Kali ini saya akan membahas tentang resep kue macaroon, Macaroon adalah kue kering yang berasal dari italia macaroon tidak dibuat dari tepung almond melainkan hanya terbuat dari putih telur, gula, dan kelapa kering sehingga rasanya seperti kelapa.

Selain membahas tentang cara membuat pisang coklat kali ini kita membuat tentang resep kue macaroon

Macaroon adalah biskuit kecil atau kue, biasanya dibuat dari kacang tanah almond, kelapa atau kacang-kacangan lainnya, dengan gula dan terkadang perasa, pewarna makanan, ceri glace, selai atau lapisan cokelat – atau kombinasi dari bahan-bahan ini atau lainnya. Beberapa resep membutuhkan susu kental manis.

Macaroon biasanya dicelupkan ke dalam lelehan coklat. Macaroon dicetak dengan pipa berbentuk seperti bintang sehingga bentuknya mirip seperti bintang. Di Prancis, macaroon dikenal dengan nama Congolais dan kue kering bertekstur renyah ini sering disajikan pada saat Paskah karena tidak mengandung tepung.

Resep Kue Macaroon Rumahan dengan Bahan yang Mudah Didapat

Hasil gambar untuk kue macaroon

Resep Kue Macaroon Rumahan dengan Bahan yang Mudah Didapat

Kamu tau kan tentang kue ini, ya ini adalah kue yang belakangan ini sedang booming di indonesia, Rasanya yang manis dan renyah menjadikan kue ini begitu banyak diburu oleh orang-orang.

Kue yansi oleh rasa gurih almond yang berpadu selaras dengan aneka rasa isi, seperti vanila, kopi, cokelat, buah-buahan, kelapa, hingga green tea. Teksturnya renyah di luar tetapi lembut dan sedikit chewy di dalam.

Saat dimakan, langsung lumer di mulut. Tidak sedikit yang bertanya-tanya darimanakah kue macaroon ini berasal, menurut Larousse Gastronomique, kamus kuliner asal Prancis, resep orisinal macaroon datang dari Venesia, Italia.

Kalimat macaroon berasal dari bahasa orang Italia, maccarone, yang memiliki arti bentuk bubuk halus. Tetapi macaroon pertama populer di Prancis, macaroon versi tertua diyakini dibuat pada tahun 791 M di sebuah biara di Cormery.Membuat macaroon membutuhkan ekstra ketelitian dalam membaca dan mengikuti resep dan ketepatan dalam hal mengukur bahan, membuat adonan, dan menentukan suhu oven yang tepat untuk memanggang.

Bahan, peralatan, dan cara membuat macaroon pada dasarnya sama dengan teknik membuat schuimpjes atau meringue (adonan putih telur). Bedanya, macaroon selalu menggunakan almond bubuk, dan adonan dipanggang tidak sampai sekering kue kering.

Bentuknya pun bundar dengan permukaan yang sedikit naik seperti koin tebal (tidak meruncing ke atas seperti kebanyakan bentuk schuimpjes), dan bagian dasar kue datar, Jika kamu ingin tahu bagaimana cara membuatnya, berikut adalah resep kue macaroon. Kue yang imut serta memiliki berwarna cerah ini tengah populeh di dunia kue. Meski termasuk pendatang baru di dunia kuliner Indonesia, macaroon sudah lama populer di belahan bumi Eropa, khususnya Prancis.

Bahan yang digunakan dalam resep kue macaroon:

120 gr tepung almond

3 butir putih telur

2 sdm gula

200 gr gula icing (gula bubuk)

2 sdm icing sugar (untuk taburan)

Pewarna makanan secukupnya (warna bisa sesuai selera)

 

Bahan olesan cara membuat macaroon:

100 gr cokelat putih, dipotong-potong

2 sdm krim kental

1 12 sdt vanila bubuk

Cara membuat olesan macaroon:

  1. Siapkan panci berisi air sedikit saja, lalu letakkan mangkuk ditengah panci (air jangan sampai melebihi tingginya mangkuk).
  2. Masukkan cokelat putih dan krim kental kemudian masak menggunakan api kecil, pastikan adonan tersebut sudah tercampur dengan rata.
  3. Kemudian setelah itu angkat dan diamkan hingga kental dan dingin. Bahan olesan pun siap digunakan.

Cara membuat macaroon sederhana:

  1. Siapkan loyang yang diolesi dengan mentega tipis, tutup dengan kertas roti lalu sisihkan.
  2. Selanjutnya kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga lembut kemudian tambahkan gula kastor lalu kocok terus hingga gula larut dan lembut. Matikan mixer, lalu tambahkan icing sugar dan juga tepung almond, aduk hingga merata dengan menggunakan spatula.
  3. Setelah diaduk pindahkan adonan kue macaroon ke dalam mangkuk yang lebih kecil, jika kamu ingin membuat beberapa warna yang berbeda pada kue macaroon, maka adonan dibagi di dalam mangkok yang berbeda-beda sebanyak warna yang ingin dibuat.
  4. Tuangkan pewarna makanan yang sudah disiapkan sesuai selera ke dalam adonan di masing-masing mangkuk, lalu aduk rata.
    Kemudian masukan adonan dalam kantong kue bentuk segitiga, lubangi ujungnya lalu semprotkan adonan di atas loyang.
  5. Buatlah bulatan-bulatan yang sama, jangan lupa beri jarak sekitar 2 cm antar adonan agar saat adonan mengembang tidak saling menempel.
    Selanjutnya taburkan icing sugar di atas adonan, lalu diamkan kurang lebih selama 15 hingga 20 menit.
  6. Kemudian panggang adonan kue ke dalam oven dengan suhu 150 derajat Celsius kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang. Lalu angkat, dinginkan kue macaroon.
    Terakhir oleskan satu bagian kue macaroon dengan bahan olesan yang sudah dibuat sebelumnya, lalu tutup kue macaroon yang memiliki warna sama. Bentuk hingga menyerupai burger.

    Meski terlihat sulit resep kue macaroon ini bisa kamu terapkan di rumah dengan cara yang sederhana.

Resep Kue Macaroon

1.Resep Kue Macaroon (Pumpkin Macaron)

 

Bahan-bahan:

80 g tepung Almond

80 g powder sugar (icing sugar)

Beberapa tetes pewarna makanan

65 g putih telur

70 g gula halus

200 g labu kuning (pumpkin)

160 g susu cair

40 g gula pasir

Langkah Langkah

  1. Siapkan bahan2 aku pakai pewarna makanan merah dah kuning(aku pake pewarna bubuk)bulatkan baking paper dengan tutup botol 3cm, lalu balikan kertas.
  2. Saring almond powder, powder sugar masukan dalam mangkuk aduk hingga tepung tercampur.
    Buat meringue :dalam mangkuk terpisah. Kocok putih telur sampai keputihan, Tambahkan gula halus dalam 3 x pengadukan dengan cara dimasukkan secara bertahap, kocok hingga berjejak .(Tanda nya bila di mangkuk dibalikan tidak tumpah).( bila memakai pewarna cair masukan pewarna pada tahapan ini mixer kembali).
  3. Masukkan tepung almond, gula halus (Yg telah di ayak) lalu aduk balik.
  4. Aduk sambil agak ditekan agar tidak ada udara yang terjebak dalam adonan, Sampai adonan perlahan-lahan jatuh dari atas dari spatula.
  5. Masukkan adonan dalam piping bag. Semprotkan di atas kertas baking hentakan loyang Biarkan 30 hingga 60 menit agar permukaan mengering bila di sentuh dg jari supaya kaki macaron keluar (sesuai cuaca).Panaskan lebih dulu oven ke 160 ° C selama 10 menit.
  6. Panggang dalam oven pada 160 ° C selama sekitar 5 menit, lalu turunkan suhu 130 ° Selama 7menit sampai permukaan macaron mengembang dan kaki amuncul di sekitarnya. Dinginkan di suhu ruang siap untuk di lepas dari kertas baking.
  7. Cara membuat filling, masukan dalam anti panas labu kuning, hangat kan dalam microwave 600w selama 10 menit. (cara ini bisa dg di kukus). Setelah di hangatkan kerok labu dari kulit nya.
  8. Lalu masukan dalam panci kecil labu,gula dan susu cair aduk hingga rata.
  9. Mixer hingga lembut masukan piping bag. Lalu semprotkan di atas macaron.
  10. Jepit kan macaron lain, tutup dg plastik wrapping dinginkan dalam kulkas.

    Ternyata banyak loh yang menganggap kue macaron dan kue macaroon sama, berikut merupakan perbedaan kue tersebut.

2. Purple Sweet Potato Macaroon

 

Bahan-bahan resep kue macaroon ( purple sweet potato macaroon) :

90 g tepung Almond

80 g powder sugar (icing sugar)

10 g ubi ungu powder

2 butir putih telur

70 g gula halus

80 g white coklat

40 g whipping cream cair

20 g unsalted butter (suhu ruang)

10 g ubi ungu powder

Langkah Langkah

  1. Gambar bundaran di kertas baking macaaron (aku bulatan 3.5cm) balikan kertas. Siapkan bahan2.
  2. Saring almond powder, powder sugar masukan dalam mangkuk aduk hingga tepung tercampur.
  3. Buat meringue :dalam mangkuk terpisah. Tambahkan gula halus dalam 3 x pengadukan dengan cara dimasukkan secara bertahap, kocok hingga berjejak .(Tanda nya bila di mangkuk dibalikan tidak tumpah.
  4. tambahkan tetesan pewarna mixer dg kecepatan rendah.
  5. Masukkan tepung almond, gula halus ?ubi ungu powder (Yg telah di ayak) masukan secara 2x bertahap aduk setiap kalinya (Aduk balik).
  6. Aduk sambil agak ditekan agar tidak ada udara yang terjebak dalam adonan, Sampai adonan perlahan-lahan jatuh dari atas dari spatula.
  7. Masukkan adonan dalam piping bag. Gunting ujung plastik lalu cetak adonan di atas loyang yang telah dialasi kertas roti. Semprotkan di atas kertas baking hentakan loyang agar tidak ada udara dalam macaron.Biarkan 30 hingga 60 menit agar permukaan mengering bila di sentuh dg jari supaya kaki macaron keluar (sesuai cuaca).Panaskan lebih dulu oven ke 160 ° C selama 10 menit
  8. Panggang dalam oven pada 160 ° C selama sekitar 5 menit, lalu turunkan suhu 130 ° Selama 7menit sampai permukaan macaron mengembang dan kaki amuncul di sekitarnya. Dinginkan di suhu ruang bila sudah dingin siap untuk di lepas dari kertas baking.
  9. .FILLING : timkan chocolate dan whipping cream di air panas, lelehkan, lalu tambahkan selai srawberry dan permarna aduk rata, diamkan dalam kulkas selama 1jam
    Masukan isian filling dalam piping bag, siap menghias Isian macaron.dinginkan macaron di kulkas.

3. Macaroons (Tanpa Tepung Almond)

 

Bahan-bahan resep kue macaroon ( tanpa tepung almond):

50 gr Rolled Oat/Instan Oat

50 gr tepung gula

1 buah putih telur

38 gr castor sugar

Langkah Langkah

  1. Haluskan oat dengan mengunakan blender, cetak bulat-bulat kertas baking(saya ukuran diameter 3,5cm)
  2. Saring oat hingga halus, saya 3 kali saring. Pada saringan pertama, sisa tepung yang belum halus saya blender kembali lalu saring lagi untuk yg kedua kalinya. Kemudian, blender semua tepung yang telah disaring kembali untuk yang ke 3 kalinya.
  3. Haluskan gula tepung dan oat bersamaan, lalu saring. Sisihkan
  4. Mixer putih telur hingga berbusa, lalu masukan gula pasir 3x tahap. Mixer hingga stiff peak.. kurleb 10-15 menit. Masukan pewarna makanan, aduk rata.
  5. Ambil sedikit adonan putih telur, campurkan kedalam tepung, aduk hingga tercampur rata, lalu masukan kedalam sisa adonan putih telur. Gunakan tekhnik aduk balik. Disini kunci nya supaya macaroons keluar kaki-kaki nya.
  6. Tips aduk: pastikan adonanan bisa turun jika spatula dalam posisi tegak.. adonan tidak terlalu kental dan tidak terlalu cair. Jika adonan masih kental dan pengadukan hanya sebentar hasil macaroon akan retak.
  7. Jika adonan sudah siap, masukan kedalam piping bag.. lalu semprotkan keatas baking paper..hentakan loyang dan diamkan hingga adonan tidak menempel dijari jika disentuh (kurleb 10-15menit)
  8. Panggang kedalam oven yang sudah dipanaskan..panggang selama 15-20 menit dengan suhu 150dcl. Jika sudah matang, biarkan dalam suhu ruang.
  9. Jika sudah dingin, lepaskan macaroon dari loyang dan siap di beri isian.. saya menggunakan buttercream instan.

