Mesin VCO – Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni Terbaru 2021

Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni

Mesin VCO atau Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni adalah sebuah mesin yang memiliki fungsi untuk membuat atau memproduksi Minyak Kelapa Murni atau Virgin Coconut Oil.

Untuk menghasilkan VCO yang memiliki kualitas sangat bagus diperlukan kehigienisan serta cara yang tepat untuk membuatnya. Pemilihan mesin yang tepat juga akan mempengaruhi proses pembuatan VCO. Dan tentunya hasil olahan dari proses tersebut, yakni VCO akan memiliki kualitas yang sangat bagus.

Untuk itu, dibawah ini, akan kami berikan informasi mengenai beberapa spesifikasi Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni yang kami produksi. Yang mana cocok untuk digunakan dalam industri VCO.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin VCO / Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni

Mesin VCO / Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni Mempunyai beberapa model. Model-model tersebut disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari Pemarutan hingga Centrifuge VCO. Berikut ini adalah beberapa model dan spesifikasi mesin pembuat VCO.

1. Mesin Parut Kelapa Untuk Mesin VCO

Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni
Gambar Mesin Parut Kelapa

Spesifikasi Mesin Parut Kelapa Untuk Mesin VCO :

Kapasitas Produksi:+/-  800 Butir / Jam
Kerangka:Besi Siku 5 X 5.
Kontak Produk:Stainless Steel
Penggerak:Electro Motor 3 HP / Engine 9 HP Merk China

 

Cara Kerja Mesin Parut Kelapa

Cara Kerja Mesin Parut Kelapa sangat simpel. Berikut ini video cara kerja mesin parut kelapa.

 

2. Mesin Peras Santan Kelapa Untuk Mesin VCO

  • Kapasitas 800 Butir Kelapa / Jam

Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni
Gambar Mesin Peras Santan Kelapa

Spesifikasi Mesin Peras Santan Kelapa:

Kapasitas Produksi:+/-  800 Butir / Jam.
Kerangka:Besi UNP 5.
Kontak Produk:Stainless Steel.
Penggerak:Electro Motor 7-10 HP / Engine 12-15 HP Merk China.

 

  • Kapasitas 300 Butir Kelapa / Jam :

Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni
Gambar Mesin Peras Santan Kelapa

Spesifikasi Mesin Peras Santan Kelapa Untuk Mesin VCO :

Kapasitas Produksi:+/-  300 Butir / Jam.
Kerangka:Besi UNP 5.
Kontak Produk:Stainless Steel.
Penggerak:Electro Motor 3 HP / Engine 9 HP Merk China.

 

Cara Kerja Mesin Peras Santan

Cara Kerja Mesin Pemeras Santan Kelapa sangat simpel. Berikut ini video cara kerja mesin pemeras santan kelapa.

 

3. Mesin Pendingin Santan Kelapa Untuk Mesin VCO

Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni
Gambar Mesin Pendingin Santan Kelapa

Spesifikasi Mesin Pendingin Santan Kelapa Untuk Mesin VCO :

Kapasitas Produksi:+/- 18 Liter / Proses.
Kerangka:Stall  Stainless Steel 3×3.
Kontak Produk:Stainless Steel.
Penggerak:Electro Motor  1 HP.

 

Cara Kerja Mesin Pendingin Santan :

Cara Kerja Mesin Pndingin Santan Kelapa sangat simpel. Berikut ini video cara kerja mesin pendingin santan kelapa.

 

4. Mesin Pemanas Santan Kelapa Untuk Mesin VCO

Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni
Gambar Mesin Pemanas Santan Kelapa

Spesifikasi Mesin Pemanas  Santan Kelapa Untuk Mesin VCO :

Kapasitas Produksi:+/- 18 Liter / Proses.
Kerangka:Stall Stainless Steel 3×3.
Kontak Produk:Stainless Steel.
Penggerak:Electro Motor  0,5 HP.

 

Cara Kerja Mesin Penghangat Santan:

Cara Kerja Mesin Penghangat Santan Kelapa sangat simpel. Berikut ini video cara kerja mesin penghangat santan kelapa.

