Kali ini saya akan membuat artikel tentang Resep Tiramisu Cake Sederhana dan Mudah Dibuat, maka simak sampai habis dan jangan lupa untuk mencobanya dirumah

selain membahas tentang Resep Es Cappucino Oreo Enak dan Nikmat dengan Bahan Rumahan kami juga membahas tentang Resep Tiramisu Cake Sederhana dan Mudah Dibuat

Resep Tiramisu Cake Sederhana dan Mudah Dibuat

resep tiramisu cake

Apakah kalian tahu kue tiramisu?, jika tidak ataupun mau membuatnya maka simaklah artikel berjudul resep tiramisu cake kali ini.

Sejarah Tiramisu (Resep Tiramisu Cake)

Tiramisu pertama kali tercipta di bordil yaitu pada sebuah kota yang terletak di Italia bagian utara, Treviso. Treviso terkenal dengan warganya yang santai, seksual, serta suka mencari kesenangan. Di Italia sendiri, arti harfiah dari tiramisu sendiri memiliki arti “tarik saya, angkat saya”.

Selama berabad-abad, tiramisu selalu disajikan untuk membangkitkan gairah para pelanggan sebelum serta sesudah berhubungan badan. Pada tahun 1958, rumah bordil di kota Treviso tersebut ditutup oleh pemerintah. Semakin banyak tiramisu yang dijual, akan semakin berkembang bisnis prostitusi di kota tersebut.

Treviso identik dengan gang-gangnya yang seperti labirin dan juga lintasan sungai yang khas. Pada abad pertengahan, Treviso dijadikan simbol “Kebahagiaan Italia dan Kerajaan Seks”. Pada saat ini, kota Treviso semakin terkenal sebagai kampung halaman dari tiramisu, si makanan seksi.

Bahkan ada juga “tur erotis” yang tersedia di kota ini. Tur itu sendiri meliputi kunjungan ke bistro “Red Shadows”, rumah bordil tua serta tempat bersejarah lainnya yang dulu sempat digunakan sebagai kawasan prostitusi.

Tiramisu seperti yang kita kenal sekarang ini terbuat dari lapisan Savoiardi (biskuit ladyfinger) yang satu per satu dicampurkan ke dalam mascarpone (keju krim khas Italia)dan campuran bubuk kopi. Beberapa koki juga menambahkan Wine Marsala dan taburan cokelat bubuk.

Ini adalah harmoni rasa yang merangsang lidah dan mulut. Namun resep asli yang berasal dari rumah bordil memiliki sedikit perbedaan. Resepnya sedikit lebih sederhana yang dulunya disebut “Sbatudìn” yang secara harfiah berarti “goyangkan dan tembak saya”.

Sbatudìn merupakan suatu hidangan yang berenergi, bahkan dijuluki sebagai makanan mampu membangkitkan orang mati dari kuburnya, karena rasanya yang begitu lezat. Sbatudin merupakan hidangan yang terbuat dari kuning telur yang dikocok serta gula.

Tujuan Tiramisu

Sampai saat ini, Sbatudin masih dihidangkan oleh beberapa ibu di Italia untuk diberikan kepada bayi mereka dengan harapan sang bayi dapat tumbuh dan memiliki tubuh yang kuat. Rumor mengatakan bahwasanya dahulunya tiramisu disantap atau dumakan ketika pekerja seks di Treviso akan “bermain” dengan pelanggannya.

Tiramisu ini dianggap sebagai penambah energi serta membuat hasrat mereka semakin melimpah atau bertambah. Ketika pemerintah menutup semua rumah bordil di kota Treviso, warisan resep tiramisu ternyata tidak sepenuhnya hilang. Ini berkat seorang perempuan dan suaminya yang selalu berkunjung ke sana.

Kemudian setelah ditutup, perempuan ini memikirkan resep dari tiramisu tidak boleh hilang. Perempuan tersebut ternyata sedang hamil dan setelah melahirkan bayi laki-laki, dia mencoba “Sbatudìn” dan ia merasa lebih sehat bahkan setelah masa persalinannya.

Kemudian ia bekerja sama dengan juru masak untuk menyempurnakan resep dan mulai membuatnya di restoran miliknya untuk disajikan pertama kali kepada orang-orang yang belum pernah menginjakkan kaki di rumah bordil. Saat ini Anda pun dapat mengunjungi tempat kelahiran kembali tiramisu yang satu ini.

Kedai ini terletak di pusat kota tua di kota Treviso dengan nama Le Beccherie. “Nama ini memiliki makna dalam dialek lokal yang berarti ‘pembantaian‘,” ujar petani setempat, Paolo Manzan. Varian rasa baru yang menggoda telah dibuat dengan sebutan ‘De-structured Tiramisu’ dengan taburan biskuit cokelat dan sedikit rasa gurih.

Ada lagi inovasi yang baru untuk memenuhi permintaan dari pelanggan yang meningkat setiap harinya. Ada sebuah bar di Treviso yang menyajikan tiramisu dengan sebuah mesin, sehingga kue tiramisu secara otomatis akan tersedia dalam waktu hanya dua detik.

Resep Tiramisu Cake

resep tiramisu cake

Bahan Bahan Resep Tiramisu Cake

  • tepung halus sebanyak 150 gram. Ayak terlebih dahulu supaya benar benar lembut.
  • Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 160 gram.
  • Telur ayam ukurang sedang besar sebanyak 6 butir.
  • Emulsifier atau bisa dikenal juga dengan ovalet
  • Susu cair kurang lebih sebanyak kurang lebih setengah liter
  • Margarin kualitas bagus sebanyak kurang lebih 60 gram
  • Keju cheddar kurang lebih sebanyak 100 gram
  • Krim bubuk sebanyak kurang lebih 250 gram
  • Kopi instan yang terbuat dari bubuk kopi kualitas bagus supaya lebih terasa aroma kopinya sebanyak kurang
  • lebih 1 sendok makan dicampur dengan kurang lebih 200 ml air panas dan gula pasir secukupnya
  • Coklat halus atau bubuk kualitas bagus secukupny
  • Tepung maizena kurang lebih sebanyak 40 gram
  • Air bersih matang dingin secukupnya (kurang lebih sekitar setengah liter, 200 ml)

Langkah Langkah Resep Tiramisu Cake

  1. Langkah pertama adalah membuat cake nya terlebih dahulu.
  2. Ambil satu wadah cukup besar. Masukkan 6 butir telur ayamnya, emulsifer dan gula pasir yang sduah
  3. disiapkan. Kocok menggunakan mixer
  4. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya ke dalam adonan di atas. Aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur sempurna.
  5. Masukkan 60 gram margarin yang sudah dicairkan sebelumnya ke dalam adonan. Aduk aduk lagi sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
  6. Siapkan loyang untuk memanggang rotinya. Olesi permukaan loyang dengan margarin supaya tidak lengket dan beri alas kertas roti supaya mudah untuk mengangkatnya.
  7. Tuangkan adonan cake diatas tadi ke dalam loyang kemudian masukkan ke dalam oven. Setting sushu oven di kisaran 185 – 195 deraat celsius dan panggang kurang lebih sekitar 19-22 menit. Tusukanlah lidi ke dalam cake untuk memastikan apakah cake sudah matang atau belum.
  8. Sambil menunggu cake matang, ke lanjut ke langkan kedua yaitu membuat vla krim untuk resep kue tiramisu.
    Ambil satu wadah lagi.
  9. Masukkan 100 gram krim bubuk yang sudah dipersiapkan dan campur dengan air dingin dingin sebanyak kurang lebih 200 ml. Kocok kedua bahan sampai benar benar mengembang dan kemudian masukkan ke dalam kulkas supaya dingin.
  10. Ambil satu panci ukuran sedang dan letakkan di atas kompor dengan api kecil sedang. Tuang susu cair yang sudah dipersiapkan dan masukkangula pasirnya. Aduk aduk kedua bahan tersebut sampai mendidih.
  11. Masukkan keju yang sudah diparut sebelumnya, kemudian aduk aduk lagi sampai benar benar tercampur rata.
    Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan sebelumnya dngan air ke dalam panci supaya vla krim lebih kental. Aduk aduk lagi sampai mendidih
  12. Masukkan sedikit demi sedikit dan campur adonan tepung maizena dan bahan bahan lain di panci ke dalam krim kocok yang sudah didinginkan di langkah ke dua sambil di kocok pelan pelan sampai tercampur rata.
  13. Taburi dengan sedikit coklat bubuk supaya tampilan cream lebih menarik.

Menghias Kue

  1. Kita siapkan langkah ke tiga, yaitu menghiasi dan melapisi cake dengan cream tiramisunya.
  2. Ambil cake yang sudah matang dan dingin. Potong di tengah dan belah menjadi 2 bagian sama besar.
  3. Ambil satu bagian cake dan siram bagian atas cake dengan larutan kopi instan yang sudah dibuat sampai rata.
  4. Tuang vla cream di atasnya sampai semua bagian terlapisi sempurna.
  5. Ambil cake yang satu lagi kemudian letakkan di atasnya. Beri kopi instan lagi di bagian atasnya.
  6. Ambil satu wadah untuk membuat topingnya. Masukkan 150 gram bubuk dan 300 ml air. Kocok kedua bahan
  7. tersebut dan semprotkan bahan toping di atas lapisan cake yang terakhir.
  8. Terakhir taburkan coklat bubuk di bagian paling atas untuk mempercantik tampilan.

Resep Tiramisu Cake

Bahan-Bahan Resep Tiramisu Cake

  • 450 gr keju mascarpone
  • 300 gr whipped cream kocok
  • 100 gr gula halus
  • 225 gr krim kental
  • 200 gr white cooking chocolate, potong-potong, lelehkan
  • 100 gr dark cooking chocolate, potong-potong, lelehkan
  • 5 sendok makan gelatin, tim dengan 3 sendok makan air panas

Cake Cokelat

8 butir kuning telur
4 butir putih telur
250 gr gula pasir
1 sendok teh cake emulsifier
50 gr cokelat bubuk
50 gr tepung terigu
1/2 sendok teh baking powder
100 gr mentega, lelehkan
100 gr dark chocolate, lelehkan

Hiasan Dari Resep Tiramisu Cake

Butter cream siap pakai
Cokelat bubuk untuk taburan

Langkah-Langkah Resep Tiramisu Cake

  1. Cake cokelat: Kocok telur dan gula halus hingga lembut, masukkan cake emulsifier, kocok kembali hingga mengembang. Tambahkan cokelat bubuk, tepung terigu, dan baking powder, aduk rata.
  2. Masukkan mentega dan cokelat leleh, aduk perlahan hingga rata. Tuang adonan ke dalam loyang ukuran 25×25 cm yang telah diolesi margarin. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 45 menit atau hingga matang, angkat.
  3. Setelah sudah matang, keluarkan cake tersebut dari dalam loyang, potong menjadi 3 bagian, sisihkan.
  4. Tiramisu: Kocok mascarpone dan gula halus hingga lembut. Masukkan whipped cream, kocok hingga rata.
  5. Panaskan krim kental, tambahkan gelatin, aduk hingga gelatin larut.
  6. Ambil sepertiga adonan, beri dark chocolate, aduk hingga rata. Untuk sisa adonan, beri white chocolate, aduk hingga rata.
  7. Siapkan loyang bongkar pasang ukuran 25×25 cm, masukkan setengah bagian tiramisu putih, ratakan.
  8. Letakkan satu potong cake cokelat, tuang tiramisu cokelat, ratakan, letakan kembali cake cokelat.
  9. Tuang tiramisu putih, ratakan, letakkan cake cokelat kembali. Simpan dalam lemari es hingga mengeras.
  10. Potong-potong cake tiramisu tersebut, hias dengan butter cream serta taburan cokelat bubuk.
  11. Resep tersebut akan menghasilkan 20 porsi

Reser Tiramisu Cake 6 Porsi

Bahan-Bahan Resep Tiramisu Cake

  • Whipped cream bubuk – 200 gram
  • Air es – 300 ml
  • Cream cheese – 250 gram
  • Coffeemix (campuran kopi, gula, dan susu) – 2 sdm
  • Coklat bubuk – 50 gram
  • Sponge cake – secukupnya

Langkah-Langkah Resep Tiramisu Cake

  1. Jika tak memiliki loyang bongkar pasang, siapkan loyang yg dialasi dengan plastik agar mudah untuk diangkat. Sisihkan.
  2. Potong sponge cake tipis dan lebar. Sesuaikan bentuk dan ukurannya dengan loyang. Sisihkan.
  3. Kocok whipped cream dengan air es hingga kaku. Kocok whipped cream & cream cheese sampai halus merata. Sisihkan.
  4. Ambil potongan sponge cake lalu basahi dengan seduhan kopi (menggunakan kuas). Taruh dan susun di dasar loyang.
  5. Oles bagian atas sponge cake dengan campuran whipped cream. Lalu taburi dengan coklat bubuk.
  6. Ulang kembali langkah 5 & 6 sampai jadi 2 – 3 lapisan. Tambahkan taburan coklat di bagian paling atas.
  7. Dinginkan dalam kulkas selama kurang lebih 2 – 3 jam.
  8. Keluarkan dari loyang. Potong-potong sesuai selera. Siap disajikan.

Strategi Sukses Bisnis Cake and Bakery

resep tiramisu cake

Mencari Harga Pasaran Produk Usaha Cake and Bakery

Bagaimana cara mengetahui harga pasaran produk kue Anda? Tentunya Anda bisa pergi ke tempat roti atau kue yang dekat dengan tempat usaha Anda nantinya. Pastikan produk Anda menyesuaikan harga yang sudah menjadi standar di pasaran.

Harga pasaran memang terkadang bisa berubah lebih rendah atau lebih tinggi. Misalnya harga roti di pasar A sebesar 1.000 rupiah sedangkan di pasar B sebesar 1.500 rupiah lalu di pasar C sebesar 1.000 rupiah. Setelah melihat harga tersebut Anda bisa mengambil harga yang paling murah yang sesuai dengan produk Anda.

Jika Anda ingin mengambil harga yang lebih besar, pastikan produk Anda memiliki kualitas dan kuantitas bahan yang sesuai dengan harga tersebut.

Bedakan Tempat untuk Membuat Kue dan Tempat untuk Menjual Kue

Tempat memang hal yang penting untuk usaha. Maka dari itu, Anda memerlukan tempat yang strategis untuk bisnis cake and bakery ini. Sebelum Anda memilih, Anda harus mengetahui bahwa ada perbedaan antara tempat membuat kue dan tempat menjual kue.

Mengapa harus mengerti perbedaannya? Karena tempat membuat kue sendiri bisa Anda lakukan dimana saja. Tidak perlu harus memiliki tempat yang besar. Yang Anda perlukan adalah sebuah tempat yang bisa digunakan untuk membuat kue dengan aman dan bersih.

Berbeda dengan tempat menjual kue. Seperti bisnis lainnya, untuk menjual kue seperti bisnis ini Anda memerlukan tempat yang sesuai dengan tujuan pasar Anda.

Jika Anda menginginkan tuk menjual kue Anda secara umum, Anda bisa menyewa atau mengontrak sebuah tempat yang strategis yang bisa dilihat banyak orang seperti ruko-ruko di jalan besar. Jika tujuan pasaran Anda adalah kue untuk anak-anak seperit cupcakes, Anda bisa menjualkannya di sekitar sekolah atau kampus.

Mempersiapkan Modal Usaha Bisnis Cake and Bakery

Setiap bisnis pastinya membutuhkan modal. Modal bahan, resep, alat, dan yang terutama modal uang. Inilah mengapa pemerintah memberikan layanan Kredit Usaha Rakyat untuk UMKM kecil dan juga menengah.

Selain untuk membantu segi keuangan UMKM, pemerintah juga ingin membuat masyarakat sadar bahwa produk negeri lebih utama dan harus lebih diperhatikan.

Selain lewat KUR, Anda bisa mempersiapkan modal Anda lewat tabungan Anda sendiri atau dengan membuat sistem saham. Anda bisa mengajak bekerjasama teman-teman Anda yang sama-sama ingin atau sudah melakukan bisnis cake and bakery.

Anda bisa mempresentasikan strategi usaha Anda dan mengatur strategi jika mereka bisa bekerjasam dengan Anda. Ingat, pemegang saham terbanyak adalah orang yang paling mendapatkan keuntungan lebih banyak. Untuk itu, Anda harus membuat peraturan yang imbang.

Persiapkan Bahan dan Alat Pembuatan Kue yang diperlukan

Untuk membuat kue, tentunya diperlukan alat atau juga mesin yang penting untuk pembuatan cake and bakery Anda. Mungkin tidak perlu besar, tapi Anda bisa membuat investasi pada mesin-mesin kue kecil terlebih dahulu. Contohnya seperti mixer roti, oven, dan alat lain yang dianggap penting untuk pembuatan roti dan kue ini.

Selain alat, Anda pastinya juga perlu mempunyai bahan-bahan yang sesuai dengan resep Anda. Pastikan bahan yang Anda beli adalah bahan yang murah dan juga berkualitas. Kebanyakan pengusaha roti menggunakan bahan yang tidak diketahui kualitasnya karena mereka hanya mementingkan harga murah untuk bahan mereka.

Solusi untuk mencari bahan yang tepat bukan terletak pada harga bahan, tetapi bagaimana kita mencobanya satu demi satu untuk mencari bahan dengan kualitas yang tepat.

Selain mencari dan mencoba bahan, solusi lain untuk mencari bahan untuk kue yang murah dan berkualitas adalah dengan cara melihat competitor Anda.

Sesekali Anda bisa membeli barang competitor Anda untuk membandingkan hasil kue atau roti yang Anda buat. Anda juga bisa meminta pendapat orang lain tentang kue Anda agar penilaian kue Anda tidak subjektif atau satu arah.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