ramai serta strategis.

Persiapan memulai usaha kacang mete madu

Bila ingin menjalankan peluang usaha kacang mete madu maka Anda perlu mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. Hal utama yang wajib untuk dipersiapkan dalam menjalankan usaha kacang mete madu yaitu modal dalam usaha.

Karena tanpa modal usaha, usaha produksi kacang mete madu tidak bisa berjalan dengan maksimal. Sebenarnya modal usaha ini nanti dipakai untuk membeli berbagai peralatan, bahan baku dan juga perlengkapan usaha.

Untuk masalah modal usaha yang dibutuhkan dalam memulai bisnis kacang mete madu bisa dimulai dalam skala kecil. Anda bisa menyewa tempat dan membuka warung kecil-kecilan terlebih dahulu.

Namun setelah nanti bisnis kacang mete madu bisa berjalan dengan baik lalu Anda bisa mengembangkannya dalam skala yang lebih besar. Memulai bisnis kacang mete madu juga membutuhkan peralatan yang mendukung supaya bisa membuat bisnis kacang mete madu makin berjalan dengan maksimal.

Penentuan harga kacang mete madu

Kacang mete madu memang menjadi sebuah camilan yang memiliki penggemar yang cukup besar dimasyarakat. Harga jual kacang mete madu yang terjangkau juga bisa memikat banyak kalangan. Bila ingin menjalankan usaha dengan menawarkan kacang mete madu Anda bisa mematok harga yang tidak terlalu mahal.

Pematokan harga jual kacang mete madu inipun juga dapat disesuaikan dengan yang ada di pasaran. Anda bisa mematok harga kacang mete madu seharga Rp. 2.000 dalam satu bungkus. Dengan harga yang terjangkau maka bisa menggait minat dari konsumen yang cukup besar dimasyarakat.

Penentuan lokasi usaha kacang mete madu

Mencari lokasi usaha kacang mete madu dengan pemilihan yang tepat supaya bisnis kacang mete madu bisa berjalan dengan maksimal. Walaupun sebenarnya usaha kacang mete madu ini bisa dilakukan dimana saja.

Namun demi lancarnya bisnis kuliner kacang mete madu yang dijalankan dapat berjalan dengan maksimal, Cobalah untuk memilih lokasi yang strategis dan berada di kawasan yang sering dilewati banyak orang.

Usaha kacang mete madu dalam diawali dengan membuka toko yang terletak di pinggir jalan. Selain itu, Anda juga bisa memilih lokasi yang berada di tempat-tempat yang lain seperti dekat pusat kota, dekat alon-alon, dekat kos-kosan , dekat sekolah, dekat kampus,  dekat tempat rekreasi dan berbagai tempat strategis yang lain agar mudah dijumpai masyarakat luas.

Pemasaran usaha kacang mete madu

Pemasaran bisnis kacang mete madu dapat dilakukan dengan cara menitipkan produk kacang mete madu di berbagai toko, supermarket serta di penjual oleh-oleh.

Anda pun juga bisa memasarkan langsung kepada konsumen. Pemasaran kacang mete madu inipun juga bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan melalui media sosial agar keberadaan bisnis kacang mete madu mudah diketahui masyarakat luas serta membuat bisnis kuliner kacang mete madu bisa maksimal.

Peluang Bisnis Cemilan Kacang Mete

Salah satu panganan kuliner yang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh saat bepergian keluar kota adalah kacang mete. Kacang mede atau kacang mete atau kacang mente merupakan olahan camilan dari biji jambu monyet (Anacardium occidentale).

Sebenarnya kacang mete bukanlah kacang asli, tetapi dalam ilmu Biologi adalah sebuah biji yang dikelilingi cangkang ganda yang menghasilkan getah urushiol yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Dalam dunia tata boga, sering di sebut kacang karena bentuknya yang mirip dengan kacang. Rasanya yang enak dan gurih membuat panganan ini terkenal, bahkan juga wisatawan luar negeri sangat menyukai kacang mete.

Kacang mete banyak mengandung karbohidrat, mineral, lemak dan juga tentunya protein nabati. Meskipun kandungan lemak dalam kacang mete mencapai 80%, namun lemak tersebut termasuk lemak tak jenuh yang tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Malah sebaliknya justru disebut sebagai lemak yang baik karena dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga sehat untuk jantung dan mudah dicerna.

Jika kita bandingkan antara kandungan lemak jenuh yang terdapat pada kacang-kacangan lain seperti almond dan kenari, ternyata kacang mete mengandung lebih sedikit sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang tengah melakukan program diet sehat.

Jika kita berkeliling Nusantara maka tanaman ini dapat kita jumpai di berbagai pelosok negeri di Indonesia khususnya di daerah yang agak kering, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Lampung, Bali, Nusa Tenggara, dan juga pulau Sulawesi, tepatnya di Kendari (Sulawesi Tenggara).

Sebagai salah satu sentra komoditi kacang mete terbaik, produk olahan kacang mete asal Kendari tak hanya berhasil menembus pangsa pasar nasional saja, tetapi juga telah merambah ke luar negeri, seperti India dan Vietnam. Di pasaran, harga satu kilogram kacang mete sangat beragam dan fluktuatif, tergantung ketersediaan stok dan tentunya jenis kualitas mete tersebut (kacang mete super dan biasa).

Harga Pasaran Kacang Mete

Namun, rata-rata harga kacang mete yang masih mentah (belum diolah) sekitar Rp 60.000 – Rp 80.000 per kilogram. Sementara kacang mete yang sudah diolah berkisar Rp 90.000 – Rp 100.000 untuk setiap kilogramnya, dan biasanya akan naik drastis saat musim lebaran.

Jika di seputaran wilayah anda terdapat perkebunan jambu monyet, dan anda tertarik menggeluti bisnis ini, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah memahami proses pengolahan biji jambu monyet ini. Sebelum dimasak, biji jambu mede tersebut dijemur sekitar 2-3 hari hingga kadar air tersisa 5%.

Kemudian dilakukan pengupasan kulit, dan setelah biji bersih, dilanjutkan kembali dengan proses pengeringan hingga kadar air menjadi 3%. Setelah itu bisa diolah untuk dijadikan cemilan, misalnya digoreng ataupun dipanggang. Faktor kesuksesan menjalankan bisnis ini terletak pada kualitas rasa kacang mete yang anda produksi.

Info Pemesanan / Informasi Harga Mesin Pengolahan Mete – Harga Alat Pengupas Mete

Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

Mesin Pengolahan Mete – Alat Pengupas Mete

Kami menyediakan mesin pengolahan mete yang dapat membantu mempermudah anda dalam membuat / memproduksi jahe instan.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda dengan menyediakan Mesin Pengolah Mete yang dapat menunjang kegiatan usaha Anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Pengolah Mete ini.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin–mesin dari kami secara langsung di Workshop kami.

Kami hanya bisa memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.