 

5. Mesin Centrifuge VCO | Mesin VCO

Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni
Gambar Mesin Centrifuge VCO

Spesifikasi Mesin Centrifuge VCO :

Kapasitas Produksi :+/- 18 Liter/ Proses.
Material:Toples Plastik (Tupperware)/Stainless Steel.
Penggerak:Electromotor (China) 2 HP.

 

Informasi Pemesanan Mesin VCO

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin VCO  atau Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni untuk membantu anda dalam memproduksi VCO agar tetap secara efektif dan efisien.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda dengan menyediakan alat atau mesin yang dapat menunjang kegiatan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin VCO / Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami  secara langsung di Workshop kami.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.


 

VCO ( Virgin Coconut Oil )

Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni

Minyak Kelapa Murni atau sering disebut VCO (Virgin Coconut Oil) adalah minyak kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa segar.

VCO dibuat dengan cara mengambil Minyak murni yang terkandung dalam Buah Kelapa baik menggunakan metode pendinginan maupun pemanasan.

Minyak Kelapa Murni memiliki kadar air serta asam lemak bebas yang sangat rendah, tidak berwarna (bening/transparan), harum, serta tahan lama.

 

Manfaat Virgin Coconut Oil (VCO)

1. Mempertajam Fungsi Kognitif Otak

Manfaat Virgin Coconut Oil yang paling bermanfaat adalah kandungan asam lemak rantai sedang. Asam Lemak Rantai Sedang tidak hanya mudah diserap oleh hati dibandingkan jenis asam lemak lainnya, tetapi juga dimetabolisme lebih cepat.

Artinya, asam lemak sehat ini dapat diolah lebih lanjut menjadi keton yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya.

Didampingi dengan pola diet rendah karbohidrat,asupan keton dapat menyediakan hingga 70% dari energi yang dibutuhkan oleh otak dan telah terbukti memiliki peluang efek terapi pada orang yang menderita kehilangan memori,  seperti dalam kasus penyakit Alzheimer.

Alzheimer merupakan sebuah penyakit degeneratif progresif yang ada dalam otak dan pada umumnya menyerang orang tua. Yang mana berkaitan dengan perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak.

Penyakit ini memiliki gejala seperti kebingungan, disorientasi, kegagalan memori, gangguan bicara, dan demensia yang penyebabnya belum diketahui.

Selain itu, senyawa fenolif yang unik dan hormon yang ditemukan dalam minyak kelapa dara mungkin dapat mencegah agregasi petida beta amiloid, yang merupakan bagian dari teori terkemuka tentang penyebab Alzheimer.

2. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain dapat membantu meringankan gangguan otak dan memori, konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam minyak kelapa dara, telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang anda bakar dibandingkan dengan asam lemak lainnya.

Jika disederhanakan, tubuh kita dapat dengan mudah mengubah lemak yang ada untuk dirubah untuk dimanfaatkan menjadi energi. Keton, yaitu sebagai salah satu bentuk energi dari hasil metabolisme lemak, diketahui dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.

tidak sampai disitu , Manfaat Virgin Coconut Oil ini terbukti  sangat efektif membantu kita untuk menghilangkan atau mengurangi lemak tubuh  yang ada di perut kita, dan tumpukan lemak tersebut adalah lemak yang paling berbahaya diantara semua jenis lemak yang ada di dalama tubuh, lemak tersebut terkait dengan berbagai macam penyakit bahkan penyakit kronis.

Cara penggunaan seperti ini penting bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, karena pada dasarnya minyak kelapa dara ini membantu meningkatkan metabolisme Anda.

Satu studi menemukan bahwa asupan 15-30 gram MCT setiap hari meningkat pengeluaran energi dalam 24 jam hingga 5 persen (sekitar 120 kalori per hari). Oleh karena itu, manfaat virgin coconut oil juga termasuk membantu penurunan berat badan secara dramatis jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

3. Melancarkan Pencernaan

Virgin coconut oil ini bisa membuat kita memiliki sistem percenaan yang lebih baik dengan membantu tubuh untuk lebih efektif menyerap jenis vitamin dan mineral yang larut dalam lemak , seperti magnesium dan kaksium.

Beberapa studi telah menunjukan bahwa MCT dalam kandungan minyak kelapa dara benar benar bisa mempromisikan pemecahan dan pencernaan lipid seutuhnya, dengan cara meningkatkan efisiensi enzim yang berhubungan dengan metabolisme.

4. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi minyak kelapa dara bisa membantu melawan penyakit karena kandungan yang dapat menjadi anti-virus, anti-jamur, dan anti-bakterinya. Jika Anda sedang berusaha melawan virus atau infeksi apapun, cobalah mengonsumsi minyak ini.

5. Membunuh Bakteri Dan Virus Penyebab Infeksi

Hampir 50% dari asam lemak yang terkandung dalam Virgin Coconut Oil adalah asam laruat. Ketika asam laruat dicerna, asam lemak sehat ini akan berubah menjadi zat yang disebut monolurin.

Asam laruat dan monolaruin diketahui dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi, seperti bakteri, virus, dan jamur.

Sfesifikasinya, kedua zat dalam minyak kelapa dara ini terbukti mampu membunuh bakteri Stapahylococcus Aureus (patogen yang sangat berbahaya) dan ragi Candida Albicans, yaitu penyebab umum dari berbagai infeksi jamur.

Asam laruat juga diketahui baik untuk kesehatan jantung Anda dengan mengurangi total kolesterol dan meningkatkan kolesterol. Manfaat lain dari Virgin Coconut Oil yaitu mencegah dan mengobati tukak lambung, gigi berlubang, dan keracunan makanan.

6. Menaikkan Kadar Kolesterol Baik

Virgin Coconut Oil dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Tidak semua kolesterol itu jahat adapun kolestrol baik yang bermanfaat untuk tubuh jadi jangan menyimpulkan bahwa semua  yang berkaitan dengan kolesterol itu tidak baik .

Kolesterol yang dibawa oleh protein dalam darah disebut dengan lipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein yaitu HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik dan juga LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat.

7. Mengurangi Frekuensi Kejang Anak

Kandungan Asam Lemak Rantai Sedang dalam VCO dikirim langsung ke hati untuk diproses menjadi keton. Yang selanjutnya akan dikirim ke otak sebagai sumber energi utama otak.

Bila anda mengkonsumsi minyak kelapa dara ini dilakukan secara teratur dan diet dengan makanan yang berkarbohidrat rendah maka, hasilnya akan meningkatkan konsentrasi darah dari badan.

Yang mana dapat membantu mengurangi kejadian kejang pada anak yang memiliki epilespsi. Bahkan pada anak yang kejangnya tidak bisa dikendalikan oleh obat obatan sekalipun.

8. Menyeimbangkan Hormon

Minyak kelapa bermanfaat untuk hormon Anda ! VCO dapat membantu menyeimbangkan hormon secara alami karena ini adalah sumber lemak jenuh yang hebat, termasuk asam laurat.

Studi menunjukkan bahwa minyak kelapa bisa menjadi lemak yang sangat baik untuk dikonsumsi selama masa menopause dan kemungkinan juga memberikan efek positif pada tingkat estrogen.

9. Membantu Kelenjar Tiroid

Banyak orang yang percaya bahwa mengkonsumsi Virgin Coconut Oil karena Manfaat Minyak Kelapa Murni dapat membantu mengurangi gejala dari Hipotiroidisme. Namun bukti ilmiah yang ada berlawanan dengan hal tersebut.

Banyak dari orang dengan penyakit Hipotiroidisme sukses memperbaiki atau membalikkan Hipotiroidisme mereka dan berhenti menggunakan obat-obatan.

Perlu diingat bahwa hal tersebut tidak selamanya bekerja untuk setiap orang dan sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menghentikan pengobatan.

Untuk menyeimbangkan hormon secara alami, kurangi konsumsi gula dan gandum dan konsumsilah lemak sehat dari kelapa, alpukat, biji rami dan ghee. Anda juga bisa mengkonsumsi bentuk kelapa lainnya, seperti mentega kelapa atau air kelapa.

10. Baik Untuk Kesehatan dan Kelembaban Kulit

VCO juga dapat melembabkan kulit, hasil dari Virgin Coconut Oil ini akan membuat kulit kita akan tetap terlihat muda dan sehat. Dengan begitu anda bisa mengurangi pembelian produk produk untuk menjaga kulit anda sebab hanya dengan menggunakan Virgin Coconut Oil anda dapat menjaga kulit anda tetap sehat dan terlihat muda dengan biaya yang tidak terlalu besar.

11. Anti Penuaan

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal kesehatan, minyak kelapa meningkatkan kadar antioksidan dan bisa memperlambat penuaan. Minyak kelapa bekerja dengan mengurangi stres pada hati dan menurunkan stres oksidatif.

Selain itu, peneliti menemukan bahwa minyak kelapa melakukan detoksifikasi karena cara kerjanya pada hati. Dan untuk memperlambat penuaan alami, minumlah satu sendok makan Minyak Kelapa Murni serta buah Beri yang kaya akan kandungan antioksidannya untuk sarapan. Anda juga bisa menggunakannya langsung pada kulit untuk melembutkan dan memperoleh manfaat tambahan.

12. Baik Untuk Kesehatan Kardiovaskuler

Walaupun minyak kelapa merupakan lemak jenuh, beberapa studi menemukan bahwa memakan Virgin Coconut Oil tidak memiliki efek merugikan untuk jantung. Bahkan, Manfaat Virgin Coconut Oil ini dapat mengurangi resiko tinggi kolesterol dan serangan jantung.

Studi awal menemukan, minyak ini menyebabkan tingginya kolesterol karena dibuat menggunakan sebagian minyak kelapa yang mengandung hidrogen tinggi, bukan Virgin Coconut Oil, dan studi tersebut dilakukan pada hewan, bukan manusia.

Ada seorang peneliti yang menemukan informasi dari hasil penelitian, bahwa kaum Polinesia di daerah dengan nama Cook.

Dimana orang-orang disana memiliki kolesterol yang rendah dan rendahnya kasus serangan jantung, padahal mereka memiliki pola makan sangat tinggi akan minyak Kelapa.

Sangat berbeda jauh jika kita bandingkan dengan orang-orang lainnya, khususnya yang tinggal di New Zealand yang bahkan banyak tidak pernah mengkonsumsi minyak kelapa.

Di Sri Lanka, sebuah studi menemukan, kasus serangan jantung telah meningkat seiring dengan menurunnya konsumsi minyak kelapa, jadi dapat disimpulkan bahwa minyak kelapa dara ini membantu kita menjaga kadar kolesterol yang ada di tubuh kita.

 

Cara Membuat Minyak VCO yang Berkualitas

Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni

Persiapan Bahan Baku

Kelapa yang akan diolah menjadi jenis minyak yang digunakan Kelapa berumur dalam ruangan antara 11 dan 12 bulan berbutir kasar dan berwarna  Cokelat kelapa. Buah kelapa tua akan menghasilkan tanaman minyak
tinggi.

Buat Santan

Hal yang perlu diperhatikan sebelum proses pembuatan kelapa adalah kelapa tua. Rasio kelapa dengan udara adalah 2,5 butir versus 1,5 liter udara mendidih. Untuk menghancurkan kelapa, bisa diiris dengan tangan, di mesin, atau di food processor.

Jika memungkinkan, gunakan mixer dalam skala kecil dengan cara memotongnya menjadi potongan kecil, kemudian diaduk dengan udara.

Peras dan saring hingga santannya keluar Langkah selanjutnya masukkan santan ke dalam mangkok atau tutup transparan dan tutupi bagian atasnya. Biarkan santan kurang lebih satu jam hingga terbentuk dua lapisan, lapisan paling atas disebut krim (cannell).

Lapisan paling bawah adalah udara yang memisahkan krim dari air untuk proses pembuatan VCO.

 

Cara Membuat Minyak VCO

Mesin Pengolahan Minyak Kelapa Murni

Setelah krim masuk ke lapisan atas, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan VCO yang terdiri dari 6 metode. Metode pembuatan VCO meliputi:

Tanpa Pemanasan

Cara pembuatan minyak kelapa ini akan menghasilkan minyak bening yang sering disebut minyak kelapa murni. Anda juga harus menyiapkan daging kelapa yangftua dan mengikuti cara membuat minyak vco sebagai berikut:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga memberi sedikit udara agar santan yang keluar lebih banyak).
  • Masukkan santan ke dalam kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan yaitu santan di atas dan udara di bawah.
  • Buat lubang di bagian bawah plastik agar udara terpisah dan terbuang percuma
    Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup rapat, dan simpan pada suhu ruangan yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam.
  • Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), minyak kelapa (tengah), udara (bawah)
    Tuang minyak ke dalam wadah yang memungkinkan kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk menyimpan minyak dan santan.
  • Anda juga bisa meletakkannya di lemari es sehingga tiga lapisan teratas membeku. Ambil bagian yang beku, yaitu minyak, lalu ulangi langkah tersebut dengan tisu atau kain bersih. Tetesan minyak dari masalah ini disebut VCO.

Metode Pemanasan

Metode ini menggunakan pemanasan terkontrol. Untuk melakukan ini, krim yang diperoleh dari santan dimasak dalam wajan dengan suhu sedang dari 60 ° C hingga 75 ° C, diaduk perlahan sampai minyak keluar. Saat Anda mendapatkan oli, matikan api.

Pisahkan minyak dari tempat dengan sendok. Keuntungan menggunakan metode ini adalah VCO produk diperoleh dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan metode lainnya.

Cara Fermentasi

Cara membuat minyak VCO dimulai dengan fermentasi yaitu menyiapkan santan dalam toples kemudian menambahkan seperempat sendok teh ragi. Aduk campuran, lalu tutup toples. Biarkan (inkubasi) selama 24 jam.

Hasilnya adalah 3 lapisan: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (pirang), dan lapisan bawah (air).

Metode Pancing

Metode memancing adalah slah satu Cara membuat minyak VCO yang mudah. Dengan menggunakan VCO yang sudah jadi sebagai pancinganya untuk membentuk minyak VCO baru.

Langkahnya sangat mudah: siapkan krim, taruh di toples, lalu tambahkan 1-2 sendok makan VCO dan aduk rata.

Tutup toples, lalu tunggu 24 jam. Hasilnya adalah 3 lapisan: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (pirang), dan lapisan bawah (air).

Metode Enzim Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat digunakan dalam cara membuat minyak VCO. Siapkan daun pepaya dan potong kecil-kecil. Campur daun pepaya cincang halus dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam toples tertutup. Tunggu 24 jam hingga 3 lapisan terbentuk.

Lapisan atas adalah minyak, lapisan tengah pirang, dan lapisan bawah adalah air.

Metode Enzim Nanas

Dalam buah mengandung enzim bromelain yang bisa digunakan dalam cara membuat minyak VCO. Buat nanas sesuai selera (termasuk punuk tengahnya) dan parut. Campur nanas parut dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam toples tertutup. Biarkan selama 24 jam hingga membentuk 3 lapisan.

Metode Cuka Asam

Cara membuat minyak VCO dengan asam sangat sederhana, cukup tambahkan cuka makanan ke dalam santan. Perbandingannya adalah 200ml krim kelapa dicampur dengan 2 sendok makan cuka. Setelah tercampur dengan cuka, aduk hingga merata dan biarkan selama 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan.

 

Peluang Usaha VCO ( Virgin Coconut Oil )

VCO atau biasa kita sebut virgin coconut oil menjadi produk Agribisnis yang lagi ngehits lantaran diyakini manjur menyembuhkan berbagai penyakit. Permintaannya terus meningkat, dan pasar ekspor masih menganga lebar. Namun, standar kualitas masih jadi persoalan.

VCO atau virgin coconut oil sedang naik daun di Indonesia. Di tempat arisan, di tempat kerjaan, sewaktu berkumpul dengan teman-teman, hingga ajang gaul lewat milis internet pun menjadikan VCO sebagai buah bibir yang hangat. Berbagai iklan produk ini juga cukup banyak menghiasi media massa belakangan ini.

VCO sebenarnya sejenis minyak kelapa.Yang  Bedanya, kalau minyak kelapa pada umumnya beredar di pasaran itu terbuat dari kopra atau (kelapa yang dikeringkan), VCO dibuat dari daging kelapa segar yang diolah tanpa bahan kimia.

Proses pembuatannya tidak melalui pemutihan, penyaringan, atau pemanasan luar biasa yang bisa menghanyutkan manfaat alami sang minyak. Makanya ia dibilang sebagai minyak kelapa murni.