4. Lemon Macaron

 

Bahan-bahan resep kue macaroon (lemon macaroon):

80 g tepung Almond

80 g powder sugar (icing sugar)

1/2 buah lemon

Beberapa tetes pewarna kuning

65 g putih telur

70 g gula halus

100 g white chocolate

2 sdm whipping cream cair

40 g selai orange

1 sdt perasan air lemon

Langkah Langkah

  1. Gambar bundaran di kertas baking macaaron (aku bulatan 3.5cm) balikan kertas. Siapkan bahan2
  2. Saring almond powder, powder sugar masukan dalam mangkuk aduk hingga tepung tercampur.
  3. Buat meringue :dalam mangkuk terpisah. Tambahkan gula halus dalam 3 x pengadukan dengan cara dimasukkan secara bertahap, kocok hingga berjejak .(Tanda nya bila di mangkuk dibalikan tidak tumpah). tambahkan tetesan pewarna mixer dg kecepatan rendah.
  4. Masukkan tepung almond, gula halus dan oreo cookie (Yg telah di ayak) masukan secara 2x bertahap aduk setiap kalinya (Aduk balik).
  5. Tambahkan parutan kulit orange,Aduk sambil agak ditekan agar tidak ada udara yang terjebak dalam adonan.
  6. Sampai adonan perlahan-lahan jatuh dari atas dari spatula. Tips : – Bila mengaduk adonan sebentar, tekstur macaroon akan pecah – Bila terlalu lama mengaduk tekstur makaron tidak akan mengembang
  7. Masukkan adonan dalam piping bag. Gunting ujung plastik lalu cetak adonan di atas loyang yang telah dialasi kertas roti. Semprotkan di atas kertas baking hentakan loyang agar tidak ada udara dalam macaron.Biarkan 30 hingga 60 menit agar permukaan mengering bila di sentuh dg jari supaya kaki macaron keluar (sesuai cuaca).Panaskan lebih dulu oven ke 160 ° C selama 10 menit
  8. Panggang dalam oven pada 160 ° C selama sekitar 5 menit, lalu turunkan suhu 130 ° Selama 7menit sampai permukaan macaron mengembang dan kaki amuncul di sekitarnya. Dinginkan di suhu ruang bila sudah dingin siap untuk di lepas dari kertas baking.
  9. ??FILLING : timkan chocolate dan whipping cream di air panas, lelehkan, lalu tambahkan selai srawberry dan permarna aduk rata, diamkan dalam kulkas selama 1jam
  10. Masukan isian filling dalam piping bag, siap menghias Isian macaron.dinginkan macaron di kulka

Perbedaan Kue Macaron dan Macaroon

Camilan manis dan menggugah selera tentu disukai oleh siapa saja. Camilan ini juga cocok dijadikan teman santai di sore atau malam hari sambil melihat acara televisi kesayangan.

Camilan ini juga cocok sebagai camilan yang diberikan ke tamu dan dipajang di atas meja ruang tamu. Terlebih lagi, ketika camilan manis ini memiliki warna beragam yang cantik seperti halnya kue macaron dan macaroon.

Ya, macaron adalah kue atau camilan manis yang enak dan menggugah selera. Tapi, penting kita tahu nih bahwa sebenarnya ada camilan manis serupa dengan macaron yakni macaroon. Memangnya, dua camilan ini berbeda? Kira-kira apa yang membuat keduanya berbeda dan bagaimana kita bisa tahu perbedaannya?

Dilansir dari laman Real Simple, camilan kue macaron dan macaroon adalah dua jenis kue yang berbeda. Keduanya masih kerabat jauh meski memiliki bentuk yang mirip dan nyaris sama.

Sementara itu, kue macaron sering disebut juga sebagai Parisian Macarons/Macarons Gerbet terbuat dari bahan tepung almond, putih telur dan gula. Cara memasaknya juga dipanggang hanya saja teksturnya tipis dan bagian dalamnya begitu lembut. Macaron umum disajikan dengan cara ditumpuk bersama selai, butter cream atau saus gula.

Di samping memiliki perbedaan, kue ini ternyata juga memiliki persamaan. Yakni sama-sama kuliner yang dipengaruhi oleh budaya Budaya Prancis dan Italia.

Penutup

Sekian ulasan tentang resep kue macaroon yang dapat kami ulas, semoga resep kue macaroon ini dapat diterapkan dan dicoba dirumah , terimakasih.