Mesin Sortasi Biji Kopi Kering Terbaru 2022

Mesin Sortasi Biji Kopi Kering

Mesin Sortasi Biji Kopi Kering adalah mesin untuk mensortir biji kopi kering hasil pengupasan kulit keringnya.

Fungsinya untuk menseragamkan kualitas kopi kering sebelum dilakukan proses selanjutnya. Mesin Sortasi Biji Kopi kering didesain secara sederhana agar mudah diaplikasi di tingkat Petani.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Sortasi Biji Kopi Kering

Mesin Sortasi Biji Kopi Kering
Gambar Mesin Sortasi Kopi

Spesifikasi Mesin Sortasi Biji Kopi Kering :

Dimensi Mesin : 2400 mm X 1250 mm X 840 mm.
Penggerak : Motor Bensin / Motor Listrik ( Elektro Motor ).
Energi Yang Digunakan : Bensin ( Motor Bensin ) / Listrik ( Motor Listrik ).
Daya ( Power ) : 5,5 HP ( Motor Bensin ) / 1 HP ( Motor Listrik ).
Transmisi : Sabuk V.Belt Dan Pulley.
Kapasitas Proses : 1,2 Ton / Jam.
Rangka Mesin : Baja Profil Kotak.
Pemisah Biji : Ayakan Stenliss Steel.
Fungsi : Menyortasi Biji Kopi Kering.

 

Cara Kerja Mesin Sortasi Biji Kopi Kering

Biji kopi kering dimasukkan ke atas ayakan, kemudian dengan sistem getar, kopi akan disortasi sesuai ukuran yang dikehendaki. Biji kopi akan terpisah sesuai ukuran dan akan keluar melalui saluran yang ada.

 

Fungsi Mesin Sortasi Biji Kopi Kering

  • Untuk mensortasi biji kopi agar bisa seragam
  • Untuk memisahkan biji kopi kering yang tidak masuk standar

 

DATA PENGIRIMAN MESIN
No Nama Konsumen Tujuan Pengiriman Unit Tahun
1. Bapak Ilyas Makassar 1 2021
2. Bapak Ilham Mojokerto 1 2021
3. Bapak Johan Papua 1 2020

 

Info Pemesanan Mesin Sortasi Biji Kopi Kering Rumah Mesin

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

 

RUMAH MESIN menyediakan Mesin Sortasi Biji Kopi Kering yang dapat membantu anda dalam memilih biji kopi kering terbaik untuk usaha kopi anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya. Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Sortasi Kopi.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin – mesin dari kami.Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

 


Definisi Biji Kopi

Definisi Biji Kopi

 

Biji kopi ialah biji yang berasal dari tumbuhan kopi dan juga merupakan bahan utama dari minuman kopi. Biji kopi ini mempunyai warna putih dan sebagian besar berupa endosperma. Biasanya buah kopi ini mengandung dua biji. Tidak hanya mengandung dua biji saja, buah kopi ini juga ada yang mengandung satu biji yang disebut dengan peaberry serta dipercaya mempunyai rasa yang lebih jika dibandingkan dengan buah kopi yang mengandung dua biji.Varietas kopi yang banyak dibudidayakan ialah kopi arabika serta kopi robusta. Kandungan kafein yang ada pada kopi arabika sekitar 0,8 sampai 1,4 persen. sedangkan kandungan kafein dalam kopi robusta tersebut sekitar 1,7 sampai 4 persen.

Kopi ini sendiri adalah tanaman perkebunana dan juga merupakan komoditas ekspor utama dibeberapa negara berkembang di dunia.Sedangkan kopi ialah salah satu minuman yang dihasilkan dari seduhan biji kopi yang telah disangrai dan juga dihaluskan yang nantinya akan menjadi bubuk kopi. Pemrosesan kopi sebelum bisa diminum dilakukan dengan berbagai macam step, step awal dimulai dari proses pemanenan biji kopi, lalu proses pengeringan , penyangraian, lalu terakhir adalah proses penggilingan atau penghalusan biji kopi agar menjadi bubuk kopi nantinya. Apabila ingin memisahkan biji kopi yang besar dan kecil, maka dapat menggunakan mesin sortasi biji kopi.

Perbedaan Kopi Arabika Dan Kopi Robusta

Kopi robusta dan arabika merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh banyak kalangan, mulai dari remaja sampai dewasa. Kopi sendiri memiliki banyak jenis, salah satunya ialah kopi arabika serta kopi robusta. Kopi ini banyak disukai oleh orang karena mempunyai rasa serta aroma yang menyegarkan, aromanya juga harum.

Salah satu jenis kopi yang paling banyak disukai oleh anak muda ialah kopi Robusta. Kopi jenis ini adalah turunan dari spesies Coffea canephora. Kopi jenis ini tumbuh di dataran rendah, tetapi tempat terbaik untuk membudidayakan kopi robusta ini ialah pada ketinggian sekitar 400-800 meter di atas permukaan laut.

Robusta berasal dari kata ‘robust’ yang memiliki arti kuat, dengan kata lain mempunyai tingkat kekentalan yang kuat. Suhu paling baik untuk budidaya kopi robusta adalah sekitar 24-30 C dengan curah hujan 2.000-3.000 mm per tahun.

Selain itu, kopi robusta ini cocok untuk dibudidayakan di daerah tropis basah. Biasanya kopi robusta ini akan berbuah pada umur 25 tahun. Untuk menghasilkan buah yang baik, tanaman ini membutuhkan waktu kering setidaknya 3-4 bulan dalam setahun dengan sedikit hujan.

Kopi arabika diketahui memiliki aroma yang khas dan juga rasa yang kuat. Jenis kopi yang berasal dari pegunungan Ethiopia ini ialah tanaman yang tumbuh di bawah kanopi hutan tropis yang rimbun. Biasanya tanaman ini tumbuh di atas ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut.

Suhu lingkungan yang terbaik untuk tanaman kopi arabika adalah sekitar 15-24 C. Sedangkan untuk ketinggian biasanya bisa tumbuh maksimal apabila ditanam diketinggian 1.000-2.000 meter di atas permukaan laut. tidak hanya itu, kopi arabika ini juga menyukai tanah yang didalamnya mengandung kaya akan kandungan organik.

Kopi Arabica dan juga kopi Robusta ini masuk kedalam jenis tanaman yang termasuk kedalam suku Rubiaceae dengan genus Coffea. Salah satu perbedaan antara kopi Robusta dan Arabika adalah terletak pada proses penanamannya. Kopi arabika ini mampu tumbuh dengan baik apabila ditanam pada ketinggian sekitar seribu sampai dua ribu meter di atas permukaan laut.

Sedangkan kopi Robusta dapat tumbuh dengan baik diketinggian sekitar 0-900. Ketinggian tanah yang ideal adalah sekitar 400-800 meter di atas permukaan laut. Selain itu, perbedaan antara kopi arabika dan kopi robusta yang lainnya adalah sebagai berikut.

1. Perbedaan Kopi Robusta Dan Arabika Dalam Segi Perawatan

Hama atau penyakit sering kali menyerang tanaman atau tumbuhan yang ditanam. Sehingga apabila penyakit atau hama menyerang tanaman kopi, maka akan dipastikan bahwa kopi yang dihasilkan akan buruk.Tanaman kopi robusta lebih tahan terhadap hama apabila dibandingkan dengan kopi arabika. Selain itu, perawatan kopi robusta jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan kopi arabika. Sebab, buah kopi arabika apabila sudah matang, maka akan gampang jatuh atau rontok dari tangkainnya, maka dari itu ketika memanen buah kopi arabika harus dengan eksra hati-hati. Berbeda dengan buah kopi robusta yang sudah matang biasanya akan tetap menempel kuat pada batangnya.

2.Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika dari Segi Ukuran

Tidak hanya itu saja, perbedaan antara kopi Robusta dan Arabika juga bisa dilihat dari ukuran. Ukuran biji kopi robusta ini lebih kecil apabila dibandingkan dengan biji kopi arabika, sebab biji kopi arabika ini mempunyai ukuran yang besar. Selain dapat dilihat dari besar kecilnya ukuran, perbedaan lain antara kopi robusta dan juga kopi arabika juga dapat dilihat dari segi bentuk. Pasalnya, biji kopi robusta mempunyai bentuk yang bulat, sedangkan biji kopi arabika memiliki bentuk yang lonjong.

3. Perbedaan Kopi Robusta dan Arabika dari Segi Aroma

Salah satu ciri khas kopi arabika adalah mempunyai rasa yang sedikit asam serta warna yang tidak terlalu kental. Sedangkan kopi Robusta cenderung memiliki rasa yang mirip dengan jenis biji lainnya, lebih pahit, dan kasar. Hal itulah yang termasuk salah satu perbedaan kedua jenis kopi tersebut.

Jenis-Jenis Kopi

Jenis-Jenis Kopi

Kopi ialah salah satu jenis minuman yang memiliki banyak sekali peminatnya. Sebab, kopi ini memiliki aroma yang harum serta mampu merelaxkan pikiran. Kopi sendiri tidak hanya memiliki satu atau dua jenis saja, namun jenis kopi ini banyak sekali. Jenis kopi yang sudah banyak diketahui orang dan banyak dikonsumsi adalah kopi arabika dan juga kopi robusta, namun sebenarnya masih banyak jenis kopi lain yang memang tidak kalah enaknya. Berikut adalah beberapa jenis-jenis kopi.

1. Kopi Liberika

Kopi Liberica berasal dari Liberia, tepatnya didaerah Afrika Barat. Kopi liberica mampu tumbuh kurang lebih sekitar 9 meter dari permukaan tanah. Ukuran kopi liberica apabila dilihat dari daun, bunga, pohon, dan juga cabang mempunyai ukuran yang besar ketimbang kopi robusta dan juga kopi arabika. Kopi liberica sedikit rentan terhadap penyakit Hemileia vastratix HV atau bisa disebut dengan penyakit karat daun. Kopi jenis ini biasanya memiliki kualitas buah yang relatif rendah, namun kopi liberica mampu berbuah sepanjang tahun dan juga bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah. Kopi liberika yang masuk ke Indonesia adalah kopi varietas Ardoniana serta Durvei.

2. Kopi Ekselsa

Kopi excelsa berasal dari Afrika barat, pertama kali jenis kopi ini ditemukan di dekat Danau Chad. Kopi ekselsa ini sangat cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah yang basah. Kopi jenis ini sangat mudah dibudidayakan, sebab kopi excelsa tidak gampang terserang penyakit. Kopi ini juga dapat ditanam di lahan gambut.

Di Indonesia, kopi Excelsa mudah ditemukan di kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, karena topografi tanah di daerah tersebut sangat mendukung untuk tumbuhnya jenis kopi Excelsa ini. Memang harga serta kualitasnya masih jauh di bawah jenis kopi Arabica dan Robusta, tetapi karena jenis tanaman kopi ini tidak mudah terserang penyakit, maka banyak juga petani kopi yang membudidayakan kopi jenis excela ini.

3. Kopi Gayo

Kopi Gayo berasal dari Tanah Gayo, di dataran tinggi Aceh Tenggara. Tanah di sekitar kawasan ini dipercaya sangat subur sebab mengelilingi Kota Takengon serta Danau Tawar sehingga kopi yang dihasilkan memiliki cita rasa yang kaya.

Cara Memanen Buah Kopi Sebelum Disortir Menggunakan Mesin Sortasi Biji Kopi

Tanaman kopi sudah mulai berbuah pada umur 2,5-3 tahun untuk robusta dan 3-4 tahun untuk arabika. Tapi ceri kopi pertama biasanya hanya sedikit. Produktivitas mulai meningkat maksimal setelah usia 5 tahun ke atas.

Spesies Arabika dan Robusta berbuah secara musiman. Robusta membutuhkan waktu 8-11 bulan dari kuncup hingga matang. Sedangkan arabika membutuhkan waktu 6-8 bulan. Jenis kopi lain seperti liberica dapat berbuah sepanjang tahun.
Tingkat kematangan buah kopi tidak terjadi secara bersamaan. Sehingga proses pemanenan membutuhkan waktu yang lama. Musim panen kopi di Indonesia biasanya dimulai pada bulan Mei/Juni dan berakhir sekitar bulan Agustus/September. Masa panen berlangsung 4-5 bulan dengan frekuensi pemetikan buah kopi setiap 10-14 hari sekali.

Manfaat Buah Kopi

Kopi adalah minuman stimulan yang mengandung kafein. Kandungan tersebut dapat meningkatkan energi, kewaspadaan, suasana hati, serta fungsi otak.

Nah, jika diminum sesuai kebutuhan, berikut berbagai manfaat kopi untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dikutip dari situs Harvard School of Public Health, minum kopi secara rutin mungkin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian yang disebutkan di situs tersebut.

Minum 4 atau lebih cangkir kopi per hari disinyalir dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Penelitian yang dipublikasikan jurnal Current Cardiology Reports membuktikan bahwa minum kopi secara rutin dalam dosis sedang tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan kardiovaskular.

 

2. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Manfaat lain yang dapat Anda ambil dari konsumsi kopi adalah mempertahankan berat badan ideal, bahkan mungkin membantu menurunkannya.

Studi yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition mengamati perbandingan frekuensi minum kopi antara individu yang ingin menurunkan berat badan dengan yang tidak.

Hasilnya, mereka yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan minum lebih banyak kopi dan minuman berkafein daripada mereka yang tidak.

Jadi, konsumsi minuman berkafein mungkin dapat mendukung pemeliharaan atau usaha penurunan berat badan seseorang.

 

3. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Selain menurunkan berat badan, kopi juga disebut memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

Mayo Clinic menyatakan bahwa terdapat beberapa studi yang membuktikan bahwa konsumsi kopi, baik yang mengandung kafein atau tidak, mungkin dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Namun, jika Anda sudah mengidap diabetes, kafein pada kopi berisiko memengaruhi kadar gula darah, entah menjadi lebih tinggi atau lebih rendah.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter Anda jika ingin minum kopi tetapi Anda memiliki diabetes tipe 2.

 

4. Menjaga Kesehatan Otak

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak efek positif pada otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi.

Selain itu, jurnal Practical Neurology menyebutkan bahwa konsumsi kopi dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, penyakit Parkinson, dan penyakit Alzheimer.

Artinya, asupan kopi dan kafein setiap hari aman untuk dimasukkan ke dalam diet yang seimbang dan sehat.

Bahkan, asupan kopi juga tidak perlu dihentikan pada orang lanjut usia (lansia).

 

5. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Manfaat kopi selanjutnya berkaitan dengan kesehatan organ hati. Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa asupan kopi berpotensi mengurangi jumlah lemak pada hati.

Studi pada hewan yang disebutkan dalam jurnal itu menunjukkan bahwa kandungan kimia pada kopi dapat membantu proses detoksifikasi sel kanker pada hati.

Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan seberapa efektif kopi dapat membantu mengobati penyakit hati kronis.

 

6. Mengurangi Risiko Kanker

Seperti yang telah disebutkan di atas, kopi mungkin bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker pada organ hati.

Situs Harvard School of Public Health juga menyebutkan bahwa kopi dapat memengaruhi perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel kanker hingga kematiannya.

Kandungan kafein dalam kopi disebut dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

American Cancer Society menyebutkan terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa kopi mungkin dapat menurunkan beberapa jenis kanker, termasuk:

  • kanker prostat,
  • kanker hati,
  • kanker endometrium, dan
  • beberapa kanker mulut dan tenggorokan.

 

7. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Ada berbagai manfaat kafein dalam kopi yang disebut-sebut dapat mencegah pembentukan batu empedu.

Ini karena kandungan kopi mampu mencegah pembentukan kolesterol yang menyebabkan pembentukan kristal atau batu di kantung empedu.

Kandungan tersebut dapat merangsang kontraksi di kantung dan meningkatkan aliran empedu, sehingga kolesterol tidak menumpuk di sana.

 

Ciri Dan Karakteristik Buah Kopi Yang Matang

Ciri-ciri buah kopi yang sudah matang bisa dilihat dari warna kulitnya. Ceri kopi terbaik untuk dipanen ialah yang benar-benar matang, serta berwarna merah. Namun karena berbagai alasan, petani kerap memanen buah yang masih berwarna kuning bahkan hijau.Setiap tingkat kematangan menghasilkan karakteristik kopi yang berbeda. Dibawah ini adalah ciri-ciri buah kopi dilihat dari tingkat kematangannya:

  • Hijau dan hijau kekuningan. Warna ini menandakan kondisi buah kopi yang masih muda. Saat dipetik bijinya berwarna keputihan pucat dan berkerut. Aroma dan postur (tubuh) yang dihasilkan masih sangat lemah. Buah seperti ini tidak disarankan untuk tidak dipetik.
  • Warna kuning kemerahan, menandakan sudah mulai matang. Aroma dan postur tubuhnya mulai terasa mantap. Bijinya berwarna abu-abu. Buah seperti ini bisa dipetik.
  • Warna merah penuh, menandakan buah sudah matang sempurna. Aroma dan rasa telah ditetapkan dengan mantap. Kondisi buah seperti ini adalah kondisi terbaik untuk dipetik.
  • Warna merah tua, menandakan buah terlalu matang. Bijinya berwarna coklat dan hitam. Aroma dan posturnya mulai menurun, terkadang memberikan rasa yang bersahaja. Buah seperti ini pasti sudah dipetik.

Selain warna kulit, untuk mengetahui kematangan buah kopi dapat diketahui dari kandungan senyawa gula yang terdapat pada daging buah. Kopi yang sudah matang memiliki kandungan gula yang relatif tinggi pada ampasnya. Pada buah yang matang, daging buahnya lunak dan berlendir serta rasanya manis.

Pemetikan Buah Kopi

Pada tanaman kopi arabika, buah kopi yang sudah matang cenderung mudah rontok. Jika dibiarkan jatuh ke tanah, buah akan menyerap bau di atas tanah yang dapat menurunkan kualitas kopi. Jadi disarankan untuk segera memetik buah kopi arabika segera setelah terlihat merah penuh.Buah kopi tidak dipanen secara bersamaan, proses pemetikan dilakukan secara bertahap. Berikut beberapa cara memetik buah kopi:

  1. Memilih selektif. Pemetikan dilakukan hanya pada buah-buahan yang sepenuhnya merah atau matang sepenuhnya. Sisanya dibiarkan untuk dipetik lebih lanjut.
  2. Pemetikan semi selektif. Pemetikan dilakukan pada semua buah dalam satu tandan. Syaratnya dompolan berisi buah yang berwarna merah penuh.
  3. Pemetikan atau pemetikan racutan secara bersamaan. Pemetikan dilakukan pada semua buah kopi dari semua dompolan, termasuk yang berwarna hijau yang dipetik. Biasanya pemetikan seperti ini dilakukan pada akhir musim panen.
    tidak ada. Pemanenan dengan cara memungut buah kopi yang jatuh yang jatuh ke tanah karena terlalu matang.

Untuk menjaga produktivitas tanaman kopi, pemetikan harus dilakukan dengan cara yang benar. Tarik buah secara vertikal agar tidak merusak tangkai buah, sehingga buah akan tumbuh kembali pada tangkainya. Memetik buah kopi dengan cara dipetik tidak dianjurkan karena dapat merusak batang.

Sortasi Buah Kopi Menggunakan Mesin Sortasi Biji Kopi

Pada tahap ini, buah kopi disortir berdasarkan kualitasnya. Pisahkan buah kopi dari kotoran, buah yang cacat dan buah yang sakit. Kemudian urutkan buah merah dan halus (buah unggul) dari buah kuning atau hijau (buah inferior). Pemisahan ini akan menentukan grade kualitas kopi.Buah kopi yang sudah disortir harus segera diproses, jangan disimpan terlalu lama. Keterlambatan pemrosesan dapat memicu reaksi kimia yang akan menurunkan kualitas kopi. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara memprosesnya. Apabila ingin lebih mudah dalam menyortasi biji kopi, maka bisa memakai mesin sortasi biji kopi.

Kreasi Minuman Dari Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminum oleh beberapa kalangan, salah satunya ialah dikonsumsi oleh kalangan remaja. Kopi ini selain bisa diminum secara langsung saja, namun juga bisa dibuat berbagai macam kreasi yang lebih menarik dan tentunya lebih enak, dicampur dengan berbagai macam campuran menjadikan kopi semakin mempunyai rasa yang istimewa.Dibawah ini yang merupakan beberapa kreasi minuman dari kopi yang mampu merelaxkan pikiran.

1. Es Kopi Thailand

Bahan-Bahan :

  • Kopi bubuk tanpa ampas 3 sdm, larutkan dengan sedikit air panas
  • Susu UHT full cream 150 ml
  • Kental manis 50 ml
  • Air 3 gelas
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Kopi Thailand :

  1. Larutkan kopi bubuk dengan air panas. Diamkan hingga dingin.
  2. Siapkan botol atau shaker bertutup rapat. Masukkan susu UHT dan kental manis. Kocok-kocok sampai tercampur rata dan agak berbusa.
  3. Siapkan gelas saji, lalu tuangkan kopi. Tuangkan juga campuran susu yang sudah dikocok perlahan-lahan.
  4. Tambahkan es batu secukupnya. Bisa dipercantik dengan menambahkan bubuk kopi di atasnya.

2. Spice Cappucino

Bahan-Bahan :

  • Susu cair 800 ml
  • Kopi hitam yang dibuat dari 2 sachet kopi tanpa ampas 360 ml
  • Gula aren 3-4 sdm
  • Kayu manis bubuk 1 sdt
  • Pala bubuk 1/2 sdt

Cara Membuat Sipce Cappucino :

  1. Panaskan susu dengan api kecil hingga hangat. Kemudian kocok susu dengan milk frother untuk menghasilkan busa. Pisahkan busanya di wadah lain.
  2. Tuang beberapa sendok kopi ke dalam gelas, lalu bubuhi kayu manis dan pala. Aduk rata, lalu tuangi kopi lagi hingga memenuhi separuh bagian gelas.
  3. Tuangkan susu panas ke dalam gelas. Lalu akhiri dengan menuang busa susu yang sudah dibuat dengan milk frother tadi.

3. Mocha Frappucino

Bahan-Bahan :

  • 80 ml air panas
  • 80 ml susu cair
  • 2 sachet kopi bubuk tanpa ampas
  • 2 sendok makan sirup cokelat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • es batu secukupnya

Cara Membuat Mocha Frappucino :

  1. Seduh kopi bubuk bersama air panas dan gula pasir, kemudian dinginkan.
  2. Masukkan es batu secukupnya, seduhan kopi, sirup cokelat, dan susu cair. Blender hingga halus.
  3. Tuang ke dalam gelas, kemudian semprot whipped cream sebagai topping.