Kreasi olahan dari daging ikan sangat beragam salah satunya kreasi olahan dengan menggunakan teknik Grilling atau dibakar, website ini menyediakan 10 kreasi resep bumbu ikan bakar ala rumahan yang pastinya akan membuat hari – hari terasa menyehatkan dan bahkan sangat menyenangkan karena mengonsumsi makanan buatan sendiri yang sudah pasti kebersihannya.

Cari Tau Yuk !

Ciri – ciri ikan segar :

  • Bau

Segar dan seperti keadaan daerah aslinya

  • Dubur

Berwarna merah jambu

  • Daging

Masih dalam kondisi lentur dan kenyal

  • Insang

Berwarna merah cerah

  • Kenampakan

Tidak berlendir, mengkilat dan cerah

  • Mata

Cerah dengan kondisi masih menonjol keluar

  • Mulut

Terkatup

  • Sisik

Melekat kuat jika dipegang dan tampak cerah

  • Tubuh

Apabila dimasukkan ke dalam air akan tenggelam

Manfaat Ikan :

  • Menurunkan Resiko Serangan Jantung dan Stroke
  • Mengandung Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan dan Perkembangan
  • Mencegah Penurunan Fungsi Otak Karena Penuaan
  • Mencegah Resiko Penyakit Autoimun Termasuk Diabetes Tipe 1
  • Menjaga Kesehatan Penglihatan pada Lansia
  • Meningkatkan Kualitas Tidur
  • Upaya Mencegah Keracunan Merkuri

Kandungan Gizi Ikan :

  • Protein

ikan merupakan salah satu sumber protein berkualitas tinggi karena umumnya mereka juga rendah lemak jahat. Protein ini sangat penting bila dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja karena dapat meningkatkan massa pertumbuhan / pubertas dan kekuatan otot. Sementara bagi orang dewasa, asupan makanan tinggi yang mengandung protein juga bisa membuat tubuh tetap bugar dan kuat.

  • Vitamin

Vitamin A untuk kesehatan mata

Vitamin D untuk kesehatan gigi dan tulang

Vitamin E mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkan radikal bebas

Vitamin B12 untuk melindungi sel saraf

  • Zat besi dan Yodium

Zat besi memiliki kandungan yang berguna untuk mencegah penyakit anemia, dan yodium memiliki kandungan yang berguna untuk mencegah penyakit gondok.

  • Asam lemak omega-3

Kandungan asam lemak seperti omega – 3 yang terdiri dari DHA dan EPA. Kedua jenis lemak ini memiliki peranan yang begitu penting dan bermanfaat bagitu tubuh.

Sakah satu Jenis asam lemak omega – 3 yaitu EPA yang memiliki peran besar dalam membantu melawan pada peradangan, sementara DHA memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan fungsi otak dan fungsi penglihatan, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit seperti kronis.

Ikan bakar sudah menjadi salah satu kreasi hidangan ikan yang dibakar maupun dipanggang di atas api atau bara api. Bahkan Ikan bakar sendiri adalah salah satu hidangan klasik Indonesia. Meskipun indonesia dijuluki sebagai negara kepulauan, namun ikan bakar sangat populer karena dapat di temui di berbagai tempat mulai dari kedai di tepi pantai Aceh sampai ke pusat kota Jakarta dan kota – kota lainnya.

Faktanya ikan bakar sangat populer di indonesia, bahkan membuat banyak sekali kreasi olahan bumbu ikan bakar ala rumahan yang bahannya mudah sekali didapat , seperti berikut ini :

 

1.Resep Bumbu Ikan Bakar Oles

resep bumbu ikan bakar

Bahan :

  • 4 ekor ikan bakar ukuran sedang

Bahan halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sdm ketumbar
  • 5 butir kemiri
  • 2 sdm minyak goreng
  • 6 buah cabe rawit disesuaikan dengan selera
  • 2 sdm margarin
  • 1 sachet kecap manis refill (70-100ml)
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Oles :

  1. Pertama – tama haluskan bumbu – bumbu halus (boleh diulek atau diblender), namun apabila diulek jangan campurkan dengan minyak goreng.
  2. Selanjutnya pastikan bumbu sudah halus, kemudian panaskan margarin sampai meleleh. (Apabila tadi diulek boleh panaskan margarin kemudian dicampur dengan minyak).
  3. Setelah meleleh dan mengeluarkan bau wangi, lalu masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan tumis hingga wangi. setelah wangi masukkan garam dan kecap manis untuk mengkoreksi rasa.
  4. Setelah itu, tumis hingga wangi, bahkan kita bisa menggunakan batang sereh yang dihancurkan untuk mengaduk dan mengoles bumbu di lauk yang diinginkan agar lebih kaya rasa dan wangi.
  5. Kemudian berikan sedikit perasan jeruk nipis, lalu campurkan bumbu dengan ikan yang telah dibakar
  6. Langkah terakhir Ikan Bakar Bumbu Oles siap dinikmati

