Mesin Perajang Tandan Sawit Terbaru 2022

Mesin Perajang Tandan Sawit

Mesin perajang tandan sawit adalah alat untuk menghancurkan tandan sawit agar menjadi lembut, hasil perajangannya bisa digunakan untuk pupuk atau sebagai media tanam. Alat ini dibuat mobil atau berjalan agar mudah dipindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Bukan hanya mesin pengolah biji kelapa sawit, mesin pencacah janjang sawit juga menjadi bagian penting dari industri kelapa sawit. Tandan kelapa sawit ternyata memiliki nilai ekonomis yang lumayan. Misalnya, banyak pengusaha yang memanfaatkan mesin pencacah pelepah sawit untuk pakan ternak untuk mengolah tandan kelapa sawit yang tidak laku dijual. Sebenarnya, apa saja komponen dalam mesin ini yang menjadikannya berfungsi maksimal?

Tandan kosong kelapa sawit dapat dimanfaatkan sebagai sumber pupuk organic yang memiliki kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanah dan
tanaman.

Tandankosong kelapa sawit mencapai 23% dari jumlah pemanfaatan limbah kelapa sawit tersebut sebagai alternative pupuk organic juga akan memberikan manfaat lain darisisi ekonomi .Bagi Perkebunan kelapa sawit dapat menghemat penggunaan pupuk sentetis sampai dengan 50% .

Perancangan yang diperoleh adalah didapatkan sebuah prototype Mesin Pencacah Tandan Kosong Kelapa Sawit dengan Kapasitas 1000 kg/jam, ukuran cakram pisau diameter 150mm, dengan derajat mata pisau 25 , daya motor yang diperlukan 7,5 hp.

Pada perancangan mesin pencacah tandan kelapa sawit ini menghasilkan kecepatan putaran 34 Rpm dan menghasilkan kapasitas 1000kg/jam. Sumber penggerak mesin dalah motor listrik dengan kecepatan 700 rpm.

Sistem Transmisi memakai, v-belt dengan pully penggerak diameter 155 mm dan pully yang digerakan 200 mm dan diteruskan dengan transmisi rodagigi dengan diameter 150 mm.

 

Komponen mesin

Pada intinya, mesin terdiri dari dua bagian besar, bagian conveyor dan gerigi yang berfungsi sebagai tempat memasukkan dan mencacah tandan kelapa sawit kosong, dan bagian mesin pencacah itu sendiri. Mesin pencacah memiliki komponen yang lebih rumit.

Saat ini tersedia banyak jenis mesin pencacah tandan sawit. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika anda awam dengan dunia mesin pencacah sawit, tidak ada salahnya untuk mencari rekomendasi mesin terbaik.

Ada beberapa komponen yang menentukan mesin tersebut dalam kategori layak pakai atau tidak. Anda harus memastikan jika antara kondisi komponen mesin dengan harga mesin pencacah tandan sawit tersebut sesuai. Berikut beberapa komponen mesin pencacah yang harus anda ketahui.

Komponen Mesin Pencacah Tandan Sawit Terbaik

Secara umum komponen mesin pencacah sawit sebenarnya dibagi menjadi lima bagian. Masing-masing bagian memiliki peran sentral masing-masing. Bagian-bagian inilah yang kemudian harus anda cek untuk memastikan kondisi mesin.

Karena bagian-bagian tersebut adalah komponen terpenting dalam mesin pencacah tandan sawit. Pastikan jika dengan harga mesin pencacah tandan sawit terbaik, anda juga mendapatkan mesin yang terbaik.

1. Motor Diesel Mesin

Bagian yang pertama adalah bagian motor diesel atau bagian mesin penggerak dari mesin pencacah tandan sawit itu sendiri. Bagian ini menjadi yang penting, karena tanpa adanya mesin tentu alat menjadi tidak bisa berjalan.

Sehingga justru akan membuat mesin menjadi tidak dapat melakukan pekerjaannya. Untuk itu menjaga bagian motor diesel menjadi hal yang diperlukan.

Jika akan membeli mesin pencacah tandan sawit, pastikan jika motor diesel berfungsi. Jadi anda tidak rugi ketika membayar harga mesin pencacah tandan sawit yang cukup mahal. Tak ada salahnya untuk membawa teknisi untuk mengecek kondisi mesin.

2. Rangka Luar Mesin

Selanjutnya di tempat jual mesin perajang tandan kosong sawit anda harus memastikan jika rangka luar mesin tak bermasalah. Ini diperlukan agar nantinya mesin tetap terlindungi dengan baik.

Biasanya rangka ini terbuat dari baja. Sehingga mesin dapat terlindungi dari luar. Lapisan ini jugalah yang nantinya akan menjaga mesin agar tetap dapat berdiri tegak. Memastikan jika bahan yang dipakai untuk rangka adalah bahan terbaik juga diperlukan. Selain itu harus dipastikan jika rangka dalam kondisi baik.

3.V-Belt

V-bealt memiliki peran penting dalam mesin pencacah tandan sawit. Fungsi dari v-bealt ini sendiri adalah untuk menghubungkan antara mesin dengan gearbox.

Selain itu fungsi lainnya adalah untuk menyalurkan energi hasil produksi dari pesin penggerak. V-bealt menjadi bagian yang cukup rentan putus. Sebaiknya periksa v-bealt dengan baik, mengingat harga mesin pencacah tankos yang cukup mahal ini.

4.Gear Box

Fungsi dari gear box sendiri adalah membuat mesin menjadi naik turun saat melakukan proses pencacahan. Ketika gear box rusak, anda harus segera mencari komponen gear box di tempat yang menjual sparepart mesin pencacah janjang sawit. Karena jika dibiarkan rusak dalam waktu yang lama akan membuat mesin berpotensi tidak bisa digunakan lagi.

5.Inti Mesin

Di sini inti mesin bertugas untuk melakukan perajangan tandan sawit. Inti mesin bergerak dengan tempo yang telah diatur satu sama lain. Ini terjadi karena antara komponen satu sama lain saling terhubung.

Jadi anda harus memastikan jika sparepart mesin penghancur tandan sawit cadangan selalu siap sedia untuk menggantikan jika satu bagian rusak. Karena tanpa bagian yang komplit. Mesin ini tidak bisa untuk berjalan.

Harga Mesin Pencacah Tandan Sawit

Anda dapat menemukan tempat jual mesin pencacah tandan sawit dengan harga bersaing di kami. Selain menyediakan mesin pencacah tandan sawit. Juga ada berbagai macam spare part mesin penghancur sawit yang ready stock.

Sehingga anda tidak perlu bingung lagi dalam mencari spare part mesin saat terjadi kerusakan. Setiap mesin yang dijual di sini kondisi komponen-komponennya juga terjamin.

Harga mesin pencacah tandan sawit memang cukup mahal, sehingga tidak ada salahnya jika anda jeli meneliti kondisi komponennya saat membelinya. Cek dan pastikan jika setiap komponen mesin berfungsi secara maksimal.

Anda juga dapat menemukan mesin pencacah tankos dengan harga yang bersaing di kami. Pastinya dengan kualitas yang terjamin. Komponen-komponennya juga terjamin.

Harga mesin pencacah tandan sawit memang cukup mahal, sehingga tidak ada salahnya jika anda jeli meneliti kondisi komponennya saat membelinya. Cek dan pastikan jika setiap komponen mesin berfungsi secara maksimal.

Anda juga dapat menemukan mesin pencacah tankos dengan harga yang bersaing di kami. Pastinya dengan kualitas yang terjamin.

 

Paling tidak ada 5 bagian penting mesin pencacah:

Mesin penggerak

Komponen ini merupakan motor listrik atau bisa saja diganti dengan motor diesel yang memasok energi dan menggerakkan mesin.

V-belt

Mirip dengan mesin lainnya, V-Belt disini berfungsi sebagai penghubung mesin dan gearbox sekaligus mentransmisi daya dari mesin penggerak.

