Home » Artikel » Artikel Proses » Kumpulan Resep Jagung Bakar Ini Siap Buat Lidah Bergoyang

Kumpulan Resep Jagung Bakar Ini Siap Buat Lidah Bergoyang

Resep Jagung Bakar – Jagung adalah salah satu tanaman yang masuk dalam deretan tanaman palawija. Beberapa daerah di Indonesia menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Hal ini menjadikan pertanian jagung di Indonesia dinilai cukup luas dan menghasilkan.

Walaupun cukup terkenal, ternyata Indonesia bukanlah negara asal tanaman biji-bijian ini lho. Faktanya jagung berasal dari Mexico, Amerika Selatan. Tanaman ini sudah ada sejak 10.000 tahun yang lalu. Jagung kemudian menjadi salah satu sektor pertanian yang populer.

Tanaman ini masuk ke wilayah Ekuador sekitar 7.000 tahun yang lalu. Kemudian dilanjutkan ke Peru 4.000 tahun yang lalu. Pemanfaatnnya yang meluas dan dalam jangka waktu panjang menjadikan jagung sebagai satu-satunya spesies yang tidak dapat hidup mandiri di alam bebas.

Sampai saat ini telah ada sekitar 50.000 kultivar jagung termasuk diantaranya hasil persilangan.

Jenis Jagung Yang Dapat Di Bakar

resep jagung bakar

Cara untuk menikmati jagung sangat beragam. Mulai dari di rebus hingga di bakar. Jagung bakar menjadi makanan tradisional yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan jagung merupakan makanan yang mudah didapatkan.

Berbagai Cara Mengolah Jagung

Cara pengolahannya yang masih sederhana membuatnya mendapat predikat sebagai makanan tradisional yang lezat. Namun, seakan tak mau tertinggal waktu, jagung pun memperoleh pembaharuan untuk pengolahan.

Saat ini jagung tidak hanya di konsumsi dengan cara di rebus, dicampur dengan nasi atau di bakar saja, namun sudah dijadikan produk popcorn yang sangat terkenal di antara pecinta makanan ringan.

Selain popcorn, jagung juga sering dijadikan bagian dari bahan makanan dalam pesta BBQ. Jagung bakar menjadi menu yang cukup di favoritkan dalam acara pesta BBQ mendampingi daging, jamur, paprika dan lain-lain.

Jenis Jagung Bakar Di Indonesia

Untuk bahan utama, jagung bakar atau jagung BBQ sendiri sebenarnya perlu pemilihan pada jenis jagung tertentu. Banyaknya jenis jagung, khususnya di Indonesia membuat kita harus memilah jagung mana yang cocok dijadikan bahan dasar jagung bakar.

  • Jagung Mutiara

Jenis jagung yang satu ini  cocok untuk dijadikan bahan dasar membuat jagung bakar. Jagung ini dipilih karena memiliki bulir yang besar dan kadar pati yang tinggi. Kadar pati yang tinggi ini juga mengenyangkan saat diolah.

  • Jagung Manis

Jenis jagung kedua yang cocok dijadikan sebagai bahan masakan dan jagung bakar adalah jagung manis. Seperti namanya, jagung ini memiliki rasa manis khas yang sangat pas jika dijadikan bahan utama jagung bakar. Anda hanya perlu memilih jagung dengan kematangan yang pas untuk mendapatkan rasa yang tepat.

  • Jagung Popcorn

Seperti namanya, jagung ini adalah bahan dasar membuat popcorn. Walaupun jagung ini tidak cocok dijadikan bahan jagung bakar, namun jika diolah menjadi popcorn rasanya akan sangat lezat.

Belum lagi jika ada topping-topping pendukungnya. Jagung ini memiliki kandungan pati yang ketika dipanaskan akan memuai dan berubah menjadi popcorn yang biasa kita nikmati.

Topping Untuk Jagung Bakar

Selain rasa original, sekarang jagung bakar juga tersedia dalam berbagai varian. Jika jagung bakar disajikan dengan maksud komersil, pedagang biasanya akan menyediakan varian rasa berbeda yang bisa dipilih oleh konsumen. Varian rasa itu antara lain seperti rasa pedas, keju, BBQ, balado, manis dan lain-lain. Varian rasa ini bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Selain topping yang dihasilkan oleh bumbu serbuk seperti diatas, saus-saus handmade juga bisa dijadikan pilihan dalam memberi rasa pada jagung bakar. Saus ini biasanya dibuat dari campuran beberapa bahan seperti saus pedas, saus sambal sampai madu.

