Mesin Porang – Mesin Pengolahan Porang Terbaru 2021

meisn porang

Mesin porang merupakan rangkaian mesin yang digunakan untuk mengolah porang, mulai dari proses pencucian hingga proses pembuatan menjadi tepung. Tanaman porang sendiri sudah menjadi buah bibir banyak orang lantaran nilai ekonominya yang tinggi. Tanaman ini memiliki komoditas ekspor yang dicari dibanyak negara. Seorang petani pun bisa berpeluang mendadak jadi kaya raya karena menjalankan bisnis ekspor tanaman porang.

Untuk itu Rumah Mesin terus berinovasi dalam mengembangkan mesin-mesin untuk berbagai keperluan pengolahan yang dapat mempermudah petani dalam menjalakan bisnisnya. Mesin porang hadir dalam beberapa rangkaian berikut

Rangkaian Mesin Porang – Mesin Pengolahan Porang Menjadi Tepung Porang

1. Mesin Pencuci Porang

Spesifikasi Mesin Pencuci Porang

Dimensi:2400 x 800 x 1000 mm.
Rangka:Besi siku 50/50
Bahan:kontak produk stanless stell
Penggerak:motor bensin 5,5hp
Kapasitas:Kontinyu

 

2. Mesin Perajang Porang MRS-K250

Spesifikasi Mesin Perajang Porang MRS-K250

Kapasitas:250 kg/jam
Bahan:platezer
Rangka:besi
Dimensi (pxlxt):800 X 600 X 1200 mm
Pengerak diesel:8 Pk
Bahan:Stenliss untuk contact product
Fungsi:Untuk Memotong Dan Merajang, Porang Yang Akan Dijadikan Keripik, Porang atau dikeringkan untuk menjadi tepung

3. Mesin Pengering Porang

meisn porang

Spesifikasi Mesin Perajang Porang MRS-K250

Kapasitas:1,5 ton / Proses.
Dimensi Mesin:8400 mm x 2200 mm × 2200 mm.
Dimensi Box:7200 mm x 2200 mm x 2200 mm
Daya ( Power ):Elektro Motor 3Hp 1
Penggerak Blower:Phase & 1/4hp 1 Phase
Daya Listrik:6600 Watt.
Sistem:Siklon Blower.
Pemanas:Biomassa.
Bahan Material Bodi:Plattezer 1 mm.
Bahan Material Rangka:Besi Stall 30/30.
Lama Proses Pengeringan:±36 Jam.
Suhu Proses:± 60 – 80 °C
Pengeringan Dilengkapi Dengan:Blower.
Fungsi:Untuk mengeringkan chips Porang siap tepung

4. Mesin Penepung FFC 45

meisn porang

Spesifikasi Mesin Penepung FFC 45

Kapasitas:500 Kg / Jam.
Dimensi:1100 mm x 600 mm x 1500 mm.
Penggerak:Diesel.
Energi Yang Digunakan:Solar.
Daya ( Power ):24 PK ( Diesel )
Bahan Material:Stainless Steel 304 / 316
Ukuran Saringan:Mesh 60, mesh 80, mesh 100
Rangka:Besi Siku 50 / 50
Aplikasi / Penggunaan:Untuk menepung Chips Porang yang sudah kering

Mengenal Tanaman Porang

Tanaman ini dikenal dengan iles-iles dan juga termasuk dalam spesies Amorphophallus muelleri. Porang sblmnya cuma dianggap sebagai makanan ular oleh sebagian masyarakat. Karena, tanaman ini banyak sekali tumbuh liar di daerah pekarang rumah.

Tumbuhan porang dapat berkembang di berbagai jenis tanah dengan tinggi yang beragam. Akarnya dapat beradaptasi dengan bagus di tanah dengan ketinggian 0 sampai dengan 700 mdpl. Pembudidayaan porang juga dapat dilakukan pada lahan hutan dekat dengan tanaman lainnya.

Bibitnya bisa didapatkan dengan berbagai cara. Anda dapat menggunakan potongan batang / umbi yang memiliki titik tumbuh. Bisa juga dengan umbi katak  yang ditanam di dalam tanah.

Umbi ini sudah dieskpor ke berbagai belahan negara, seperti China, Jepang, Vietnam, Australia, dan negara tetangga lainnya. Nilai ekspornya cukup menggiurkan bahkan hingga mencapai Rp11 miliar lebih pada tahun 2018 silam.

Penggunaan Tanaman Porang dalam Industri dan Kehidupan Sehari-hari

Porang diekspor bukan cuma sebagai bahan makanan. Banyak perusahaan yang membutuhkan porang sebagai bahan baku dalam pembuatan produknya. Berikut manfaat lain yang didapat dari porang:

> Bahan baku tepung

> Bahan baku pembuat kosmetik

> Bahan baku pembuat lem

> Untuk Membuat komponen pesawat terbang

> Untuk Membuat produk penjernih air

Karena ini, banyak negara industri yang besar melakukan impor tanaman porang dari Indonesia seperti China, Jepang, dan Australia, serta berbagai negara tetangga lain adalah tujuan utama penjualan porang asal Indonesia yang sangat terkenal dengan kualitas kelas atas.

Nilai Bisnis dan Harga Jual Tanaman Porang yang diolah dengan Mesin Porang

Tanaman ini dibutuhkan untuk bahan dasar banyak industri. Hal ini yang menyebabkan harganya melambung sangat tinggi. Untuk tanaman porang yang basah / baru dipanen, harganya saja bisa mencapai sekitar Rp2.500 per kilogramnya. Harganya menjadi lebih mahal kalau sudah menjadi porang yang kering.

Dalam satu hektar, petani porang dapat menghasilkan sekitar 24 ton porang. Angka tersebut akan bisa sangat luar biasa, juga ada lebih banyak lagi petani porang atau pemilik tanah yang mulai membuka lahannya untuk menanam porang.

Tentu saja, hal ini bisa membuat negara Indonesia menjadi penghasil tanaman porang terbesar yang ada di dunia. Dengan begitu, ekspor olahan porang dari negara Indonesia pun akan semakin besar dan luas hingga ke seluruh dunia.

Nah, melihat nilai yang fantastis sangat menarik bukan, apa kamu juga mau menjadi petani porang? Mungkin kamu jadi tujuan pembelian porang asal Indonesia.

Pengin Beli Mesin Porang? Baca dulu Manfaat Porang dulu Yuk

Beberapa bagian tanaman porang ternyata dapat dimakan loh. Lebih kerennya lagi, porang juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Ini dia beberapa manfaat yang ada pada porang.

1. Mengontrol Berat Badan

Manfaat tanaman porang yang pertama yaitu porang dapat mengontrol berat badan. Nah, untuk Anda yang sedang melakukan program diet, porang dapat jadi salah menu andalan dietmu.

Porang sendiri mengandung serat baik untuk pencernaan. Sehingga, dapat mengontrol berat badan Anda, karena dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Sebuah studi yang pernah dirilis pada tahun 2005 lalu, yang membuktikan bahwa mengkonsumsi porang, dapat lebih efektif membakar hingga 1200 kalori.

2. Mengatasi Peradangan

Manfaat tanaman porang yang kedua yaitu dapat mbantu mengatasi peradangan atau inflamasi. Karena, kandungan KGM yang ada pada porang memberikan dampak positif, karena dapat membantu mengatasi masalah peradangan dalam tubuh.

3. Mengatasi Sembelit

Susah Buang Air Besar atau Susah BAB? tanaman porang juga dapat jadi salah satu solusinya loh. porang sendiri mengandung banyak serat, serat dalam porang telah terbukti cukup efektif untuk membantu melunakkan feses dan juga dapat melancarkan pergerakan usus.

Feses akan lebih mudah untuk keluar dari tubuh, dan saluran pencernaan juga lancar dan juga bebas sembelit.

4. Bantu Menyembuhkan Luka

Masih memanfaatkan kandungan KGM yang terdapat pada porang, ternyata KGM tersbeut juga bisa bantu menyembuhkan luka loh.

KGM cukup efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh, hal tersbut dikarenakan glucomannan bekerja untuk mengoptimalkan kinerja dari sistem kekebalan tubuh.

Tapi, untuk manfaat porang pada poin ini, masih baru tahap uji pada hewan. Sehingga, masih perlu diuji kedepannya dalam untuk bisa dimanfaatkan oleh manusia.

5. Mengatasi Penyakit Diabetes dan Mencegahnya

Kamu memiliki riwayat sakit diabetes? atau kamu ingin mencegah penyakit diabetes? Mungkin, kamu harus mengkonsumsi porang!

Sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Journal of Bioactive Carbohydrates and Dietary Fibre tahun 2015, menjelaskan bahwa porang terbukti dapat mencegah dan mengatasi diabetes.

Hal itu disebabkan karnea porang dapat mengendalikan kadar gula darah yang ada pada dalam tubuh, terutama pada yang menderita diabetes Type 2 (diabetes mellitus, tapi harus dikonsumsi berbarengan dengan American ginseng).

6. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi para penderita tekanan darah yang tinggi, sebaiknya mulai sekarang masukan porang sebagai salah satu menu sehat harian kamu.

Karena, tanaman porang sendiri bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Tapi, untuk efektifitas bisa menurunkan darah tinggi, tanaman ini masih harus harus dilakukan penelitian lagi.