Rangka atau chasing

Rangka ini berfungsi menyangga setiap komponen dan melindungi, mesinnya. Biasanya rangka terbuat dari baja sehingga cukup kuat untuk menopang mesin agar berdiri tegak.

Gear box

Komponen ini berfungsi mengubah putaran mesin penggerak menjadi gerakan naik – turun berkekuatan lebih besar untuk mencacah.

 Pisau atau roll

Komponen ini berfungsi sebagai bagian inti dari mesin perajang tandan sawit yang mampu merajang atau mencacah tandan menjdi serpihan kecil. Biasanya terdapat sepasang roll atau pisau yang terpasang pada as mesin. As ini akan bergerak dengan ritme tertentu karena dihubungkan dengan rantai.

Fungsi mesin

Jelas fungsi utama mesin pencacah ini adalah untuk mengatasi masalah tandan kelapa sawit yang menumpuk dan mengubahnya menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis.

Sebenarnya, tandan kelapa sawit yang telah dicacah memiliki banyak manfaat. Antara lain, tandan ini bisa digunakan sebagai bahan tambahan pakan ternak.

Tandan kelapa sawit memiliki nutrisi yang cukup tinggi, terutama kandungan vitamin dan mineral sehingga dapat memberi tambahan asupan makanan alami bagi ternak.

Selain itu cacahan tandan kelapa sawit juga bisa menjadi bahan alternatif untuk membuat etanol dan kompos. Jika dipergunakan dan diproses dengan tepat, tandan kelapa sawit mampu menghasilkan etanol dalam jumlah yang cukup tinggi.

Tentunya ini bisa menjadi bahan tambahan untuk memproduksi bio gas. Bagi Anda yang memiliki perkebunan kelapa sawit atau usaha agraria lainnya, pengolahan cacahan tandan kelapa sawit menjadi kompos bisa menjadi alternatif ramah lingkungan dan pupuk murah.

Tentunya manfaat mesin ini membuat semakin banyak pengusaha kelapa sawit mempertimbangkan untuk membeli mesin perajang tankos sawit. Sistem kerjanya yang cukup sederhana yaitu dengan menggerakan pisau pencacah dengan mesin juga membuat mesin ini mudah dirawat dan diperbaiki apa bila mengalami kerusakan.

Mesin pencacah pelepah sawit merupakan alat untuk mencacah pelepah sawit yang dingunakan untuk sebagai pakan ternak sapi dan mengurangi sampah organik. Dalam pengoperasiannya mesin pencacah ini dibantu oleh beberapa komponen elemen mesin yaitu motor bakar, puli, sabuk – V, bantalan, poros, rangka dan pisau pencacah.

Pelepah sawit yang akan dihancurkan adalah jenis – jenis pelepah sawit bekas yang terdapat dimana saja yang sudah di kumpulkan.

Hal ini terpikir oleh mahasiswa untuk mengelola pelepah sawit bekas untuk di daur ulang, maka dirancang mesin penghancur pelepah sawit yang efesien dengan harnga terjakau. Mesin pengahancur pelepah sawit itu sendiri adalah mesin yang dingunakan untuk mengancurkan pelepah sawit menjadi ukuran yang lebih kecil.

 

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Perajang Tandan Sawit Rumah Mesin

Spesfikasi Mesin Perajang Tandan Sawit :

Dimensi:1950 x 1250 x 1700mm
Material Rangka: Besi UNP
Material Body: Plat Eser
Material Pisau: Besi Baja
Penggerak: Diesel
Daya ( Power ): Yanmar TS230R 23PK
Bahan Bakar: Solar
Pendingin: Radiator
Fungsi: Untuk Mencacah Pelpeah sawit

 

Cara Kerja Mesin Perajang Tandan Sawit

Mesin Perajang Pelepah Atau Tandan Sawit ini prosesnya hampir sama dengan mesin perajang sampah organik. Yaitu menghancurkan asupan tandan sawit ke dalam mesin perajang, untuk kemudian hasilnya berupa rajangan tandan sawit yang lebih halus.

Mesin pencacah janjang sawit punya banyak sekali fungsi.Setiap fungsinya mampu mendukung proses pengolahan kelapa dari awal hingga akhir.

Nggak heran, perawatan mesin ini membutuhkan sebuah jadwal yang rutin, karena jika sampai terjadi hal yang tidak diinginkan pada mesin, akan merugikan produsen.

Anda pun perlu memperhatikan merk hingga harga mesin pencacah ini.Pilih yang mempunyai kualitas bagus, karena ini akan lebih bisa diandalkan selama proses pengolahan berjalan.

Harga mesin pencacah tankos ini cukup bervariasi. Namun, tentu tidak terhitung murah. Itulah kenapa, penting untuk Anda memperhatikan perawatannya agar tidak selalu menanggung kerusakan dan menghambat proses produksi.

Mesin perajang tandan kosong sawit umumnya mempunyai dua bagian besar, yaitu conveyor dangerigi yang akan memasukkan dan mencacah tandan kelapa sawit kosong.

Mesin pencacah janjang sawit ini mempunyai lima bagian penting dengan fungsinya masing-masing. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Mesin atau motor diesel yang berguna untuk mengisi energi dan menggerakkan mesin secara V-belt.
  • Fungsi dari mesin ini bisa ditemui di mesin lain, yaitu untuk menghubungkan mesin serta gearbox dan juga menyalurkan energi yang sudah diproduksi dari mesin penggerak.
  • Rangka atau chasing. ‘Lapisan luar’ ini akan melindungi mesin dari berbagai dari bahan yang kuat seperti baja, sehingga akan mampu menahan mesin dan tetap berdiri tegak.
  • Gear box. Gerakan mesin akan diubah menjadi naik turun dan mempunyai gerakan lebih untuk melakukan proses pencacahan.
  • inti atau utama dari semua mesin perajang tandan kosong Pisau ini akan menjalankan tugasnya untuk mencacah tandan hingga menjadi serpihan pisau yang akan mengerjakan tugasnya dan bergerak dengan tempo yang telah diatur, karena saling terhubung.

Hadirnya mesin ini diharapkan mampu mengatasi menumpuknya kelapa sawit dan dengan cepat mengubahnya menjadi barang yang bisa digunakan. Tandan kelapa sawit yang telah melewati proses pencacahan memiliki fungsi yang cukup beragam, salah satunya adalah untuk tambahan makan ternak karena memiliki vitamin serta mineral yang tinggi.

Selanjutnya, tandan kelapa sawit yang telah melalui proses pencacahan juga bisa dimanfaatkan untuk membuat etanol dan juga kompos. Selama diolah dengan cara yang tepat, maka akan menghasilkan etanol dalam jumlah yang tinggi.

Sehingga, proses produksi biogas pun terbantu. Adanya pabrik kelapa sawit sangat menguntungkan bagi warga sekitar yang mempunyai usaha agraria, karena dapat menghasilkan kompos yang ramah lingkungan serta harganya cukup terjangkau.

Sistem kerja mesin pencacah janjang sawit memang dinilai cukup menguntungkan, sehingga para pengusaha tergiur untuk memiliki mesin ini di pabrik kelapa sawit mereka. Harganya terjangkau, dan mempunyai manfaat yang besar.

Anda salah satunya?

Sebelum memutuskan membeli mesin ini, pastikan untuk mempunyai referensi yang cukup agar tidak salah pilih. Jangan hanya tergiur harga yang jauh lebih murah, karena yang lebih penting adalah kualitas dari mesin tersebut.

Pastikan sparepart dari mesin yang Anda beli mudah ditemui, sehingga jika ada kerusakan Anda tidak dipusingkan mencari sparepartnya. Lalu, pastikan juga spesifikasi mesin pabrik kelapa sawit mulai dari ukuran, kapasitas, penggerak, serta tipe dan bahan pembuat setiap bagian mesin. Selama tidak salah pilih, bisnis akan berjalan lancar dan maksimal.

Kelapa sawit yang menjadi salah satu komoditi utama Indonesia terus mencuat. Ada banyak perusahaan yang sukses berbisnis dengan menjadikan kelapa sawit sebagai bahan utama, dan ada juga banyak perusahaan baru yang masih merintis.

Namun tak bisa diingkari bahwa kelapa sawit memang punya banyak manfaat bagi kehidupan manusia, terlebih baru-baru ini kabar energi biomassa yang bisa dihasilkan dari kelapa sawit mencuat dan menjadi harapan baru.

Salah satu mesin yang ada di dalam pabrik kelapa sawit adalah mesin pencacah tandan kelapa sawit. Siapa sangka, tandan kelapa sawit yang dulu dianggap tidak bermanfaat juga mempunyai fungsi yang luar biasa.

Banyak yang memanfaatkan tandan kosong ini sebagai makanan ternak. Agar dapat mengolah tandan kosong kelapa sawit dengan maksimal, tentu dibutuhkan mesin dengan kualitas yang bagus. Apa saja komponen di dalam mesin pencacah tandan kosong kelapa sawit?

Selain itu, ada lima bagian penting dari mesin ini yang harus diketahui, yaitu:

  • Mesin penggerak. Komponen utama ini akan memberikan aliran listrik. Bentuknya sendiri bisa berupa motor listrik atau motor diesel yang akan memasok energi serta membuat mesin bergerak
  • V-belt. Fungsinya tidak jauh beda dengan v-belt pada mesin lain, yaitu untuk menghubungkan mesin dan juga gearbox. Selain itu, v-belt juga berfungsi menyalurkan daya dari mesin penggerak
  • Casing. Fungsinya adalah menyangga setiap komponen serta melindungi mesinnya. Rangka ini sendiri biasanya terbuat dari baja, jadi kualitasnya dalam menyangga tidak perlu diragukan lagi
  • Pisau. Sesuai namanya, mesin pencacah tandan kosong kelapa sawit maka diperlukan alat untuk mencacah tandan kosong tersebut. Pisau inilah komponen yang dimaksud. Adanya pisau ini akan memastikan tandan kosong menjadi serpihan kecil. Alat ini akan terpasang di bagian as mesin, dan akan bergerak dengan ritme yang jelas karena dihubungkan dengan rantai. Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan pada bagian ini, karena ada banyak penjual baik online atau pun offline yang jual cutter plate mesin press tandan kosong sawit.
  • Gear box. Fungsi dari komponen ini adalah mengubah arah putaran mesin penggerak. Dari awal bergerak naik-turun, lalu akan menjadi lebih besar untuk mencacah.

Jika Anda penasaran apalagi fungsi dari cacahan tandan kelapa sawit, fungsi lainnya adalah untuk membuat etanol serta kompos. Namun ada syaratnya, tandan kosong kelapa sawit harus melalui proses pengolahan yang tepat, agar etanol yang dihasilkan pun dalam jumlah yang tinggi.

Hasil dari etanol yang tepat ini bisa menjadi bahan tambahan memproduksi biogas, yang kita semua tahu punya banyak manfaat dan lebih ramah lingkungan.

Bagi Anda yang ingin fokus membangun bisnis kelapa sawit, pastikan membeli mesin ini dan memilih merek yang terbaik. Sistem kerja dari mesin ini tidak terlalu susah, sehingga Anda jangan khawatir tidak bisa menjalankannya.

Pisau pencacah cukup digerakkan dengan mesin, dan akan mengolah tandan kosong sawit dengan sendirinya. Selain itu mesin pencacah tankos sawit ini cukup mudah dirawat dan diperbaiki jika ada kerusakan. Semoga informasi ini membantu, dan memberikan pengetahuan lebih tentang aneka mesin yang ada di pabrik kelapa sawit!

 

 

 

Info Pemesanan Mesin Perajang Tandan Sawit Rumah Mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

 

RUMAH MESIN menyediakan Mesin Perajang Tandan Sawit bagi anda yang membutuhkan sebuah alat yang dapat mengurangi limbah tandan sawit anda.

Sekaligus menjadikan limbah tandan sawit lebih bermanfaat, semisal untuk pakan ternak sapi anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Perajang Tandan Sawit.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin – mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.