2. Resep Bumbu Ikan Bakar Kampar

Bahan – bahan :

  • siapkan 1 kg Ikan kapilagan
  • 2 jeruk nipis

Bahan halus :

  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 10 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 1/4 cabe rawit
  • 1/4 cabe merah
  • 1 kotak santan kara
  • 1 batang serai
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 1 lembar daun kunyit
Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Kampar :
  1. Pertama – tama Lumuri ikan dengan garam dan perasan air jeruk nipis agar bau amisnya menghilang
  2. Selanjutnya tumis semua bahan yang telah dihaluskan
  3. Setelah ditumis siram dengan santan kara
  4. Kemudian masukkan potongan ikan
  5. Setelah itu di angkat kemudian bakar dengan bara api yang sudah disiapkan tadi

3. Resep Bumbu Ikan Bakar Parape

Bahan – bahan :

  • 2 ekor Ikan baronang, bandeng atau ikan kuwe (ikan apa saja bisa)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 8 – 10 siung bawang merah
  • 2 – 3 sdm air asam jawa
  • 7 sdm kecap manis bango
  • Garam secukupnya
  • Sedikit gula merah
  • 5 cabe merah besar atau sesuai selera (buang bijinya)
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Parape :
  1. Pertama – tama bersihkan bagian ikan, lalu kerat bagian tenganya dan lumuri dengan jeruk nipis, kemudian sisihkan.
  2. Kedua Panaskan secukupnya minyak goreng dan bahan seperti bawang merah dan cabe merah hingga bawang agak layu dan kecoklatan.
  3. Kemudian Haluskan bawang dan cabe  menggunakan blender atau food processor, tidak perlu terlalu halus.
  4. Setelah itu Pada wajan yang sama tambahkan minyak goreng hingga kira – kira bumbu terendam, tumis kembali bawang yang telah dihaluskan sampai wangi.
  5. Masukkan kecap lalu aduk dan tunggu sebentar kemudian masukkan air asam.
  6. Tambahkan gula merah dan garam, lalukoreksi rasa dan matikan api.
  7. Selanjutnya Ambil sedikit bumbu dan minyak , kemudian oleskan ke ikan dan bakar sambil sesekali diolesi bumbu, sajikan dengan menuangkan bumbu ke atas ikan bakar.
  8. Langkah terakhir Ikan bakar siap dihidangkan

4. Resep Bumbu Ikan Bakar Sambal Dabu – dabu

resep bumbu ikan bakar

Bahan – bahan :

  • 1 ekor ikan bawel sedang yg sudah dibersihkan (tidak disisik)
  • 10 Garam
  • 1 buah jeruk nipis

 Bahan – bahan sambel Dabu – dabu :

  • 20 biji Cabe rawit (sesuai selerah) potong dengan gunting
  • 3 buah tomat (pilih yang tidak terlalu mateng)
  • 10 siung bawang putih potong dadu – dadu
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam halus (sesuai selerah)
  • 1/2 sdt penyedap rasa (bumbu jamur) boleh di skip ganti pakai miwon
  • 1 ikat kemangi
  • 1 sdm minyak panas

Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar sambal dabu – dabu :

  1. Pertama Potong dadu, tomat, bawang merah
  2. Kedua masukkan tomat, cabe rawit, bawang merah, gula garam, penyedap rasa, kemangi dan perasan jeruk
  3. Setelah itu Panaskan 1 sendok makan minyak lalu tuangkan ke campuran cabe
  4. Terakhir Aduk sampai rata kemudian tambahkan garam, gula.

5. Resep Bumbu Ikan Bakar Saba Ala Jepang

Bahan – bahan :

  • 1/2 potong ikan saba / mackerel
  • 1 sdm minyak wijen / sayur

Bumbu – bumbu:

  • 2 sdm arak beras
  • 2 sdm micin (bisa diganti dengan 1 sdt gula)
  • 1/2 sdm shoyu atau kecap asin
  • 1 sdm cuka beras atau air lemon
  • 1 sdt mayones

Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Saba Ala Jepang :

  1. Pertama – tama panaskan panci yang sudah diberi minyak goreng, kemudian panggang kedua permukaan ikan Saba dengan api yang sedang hingga permukaan ikan terpanggang merata.
  2. Kedua sambil menunggu tempat panggangan ikan masukkan seluruh bumbu ke wadah terpisah kemudian aduk hingga rata
  3. Braising ikannya dengan menggunakan sendok. Caranya dengan menyendok bumbu-nya lalu perlahan – lahan tuangkan ke permukaan ikan sampai saus mengental.
  4. selanjutnya Matikan api dan sajikan

6. Resep Bumbu Ikan Bakar Padang

resep bumbu ikan bakar

Bahan – bahan :

  • 10 ekor Ikan Kembung

Bumbu halus :

  • 4 bawang merah ukuran sedang
  • 3 kunyit ukuran kelingking
  • 2 jahe ukuran jempol
  • 1 lengkuas ukuran jempol
  • 1 0ns cabe merah bulat

Bahan Pelengkap :

  • 2 sereh ukuran besar, kemudia digeprek
  • 7 lembar daun salam
  • 1 lembar daun kunyit ukuran besar
  • 15 helai daun jeruk
  • secukupnya garam dan kaldu bubuk sapi
  • 300 ml air
  • 130 ml santan kental (kara/sasa/dll)
  • 4 lembar daun pisang

Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Padang :

  1. Pertama siapkan bahan-bahan.
  2. Kedua tumis bahan pelengkap seperti sereh, daun jeruk, daun salam, daun kunyit menggunakan minyak sedikit hingga mengeluarkan bau wangi, lalu masuk kan bumbu halus, setelah itu tumis hingga wangi dan matang.
  3. SelanjutnyaMasukkan air tunggu hingga mendidih, jika sudah mendidih masukkan santan aduk rata hingga mendidih.
  4. Setelah itu jika sudah mendidih, masukkan ikan, menggunakan api kecil dan biarkan air sedikit menyusut atau sampai air nya mengental.
  5. Siapkan tempat panggangan bisa juga langsung di atas bara api, sebelumnya pastikan dialasi dulu dengan daun pisang agar ikan tidak lengket dan di atas ikan di tutupi dengan daun pisang agar sewaktu dibalik tidak lengket dipanggangan dan aroma ikan bakar nya akan semakin wangi.
  6. Kemudian jangan lupa di bolak balik agar matangnya merata.
  7. Langkah terakhir tambahkan garnis.

7. Resep Bumbu  Ikan Bakar Nila Kuning

Bahan – bahan :

  • 1 kg ikan nila
  • 2 buah jeruk nipis
  • secukupnya gula dan garam
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 batang serai
  • Lengkuas secukupnya memearkan

Bumbu halus :

  • 7 siung bawang merah
  • bawang putih 3
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 3 butir kemiri
  • Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Nila Kuning :

  1. Pertama cuci bersih ikan kemudian di kerat – kerat, lumuri menggunakan garam dan perasan jeruk nipis, setelah itu diamkan kurang lebih 15 menit
  2. Selanjutnya tumis bumbu hingga harum, lalu masukkan serai dan lengkuas tumis sampai wangi dan benar – benar matang,kemudian tambahkan gula,garam dan kecap,koreksi rasa
  3. Lalu setelah bumbu siap, setelah itu baluri ikan dengan bumbu sampai merata, dan diamkan kurang lebih 10-15 menit agar bumbu meresap
  4. Bakar ikan, oles – oles lagi ikan dengan bumbu halus tadi saat ikan di bolak balik
  5. terakhir Bakar sampai ikan matang (apabila menggunakan teflon, ebelum teflon di pakai olesi dulu dengan mentega atau minyak supaya tidak lengket)

8. Resep Bumbu Ikan Bakar Sambal Jahe

Bahan – bahan :

  • 6 ikan lele
  • jeruk nipis 1 butir
  • 1/2 sdm garam

Bumbu sambel jahe

  • 100 g cabe rawit
  • 100 g bawang merah
  • 1 potong jahe geprek
  • 1 bungkus bumbu kaldu
  • 1/2 sdm garam

Bumbu oles lele :

  • 1 potong jahe
  • 2 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • ketumbar
  • kunyit
  • lengkuas
  • garam seperlunya
  • 1/2 bungkus bumbu kaldu

Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Sambal Jahe:

  1. Pertama – tama bersihkan ikan lele menggunakan garam dan perasan air jeruk nipis
  2. Kedua haluskan semua bumbu oles
  3. Lalu Oleskan bumbu oles ke lele
  4. setelah itu bungkus dan bakar lele

Cara membuat sambel jahe :

  1. Pertama blender cabe kemudian tumis hingga air mengering kemudian sisihkan
  2. Selanjutnya potong bawang merah dan bawang putih lalu tumis dengan minyak goreng lumayan banyak
  3. Lalu setelah tumisan bawang mengeluarkan bau wangi masukkan bahan lainnya seperti cabe, dan aduk – aduk sampai meresap tambahkan garam, bumbu kaldu dan tambahkan jahe geprek nya lalu cek rasanya
  4. Langkah terakhir resep lele bakar dengan sambel dan lauk lainnya siap untuk dihidangkan

9. Resep Bumbu Ikan Bakar Julak Muji

Bahan – bahan :

  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari kunyit
  • 12 siung bawang putih
  • Merica
  • 1 sdt gula
  • Garam secukupnya
  • 3 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt kaldu jamur (bila mau)
Bahan Olesan :
  • 2 sdm saus tomat
  • 6 sdm kecap manis
  • 3 bawang putih
  • 100 mL minyak goreng

Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Julak Muji :

  1. Pertama siapkan semua peralatan, kemudian bersihkan bagian ikan, setelah itu iris sedikit.
  2. Kemudian campurkan semua bahan menjadi satu
  3. Selanjutnya Lumuri semua bahan pada ikan, dan dinginkan selama minimal 2 jam agar bumbu meresap
  4. Terakhir panggang ikan menggunakan api kecil sampai benar – benar matang sempurna

10. Resep Bumbu Ikan Bakar Merah

Bahan – bahan :

  • 4 ekor ikan uk kecil
  • 5 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur seperlunya
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • Minyak untuk menggoreng
  • Jeruk nipis
Bumbu Halus :
  • 3 pcs Cabe kecil
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 2 pcs cabe besar
  • 1 siung bawang merah
  • 3 butir bawang putih
  • 1 pcs kemiri
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk

Cara Membuat Resep Bumbu Ikan Bakar Merah :

  1. Pertama – tama cuci bersih ikan, setelah itu buang kotoran dan juga sisiknya, taburi garam lalu beri perasan jeruk nipis.
  2. Kedua siapkan minyak panas dengan api sedang. Kemudian baluri garam secara merata pada ikan. Lalu goreng ikan sampai berwarna kuning kecoklatan
  3. Selanjutnya blender bumbu dan tumis dengan sedikit minyak sampai harum . Setelah bumbu halus mengeluarkan bau harum, tambahkan air, kecap, garam, kaldu jamur, lada bubuk, dan gula pasir.
  4. Setelah itu olesi bumbu yang telah ditumis pada permukaan ikan yang sudah di goreng tadi, kemudian panggang di kedua sisi, oleskan bumbu lagi hingga merata dan wangi, ulangi sesuai kebutuhan
  5. Terakhir beri garnis tomat atau tambahkan cabe. Nila bakar siap di santap dengan nasi hangat.

 

Nah , kalian udah baca kan 10 kreasi resep bumbu ikan bakar ala rumahan? bukan hanya itu kalian juga pastinya dapat informasi seputar ikan kan? mulai dari ciri – ciri ikan segar, manfaat ikan dan kandungan gizi pada ikan.

Dilihat dari kandungan gizi pada ikan, gimana nih tanggepan kalian tentang ikan? kalian tau nggak sih bahwa sebenarnya ikan tuh lebih baik di konsumsi sehari – hari daripada daging ayam, hanya saja masih banyak orang awam yang belum tau bahkan ada juga yang ngga suka ikan , padahal tuh banyak banget manfaat ikan yang bermanfaat buat tubuh kita.

Ikan juga banyak di temukan di indonesia lho, apalagi kalian pasti tau kan kalo Indoesia itu negara maritim, pasti banyak beragam jenis ikan lainnya yang pastinya memiliki banyak khasiat, aku jamin pasti di pasar  pasar indonesia selalu ada ikan yang so pasti bisa diolah sesuka hati apalagi diolah menggunakan teknik dibakar menggunakan resep bumbu ikan bakar yang ada di website ini. Selain itu, bahan ikan juga bisa diolah menjadi nuget, dan bisa tahan lama jika disimpan menggunakan vacuum sealer alat press plastik kedap udara.

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •