Terima kasih telah berkunjumg ke artikel kami, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang resep bakso  urat yang enak dan sederhana. Yang pada sebelumnya saya telah membahas tentang resep bakso beranak, kalian udah pada tau bakso dan urat itu apa? kalo belu simak penjelasan berikut.

Sebelum ke materi inti atau inti pembahasan yaitu resep bakso urat lebih baik kita tahu apa itu bakso dan apa itu urat.

Resep Bakso Uratresep bakso urat

Bakso dan Urat

Bakso adalah nama makanan yang sering kita dengar sehari hari, makanan Bakso ini mungkin makanan yang sering ditemukan di berbagai tempat dimanapun dan kapanpun.

Bakso atau baso adalah makanan dari olahan daging yang digiling dengan tepung tapioka.Daging yang digunakan untuk membuat bakso pada umumnya ialah daging sapi, namun ada juga yang menggunakan daging ayam bahkan juga ada yang meggunakan udang.

Pembuatan bakso pun ada beberapa cara yaitu ada yang di rebus, kukus, goreng dan lain lain.Namun kali ini bukan bakso dari daging lagi melainkan bakso dari udang sedikit berbeda dari bakso yang lain bakso udang  ini kaya akan protein di  dalamnya.

Bakso udang goreng adalah bakso yang digiling dengan udang segar dari laut supaya bakso tersebut kaya akan protein.Pada kesempatan kali ini Saya akan membahas resep bakso udang goreng, sebelum ke resep bakso udang goreng kita akan mempelajari sejara atau asal mula dari makanan bakso tersebut.

Bakso merupakan jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajian bakso, bakso pada umumnya disajikan panas – panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso cukup populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesi dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar.

Jenis jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso bisa juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.

Manfaat Bakso

resep bakso urat

Bakso merupakan salah satu makanan yang tebuat dari daging. Kemudian, sebagian besar makanan ini terbuat dari daging sapi yang digiling terlebih dahulu dan dicetak menjadi seperti bola. Daging ini ternyata memiliki berbagai aneka gizi penting yang berfungsi sebagi pertumbuhan tubuh dan otak.

Beberapa dokter pun menganjurkan untuk mengonsumsi dua samapai empat kali dalam seminggu.Berbicara tentang makanan ini sangat banyak sekali memiliki kandungan gizi seperti vitamin, protein, serta zat besi. Untuk itu pengganti daging yang cocok dalam kebutuhan sehari-hari dengan makan bakso.

Selain itu, makanan ini yang diolah secara benar dengan mesin pembuatan makanan ini akan menghasilkan daging yang berkualitas pula. Namun, makanan ini sudah tidak asing dari kuliner negara indonesia. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat makanan ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Bakso Dapat Mengatur Suhu Tubuh

Khasiat bakso yang pertama bisa membantu anda di dalam mengatur suhu tubuh. Makanan ini juga mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh, dengan demikian nantinya suhu badan tetap bisa terkendali sangat baik. Selain itu, bisa membantu untuk meningkatkan fungsi dari otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan maksimal.

2. Bakso Dapat Membawa Oksigen Keseluruh Tubuh

Bakso ini memiliki kandungan zat besi yang berfungsi untuk membantu mengalirkan oksigen keseluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan dengan maksimal sehingga semua organ tubuh dapat berfungsi sebagai mana mestinya dan juga secara maksimal.

3. Bakso Dapat Membantu Pembentukan Hemoglobin

Ternyata khasiat bakso bisa membantu anda untuk pembentukan hemoglobin, karena kandungan yang terdapat pada bakso memilki zat besi yang mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah. Sehingga nantinya produksi hemoglobin akan meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin tersebut akan terpenuhi dengan baik.

4. Membantu Sistem Saraf

Kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki peranan utuk membentuk beberapa serotonin serta neurotransmitter esensial. Kemudian, kedua kandungan ini berperan untuk mengolah dan juga mengirim sinyal saraf sehingga nantinya fungsi dari otak dan juga saraf akan bekerja secara maksimal.

5. Meningkatakan Sistem Kekebalan Tubuh

Bakso juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anda. Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini memiliki senyawa yang akan membantu untuk mencegah resiko terkena berbagai macam penyakit.

Selain itu, makanan ini juga sebagi komponen yang penting di dalam penyusunan enzim dan juga bahan-bahan lainya yang ada di dalam tubuh seperti myoglobin serta katalase.

6. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Bagi anda jika kekurangan darah merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan senyawa yang ada di dalam bakso. Agar dapat kembali dengan cepat membentuk darah merah secara drastis. Maka dari itu, ketika seseorang terserang anemia, banyak yang merekomendasikan mengonsumsi makanan ini yang penuh akan zat besi.

7. Membantu Pembentukan Enzim

Selain untuk mencegah dan menyembuhkan anemia bakso juga memiliki beberapa manfaat lain. Salah satunya membantu pembentukan enzim. Berbagai macam jenis enzim yang penting seperti katalase, myoglobin serta cytochrome di bentuk dengan bantuan kandungan yang ada di dalam makanan ini.

8. Membantu Pembentukan Fungsi Otak

Otak ini membutuhkan kandungan senyawa yang ada di dalam makanan ini, karena dengan makanan ini sangat baik untuk pertumbuhanya. Suplay oksigen oleh senyawa yang terdapat pada bakso juga membantu agar fungsi otak berjalan dengan normal.

9. Bakso Dapat Membantu Metabolisme

Setiap makanan yang di konsumsi oleh tubuh membutuhkan metabolisme yang sehat, karena pembentukan enzim oleh senyawa zat yang ada di dalam bakso sangat berperan penting dalam memenuhi hal tersebut.

10. Bakso Dapat Membantu Untuk Diet

Kebanyakan orang yang sedang program diet menghindari makan bakso. Hal ini disebabkan karena membuat berat badan bertambah. Ternyata hal ini merupakan anggapan yang salah, ternyata makanan ini malah sangat baik di konsumsi selama diet. Hal ini terjadi karena makanan ini bisa membuat seseorang kenyang lebih lama.

Varian Bakso yang Ada di Indonesia

  1. akso urat adalah bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
  2. Bakso tenis telur adalah bakso yang berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
  3. Bakso gepeng adalah bakso yang berbentuk pipih
  4. Bakso ikan adalah resep bakso yang berbahan dari daging ikan
  5. Bakso udang adalah resep bakso yang  berbahan dari udang
  6. Bakso Malang adalah hidangan bakso dari Kota Malang, Jawa Timur; lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng.
  7. Bakso Ikan Ekor Kuning adalah bakso yang bahannya berasal dari ikan ekor kuning.
  8. Bakso Solo dan Bakso Wonogiri adalah hidangan bakso yang berasal dari Solo dan Wonogiri, bentuknya lebih kecil dari bakso Malang dan tidak selengkap bakso Malang.
  9. Bakso kejuadalah bakso resep baru berisi keju. berbeda dengan resep bakso udang goreeng
  10. Bakso bakar merupakan resep bakso dibakar langsung tanpa arang serta diolesi bumbu khusus dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbunya dioles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.
  11. Bakso kerikiladalah resep bakso yang bahan daging relatif sama dengan bakso-bakso pada umumnya, namun ukuran bakso ini lebih kecil hingga disebut bakso kerikil.
  12. Bakso Balungan adalah resep bakso yang bahan dasarnya tulang. berbeda dengan resep bakso udang goreng, kalo ini dibuat dengan bahan dasarnya adalah tulang.
  13. Bakso Unyil adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi digiling tetapi ukuran bulatannya seukuran kelereng
  14. Bakso tahu goreng (disingkat Batagor)adalah resep bakso yang bahan dasarnya daging sapi; penyajian dikombinasi/dicampurkan dengan tahu goreng.

Bakso Urat

Bakso urat adalah salah satu kreasi bakso sapi yang memiliki tekstur lebih kasar sekaligus lebih gurih. Dibanding bakso sapi yang halus dan mulus, banyak orang lebih memilih bakso urat karena rasanya yang lebih enak. Mau tahu cara membuat bakso sapi urat? Ikuti sampai selesai tulisan ini ya, karena disini akan saya bahasn tips dan cara mudah membuat bakso urat.

Bakso adalah makanan yang banyak digemari oleh orang-orang, tidak peduli anak-anak, remaja atau orang tua. Rasanya yang gurih, kenyal dan sensasi panas kuahnya menjadikan makanan asli Indonesia ini begitu laris.

Tidak sulit menemukan makanan ini, karena hampir di setiap jalan utama maupun di perkampungan banyak para pedangan bakso. Mulai dari tenda, warung hingga gerobak dorong. Bahkan, bakso juga menjadi menu di restoran atau rumah makan.

Menu bakso dapat dijadikan variasi masakan daging selain semur, soto atau sate. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah sama seperti ketika anda memasak soto atau semur. Karena untuk menu sate dan bakso, banyak orang lebih sering membeli daripada membuat sendiri.Bagian Sapi yang Baik Untuk Bahan Bakso

Nama bakso urat adalah nama yang diambil dari salah satu bagian sapi yang dijadikan bahan untuk membuat bakso ini. Yeah, jika biasanya bakso menggunakan daging sapi, bakso urat perlu menambahkan urat agar teksturnya lebih kasar.

Nah, tidak ada salahnya kan untuk lebih dahulu membahas tentang bagain-bagaian tubuh sapi yang biasa dijadikan bahan dasar membuat bakso. Tentu agar anda tidak salah ketika membeli di pasar dan untuk menambah wawasan juga. Berikut adalah 3 bagian sapi yang biasa dijadikan bahan membuat bakso yang perlu adan tahu:

  • Topside

Topside adalah bagian kaki sapi bagian belakang. Bagian ini bentuknya ramping dan cukup lembut sehingga dalam waktu singkat saja mudah matang ketika diolah. Oleh karenanya, topside sangat cocok untuk bahan baku bakso sapi dan masakan lain karena proses masaknya yang lebih cepat.

  • Tetelan

Tetelan daging sapi biasanya terdiri dari daging-daging yang melekat pada tulang. Tetelan memiliki serat otot yang kenyal dan bagian inilah yang cocok untuk dijadikan bahan baku bakso urat. Tidak hanya bakso urat, berbagai masakan lain yang sengaja ingin tekstur kenyal sangat cocok menggunakan tetelan.

  • Bagian Kaki Atas (Shank)

Kaki sapi biasanya terdiri dari daging yang membalut tulang kering. Tulang kering sering direbus untuk menghasilkan kaldu sapi untuk bahan kuah bakso. Di dalamnya, terdapat sumsum yang sangat lezat, sering disebut dengan sengkel.

Resep Bakso Urat

Bahan – Bahan Resep Bakso urat

  • 100 gram urat sapi, potong kecil-kecil.
  • 1 kg daging sapi segar dan berurat.
  • 50 gram tepung tapioka.
  • 150 gram sagu aren
  • 100 ml air es.
  • 4 sdm bawang goreng.
  • ½ sdt merica bubuk.
  • 4 sdt garam.
  • ½ sdt polypowder
  • Kuah bakso
  • Bihun
  • Mie telor
  • Sawi
  • Tahu
  • Seledri
  • Bawang goreng
  • Saos, sambal dan kecap

Langkah Langkah Resep Bakso Urat

  1. Pukul-pukul daging sapi sebelum digiling agar lebih legit.
  2. Siapkan blender/food processor, giling daging sapi sambil ditambahkan air es sedikit demi sedikit.
  3. Setelah benar-benar halus, tambahkan bumbu-bumbu seperti garam, merica, bawang goreng, sagu aren dan tepung. Tambahkan air es jika dirasa terlalu kering.
  4. Setelah semua adona tercampur rata, tuang ke wadah dan siapkan panci berisi air panas yang sudah mendidih.
  5. Buat bulatan bakso dengan alat atau secara manual dengan tangan. Caranya: ambil adonan dengan tangan kiri sambil diremas agar adonan keluar melalui sela-sela ibu jari dan jari telunjuk. Ambil adonan tersebut dengan sendok makan lalu celupkan ke air panas, maka dengan sendirinya bakso akan terlepas.
  6. Ulangi sampai semua adonan habis dan menjadi bulatan-bulatan bakso urat.
  7. Rebus bakso urat dengan api sedang sampai mengapung.
  8. Siapkan wadah, angkat dan tiriskan.
  9. Bakso urat siap disajikan dengan kuah dan bahan pelengkap lainnya

Resep Bakso Urat

Bahan – Bahan Resep Bakso Urat

  • 500 gr daging sapi (pisahkan urat dan lapisan2 diluar daging yah)
  • Urat sapi secukupnya, gunting2 kasar
  • 1 sdm munjung Bawang merah goreng
  • 2 sdt bawang putih goreng
  • 1/2 sdt baking powder
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 4 sdm munjung tepung sagu
  • 1 bh putih telur
  • 120 gr es batu

Langkah Langkah Resep Bakso Urat

  1. Giling daging sapi sampai halus, masukkan Bawang merah dan Bawang putih goreng, giling lagi sebentar. Tambahkan es batu (baiknya es batu diserut dl) giling lagi. Masukkan baking powder, garam, gula pasir, merica bubuk, dan tepung sagu, giling sebentar lalu masukkan putih telur, giling lg hingga menjadi pasta.
  2. Pindahkan adonan bakso ke wadah lalu masukkan urat sapi yg sudah dipotong2, campur rata. Simpan di freezer 10 menit.
  3. Didihkan air lalu matikan apinya, cetak adonan bakso hingga habis kedalam air panas td, dan masak kembali bakso hingga mengapung. Angkat dan rendam sebentar di air dingin untuk menghentikan pematangan baksonya. Bakso siap disajikan atau disimpan dalam freezer

Nah, mudah kan kalian bisa coba sendiri dirumah jika kalian suka dengan resep bakso urat ini jangan lupa untuk share kepada adik, kakak, sodara, ayah, ibu, kakek, nenek, teman teman kalian semua ataupun orang yang anda kenal agar resep bakso urat ini bisa dirasakan dan bisa dibuat oleh semua orang.

kemungkinan itu saja yang bisa saya sampaikan jika ada sepatah dua kata yang tidak berkenan mohon dimaklumi dan di maafkan. Terima kasih telah berkunjung keartikel kami semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.