Terima kasih telah berkunjung di artikel kami, kali ini saya akan membahas tentang  Resep Mie Kuah Udang yang Enak dan Mudah Dibuat. Yang sebelumnya saya telah membahas tentang  Resep Bakso Kuah Ayam yang Enak.

Mungkin Mie Sudah dikenal di Indonesia bahkan di seluruh dunia, mie mungkin adalah makanan pendamping yang ada di meja makan setiap kali makan atau di setiap rumah makan. Bahkan bakso serta mie ayam juga membutuhkan mie agar  menambah cita rasa di dalamnya.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Macam Macam Resep Mie Kuah cocok di buat di rumah. Sebelum lanjut alangkah baiknya kita mengenal apa itu mie?

Mie adalah makanan yang sangat terkenal di dunia saat ini. Mie dapat diolah dengan cara apapun, bisa digoreng, direbus, dibuat makanan ringan bisa, dibuat makanan pokokpun bisa.

Mie adalah makanan berbentuk adonan tipis panjang  yang telah digulung, dikeringkan dan dimasak dalam air mendidih. Mie merupakan makanan salah satu makanan popular di kawan asia.

Mie diperkirakan telah ada sejak 4000 tahun lalu. Namun sejarah asal usul mie masih simpang siur. Bangsa Italia, Cina, Arab masing-masing mengklaim sebagai pencipta mie.

resep mie kuah

Sejarah

Sebelum Lanjut kemateri utama Resep Mie Kuah Enak dan Sederhana yang cocok Dibuat Dirumah

Mie pertama dibuat di daratan Cina saat zaman Dinasti Han pada tahun 25-200 AD. Mie kemudian berkembang ke Negara-negara Asia Tenggara seperti Jepang, Korea dan Taiwan. Tak berhenti sampai disitu, setelah Marco Polo berkunjung ke Cina ia membawa serta mie pulang ke Eropa sebagai oleh-oleh.

Pada perkembangannya, mie yang dibawa Marco Polo ke Eropa berubah menjadi pasta seperti yang kita tahu saat ini. Mie adalah makanan buatan manusia yang cukup berhasil. Ini dikarenakan hampir seluruh manusia menerima dengan keberadaan makanan mie.

Kalangan manusia gemar makan mie, mulai dari balita, anak TK, anak SD, anak SMP, anak SMA, mahasiswa, pekerja kantoran, sampai para pensiunan dan kakek nenek makan makanan yang bernama mie. Banyak orang memakan mie dikarenakan mie menjadi makanan solusi jika kita sedang lapar.

Hampir setiap manusia memiliki cara memasak mie yang berbeda, tetapi yand umum dilakukan orang untuk memasak mie adalah dengan direbus dan digoreng. Setelah mie menyebar luas di dunia, mie mempunyai Keanekaragaman, berikut adalah  keanekaragaman mie.

Keanekaragaman Mie

  1. Bihun adalah mie yang berasal dari Tiongkok yang dibuat dari bahan baku tepung beras
  2. Dangmyeon  adalah mie yang berasal dari Korea yang dibuat dari tepung ubi jalar
  3. Fetucini adalah mie yang berasal dari Italia yang dibuat mirip spageti, pipih dan lebih halus daripada linguini
  4. Ifu mie adalah mie yang berasal dari Tiongkok yang dibuat dari tepung terigu (gandum)
  5. Kwetiau adalah mie yang berasal dari Tiongkokyang dibuat dari tepung beras
  6. Lamian adalah mie tarik yang berasal dari Tiongkok yang dibuat dari tepung terigu (gandum)
  7. Linguini adalah mie yang berasal dari Italia mirip spageti dibuat pipih dan lebih halus
  8. Makaroni adalah mie yang berasal dari Italia, dipotong pendek-pendek, melengkung dan berlubang di tengahnya
  9. Memil guksu adalah mie yang bera dari Tiongkok, dibuat dari tepung terigu
  10. Misoa  mi asal Tiongkok, terbuat dari tepung terigu
  11. Mie instan
  12. Mi sagu, tepung sagu
  13. resep mie kuah berasal dari indonesia
  14. Olchaengi guksu adalah mie yang berasal dari Korea, dibuat dari tepung jagung, berasal dari provinsi Gangwon-do di Korea Selatan
  15. Ramen adalah mie kuah yang berasal dari China tetapi sangat terkenal di Jepang sehingga banyak yang mengira mi kuah ini berasal dari Jepang
  16. Ramyeon adalah mi kuah yang berasal dari Korea
  17. Reshteh adalah mie telur segar yang berasal dari Timur Tengah
  18. Soba adalah mie yang kecoklatan berasal dari Jepang, dibuat dari tepung buckwheat
  19. Somyeon adalah mie yang berasal dari Korea dibuat dari tepung gandum yang sangat tipis, mirip dengan s?men
  20. Soun adalah mie yang berasal dari Tiongkok dibuat dari tepung kacang hijau
  21. Spageti adalah mie yang berasal dari Italia
  22. Spätzle adalah mie yang berasal dari  selatan Jerman dibuat dengan kuning telur
  23. Udon adalah mie yang berasal dari Jepang dibuat dari tepung terigu
  24. Wai Wai adalah mie yang berasal dari India
  25. Bakmi Pundong/mie jawa adalah  mi yang berasal dari jawa, Indonesia, dibuat  dari tepung ketela pohon
  26. Martabak mi adalah mie yang berasal dari Indonesia

Jenis Jenis Mie Berdasarkan Bahan

Tepung

  1. Chuka men adalah mie Versi Jepang dari “mi China”, digunakan untuk kata ramen, chanpon, dan yakisoba
  2. Lamian adalah Mie China yang dalam pembuatannya dilakukan dengan menarik mi dengan tangan
  3. Mee pok adalah: Mie China berwarna kuning, populer di Asia Tenggara
  4. Nokedli adalah Mie Hungaria
  5. Pasta adalah Setidaknya 350 varian digunakan pada kuliner Italia
  6. S?men adalah Mie Jepang yang sangat tipis.
  7. Spätzle adalah Mie yang berasar dari Swabia, Jerman yang terbuat dari tepung dan telur
  8. Udon adalah Mi Jepang yang tebal
  9. Eriste adalah mi Turki berwarna kuning atau kemerahan

Nasi

Mi tipis atau tebal, yang dikenal dengan nama hé f?n atau ho fun , kway teow atau sen yai
Nasi vermicelli adalah nasi mi tipis, yang dikenal dengan nama m?f?n atau bee hoon or sen mee
Idiyaappam adalah nasi mi India.

Manfaat dan Khasiat  Mie Bagi Kesehatan

Mie merupakan jenis makanan yang harus dimasak dalam air mendidih. Tentu, anda sudah sangat kenal dengan makanan ini karena makanan ini biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sebagai makanan yang cukup praktis dan juga instan.

Mungkin sebagian orang tidak begitu tertarik dengan makanan ini, karena mereka mengaggap kalau makanan ini hanya makanan biasa yang tidak ada manfaatnya. Namun tidak kah anda mengetahui mengkonsumsi makanan ini juga bisa memberikan manfaat untuk tubuh.

Kandungan gizi yang ada dalam makanan ini cukup lengkap seperti adanya kandungan protein, karbohidrat, kalium, lemak, kalsium, vitamin A, C, D, B6, B12, zat besi, magnesium, yang semuanya sangat bermanfaat sebagai asupan nutrisi dalam tubuh.

Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan ini juga dapat membantu menambah nafsu makan, mengontrol berat badan, dan menunjang aktifitas dalam tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat mie ini, berikut inilah manfaatnya.