Variasi Jagung Bakar Di Luar Indonesia

Ternyata jagung bakar tidak hanya bisa dinikmati di Indonesia saja lho. Ada negara lain yang juga memiliki jagung bakar khas. Bahkan cara mengolahnya pun berbeda. Yuk kita cek ulasan mengenai variasi jagung bakar lain berikut ini..

  1. Jagung Bakar Italia

Italia adalah salah satu negara yang memiliki menu makanan jagung bakar. Jagung bakar ala Italia ini cukup mudah untuk dibuat. Jagung hanya perlu dilumuri dengan bumbu yang terdiri atas mentega, keju, parsley, bawang putih dan paprika merah kemudian di bungkus dengan alumunium foil. Bakar jagung sampai kecoklatan dan jagung bakar ala Italia bisa langsung dinikmati.

  1. Salad Jagung Bakar

Jagung bakar juga bisa menjadi bahan dasar pembuatan salad. Salad jagung bakar namanya. Cara memasaknya hanya perlu dengan memisahkan jagung yang sudah dibakar dengan tangkainya. Kemudian tambahkan keju, daun bawang, air lemon dan bawang putih. Salad jagung bakar sehat pun siap santap untuk kamu yang sedang menjalani masa diet.

  1. Jagung Bakar “Kabobs”

Menu ini sebenarnya sering kita temukan ketika mengadakan pesta BBQ. Kobobs adalah hidangan yang terdiri atas daging sapi panggang yang diiris dan di satukan dengan tusukan. Disela-sela antara daging dalam tusukan tersebut bisa diselipi jagung, jamur ataupun paprika. Jangan lupa memasukan Kobobs yang akan dibakar ke dalam air yang sudah di bumbui bawang putih dan garam. Dijamin, rasa jagung bakarnya tidak kalah dengan dagingnya.

Acara yang Cocok Dengan Menu Jagung Bakar

Jagung bakar juga bisa dijadikan menu dalam sebuah acara. Jika dahulu jagung hanya digunakan sebagai bahan makanan pengganti nasi, sekarang jagung sudah masuk dalam list bahan menu pesta.

Pesta BBQ adalah acara yang paling pas untuk menyajikan menu jagung bakar. Selain rasanya, membakar jagung juga memiliki keasyikan sendiri. Kegiatan membakar jagung bisa dijadikan sebagai ajang kebersamaan bersama keluarga dan sahabat.

Jagung bakar sangat cocok jika di sajikan bersama menu BBQ lain yang pastinya tidak kalah dengan menu daging dan jamur.

Cara Membakar Jagung Bakar

Namanya adalah jagung bakar. Cara mengolahnya pasti dengan cara dibakar. Namun ada beberapa cara membakar jagung yang bisa dicoba. Cara membakarnya ini juga nantinya akan mempengaruhi cita rasanya. Hal dasar yang membedakan masing-masing cara adalah proses sebelum dan ketika pembakaran.

  1. Dibakar Beserta Kulitnya

Ketika akan dibakar, anda tidak perlu mengupas kulit jagung seluruhnya. Cukup kupas beberapa lembar kulit luarnya saja. Cara ini biasa digunakan ketika membakar jagung dengan cara sederhana.

Hasil dari jagung yang dibakar dengan tetap menyisakan kulitnya ini adalah jagung tetap matang dengan warna aslinya, tidak hitam karena terlindungi dari asap dan arang.

Jagung juga akan lebih juicy ketika dikupas. Gunakan api atau arang cukup membara agar kematangan jagungnya sempurna.

Walaupun ditutupi oleh kulit, anda tidak perlu cemas tidak dapat memberi topping atau bumbu pada jagung. Anda tetap bisa memberinya topping ketika jagung bakar sudah matang.

Akan tetapi kekurangan dari cara membakar ini adalah tangan yang mengupas akan hitam terkena arang yang menempel pada kulit. Belum lagi kesulitan memastikan apakah jagung sudah matang atau belum karena kondisinya yang tertutup kulit.

Kendati demikian rasanya tetap tak terkalahkan ditambah dengan aroma dari kulit jagung yang terbakar menambah kenikmatan menyantap jagung bakar.

  1. Dibungkus Alumunium Foil

Hampir sama dengan cara membakar jagung ala Italia sebelumnya, cara membakar jagung yang ini memanfaatkan alumunium foil. Gunanya agar jagung tetap terjaga kehangatannya. Biasanya ini digunakan dalam party besar.

Sebelum membungkusnya dengan alumunium foil, kulit jagung dikupas terlebih dahulu. Bakar jagung sambil di bolak-balik dengan durasi kurang lebih 15 menit. Jagung yang dibungkus dengan alumunium foil tidak akan meninggalkan bekas hitam di tangan.

Jagung bakar juga akan tetap matang tanpa ada bekas arang dipermukaannya. Hanya saja terdapat bagian yang kurang manis dikarenakan kurang terkena api langsung. Belum lagi cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuka kulit jagung.

  1. Dibakar Tanpa Bungkus

Cara membakar jagung yang ini, anda tidak perlu membungkus jagung dengan apapun. Anda tinggal mengkuliti jagung lalu kemudian di bakar di atas bara api. Anda juga bisa langsung memberinya rasa dengan mengolesi mentega atau garam. Balik-balik ketika sudah terlihat semburat hitam di bagian yang di bakar.

Membakar dengan cara ini lebih cepat dan bisa matang sempurna. Namun hasilnya tidak sejuicy ketika dibakar dengan bungkus alumunium foil atau kulit. Jagung juga akan memiliki bagian yang sedikit hitam. Anda juga perlu memperhatikan saat membakar karena jika tidak, maka seluruh bagian jagung akan menghitam akibat terbakar.

  1. Diasapi

Cara membakar yang terakhir lebih rumit. Kupas kulit jagung tapi usahakan kulit jagung tidak terlepas. Biarkan jagung terbuka dengan posisi kulit yang masih ada di pangkalnya.

Kemudian olesi jagung dengan minyak dan garam, kemudian bungkus kembali dengan kulit tadi. Tidak perlu terlalu rapat, bagian renggang antara kulit dan jagung akan memberikan harum asap. Bakar jagung sebentar sebelum diasapi agar terkstur jagung tetap sempurna.

Kelebihan cara ini jagung akan menghasilkan rasa yang hanya dimiliki oleh jagung asap. Tangan dan jagung juga tidak akan menghitam karena tidak terkena arang dan api. Hanya saja memang membutuhkan alat khusus dan waktu yang cukup lama untuk membakarnya.

Resep Jagung Bakar

resep jagung bakar

Jika berbicara tentang resep jagung bakar, ketika kita masukan kata kunci diatas di situs pencarian maka akan muncul ratusan resep yang pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk mendapatkan makanan yang sesuai dengan lidahnya masing. Oleh sebabnya berikut penulis bagikan beberapa resep jagung bakar spesial yang mungkin bisa dicoba di rumah bersama orang tercinta.

Resep Jagung Bakar Ala Resto Spesial

Resep jagung bakar yang satu ini banyak digunakan oleh resto-resto yang secara khusus menyediakan menu jagung bakar.

Alat :

Gunakan pemanggang yang terbuat dari stainless steel.

Bahan utama :

  • 10 buah jagung manis
  • Bubuk perasa (BBQ, balado, keju dan lain-lain)

Bumbu olesan asin pedas biasa

  • 2 sdm saus sambal
  • 2 sdm madu
  • 5 sdm margarin

Bumbu oles manis pedas asin

  • 5 sdm madu
  • 3 sdm mentega
  • Secukupnya saus sambal
  • Air dan garam

Bumbu olesan pedas manis spesial

  • 5 sdm saus sambal
  • 100 gr saus tomat
  • 100 gr margarin, lelehkan
  • 1 sdt gula pasir
  • 6 siung bawang putih, haluskan

Bumbu olesan pedas manis tabur keju

  • 100 gr parutan keju cheddar
  • 2 sdm saus tomat
  • 5 sdm saus sambal
  • 5 sdm margarin
  • 3 sdm madu

Bumbu olesan saus rahasia

  • 1 sdm saus tiram
  • 50 gr saus sambal
  • 100 gr saus tomat
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt gula halus
  • Margarin
  • 100 ml air

Cara membuat :

  1. Campur bumbu oles dalam wadah yang berbeda
  2. Bakar jagung sambil diolesi bumbu yang sudah di racik dan jangan sampai bumbu mengering
  • Saus pedas digunakan saat sudah hampir matang atau pada pembalikan jagung terakhir
  • Saus lainnya oleskan disaat terakhir

Jagung bakar ala resto siap dinikmati.

Resep Jagung Bakar BBQ

Alat :

Gunakan pemanggang yang terbuat dari stainless steel.

Bahan utama :

  • 5 buah jagung manis

Bahan olesan jagung BBQ

  • 25 gr margarin
  • 1 sdt saus BBQ
  • Secukupnya garam

Cara membuat :

  1. Kupas kulit jagung
  2. Siapkan panggangan dengan arang yang telah membara.
  3. Campur semua bahan olesan dan oleskan pada jagung dengan menggunakan kuas
  4. Bakar jagung diatas panggangan dan arang dengan sesekali dibolak-balik sambil diolesi bumbu oles beberapa kali.
  5. Jika diarasa sudah matang, angkat
  6. Jagung bakar BBQ siap dinikmati.

Resep Jagung Bakar Pedas Manis Gurih

Alat :

Gunakan pemanggang yang terbuat dari stainless steel.

Bahan utama :

  • 8 buah jagung manis yang sudah di kupas kulitnya

Bahan olesan :

  • 60 gr margarin, lelehkan
  • 1 sdm madu
  • 100 gr saus tomat
  • 2 sdm saus sambal

Bahan taburan :

  • 75 gr keju cheddar, parut
  • 2 sdm susu kental manis

Cara membuat :

  1. Campurkan bahan olesan menjadi satu, aduk sampai merata
  2. Bakar jagung sambil diolesi bumbu oles, bolak-balik sampai semua sisi jagung terlihat matang.
  3. Jika jagung sudah matang, angkat dari panggangan
  4. Selagi masih panas taburkan keju Cheddar dan susu kental manis di atasnya
  5. Jagung bakar pedas manis gurih siap dinikmati

Tips Memilih Jagung Untuk Dibakar

Rasa lezat yang muncul dari jagung bakar tidak hanya dihasilkan dari proses pembakaran saja, namun juga ketepatan dalam memilih jagung yang menjadi bahan utama. Sebelumnya telah dijelaskan jenis jagung manis dan jagung mutiara yang cocok untuk dijadikan bahan dasar jagung bakar.

Selanjutnya anda harus memperhatikan jagung yang seperti apa yang cocok untuk di bakar. Ini bisa anda gunakan ketika anda akan membeli jagung. Berikut adalah tips memilih jagung bakar yang tepat untuk dibakar.

  • Perhatikan Kulit Jagung

Saat Anda membeli jagung di pasar ataupun di petani secara langsung, Anda harus fokus pada bagian kulitnya. Pilih jagung yang kulitnya masih memiliki warna hijau muda dan tidak kering.

  • Biji Jagung Juga Penting Untuk Diperhatikan

Saat memilih jagung untuk dibakar, lihatlah bagian biji jagungnya. Usahakan membeli jagung yang gigi jagungnya rapat dan tidak berongga.

  • Umur Jagung

Meskipun tidak semua orang bisa mengetahui umur jagung secara pasti. Tapi sebaiknya Anda memilih jagung yang umurnya sedang, tidak terlalu tua maupun terlalu muda.

  • Jagung Terbaik Ada di Kebun Jagung

Belilah jagung di kebun jagungnya langsung untuk mendapatkan jagung yang paling baik. jika terpaksa membeli jagung di pasar maka usahakan membeli jagung yang usianya tidak lebih dari 3 hari setelah waktu pemetikan.

Jagung bakar adalah salah satu makanan tradisional yang saat ini sudah menjadi menu modern dan muncul di berbagai acara. Cara terbaik menikmati jagung bakar adalah saat masih hangat dan bersama orang-orang yang tersayang.

Semoga informasi mengenai cara membakar jagung, jenis-jenis jagung hingga resep jagung bakar yang diulas tadi bisa bermanfaat untuk Anda semua ya. Tidak hanya untuk dikonsumsi sendiri, faktanya Anda bisa memanfaatkan resep jagung bakar di atas untuk membuka usaha kuliner lho. Target pasar untuk jagung bakar juga cukup luas mengingat anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai camilan yang satu ini. Berminat untuk membuka usaha jagung bakar di rumah? Kenapa tidak!!!

 

By | 2017-10-05T09:55:10+00:00 September 29th, 2017|Artikel Proses|Comments Off on Kumpulan Resep Jagung Bakar Ini Siap Buat Lidah Bergoyang

About the Author: