Keripik bawang yang mudah dibuat ini menjadi cemilan favoritnya orang – orang untuk di jadikan cemilan karena memiliki rasa yang gurih dan memiliki tekstur yang renyah.

Cara Bikin Keripik Bawang

Table of Contents

Manfaat Keripik Bawang

1. Meningkatkan Imunitas

Efektivitas keripik bawang pertama dapat membantu Anda meningkatkan kekebalan Anda. Senyawa dalam makanan ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

2. Menghasilkan Energi

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, ternyata keripik bawang merah memiliki berbagai manfaat lain. Salah satunya menghasilkan listrik. Makanan tersebut mengandung karbohidrat dan lemak yang dibutuhkan tubuh sebagai cadangan energi.

3. Anti Kanker

Kerupuk bawang ini memang pantas disebut kanker herbal atau kanker. Hal tersebut terjadi karena kandungan dalam makanan tersebut mengandung senyawa allyl sulfide yang menimbulkan sifat anti kanker.

4. Menjadi Antioksidan Yang Sangat Kuat

Kandungan kerupuk bawang merah memiliki khasiat sebagai sumber antioksidan yang sangat kaya dan secara alami dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, makanan ini juga dikenal sebagai antibakteri dan virus yang dapat membantu mencegah berkembangnya jamur, bakteri, dan cacing di dalam tubuh.

5. Ampuh Dalam Menurunkan Kolesterol Jahat

Kerupuk bawang merupakan makanan yang dikenal dapat menurunkan kolesterol jahat. Secara signifikan mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat menurunkan kolesterol hingga 11-16 persen.

6. Mengurangi Berat Badan

Senyawa dalam kerupuk bawang merah mengandung zat inflamasi yang dapat membantu mengatur sel lemak yang dibuat dalam tubuh Anda. Penurunan berat badan terjadi ketika lemak terus menumpuk. Pada tahap ini, preadiposit diubah menjadi sel lemak melalui proses yang Anda sebut sistem inflamasi.

7. Mengatasi Sembelit

Bagi Anda yang sedang mengalami gejala sembelit, sangat disarankan untuk mengonsumsi kerupuk bawang merah. Ini dilakukan karena makanan ini dapat membantu proses menghilangkan racun dalam tubuh.

8. Jantung Yang Sehat

Kerupuk bawang merah mengandung kandungan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika banyak mengonsumsi makanan tersebut maka kadar kolesterol tubuh akan menjadi normal dan aliran darah tidak akan terganggu sehingga kesehatan jantung dapat ditingkatkan.

9. Mengontrol Diabetes

Diabetes yaitu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya produksi insulin dalam tubuh. Sedangkan kandungan dalam keripik bawang merah memiliki manfaat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

10. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan. Dengan mengkonsumsi kerupuk bawang merah ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk membantu mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Hal ini dilakukan karena makanan tersebut mengandung senyawa kromium yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Bawang Putih

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal tersebut dipublikasikan Journal of Nutritional Biochemistry yang telah membuktikan dengan penelitian.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Penderita diabetes dari kardiomiopati bisa terlindungi oleh manfaat bawang putih (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3. Mencegah Flu

Konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengurangi dan mencegah timbulnya influenza.

4. Menurunkan Risiko Osteoartritis

Manfaat bawang putih lainnya adalah pencegahan osteoartritis. Di King’s College London dan Universitas East Anglia telah melakukan sebuah studi tentang subjek tersebut.

5. Mengurangi Risiko Kanker Paru-paru

Makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru-paru hingga 44 persen.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Salah satu khasiat bawang putih adalah mengurangi berbagai risiko penyakit. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan pada bawang putih. Kandungan ini bisa membantu melawan radikal bebas.

7. Memberikan Efek Detoksifikasi

Manfaat bawang putih untuk efek detoksifikasi berasal dari kandungan sulfur dalam bawang putih. Dalam dosis tinggi, kandungan ini menunjukkan efek perlindungan atau perlindungan organ tubuh dari racun logam yang mungkin ada di dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian pernah menggunakan ekstrak bawang putih kering pada wanita yang mengalami menopause. Hasil penelitian menunjukkan penurunan defisiensi estrogen yang dapat memicu terjadinya osteoporosis pada seseorang.

9. Pencegahan Kerusakan Hati

Kerusakan hati sebagian besar disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti minum alkohol dalam jangka panjang. Namun, hal ini bisa dicegah jika Anda mengawetkan khasiat bawang putih.

10. Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab seringnya kelahiran prematur adalah infeksi selama kehamilan. Bawang putih memiliki efek antimikroba untuk membantu mencegah infeksi atau mengurangi risiko kelahiran prematur.

Manfaat Bawang Merah

1. Pengobatan Maag

Mengkonsumsi bawang merah bisa menjadi obat maag alami. Bawang merah cukup dibersihkan dan dimakan mentah. Selain itu, Anda dapat mencampurkannya dengan makanan lain seperti kecap untuk menghindari bau yang menyengat.

2. Turunkan Demam Anda

Manfaat bawang bombay untuk bayi mungkin bisa untuk menurunkan demam. Campurkan parutan bawang bombay dengan minyak kelapa dan sedikit asam lalu oleskan secara merata ke tubuh, terutama punggung dan perut, agar bisa menghangatkan badan.

3. Napas Tanpa Gesekan

Lendir yang ada di tenggorokan dan bisa menyumbat saluran udara bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang merah. Cukup makan bawang merah mentah atau acar untuk membuat badan terasa hangat dan meningkatkan pernapasan.

4. Mengatasi Masuk Angin

Selain untuk pernafasan, bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Cukup potong umbi bawang bombay dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian oleskan ramuan tersebut di area punggung hingga kulit berubah menjadi merah.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol berlebih tidak baik untuk tubuh manusia. Namun, makan bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol karena memfasilitasi mobilisasi dan menghindari hambatan akumulasi.

6. Mengobati Luka

Umbi bawang merah dapat digunakan untuk mengobati luka pada tubuh. Caranya cukup potong umbi bawang bombay menjadi irisan-irisan lalu campurkan dengan minyak kelapa dan garam. Didihkan semua bahan. Kemudian biarkan bahan campuran menjadi dingin dan oleskan secara teratur ke luka setidaknya tiga kali sehari. Dengan cara ini, luka di tubuh cepat kering di luar dan dalam.

Manfaat Lainnya:

7. Menormalkan Kadar Gula Darah

Bawang merah dapat meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes, yang menyebabkan penurunan kadar gula darah. Makanya, mengkonsumsi bawang bombay bisa menambah dan menormalkan gula dalam tubuh.

8. Mata Ikan

Khasiat bawang merah mentah untuk mata ikan bisa didapatkan dengan mengoleskan potongan bawang merah pada area mata ikan. Lakukan ini dari sore hingga pagi, setelah itu Anda membasuh kaki dengan sabun hangat dan air.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Bawang bombay mengandung asam folat yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kandungan lain dalam bawang bombay seperti zat besi dan pyrithione juga meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

10. Meningkatkan Stamina Pria

Manfaat bawang merah jantan dapat meningkatkan stamina. Pasalnya, kandungan fitokimia pada bawang bombay dapat merangsang vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu mencegah penyakit pada tubuh.

11. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Makan bawang merah bisa mengurangi risiko ini karena adanya quercetin yang bisa menurunkan tekanan darah.

12. Meningkatkan Imunitas

Kekebalan tubuh dari mengonsumsi bawang merah bisa memperkuat dan mencegah berbagai penyakit seperti flu, demam, dan bronkitis. Caranya adalah dengan menambahkan bawang bombay ke dalam makanan yang Anda makan.

Manfaat Tepung Terigu

Cara Bikin Keripik Bawang

1. Buat Benda Terang Dari Logam

Memiliki barang logam jika tidak diseka dengan hati-hati terlihat membosankan. Tapi jangan takut, Anda hanya bisa mengembalikan kilau produk Anda dengan tepung terigu, cuka dan garam. Campur ketiga bahan dengan perbandingan 1: 1: 1 sampai terbentuk pasta.

2. Sebagai Peeling Untuk Membuat Kulit Menjadi Cerah

Tepung terigu tidak hanya mencerahkan benda logam, tapi juga bisa mencerahkan kulit Anda. Campur dua sendok makan tepung, satu sendok makan yogurt dan sedikit bubuk kunyit. Campuran ini bisa anda gunakan sebagai scrub untuk tubuh Anda atau sebagai masker wajah. Oleskan selama 25 menit setelah itu bilas dengan air hangat.

3. Mencegah Gorengan Menempel Pada Mangkuk

Menggoreng ikan terkadang bisa sangat membuat frustrasi. Cipratan minyak goreng di tangan dan ikan goreng terkadang menempel di wajan. Mulai sekarang Anda tidak perlu takut lagi. Sebelum menambahkan ikan, tambahkan satu sendok makan tepung ke minyak panas dan aduk. Kemudian masukkan ikan ke dalam minyak. Minyak tidak terciprat kemana-mana.

Resep – resep Keripik Bawang:

1. Resep Keripik Bawang Original

Bahan – bahan:

  • 350 g tepung terigu
  • 50 g tepung kanji
  • 2 ¼ sdt garam
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 75 g bawang merah, cincang halus
  • 1 sdm daun seledri cincang
  • 2 butir telur, kocok
  • 125 ml santan kental
  • 50 g tepung terigu

Cara Membuat Keripik Bawang:

  1. Campur tepung terigu, pati, garam, aduk bawang putih, bawang merah dan seledri, aduk rata.
  2. Secara bertahap tambahkan telur, uleni dan santan sampai campuran aslinya rata
  3. Giling adonan dengan penggiling adonan hingga setebal 1 – 2 mm (atau gulung dengan mesin pasta).
  4. Potong bentuk wajik berukuran 2 x 4 cm dengan pisau bergerigi, letakkan di atas nampan bertepung, usahakan tidak menumpuknya.
  5. Panaskan banyak minyak goreng dalam wajan dengan api sedang, tambahkan adonan secara bertahap. Goreng sambil kita aduk agar tidak lengket, hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat dari api dan tiriskan.

2. Resep Keripik Bawang Tanpa Telur

Bahan – bahan:

  • 500 gr tepung terigu protein sedang atau serba guna
  • 125 gr tepung tapioka atau kanji
  • 50 gr margarin kita cairkan.timbang.lalu cairkan
  • 2 batang daun seledri tanpa batang,iris halus
  • 2 batang daun bawang tanpa batang,iris halus
  • 4 siung bawang putih,haluskan
  • 6 butir bawang merah,haluskan
  • 2 sdt garam halus
  • 1 sdt kaldu jamur bubuk atau kaldu ayam (penyedap)
  • 240 ml air bersih atau sekitar 220 ml jika menggunakan telur 1
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Keripik Bawang Tanpa Telur:

  1. Masukkan semua bahan kecuali air ke dalam wadah besar dan tambahkan sedikit demi sedikit. Aduk dan uleni hingga adonan menyatu. Konsistensi adonan tidak terlalu lembek.
  2. Ambil adonan kecil dan ratakan dengan penggilas adonan hingga mendapatkan ketipisan yang kita inginkan. Letakkan adonan dengan plastik agar tidak lengket. Taburkan juga tepung di atasnya agar tidak lengket. Kemudian potong sesuai selera. Taruh dalam wadah yang ditaburi tepung.
  3. Goreng dengan minyak panas, periksa dulu minyaknya panas, tuang 1 adonan, kalau langsung mengapung bisa di goreng. Di awal goreng dengan api besar, setelah 2 menit kecilkan api. Goreng sampai berwarna keemasan. Angkat, tiriskan, dan kikis di atas nampan yang dilapisi dengan gulungan dapur atau kertas roti.
  4. Kemas dalam wadah kedap udara jika sudah dingin.

Tips:

  • jangan terlalu tebal saat memipihkan agar renyah.kalo tebal nanti jadi ngeprul kayak kukis.
  • Jangan menggunakan butter ya,nanti jadi ga krispy. Pake margarin saja yang dilelehin tapi tunggu dingin baru gunakan.
  • Gunakan minyak panas untuk menggoreng agar menggembung, jangan goreng sekaligus biar matang merata.
  • Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

3. Resep Stik/Keripik Bawang Pepaya

Bahan – bahan:

  • 1 bh pepaya muda
  • Tepung terigu
  • Tepung tapioka
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • secukupnya Penyedap rasa
  • Minyak goreng

Cara Membuat Stik/Keripik Bawang Pepaya:

  1. Kupas pepaya dan parut dengan parutan sayur / buah. Rendam dalam sedikit air, tambahkan 2 sendok makan garam. Tekan – Tekan atau diamkan ± 10 menit hingga tekstur tidak lagi kaku. Cuci dengan air bersih dan tiriskan.
  2. Tempatkan di baskom setelah kita keringkan. Campur dengan bawang putih yang dihancurkan. Jangan tambahkan garam, pepaya masih akan terasa asin karena sebelumnya sudah direndam dalam larutan air garam.
  3. Saya terlalu takut untuk tidak menyia-nyiakan tepung. Sayang sekali itu sia-sia. Untuk tiap wajan, siapkan campuran tepung dengan perbandingan tepung terigu dan tepung tapioka 1: 1. Beri sedikit rasa (saya pakai Royco).
  4. Beri parutan pepaya goreng dengan ukuran 1X. Aduk – aduk dan uleni perlahan agar tepung menempel dengan sempurna dan tidak menggumpal. Lalu ayak sedikit, lalu goreng hingga renyah dan kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  5. Taruh di wadah kering.

4. Resep Keripik Bawang Asin Manis

Bahan – bahan:

  • 250 gr terigu pro.sedang
  • 80 gr tapioka
  • 1 butir telur
  • 30 gr mentega
  • 1/2 sdt garam(sesuai selera)
  • 100 ml air
  • 50 gr gula pasir
  • 5 lembar daun jeruk iris tipis
  • 1/2 sdt merica
  • 5 buah bawang putih
  • 5 buah bawang merah

Cara Membuat Keripik Bawang Asin Manis:

  1. Haluskan bawang putih dan bawang bombay, sisihkan
  2. Campur semua bahan, uleni hingga kalis dan gula larut
  3. Ambil sedikit adonan, olesi dengan tepung, lalu gulung setebal 1 cm
  4. Potong tipis
  5. Nyalakan api, panaskan minyak … sampai hangat, tambahkan irisan adonan lalu goreng dengan api kecil hingga kecoklatan. Tiriskan dan tunggu dingin … siap disajikan

5. Resep Keripik Bawang Keju

Bahan – bahan:

Bahan Adonan

  • 1000 gr tepung terigu cakra kembar
  • 500 gr tepung tapioka
  • 200 gr blue band margarin, cairkan
  • 170 gr prochiz atau kraft cheddar, parut
  • 3 butir telur
  • 1 sdm baking powder
  • 1 bungkus royco atau boleh gunakan totole
  • 3 sdm seledri, cincang halus
  • secukupnya Bawang merah goreng,
  • 450 ml air atau boleh ditambah dan dikurangi sesuai selera
Bumbu Halus
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • secukupnya Merica dan garam

Cara Membuat Keripik Bawang Keju:

  1. Campur semua bahan adonan, uleni hingga kalis, biarkan mengembang selama kurang lebih 20 menit.
  2. Sedikit demi sedikit ambil adonan, haluskan hingga tipis dan potong sesuai selera. Agar tidak lengket, Anda bisa menggunakan tepung tapioka yang ditaburkan ke dalam adonan.
  3. Goreng dengan banyak minyak dengan api sedang hingga terendam.
  4. Goreng hingga renyah dan tiriskan.

 

Itu dia resep keripik bawang dan sedikit informasi dari saya. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

WhatsApp Chat Whatsapp!