Roti goreng – sangat pas dijadikan sebagai teman minum teh di sore hari. Tetapi, membeli roti goreng di luar tidak terjamin kebersihan dan kualitas bahannya. Belum lagi minyak goreng yang digunakan. Buat sendiri roti goreng Anda dengan resep mudah berikut ini.

Sejarah Asal Usul Mula Roti Goreng

Roti Goreng ini merupakan jajanan khas tradisional Indonesia. Biasanya saat mulai sore hari, roti ini hidangkan bersamaan dengan cakwe di pinggir jalan. Isi untuk roti goreng pun bervariasi, ada juga yang menggunakan coklat, kacang hijau, dan bahkan tanpa isi. Rasanya gurih, empuk, dan padat. Tapi dibalik nama roti goreng ini, ada namanya unik juga lho. Hihihi.
Roti goreng ini mempunyai nama beragam yang cukup unik di setiap daerah. Di daerah Jawa Barat, makanan ini sangat terkenal dengan nama “Roti Bantal” karena memang teksturnya lembut seperti bantal. Sedangkan untuk di daerah Jawa Tengah makanan ini disebut “Roti Bolang Baling”, uang lebih uniknya lagi di Jawa Timur roti ini dikenal dengan nama “Odading”. Aneh bukan?

Manfaat dan Khasiat Mengkomsumsi Roti Goreng

Roti goreng merupakan salah satu makanan yang sudah populer bahkan tidak asing lagi ditelinga anda. Membuat hidangan yang lezat memang begitu sangat Seru dan ada kebanggaan tersendiri, terutama jika hidangan tersebut ditujukan untuk orang terkasih. Bagi anda yang juga ingin memanjakan keluarga atau orang terkasih lain dengan hidangan yang lezat, anda dapat mencoba membuat makanan ini.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Makan roti goreng itu ternyata bisa membantu anda dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Senyawa yang ada di dalam makanan ini bisa menjadi zat yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, makanan ini juga akan meningkatkan kemampuan sistem syaraf.

2. Menghasilkan tenaga

Makan roti goreng bisa menjadikan zat yang bagus untuk tubuh kita terutama untuk membantu pembentukan tenaga. Makanan ini memiliki kandungan karbohidrat serta lemak yang di perlukan tubuh sebagai cadangan energi. Namun, semua proses ini tidak bisa dilakukan tanpa senyawa yang ada di dalam makanan ini. Senyawa ini ternyata juga bisa membantu tubuh anda di dalam mengolah energi dari kalori.

3. Pembentukan otot

Di dalam roti goreng juga mengandung protein yang cukup tinggi yang dapat digunakan di dalam menyehatkan serta membantu perkemabangan otot. Jadi, tidak heran juga makanan ini banyak disukai para biragawan sebagai makanan ringan.

4. Bagus untuk kesehatan tulang

Kandungan yang ada di dalam roti goreng memiliki senyawa vitamin d yang berfungsi sebagai vitamin untuk membantu penyerapan kalsium bagi tulang. Tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu makanan yang bermanfaat di dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang jika dipadu dengan makanan sumber sumber kalsium.

5. Dapat mengurangi rasa pegal

Ternyata roti goreng mempunyai manfaat juga bagi kesehatan dan dapat menjadi salah satu obat ringan untuk menghilangkan rasa pegal. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah dipercaya bahwa memiliki peranan untuk mengurangi rasa pegal pada tubuh.

6. Menjaga tekanan darah dan menghindari hipertensi

Jika kalian sedang mengalami gangguan pada suatu tekanan darah dan juga mengalami tekanan darah tinggi, ternyata roti goreng juga mampu untuk menjaga tekanan darah anda. Dengan mengonsumsi makanan ini anda bisa menghindari resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan fungsi otak

Jika pikiran anda sedang kacau serta tidak bisa konsentrasi mengerjakan sesuatu yang anda kerjakan. Sebaiknya anda mengonsumsi roti goreng. Hal ini terjadi karena kandungan yang ada di dalam makanan ini telah di percaya bahwa memiliki peranan untuk meningkatkan fungsi otak. Sehingga anda akan bisa berpikir dengan maksimal.

8. Menyembuhkan depresi

Selain bisa meningkatkan fungsi otak roti goreng juga memilki berbagai manfaat lain salah satunya, menyembuhkan depresi. Bagi anda yang sering mengalami depresi sangat di saranakan untuk mengonsumsi makanan ini, karena zat yang ada di dalam makanan ini dapat membuat anda merasa tenang.

9. Menjaga kesehatan kulit

Kulit sehat serta bercahaya tentunya menjadi impian semua orang. Roti goreng ini mempunyai manfaat bisa membantu anda di dalam menjaga kesehatan kulit. Senyawa lemak yang ada di dalam makanan ini dapat mencegah jerawat serta bintik-bintik pada kulit.

10. Obat untuk osteoporosis dan arthritis

Roti goreng mempunyai nutrisi yang kompleks. Tidak hanya mineral vitamin namun, juga ada nutrisi lain yang membantu memperkuat struktur tulang anda seperti senyawa kalsium. Dengan mengonsumsi makanan ini dalam jumlah cukup dapat mencegah rasa nyeri sendi serta dapat membantu penguatan tulang dan otot.

 

1. Resep Roti Goreng Isi Coklat

Bahan – Bahan Yang Dibutuhkan :

  • 300 gram tepung terigu
  • 30 gram margarin
  • 30 gram gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt ragi instan
  • 1 sdt garam
  • 130 ml susu cair dingin

Bahan Untuk Isi :

  • 50 ml susu cair
  • 150 gram coklat masak pekat (potong kecil-kecil)

Cara membuat isi coklat untuk roti goreng :

  1. Pertama panaskan susu cairnya lalu tambahkan coklat masak hingga pekat, aduk rata hingga larut.
  2. Angkat dan dinginkan sejenak.

Cara membuat roti goreng :

  1. Tambahkan beberapa tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan ragi instan ke dalam satu wadah. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan susu cair dan telur ke dalam wadah yang berbeda sambil di aduk. Aduk merata. Kemudian masukkan adonan telur sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan garam dan margarin, ulenin adonan hingga menjadi kalis. Diamkan sebentar sampai kurang lebih 30 menit.
  4. Setelah menunggu lumayan lamanya sekarang ambil adonannya. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, setiap bagian beratnya 30 gram. Kemudian bentuk bulat adonan tersebut. Diamkan adonan selama kurang lebih 10 menit Resep Roti Goreng Isi Coklat Empuk Dan Lembut
  5. Lalu pipihkan adonan, beri isi coklat dan bentuk adonannya menjadi oval. Siapkan loyang dan beri taburan tepung terigu. Letakkan adonannya ke atas permukaan loyang. Diamkan selama 30 menit.
  6. Selagi menunggu, kalian bisa lakukan hal yang sama seperti no.5 untuk adonan yang masih tersisa sampai habis.
  7. Panaskan minyak dan goreng rotinya hingga berwarna kuning kecoklatan.

2. Resep Roti Goreng Manis Spesial

Sebenarnya kalau kita mau, membuat cemilan roti yang enak dan sehat untuk keluarga itu tidak terlalu susah lho. Seperti contohnya resep roti goreng sederhana ini yang empuk, enak dan bentuk teksturnya. Walaupun dibuat ala rumahan dengan bahan sederhana, tetapii kelembutan dan rasanya tidak kalah dengan brand roti yang sudah punya nama lho, seperti jco, bread talk dan lainnya. Selain itu kita bisa mengkreasikannya juga dengan isi coklat, isi nanas, isi sosis, isi sayuran atau lainnya sesuai selera.

Bahan Yang Dibutuhkan :

  • Tepung Terigu segitiga kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  • Tepung terigu protein tinggi cakra kurang lebih sebanyak 450 gram.
  • Tepung sagu tani atau bisa juga menggunakan tepung tapioka kurang lebih sebanyak 40 gram saja.
  • Fermipan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil.
  • Susu bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 50 gram.
  • Susu cair yang sudah dimasukkan ke kulkas dan didinginkan kurang lebih sebanyak 225 ml sampai 250 ml.
  • Gula pasir kurang lebih sebanyak 80 gram.
  • Telur ayam kurang lebih sebanyak 2 butir.
  • Telur ayam diambil kuning nya saja sebanyak 1 butir. Putih telurnya jangan dibuang ya, untuk celupannya nanti.
  • Margarain kualitas bagus kurang lebih sebanyak 40 gram saja.
  • Butter kualitas bagus kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  • Garam dapur yang beryodium secukupnya sesuai dengan selera kalian atau kurang lebih sebanyak sejumput saja.

Bahan Tambahan :

  • Putih telur untuk mencelupnya (sisa kuning telur diatas).
  • Tepung roti atau panir secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng rotinya.

Cara Membuatnya :

  1. Ambil wadah kemudian masukkan tepung terigu cakra, segitigam tani, margarain dan semua bahan (kecuali susu) kemudian aduk aduk sampai menjadi satu dan rata.
  2. Tuang susu cairnya sedikit demi sedikit sambil dikocok menggunakan mixer sampai menjadi kalis (susu kalau sudah cukup kalis tidak perlu dituang semua ya).
  3. Setelah itu bulatkan dan kumpulkan adonan menjadi satu besar kemudian biarkan saja supaya mengembang selama kurang lebih 1/2 jam sampai 3/4 jam.
  4. Setelah itu ambil adonan tadi secukupnya atau kurang lebih sebanyak 30 gram sampai 50 gram lalu bulatkan semuanya dan diamkan lagi selama kurang lebih 10 menitan.
  5. Selanjutnya ambil adonan tadi dan bentuk agak lonjong atau bisa juga diberi isian sesuai selera kemudian bentuk dengan rapi.
  6. Ulangi sampai adonan tadi habis dan biarkan kembali supaya mengembang lagi.
  7. Sesudah itu lalu celupkan adonan di putih telur dan gulingkan di tepung panir sampai rata dan habis adonannya.
  8. Siapkan wajan dengan minyak cukup banyak dan setelah panas goreng adonan roti tadi sampai berubah warna dan matang sempurna.
  9. potong beberapa bagian dan roti goreng pun siap untuk disajikan buat cemilan sehat keluarga.

3. Resep Roti Goreng Sederhana Empuk Tanpa Telur Dan Mixer

Sebagai salah satu resep makanan rakyat yang banayk disukai orang, roti yang digoreng ini juga terbuat dari bahan bahan sangat basic dan dasar sekali. Kalian bisa membuat resep roti goreng tanpa telur lho. Tanpa mixer dan tanpa telur tetapi mengembang dan empuk hasil rotinya setelah digoreng. Apakah kalian penasaran, yuk simak bahan dan cara membuat adonan roti goreng nya dibawah ini.

Bahan Adonan :

  • Bahan utama adalah tepung terigu segitiga biru kurang lebih sebanyak 500 gram.
  • Gula pasir secukupnya sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Cake emulsifier SP atau TBM kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Mentega kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3 sendok makan juga.
  • Garam dapur beryodium sedikit saja sesuai selera atau kurang lebih 1/2 sendok kecil.

Bahan Untuk Biang :

  • Fermipan kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil.
  • Gula pasir kurang lebih sebanyak 2 sendok makan.
  • Air hangat hangat kuku secukupnya atau kurang lebih sebanyak 260 ml saja. Jangan terlalu panas, nanti tidak mengembang dan berbuih.

 

Bahan Untuk Tambahan :

  • Tepung Terigu kurang lebih sebnayak 50 gram.
  • Air bersih secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Tepung panir secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Abon, keju, nutella, coklat atau lainnya untuk isian secukupnya sesuai selera.

Cara Membuat Roti Goreng Empuk :

  1. Pertama ambil gelas kemudian beri air hangat bersama dengan fermipan dan gula paisr kemudian aduk aduk sampai rata, beritutup kemudian diamkan sampai berbuih sendiri selama kurang lebih 10 menit.
  2. Ambil wadah adonan kemudian tuang garam dapur, cake emulsifer, tepung terigu dan gula pasirnya kemudian aduk aduk sampai tercampur rata.
  3. Tuang air fermipan yang sudah berbuih diatas kedalam wadah tepung diatas kemudian aduk aduk kembali.
  4. Masukkan menteganya kemudian aduk aduk menggunakan tangan atau diuleni sampai tercampur rata kemudian tutup dengan kain sampai mengembang atau kurang lebih selama setengah jam.
  5. Setelah itu aduk aduk pakai tangan atau uleni sebentar saja (kalau perlu bisa diberi sedikit taburan tepung lagi, kalau tidak juga enggak apa apa) sampai rata.
  6. Bagi dan ambil adonan sesuai besar roti yang akan di masak (kurang lebih 25 gram sampai 40 gram) kemudian pipihkan dan beri isian kalau pakai sesuai selera.
  7. Bentuk kembali dengan rapi (mau bulat, lonjong atau terserah selera) kemudian diamkan kembali sebentar kurang lebih selama 5 menit.
  8. Aduk tepung terigu dan air buat celupan.
  9. Masukkan adonan kedalam celupan kemudian gulingkan atau beri tepung panir. Ulangi sampai habis.
  10. Siapkan wajan dengan minyak dan api sedang, goreng sampai matang dan berubah warna. Jangan sering – sering dibalik ya, cukup sekali saja supaya nantinya minyaknya tidak masuk terlalu banyak didalam rotinya.
  11. Tiriskan dan siap untuk disantap bersama anak anak dan suami.

4. Resep Roti Goreng Isi Sayuran

Selain isi coklat, sosis, keju atapun selai lainnya, kita juga bisa membuat roti goreng dengan isi sayuran lho. Tentu dengan isi sayuran ini diharapkan bisa tercipta cemilan yang sehat dan bergizi untuk anak anak, suami dan keluarga lainnya. Untuk membuat resep roti goreng sayuran sangatlah mudah kok. Kalian bisa menggunakan atau memilih 2 resep dasar adonan roti diatas kemudian mengkombinasikan dengan sayurn rogout ayam, daging, bihun, telur ataupun lainnya sesuai selera.

Bahan Isian Roti Goreng Sayuran :

  • Kentang dan wortel ukuran sedang kurang lebih 1 pcs saja. KUpas kemudian potong potong kecil bentuk dadu sesuai selera.Bawang putih kurang lebih sebanyak 1 pcs. Kupas kemudain potong dan rajang.
  • Buncis, tauge atau sayuran lainnya sesuai selera dan kebutuhan.
  • Siapkan kaldu bubuk instannya secukupmnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok teh saja.
  • Mentega kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja atau sesuai kebutuhan.
  • Bawang bombay ukuran sedang yang sudah dikupas dan dirajang kurang lebih sebanyak 1/2 pcs saja.
  • Gula pasir sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan.
  • Merica halus secukupnya sesuai selera.
  • Air bersih secukupnya sesuai selera.

Cara membuat roti goreng sayuran :

  1. siapkan wajan dan berikan juga margarinnya kemudian tunggu sebentar hingga cair.
  2. Masukkan irisan bawang bombay dan putih kemudian aduk aduk sampai harum.
  3. Masukkan potongan kentan dan wortelnya bersama dengan sedikit saja air bersih kemudian aduk aduk dan masak sampai layu.
  4. Masukkan gula pasir, kaldu instan dan mericanya kemudian aduk aduk kembali sampai berkurang dan menyusut airnya dan matang semua bahan.
  5. Isi sayur siap untuk dimasukkan ke adonan roto goreng sederhana atau spesial yang ada diatas.

 5. Resep Roti Tawar Goreng Isi Sosis

Untuk membuat selain untuk adonan dasar roti sendiri, kita juga bisa membuat roti goreng yang gurih, enak dan lezat dari roti tawar lho. Ternyata juga pakai roti tawar biasa ini jauh lebih praktis dan cepat cara membuatnya. Yang penting gunakan roti tawar yang lembut. Kalau bisa roti putih yang tidak ada tepinya (kalau ada hilangkan tepinya dahulu supaya lebih enak). Isi nya pun bisa menggunakan sosis seperti yang akan kita buat ini atau sayuran, keju, coklat, meisis atau nutella coklat tergantung selera saja.

Bahan-bahan :

  • Roti tawar tanpa pinggiran secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Sosis ayam ataupun sapi sesuai kebutuhan.
  • Mayonise kualitas bagus sesuai kebutuhan. Kalau enggak ada boleh tidak pakai.
  • Keju kualitas bagus sesuai kebutuhan. Bisa diparut kalau pakai mayonise atau dibiarkan berbentuk lembaran lalu digulungkan di sosis kalau enggak pakai mayonise.
  • Saus tomat dan saus sambal sesuai selera.
  • Minyak baru secukupnya.

Bahan Untuk Celupan :

  • Campuran tepung terigu dan air kekentalan sedang.
  • Tepung panir sesuai kebutuhan.

Cara membuat Roti Tawar Goreng :

  1. Pertama siapkan botol atau rolling lainnya kemudian tekan dan pipihkan roti sampai habis.
  2. Olesi dasar roti dengan saus sambal atau tomat sesuai selera.
  3. Tambahkan juga sedikitnya mayonise hingga merata kemudian berikan sosisnya dan taburan keju diatasnya. Kalau tidak bungkus sosis dengan lembaran keju kemudian letakkan ditengah roti tawar tadi.
  4. Gulung dan tarik roti tadi dengan rapi sampai menyerupai botol dnegan rapi.
  5. Masukkan roti gulung tadi kedalam campuran tepung dan air (pencelup) kemudian gulungkan lagi diatas tepung panir sampai rata. Ulangi sampai habis.
  6. Siapkan wajan dan tunggu hingga minyak panas lalu masukkan roti dan goreng dengan api sedang hingga matang merata.

Baiklah itu tadi Beberapa resep roti gorengnya. bisa kalian coba sendiri dirumah masing – masing. semoga sukses dan selamat mencoba membuat roti gorengnya..