Resep Kuah Bakso Ayam yang Cocok Dibuat Dirumah

resep bakso kuah ayam

JenisTerima Kasih telah berkunjung ke artikel kami kali ini saya akan membahas tentang  Resep Kuah Bakso Ayam yang Cocok Dibuat Dirumah, yang sebelumnya saya telah membuat artikel yang membahas tentang Resep Bakso Beranak.

Bakso mungkin sudah dikenal oleh banyak kalangan baik itu tua muda, anak anak ataupun orang tua. Bahkan Bakso sudah dikenal di luar negri. Berikut adalah beberapa ulasan tentang bakso yang ada di luar negri.

Bakso saat ini menjadi kuliner favorit masyarakat Indonesia. Hampir di setiap tempat pasti selalu ada penjual bakso. Tak usah keluar rumah sekalipun, akan banyak penjual bakso yang lewat menjajakan dagangannya. Harganya sendiri murah meriah lho, hanya dengan uang Rp 5 ribu saja sudah dapat seporsi, kenyang lagi.

Nah, bakso ini apa hanya ada di Indonesia saja ya? Eitss tidak, di luar negeri ternyata makanan ini cukup eksis kok dengan nama meatball. Uniknya setiap negara punya varian meatball yang berbeda-beda lho. Seperti apa bakso dari luar negeri? Yuk simak di bawah ini!!!

 

Sejarah Makanan Bakso

Resep Bakso Kuah Ayam

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa-Indonesia.Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling di Tionghoa kebanyakan bakso terbuat dari daging babi.

Namun kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Sekarang kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang menjadi pusat bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang juga bakso Solo adalah masakan bakso yang disajikan dengan khas Jawa.

Bakso yang berasal dari Tiongkok berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Jenis bakso dari Tiongkok biasanya terbuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecoklatan serta bentuknya tidak bulat sekali.

Sedangkan bakso dari Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu-abu dan bentuknya bulat sekali.

Bakso udang atau resep bakso udang  juga dapat ditemukan di beberapa daerah indonesia pada umumnya di daerah pesisir. Disana cukup mudah untuk mendapatkan jenis udang yang segar segar.

Bakso dari Tiongkok biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.

Bakso Solo merupakan usaha turun temurun dari Bakso Wonogiri, karena banyak anak cucu yang menetap dan membuka usaha bakso di Kota Solo dan sekitarnya, terutama daerah perkotaan yang letaknya begitu strategis di pinggir jalan raya.

Nah itulah sejara bakso atau asal mula dari makanan bakso. Sebelum lanjut ke resep kuah bakso ayam nah berikut ada beberapa varian bakso yang ada di luar negri dan dalam negri.

 

Varian Bakso yang Ada Di Indonesia

  1. Bakso urat adalah bakso yang isian dalamnya adalah irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
  2. Bakso tenis telur adalah bakso yang berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
  3. Bakso gepeng adalah bakso yang berbentuk pipih
  4. Bakso ikan adalah resep bakso yang berbahan dasar dari daging ikan
  5. Bakso udang adalah resep bakso yang  berbahan dasar dari udang
  6. Bakso Malang adalah hidangan bakso dari Kota Malang, Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng.
  7. Bakso Ikan Ekor Kuning adalah bakso yang bahan dasarnya berasal dari ikan ekor kuning.
  8. Bakso Solo dan Bakso Wonogiri adalah hidangan bakso yang berasal dari Solo dan Wonogiri, bentuknya lebih kecil dari bakso Malang dan tidak selengkap bakso Malang.
  9. Bakso kejuadalah bakso resep baru berisi keju. berbeda dengan resep bakso udang goreeng
  10. Bakso bakar merupakan resep bakso dibakar langsung tanpa arang serta diolesi bumbu khusus dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbunya dioles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
  11. Bakso kerikiladalah resep bakso yang bahan daging relatif sama dengan bakso-bakso pada umumnya, namun ukuran bakso ini lebih kecil hingga disebut bakso kerikil.
  12. Bakso Balungan adalah resep bakso yang berbahan dasar dari tulang. berbeda dengan resep bakso kuah, kalo ini dibuat dengan bahan dasarnya adalah tulang.
  13. Bakso Unyil adalah resep bakso yang berbahan dasar dari daging sapi digiling tetapi ukuran bulatannya seukuran kelereng
  14. Bakso tahu goreng (disingkat Batagor)adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi; penyajian dikombinasi/dicampurkan dengan tahu goreng.

 

Berikut adalah Varian Bakso yang Ada di Luar Negeri

Perancis

Bakso dari perancis memiliki bentuk yang kecil-kecil dan disajikan tanpa kuah. Sausnya juga ada perpaduan dari wine merah, rasa yang disukai oleh masyarakat Perancis.

Jerman

Bakso di Jerman itu punya nama tradisional konigsberger klopse namun biasanya anak muda menyebut schatz. Sama seperti di Perancis, bakso di Jerman tidak memakai kuah. Sausnya sendiri kebanyakan memakai saus jamur.

Italia

Bakso di Italia merupakan salah satu yang terlezat di dunia. Bakso yang sudah jadi akan disiram menggunakan saus spaghetti, oregano, parmesan dan keju. Dengan tambahan daun parsley menjadi lebih nikmat dan segar. Kamu tertarik mencoba?

Swedia

Penyajian bakso di Swedia itu cukup unik. Baksonya digoreng hingga kecoklatan lalu disiram saus merah dan disajikan dengan kentang tumbuk layaknya steak.

Lebanon

Mau makan bakso dengan saus anti mainstream? Pergi saja ke Lebanon, untuk dapat memastikan cara makan bakso di sana adalah mencocolkannya dengan saus yogurt. Hmmm gimana ya rasanya?

Vietnam

Jika melihat bakso di Vietnam mungkin kamu akan mengiranya itu rendang. Pasalnya bakso di Vietnam menggunakan saus berwarna cokelat. Saus tersebut berasal dari campuran bumbu-bumbu dan kacang. Rasanya gurih-gurih pedas.

Amerika Serikat

Bakso yang ada di Amerika biasanya dijual dalam bentuk frozen food. Cara membuatnya pun mudah cukup digoreng atau direbus setelah itu dimakan pakai nasi dan diberi saus sesuai selera. Gampang dan gak ribet.

Meksiko

Bakso di Meksiko terkenal dengan nama albondigas. Bakso disana memiliki rasa bawang putih yang kuat dan lada hitam. Biasanya disajikan dengan kuah tomat, kentang, nasi dan sayur-sayuran.

Korea Selatan

Bakso yang ada di Korea Selatan disajikan tanpa kuah dan berwarna coklat kehitaman karena kecap. Rasanya sendiri cenderung pedas dan manis. Biasanya disajikan sebagai camilan atau lauk makan bibimbab.

Tiongkok

Bakso di Tiongkok memiliki penyajian yang sama dengan di Indonesia yakni menggunakan kuah. Isinya pun beragam mulai dari bakso itu sendiri, sawi, bihun dan kuah berwarna kecoklatan.

Baca Juga : Resep Bakso Udang Goreng yang Enak dan Sederhana

 

Manfaat Bakso

Resep Bakso Kuah Ayam

Bakso merupakan salah satu makanan yang tebuat dari daging. Kemudian, sebagian besar makanan ini terbuat dari daging sapi yang digiling terlebih dahulu dan dicetak menjadi seperti bola. Daging ini ternyata memiliki berbagai aneka gizi penting yang berfungsi sebagi pertumbuhan tubuh dan otak.

Beberapa dokter pun menganjurkan untuk mengonsumsi dua samapai empat kali dalam seminggu.Berbicara tentang makanan ini sangat banyak sekali memiliki kandungan gizi seperti vitamin, protein, serta zat besi. Untuk itu pengganti daging yang cocok dalam kebutuhan sehari-hari dengan makan bakso.

Selain itu, makanan ini yang diolah secara benar dengan mesin pembuatan makanan ini akan menghasilkan daging yang berkualitas pula. Namun, makanan ini sudah tidak asing dari kuliner negara indonesia. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat makanan ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Bakso dapat Mengatur Suhu Tubuh

Khasiat bakso yang pertama bisa membantu anda di dalam mengatur suhu tubuh. Makanan ini juga mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh, dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali sangat baik.

Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

2. Bakso dapat Membawa Oksigen Keseluruh Tubuh

Bakso ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal sehingga semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan juga secara maksimal.

3. Bakso dapat Membantu Pembentukan Hemoglobin

Ternyata khasiat bakso bisa membantu anda untuk pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah.

Sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

4. Membantu Sistem Saraf

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan utuk membentuk beberapa serotonin serta neurotransmitter esensial. Kemudian, kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

5. Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakso juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anda. Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit.

Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

6. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Bagi anda jika kekurangan darah merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan senyawa yang ada di dalam bakso. Agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis.

Maka dari itu, ketika seseorang terserang anemia, banyak yang merekomendasikan mengonsumsi makanan ini yang penuh akan zat besi.

7. Membantu Pembentukan Enzim

Selain untuk mencegah dan menyembuhkan anemia bakso juga memiliki beberapa manfaat lain. Salah satunya membantu pembentukan enzim. Berbagai macam jenis enzim yang penting seperti katalase, myoglobin serta cytochrome di bentuk dengan bantuan kandungan yang ada di dalam makanan ini.

8. Membantu Pembentukan Fungsi Otak

Otak ini membutuhkan kandungan senyawa yang ada di dalam makanan ini, karena dengan makanan ini sangat baik untuk pertumbuhanya. Suplay oksigen oleh senyawa yang terdapat pada bakso juga membantu agar fungsi otak berjalan dengan normal.

9. Bakso dapat Membantu Metabolisme

Setiap makanan yang di konsumsi oleh tubuh membutuhkan metabolisme yang sehat, karena pembentukan enzim oleh senyawa zat yang ada di dalam bakso sangat berperan penting dalam memenuhi hal tersebut.

10. Bakso dapat Membantu Untuk Diet

Kebanyakan orang yang sedang program diet menghindari makan bakso. Hal ini disebabkan karena membuat berat badan bertambah.

Ternyata hal ini merupakan anggapan yang salah, ternyata makanan ini malah sangat baik di konsumsi selama diet. Hal ini terjadi karena makanan ini bisa membuat seseorang kenyang lebih lama.

 

Kandungan Gizi pada Bakso

Waktu dulu bakso identik dengan gerobak yang didorong keliling atau yang di pikul menggunakan bambu oleh seorang mas-mas di daerah pemukiman. Pembelinya pun identik dengan ibu-ibu rumah tangga. Namun sekarang, bakso telah berevolusi dan bahkan sejajar dengan makanan-makanan internasional.

Bisa kita jumpai restoran bakso di salah satu bandara di Indonesia, letaknya berdekatan dengan sebuah kedai kopi internasional.Bakso kini milik semua orang. Tua dan muda serta dari berbagai kalangan sosial dan ekonomi.

Bakso makin digemari karena tak pernah membosankan. Sehabis makan, sebelum makan, bakso cocok dimulut para penggemarnya.

Rasanya yang gurih  beraromakan khas dan kuah yang wanginya menggoda selera, hheemmm sedap sekali panganan yang satu ini.Menurut penelitian bakso mengandung energi sebesar 190 kilo kalori, protein 10,3 gram, karbohidrat 23,1 gram, lemak 6,3 gram, kalsium 35 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 6,75 miligram.

Selain itu di dalam Bakso juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 4 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 250 gram Bakso, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 % kurang lebih begitu kawan semua.

Dan itu semua di lakukan riset dan penelitian pada bakso yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena bebagai faktor yang mempengaruhi seperti cara pembuatan dengan mesin pembuat bakso yang lebih bersih. Sementara itu ternyata penggunaan bahan utama untuk bakso terdiri dari daging segar, es batu, garam dapur (NaCl), tepung (tapioka atau aren).

Dengan perbedaan konsentrasi yang mencolok yaitu kurang dari 10% sampai dengan 100%. Hasil analisis terhadap nilai gizi bakso sapi berdasarkan berat kering adalah 16,80%-49,53% protein, 4,18%-20,21% lemak, 35,52%-56,18% karbohidrat, 6,52%-11,05% abu dan 5,14%-8,25% NaCl, dibandingkan bakso formula dengan kandungan 62,52% protein, 6,22% lemak, 21,30% karbohidrat, 9,97% abu dan 7,41 NaCl.

Uppsss.. tapi jangan sampai anda terkecoh, sekarang ini banyak penjual-penjual bakso nakal yang mencampurkan adonan bakso dengan segala macam zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

Ngeri juga sih sebenarnya makan bakso, ya tentu intinya jangan terkecoh dengan harga nya yang murah meriah, jelas itu harus jadi pertimbangan anda untuk memakan bakso itu atau tidak dan harus lebih teliti dan lebih jeli lagi pastinya.

 

Resep Kuah Bakso Ayam

resep bakso kuah ayam

Bahan Bahan :

  • Tulang dada ayam 2 ekor
  • Tiga liter air
  • Bawang putih 9 siung (untuk 3 liter)
  • Daun bawang, diambil bagian putihnya (opsional)
  • Batang dan daun seledri (opsional)
  • Kaldu blok secukupnya
  • Pala bubuk setengah sendok teh
  • 1 ruas jahe yang dibakar dan digeprek
  • Lada putih secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat Kuah Bakso Ayam :

  1. Geprek bawang putih, lalu cincang kasar.
  2. Panaskan wajan, tuang minyak, tunggu hingga panas. Jika telah panas, tumis pawang putih hingga layu.
  3. Didihkan air di panci besar. Masukkan daun bawang dan seledri, jika tak suka rempah ini bisa dilewati. Masukkan tulang ayam. Diamkan beberapa saat.
  4. Masukkan bawang putih yang telah ditumis, beserta jahe yang telah dibakar dan digeprek, pala, serta kaldu blok secukupnya. Diamkan sembari mendidih agar rasa bercampur dengan baik.
  5. Bumbui dengan garam dan lada putih secukupnya, lalu jangan lupa untuk mengoreksi rasa. Tambahkan dengan garam atau kaldu lagi jika kurang gurih, atau tambahkan air jika terlalu asin.
  6. Kuah bakso ayam spesial dapat anda sajikan bersama bakso ayam agar lebih nikmat rasa kaldu ayamnya.

Nah itu tadi resep bakso kuah ayam cukup mudah kan, jika kalian suka pada resep bakso kuah ayam ini jangan lupa untuk share kepada semua orang yang mungkin kalian kenal. Agar semua orang bisa mencoba resep bakso kuah ayam ini.

Sekian artikel ini saya tulis apa bila ada suatu kesalahan mohon dimaklumi dan maafkan. Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •