Rumah mesin menggelar acara buka bersama di Panti Asuhan Gotong Royong, Tegal Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta pada hari Rabu (15/05/2019). Bukan hanya sekedar buak bersama saja, tetapi Rumah Mesin juga menyantumi anak yatim dan yatim piatu yang ada di panti Asuhan Gotong Royong tersebut. Acara tersebut dihadiri langsung Direktur Rumah Mesin Bapak Mansur Mashuri beserta keluarga, Manajemen Rumah Mesin, dan perwakilan beberapa karyawan Rumah Mesin.

Tepat pukul 17.00 WIB acara segera dimulai. Sebelum dibuka oleh Master of Ceremony (MC) acara diawali dengan penampilan Hadrah dari anak-anak yatim dan yatim piatu di anti Asuhan tersebut. Penampilan Hadrah berlangsung sekitar 10 menit. Selesai penampilan Hadrah acara dibuka dengan membaca basmallah bersama. Acara dilanjutkan sambutan oleh Direktur Rumah Mesin, Bapak Mansur Mashuri.

“Alhamdulillahi rabbil ‘alamin pada sore ini kita, karyawan, dan pengurus Panti Asuhan dapat berkumpul di tempat ini. Kami, Rumah Mesin yang kebetulan berada di Jalan Parangtritis. Tahun ini alhamdulillah kami mulai mencoba untuk berbagi dengan sekitar. Mungkin sudah saatnya tahun ini kami mencoba lebih banyak berbaur, berbagi dengan sekitar salah satunya berbuka puasa dengan anak-anak di Panti Asuhan Gotong Royong yang kebetulan dekat dengan lokasi kami”, sambut Direktur Rumah Mesin.

Di akhir sambutannya Direktur Rumah Mesin mengatakan bahwa semoga ini merupakan langkah awal bagi Rumah Mesin berkenalan sekaligus juga untuk mengetahui sejauh mana Panti Asuhan ini berkiprah sehingga ke depannya dapat bekerja sama dan saling bersinergi. Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan pemberian sepatah dua patah kata dari pengurus Panti Asuhan Gotong Royong. Ucapan terimakasih dan doa tak henti-hentinya dipanjatkan oleh pengurus Panti Asuhan.

Salah Satu Anak Yatim Paitu di Panti Asuhan Gotong Royong Tegal Krapyak

Direktur Rumah Mesin, manajemen, maupun para karyawan merasa tersentuh melihat anak-anak di Panti Asuhan Gotong Royong ini yang mana sebagian dari mereka masih balita. Bahkan beberapa di antaranya masih berusia 1 bulan dan belum genap satu tahun. Tak terasa air mata kami pun tumpah melihat tawa anak-anak di Panti Asuhan Gotong Royong ini.

Berhubung serangkaian acara telah dijalani dan sudah memasuki waktu buka puasa acara dilanjutkan dengan menikmati makanan ringan untuk membatalkan puasa, kemudian sholat Maghrib berjamaah. Acara ditutup dengan foto bersama serta pembagian bingkisan dan sedikit uang tali asih dari Rumah Mesin kepada pihak Panti Asuhan dan anak-anak.

Pemberian Bingkisan oleh Direktur Rumah Mesin

Perlu diketahui bahwa di Panti Asuhan Gotong Royong tersebut sudah berdiri sejak tahun 2002 dan terdapat kurang lebih 100 anak balita, dampingan anak-anak yatim dan yatim piatu ada 50. Beberapa diantaranya dari mereka masih berusia dibawah lima tahun (balita). Anak-anak di Panti Asuhan Gotong Royong ini berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Ada yang memang dititipkan oleh orang taunya karena mereka tidak mampu merawatnya dengan berbagai alasan, ada pula yang sengaja dibuang di tempat sampah, di konter HP, dan tempat lainnya. Selain mendampingi anak-anak, Panti Asuhan ini juga memberikan hak kepada para kaum dhuafa yang sudah tidak produktif.