1. Menunjang Aktifitas Tubuh

Khasiat mie yang pertama dapat membantu menunjang aktifitas tubuh. Oleh karena itu, anda dapat mengkonsumsi makanan ini. Hal ini dikarenakan kandungan kalori yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menunjang tubuh agar bisa melakukan berbagai jenis aktifitas sehingga tubuh akan berfungsi secara maksimal.

2. Mengontrol Berat Badan

Kandungan rendah kalori yang ada dalam makanan ini juga mampu mengontrol berat badan. Tanpa adanya kandungan kalori maka tubuh tidak akan memiliki sumber energi. Hal inilah yang menyebabkan perhitungan kalori sangat penting untuk orang yang sedang menurunkan berat badan. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai menu makanan untuk mengontrol berat badan.

3. Menunjang Pertumbuhan

Mengkonsumsi makanan yang bergizi sangatlah diperlukan untuk sistem perkembangan tubuh. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Dengan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya akan membantu menunjang masa pertumbuhan sehingga anda bisa mengkonsumsinya untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

4. Sumber Energi Tubuh

Selain bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan, mie juga dibutuhkan sebagai sumber energi tubuh. Maka dari itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai sumber energi tubuh. Hal ini dikarenakan dalam makanan ini mengandung kalori yang berfungsi sebagai sumber tenaga sehingga mampu mendorong tubuh agar bisa melakukan berbagai macam kegiatan.

5. Memenuhi Asupan Nutrisi Bagi Tubuh

Untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai macam gizi yang ada di dalamnya seperti kandungan vitamin A dan C. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi mie ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh sehingga asupan nutrsi dalam tubuh akan selalu terpenuhi.

6. Menambah Nafsu Makan

Jika anda sering bermasalah karena nafsu makan semakin berkurang maka anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada dalamnya mampu menambah dan menstabilkan nafsu makan sehingga akan mengembalikan nafsu makan anda seperti sebelumnya.

7. Membuat Perut Kenyang

Mengkonsumsi makanan tentu saja akan membuat perut menjadi kenyang. Oleh karena itu, mengkonsumsi mie bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengusir rasa lapar. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang relatif tinggi dalam makanan ini dapat memuat perut terasa kenyang selama beberapa waktu.

8. Lebih Praktis

Bagi anda yang sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk memasak maka anda tidak perlu khawatir saat lapar sedang melanda, karena anda bisa mengkonsumsi mie sebagai salah satu alternatif pilihan yang tepat untuk mengganjal perut.

Kandungan Zat Gizi Pada Mie

Tahukah anda jikalau mi instant yang sudah mendarah daging dan menjadi salah satu makanan pokok di Indonesia ternyata memiliki kandungan kadar gizi yang cukup banyak dan berguna bagi tubuh. Hal ini berbeda dengan omongan orang-orang yang mengatakan bahwa makan mie instant membuat orang kekurangan gizi.

Hal itu memang ada benarnya karena pada mie instant memiliki nilai gizi nutrisi (nutrition fact) yang belum lengkap sehingga alangkah baik jika dalam mengkonsumsi mi instant dipadukan dengan bahan-bahan lain yang dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita sehari-hari.

Berdasarkan hasil pantauan ternyata nilai gizi dari tiap rasa dalam satu merek yang sama punya kandungan gizi yang berbeda-beda. Contohnya pada produk Indomie di mana kadar gizi pada Indomie rasa soto mie berbeda jauh dengan kandungan gizi pada Indomie rasa baso sapi. Dari sisi energi yang bisa kita dapat dari tiap sebungkus mi instan pun dapat kita ketahui.

Namun yang perlu diketahui adalah bahwa kebutuhan gizi untuk tiap-tiap orang adalah berbeda-beda dan dalam tiap bungkus mie instant belum tentu memiliki kandungan yang sama persis seperti pada informasi nilai gizi pada kemasan pembungkus.

Dari info gizi tersebut seharusnya kita dapat melengkapi kekurangan gizi dari tiap bungkus mi instan dan menghindari kelebihan kadar gizi pada tubuh kita.Untuk menambah protein kita dapat menambahkan telur atau kornet pada mie instant yang dimasak.

Jika ingin menambah serat kita bisa tambah sayuran seperti daun sawi, daun bawang, bawang goreng, dsb. Semua dapat disesuaikan dengan mudah untuk mendapatkan gizi yang tidak didapat dari satu bungkus mi instant.

Berikut ini adalah beberapa informasi gizi atau kandungan gizi untuk produk mie

  • Energi = 330 kkal
  • Energi dari lemak = 120 kkal
  • Lemak total = 14 gr / 25%
  • Lemak jenuh = 3 gr / 14%
  • Kolesterol = 5 mg / 1%
  • Karbohidrat = 46 gr / 14%
  • Serat makanan = 2 gr / 8%
  • Gula = 2 gr
  • Protein = 7 gr / 14%
  • Natrium = 720mg / 30%
  • Vitamin A = 60% AKG
  • Vitamin B12 = 20% AKG
  • Vitamin B1 = 40% AKG
  • Vitamin C = 6% AKG
  • Vitamin B6 = 25% AKG
  • Pantotenat = 10%
  • Kalsium = 2% AKG
  • Niasin = 20% AKG
  • Asam folat = 20% AKG
  • Zat besi = 15% AKG

Resep Mie Kuah Udang yang Enak dan Mudah Dibuat

resep mie kuah

Bahan – Bahan Resep Mie Kuah Udang

  • 1/2 kg udang jerbung, buang sungutnya
  • 1 L kaldu ayam
  • 100 gram (kira-kira 4-5 lembar) sawi putih
  • secukupnya Garam dan merica
  • 2 sdt kaldu ayam atau jamur bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 6-8 porsi mie telur, rebus
  • 100 gram daging dada ayam, rebus dan suwir (jangan lupa tambahkan sedikit garam)
  • 100 gram taoge panjang, petik dan rebus
  • 1-2 ikat kangkung atau bayam, petik dan rebus
  • 3 butir telur, rebus dan belah dua
  • Bawang goreng
  • Irisan daun bawang
  • 8 siung bawang merah
  • secukupnya Minyak goreng
  • Bumbu Halus:
  • 5 siung bawang putih
  • 3 sdm ebi udang, sangrai
  • 2 sdm tauco (boleh skip kalau tidak suka)

Langkah Langkah Resep Mie Kuah Udang

  1. Saya rebus ayam bersama sedikit tulang. Ayam nya nanti saya suwir dan sekalian buat kaldu ayam nya. Saya kadang pakai ayam kampung, lebih enak. Jangan lupa tambahkan garam.
  2. Didihkan 1 L air dan rebus udang hingga matang. Jangan over-cooked ya.. Biasanya saya masukkan udang dan didihkan kembali. Saya masak 2-3 menit dan sisihkan. Rendam udang dalam air es dan jangan dibuang kaldu udangnya ya. Sisihkan kaldu udang nya. Setelah dingin, kupas udang nya untuk topping.
  3. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum. Tuang kedua kaldu ayam dan udang bersama dengan sawi. Didihkan dan masak selama 15-20 menit dengan api kecil.
  4. Bumbuhi kuah dengan garam, merica dan gula.
  5. Letakkan mie yang telah direbus di atas mangkuk dan susun ayam, udang, taoge, kangkung/bayam dan telur di atasnya. Tuang kuahnya dan taburi dengan daun bawang dan bawang goreng.
  6. Sajikan panas dengan irisan cabai hijau dan kecap ikan. Kalau suka asam, beri jeruk limau.Untuk 6-8 porsi

Untuk kurang lebihnya itulah  macam macam resep mie kuah udang yang enak dan sederhana yang dapat saya sampaikan jika ada sepatah dua kata yang tidak berkenan mohon maaf. Terima kasih telah berkunjung ke artikel kami sampai jumpa di artikel yang berikutnya.