7. Bantu Mengendalikan Kadar Kolesterol

Kamu sering makan makanan berlemak, sehingga kadar lemak jahat / kolesterol naik?

Untuk sekali dua kali mungkin tidak terlalu berefek, tapi kalau kolesterol sudah tinggi, sebaiknya kontrol kadar kolesterol dengan mengkonsumsi tanaman porang.

Karena, dalam sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Journal of American Clinical Nutrition tahun 2008, mengatakan, kandungan KGM yang terdapat pada porang, cukup efektif dalam menjaga kadar kolesterol tetap ideal.

Nah, itu dia tadi beberapa manfaat dari tanaman porang, yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Melihat banyaknya manfaat porang, di sini pun terlihat ada peluang baik, jika porang dibudidayakan.

Tidak hanya untuk makanan, ternyata porang juga kerapkali dipakai untuk bahan membuat lem dan membuat kosmetik.

Kandungan Porang

Disebut banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, karena tanaman porang sendiri memiliki kandungan bernama Konjac glucomannan (KGM).

KGM ini sekilas berbentuk mirip dengan tepung. Nah, KGM ini lah yang menjadikan tanaman porang memiliki banyak manfaat.

Selain Konjac glucomannan, porang juga mengandung:

  • 45% Glucomannan
  • 9,7% protein
  • 16 jenis asam amino hingga 7,8%
  • 7 asam amino esensial hingga 2,5%
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Besi
  • Zinc
  • Mangan
  • Tembaga
  • Tinggi serat
  • Rendah kalori.

Kandungan Gizi Porang:

Setiap 100gr porang mengandung gizi sebagai berikut:

  • 50 gram Glucomannan
  • Karbohidrat meliputi glukosa, fruktosa, sukrosa
  • 1,64 gram protein
  • 0,0004 gram lemak
  • 57 mg fosfor
  • 4,06 mg besi
  • 0,2 mg mangan
  • 0,08 mg tembaga

Sebelum Beli Mesin Porang, Ini Dia Tips dan Cara Budidaya Porang

1. Mempersiapkan Lahan Tanam

Cara budidaya porang bagain pertama yaitu langkah untuk mempersiapkan lahan untuk media tanam. Dimulai dengan mempersiapkan lahan yang terbuka tanpa adanya naungan pohon dan juga bersihkan dari macam gulma. Lalu, bajaklah lahan tersebut singkal atau dilakukan dengan menggunakan proses penggemburan.

Jika sudah maka buatlah gundukan dan siapkan lubang tanam yang diberi jarak sekitar 25 x 50 cm atau 25 x 60 cm. Jangan lupa, setiap lubang harus diisi kompos dan sekam pakan agar pertumbuhan tanaman porang bisa lebih optimal. Jika ingin hasil budidaya porang lebih tinggi, bisa menggunakan sistem monokultur.

2. Mulai Proses Penanaman

Langkah kedua adalah cara budidaya porang yaitu proses penanaman porang. Proses ini bisa dilakukan langsung dengan menggunakan umbi atau katak. Namun jika menggunakan benih sebaiknya dilakukan penyemaian dalam polybag.

Biasanya penanaman dilakukan pada awal musim hujan, tepatnya pada bulan Oktober-Desember.

Saat tanaman porang sudah mulai tumbuh dan berumur sekitar lima bulan, tanaman porang akan mulai menguning dan mati dengan sendirinya. Pada saat itu juga katak di tangkai daun jatuh juga. Umbi atau kodok bisa dikumpulkan lalu dijual seharga Rp. 11.000 – Rp. 15.000 per kilogram. Tapi bisa juga menjadi bibit untuk ditanam sendiri.

Tak perlu panik, tanaman porang mati saat musim kemarau tiba. Ini adalah siklus alami yang terjadi. Pasalnya, saat memasuki musim kemarau, tanaman porang akan mengalami proses dormansi. Kemudian tanaman porang dapat tumbuh kembali saat musim hujan tiba, tentunya dengan jumlah anakan yang bertambah dan bentuk umbi yang semakin besar.

3. Lakukan Langkah Pemupukan

Langkah pemupukan pertama telah dilakukan pada poin sebelumnya sebelum proses penanaman yaitu dengan menggunakan pupuk organik kompos yang telah melalui proses fermentasi. Kemudian tahap pemupukan kedua dapat dilakukan pada saat tanaman porang sudah mulai tumbuh.

Jenis pupuk yang digunakan dapat berupa pupuk organik atau pupuk anorganik NPK / TSP. Namun biasanya budidaya tanaman porang akan menggunakan beberapa jenis pupuk anorganik.

4. Bersihkan Gulma

Karena tanaman porang biasanya ditanam di awal musim hujan. Datangnya musim hujan tentu menimbulkan gulma di sekitar tanaman porang. Perlu dilakukan proses pemberian atau penyiangan, karena keberadaan gulma tersebut dapat mengganggu pertumbuhan tanaman porang.

5. Lakukan Pembumbunan Guludan

Kemudian, jangan lupa untuk melakukan pembumbunan / peninggian guludan yaitu caranya dengan menimbun pangkal batang porang menggunakan tanah yang ada disekitarnya, Proses ini memiliki tujuan agar batang porang bisa tegak dan umbi akan berkembang dengan lebih cepat.

6. Proses Penjarangan

Kemudian, jangan lupa untuk melakukan peninggian atau peninggian batang porang yaitu dengan cara menimbun pangkal batang porang dengan menggunakan tanah di sekitarnya. Proses ini bertujuan agar batang porang tegak dan umbi tumbuh lebih cepat.

7. Tahap Panen

Porang sendiri dapat dipanen setelah berumur 7 bulan setelah tanam, namun jika benih yang ditanam berasal dari umbi. Jika bibit digunakan dari bagian katak, porang baru bisa dipanen mulai umur 18-24 bulan setelah masa tanam.

Sebenarnya cara memanen porang cukup dengan mencari umbi porang seperti memanen umbi pada umumnya. Umbi porang ini bisa dijual dalam bentuk basah maupun kering. Proses panen porang disarankan dilakukan pada saat musim kemarau, harga umbi porang bisa lebih mahal.

Nah, cukup mudah bukan dengan cara budidaya porang? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Petani Porang Pangandaran Satu Kali Panen Raup Rp 3 Miliar

Kabupaten Pangandaran yang merupakan salah satu kawasan pengembangan tanaman porang.

Selain mudah perawatannya dan bernilai ekonomi tinggi, kawasan ujung timur Jawa Barat ini juga sangat mendukung.

Adang Hidayat, salah satu petani porang asal Langkaplancar, mengatakan sudah berupaya membudidayakan tanaman ini sejak 2017 dengan modal Rp 10 juta.

Di tahun pertama, dia mendapat sekitar Rp 75 juta. Sedangkan pada tahun kedua dengan modal Rp. 850 juta setelah panen mencapai Rp. 3 miliar.

“Makanya sangat layak untuk dikembangkan di sini. Apalagi jika benar-benar berkembang bisa mendongkrak perekonomian petani,” ujarnya.

Tahun ini, ia menanam 20 hektar lahan, dengan rincian 10 hektar di Desa Bojongkondang, 5 hektar di Desa Mekarwangi dan sisanya di Desa Karangkamiri dengan luas 40 orang.

Selain itu, ia juga mengaku memiliki beberapa petani binaan di Kabupaten Pangandaran yang tersebar di sekitar 200 hektare.

“Sehingga nantinya Pangandaran insya Allah dapat menghasilkan porang yang banyak,” ujarnya lagi.

Bibit Porang Mahal
Menurut dia, sebenarnya banyak petani yang ingin mengembangkan porang, namun sebagian besar tidak memiliki modal yang cukup karena bibit tergolong mahal.

Untuk benih 1 kilogram harganya saat ini Rp. 300 ribu sampai dengan Rp. 350 ribu.

Sedangkan harga umbi porang basah lokal sekitar Rp. 10.000 sampai Rp. 11.000 per kilogram, dan untuk porang kering atau emping kisarannya Rp. 50.000 sampai Rp. 80.000 per kilogram.

Sedangkan untuk harga tepung porang tipe premium harganya berkisar Rp. 600 ribu sampai dengan Rp. 1.600.000, “tambahnya.

Porang, Kata Adang sangat kaya akan karbohidrat. Sehingga sangat baik untuk bahan pangan, dapat digunakan sebagai bahan obat, kosmetika, dan lain-lain.

Melihat potensi itu, pihaknya berharap pemerintah memberi fasilitas kepada para petani agar Pangandaran benar-benar bisa menjadi penghasil porang terbesar di Jawa Barat.

“Pemerintah jangan hanya meliriknya, tapi pemerintah harus mendorong dan memfasilitasi apa saja yang menjadi kendala bagi petani,” pungkasnya

Informasi Dan Pemesanan Harga Mesin Porang

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383
Email:rumahmesin@gmail.com
Fax:0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin porang yang dapat menjadi plilihan tepat anda untuk mengolah porang.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda.

Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin porang.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami . Selain itu, kami siap untuk memberikan konsultasi tentang usaha maupun tentang mesin kepada anda.

Sehingga pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan, kami selalu ada untuk anda.

RumahMesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Mesin yang anda pesan juga bisa anda terlebih dahulu sebelum anda bawa pulang ( sebelum kami kirimkan ).

Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena Kepuasan Pelanggan Adalah Prioritas Kami.